Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nia Suryani
Abstrak :
Pasar temporer hadir melalui tindakan klaim terhadap suatu ruang dan hanya dalam kurun waktu tertentu. Sekelompok manusia melihat dan memahami potensi dari pasar temporer karena aktivitas yang terjadi dalam ruang yang terokupasi. Ruang dimaknai sebagai sesuatu yang dapat dimodifikasi dan dibangun sehingga memberikan makna bagi masyarakat tersebut. Pola-pola yang diaplikasikan dalam bentukan baru dari pasar temporer terdiri dari suatu konfigurasi ruang yang saling terkait satu sama lain sehingga mendorong para aktornya membentuk jaringan sosial dan melahirkan susunan ruang-ruang. Ruang tersebut menunjukkan fungsinya sebagai lapak yang dimaknai sebagai shelter bagi aktor yang terlibat di dalam kegiatan pasar temporer.
......Temporary market comes through an act above a space in a particular time. Society sees and gets the potential of temporary market. It is caused by the activities happen inside the occupant space. This space is understood as something that can be modified and built. So that we can give a new perspective in that society. Those pattern that applied in a new form of temporary market divide into configuration of space that connected to each other. So, its stimulates the actors beyond to form social networks and borns the order of space. That space shows its functions as lapak is which is known as shelter for actors inside temporary market.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42230
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Fathur Rohman
Abstrak :
Pasar temporer merupakan bentuk klaim temporer teritori secara masal pada suatu ruang eksisting. - Aksi jemput bola - dalam operasinya akan - menempel - pada ruang eksisting yang bervariasi. Setiap ruang eksisting menawarkan opportunity yang berbeda. Dalam usahanya mengaktualisasi opportunity ini pedagang sebagai agen klaim - pendatang - akan terkait dengan keberadaan agen-agen sesamanya serta agen kontrol pada ruang eksisting. Skripsi ini membahas taktik klaim yang dilakukan para pedagang. Struktur pasar temporal yang terbentuk terkait dengan hubungan antara agen/aktor yang terlibat di dalamnya serta ketahanan struktur ini dengan terhadap variable waktu.
......Temporary market is a kind of massive and temporary territorial claim in a existing space. In its operation, 'aksi jemput bola' will 'stuck' to the varied existing space. Each existing space offers different opportunity. In its attempt to actualize this opportunity, street vendors as 'comer' agents of claim will be attached to the existence of their fellow agents and control agents in the existing space. This thesis is about tactic of claim rolled by the street vendors. The occuring structure of temporary market related to the connection between agent/actor engaged inside and the structure endurance by the existence of time variable.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51615
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library