Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nuridha Fauziyah
"Rumah sakit harus menetapkan regulasi dan proses untuk mendukung partisipasi atau keterlibatan pasien didalam proses asuhan. Pelibatan pasien merupakan upaya memfasilitasi keterlibatan pasien dalam proses perawatan. Adanya keterbatasan hubungan dan interaksi antara pasien dan perawat menjadi sebuah tantangan tersendiri di masa pandemi Covid-19. Pelibatan pasien dalam asuhan keperawatan di masa pandemi Covid-19 tersebut dapat dipengaruhi beberapa faktor yang berhubungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan pelibatan pasien dalam asuhan keperawatan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional terhadap 238 perawat dengan menggunakan kuesioner online. Hasil analisis bivariat menggunakan korelasi Pearson menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara fungsi manajemen kepala ruangan dan self efficacy perawat dengan pelibatan pasien dalam asuhan keperawatan (p < 0,001). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik perawat (p> 0,005) dan keterampilan komunikasi perawat (p = 0,919) dengan pelibatan pasien dalam asuhan keperawatan di masa pandemi Covid-19. Perlu adanya pendidikan berkelanjutan untuk kepala ruangan terkait pelibatan pasien dalam asuhan keperawatan dan fungsi manajemen dalam pelibatan pasien.

Health organization must establish regulations and processes to support patient participation or involvement in the care process. Patient engagement is an effort to facilitate patient involvement in the care process. The existence of limited relationships and interactions between patients and nurses is a challenge during the Covid-19 pandemic. Patient engagement in nursing care during the Covid-19 pandemic can be influenced by several related factors. This study aims to analyze the factors associated with patient engagement in nursing care during the Covid-19 pandemic. This study used a cross sectional study design of 238 nurses using an online questionnaire. The results of bivariate analysis using Pearson correlation showed that there was a significant relationship between the management function of head nurse and self-efficacy of nurses with patient engagement in nursing care (p < 0.001). There was no significant relationship between nurse characteristics (p> 0.005) and nurse communication skills (p = 0.919) with patient engagement in nursing care during the Covid-19 pandemic. There needs to be continuous education for head nurse related to patient engagement in nursing care and related to management function in patient engagement and the head nurse needs to be motivated to optimize the actuating function in patient engagement."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Warashati
"ABSTRAK
Program keselamatan pasien sudah diterapkan hampir di seluruh rumah sakit di Indonesia, namun masih belum optimal pelaksanaannya dan pelibatan pasien dan keluarga pun belum menjadi fokus perhatian untuk mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien. Laporan Institute of Medicine yaitu To Err is Human : Building a Safer Health System, melihat banyaknya kesalahan / insiden keselamatan pasien yang seharusnya dapat dicegah. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengalaman perawat dalam pelibatan pasien dan keluarga untuk mencegah terjadinya IKP di ruang rawat inap rumah sakit Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan jumlah partisipan 12 perawat, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur secara daring melalui on line menggunakan aplikasi. Hasil analisis data menghasilkan delapan tema, salah satu temanya begitu banyak manfaat dalam melibatkan pasien dan keluarga terutama untuk mengurangi risiko dan mencegah IKP. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen keperawatan dalam meningkatkan kemampuan perawat dalam mengatasi berbagai hambatan yang terjadi saat pelibatan pasien dan keluarga agar tercapai asuhan keperawatan yang lebih aman, mengurangi risiko dan mencegah insiden keselamatan pasien.

ABSTARCT
The patient safety program has been implemented in almost all hospitals in Indonesia, but the implementation is still not optimal and the involvement of patients and families has not been the focus of attention to prevent patient safety incidents. The Institute of Medicine's report, To Err is Human: Building a Safer Health System, sees many errors / incidents of patient safety that could have been prevented. This article aims to provide an overview of nurses' experiences in involving patients and families to prevent the occurrence of IKP in the inpatient rooms of Jakarta hospitals. This research method uses a qualitative method with a phenomenological approach with a total of 12 nurses, data collection is done by online semi-structured interview method through on line using the application. The results of the data analysis produced eight themes, one of which had so many benefits in involving patients and families, especially to reduce risk and prevent IKP. This research is expected to be an input for nursing management in improving nurses' ability to overcome various obstacles that occur when involving patients and families in order to achieve safer nursing care, reduce risk and prevent patient safety incidents."
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library