Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Abdulghoni
Abstrak :
ABSTRAK
Pemantauan dan evaluasi pengadaan barang dan jasa diperlukan dalam mendukung kinerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk memudahkan dalam pemantauan dan evaluasi layanan pengadaan diperlukan adanya sistem informasi yang dapat mendukung ketersediaan data dan informasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu prototipe sistem informasi berupa aplikasi komputer di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi layanan pengadaaan. Penelitian pengembangan sistem ini dilakukan dengan metode kualitatif, yaitu pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui studi dokumen, observasi maupun wawancara mendalam. Informasi yang diperoleh menjadi dasar dalam pembuatan rancangan sistem dengan menggunakan pendekatan pengembangan sistem System Development Life Cycle (SDLC) yang menggabungkan antara model Iterative dan Incremental yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengkodean dan uji coba sistem dengan simulasi prototipe aplikasi. Telah dihasilkan prototipe aplikasi sistem informasi pemantauan dan evaluasi layanan pengadaan berbasis web. Sistem tersebut mempermudah dalam pengumpulan data, pengelolaan data serta penyampaian laporan kegiatan pengadaan kepada pihak terkait. Sistem informasi pemantauan dan evaluasi di Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan ini dapat diimplementasikan dengan ketersediaan sarana pendukung yang ada. Perlu komitmen manajemen melalui kebijakan yang mengatur implementasi sistem serta perlunya kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi pihak-pihak terkait kegiatan pengadaan untuk penggunaan aplikasinya.
Abstract
Monitoring and evaluation of procurement of goods and services needed to support the performance of the Procurement Services Unit (ULP) Secretariat General of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia. To facilitate the monitoring and evaluation of procurement of necessary services information system that can support the availability of data and information as needed. This study aims to develop a prototype information system in the format of computer applications in the Procurement Services Unit (ULP) Secretariat General of the Ministry of Health in monitoring and evaluating of procurement services. Systems development research was conducted with qualitative methods, that the collection of data and information through the study of documents, observation and interviews. The information obtained being the basic in designing the system used in the development of the System Development Life Cycle (SDLC) that combines the Iterative and the Incremental Models that include the analyzing phases, designing, coding and system testing by simulating a prototype application. Has produced a prototype information system for monitoring and evaluation of web-based procurement services. Such systems facilitate the data collection, data management and reporting of procurement activities to related parties. Monitoring and evaluation of information systems at the Procurement Services Unit Secretary General of the Ministry of Health can be implemented by the availability of existing support facilities. Need the management?s commitment in implementing of the system and it also needs such a socialization and training for the relevant parties to use the application for their procurement activities.
2012
T31507
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Feby Artharini
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai penerapan keselamatan kerja yang dilakukan oleh perusahaan, yaitu PT. Indonesia Toray Synthetics. Penelitian menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang dilaksanakan melalui pengamatan langsung ke lapangan, studi kepustakaan terhadap data sekunder dilengkapi dengan wawancara kepada informan. Hasil penelitian adalah identifikasi peraturan-peraturan yang memuat perihal keselamatan kerja dan kajian penerapannya di PT Indonesia Toray Synthetics. Terkait keselamatan kerja, terdapat beberapa aspek utama dalam peraturan-peraturan yang berlaku, yang harus dipenuhi seperti kebijakan, perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi keselamatan kerja. Keselamatan kerja sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012 dan peraturan lain dari kementerian teknis terkait, serta penerapannya di PT. Indonesia Toray Synthetics sudah cukup baik dan sebagian besar sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kendala dalam penerapan diantaranya masih kurang lengkapnya administrasi dan biaya yang relatif mahal yang disebabkan oleh adanya pengauditan oleh lembaga konsultan safety dan Suku Dinas Ketenagakerjaan setempat serta pengadaan persyaratan keselamatan kerja sesuai peraturan perundang-undangan saat ini. Ke depan, perlu dikaji lebih lanjut mengenai penetapan biaya termaksud, agar kiranya tidak terlalu memberatkan pihak yang harus melaksanakannya sehingga jangkauan penerapan juga dapat lebih luas. Lebih lanjut, keselamatan kerja tetap harus diperhatikan oleh pekerja/buruh dan pengusaha guna menghindari terjadinya kecelakaan kerja maupun kerugian/dampak ikutan yang lebih merugikan. Pemerintah juga perlu melakukan perbaikan peraturan dimasa depan agar standar keselamatan kerja dapat dikelompokan sesuai klasifikasi usaha tertentu. Hal tersebut dilakukan agar pengusaha dapat menerapkan keselamatan kerja dengan optimal.
ABSTRACT
This thesis discusses the implementation of work safety conducted by the company, namely PT. Indonesia Toray Synthetics. The research used empirical juridical research method which was carried out through direct observation to the field, library study on secondary data supplemented by interview to informant. The result of the research is the identification of the regulations concerning the safety of the work and the study of its application in PT Indonesia Toray Synthetics. With regard to safety, there are several key aspects of the applicable regulations, which must be met such as policy, planning, implementation and monitoring and evaluation of work safety. Safety as stipulated in Law no. 1 of 1970 on Occupational Safety, Law no. 13 of 2003 on Manpower and Government Regulation no. 50 of 2012 and other regulations of the relevant technical ministries, as well as its application in PT. Indonesia Toray Synthetics is good enough and mostly in accordance with the laws and regulations. Constraints in implementation are still lack of administrative and relatively expensive cost caused by the auditing by the safety consulting agency and the local Manpower Tribe and procurement of safety requirements according to current legislation. In the future, it needs to be studied more about the determination of the intended cost, so it would not be too burdensome for the parties to implement it so that the extent of implementation can also be wider. Furthermore, the safety of work should still be paid attention by workers and employers in order to avoid the occurrence of work accidents as well as more harmful losses impacts. The government also needs to improve regulation in the future so that safety standards can be grouped according to certain business classification. This is done so that employers can implement work safety optimally.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library