Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ria Dhiani
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pertiwi Indryasari
Abstrak :
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru, sejauh mana perpustakaan sekolah telah memberikan layanan kepada guru, dan kendala apa yang dihadapi perpustakaan sekolah dalam memberi layanan kepada guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada guru tetap dan wawancara dengan pengelola perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Yasma PB Sudirman belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru sekolah dasar. Guru memenuhi kebutuhan informasinya dengan cara bertukar informasi dengan sesame guru dan sumber informasi yang digunakan adalah buku paket. Layanan yang telah diberikan perpustakaan sekolah kepada guru hanya sebatas mencarikan buku yang dibutuhkan guru dan menanyakan kepada guru mengenai buku apa yang sedang dibutuhkan. Selain itu pustakawan juga ikut membantu guru mengatur siswa saat guru mengajak siswanya belajar di perpustakaan. Kendala yang dihadapi perpustakaan dalam memberikan layanannya kepada guru adalah koleksi perpustakaan yang belum bisa memenuhi kebutuhan guru, kurang lengkapnya fasilitas yang dimiliki perpustakaan, penataan ruang perpustakaan yang kurang menarik, dan belum cakapnya keahlian yang dimiliki pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sekolah. Selain itu masih kurangnya perhatian yayasan terhadap perpustakaan sekolah, anggran perpustakaan yang tidak mencukupi untuk melakukan perbaikan-perbaikan di perpustakaan dan tidak adanya kemauan dari guru sendiri untuk memanfaatkan perpustakaan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15669
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library