Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tiyana Brotoadi
Abstrak :
Angkutan Barang berperan sangat penting dalam kegiatan ekonomi, namun jika tidak diatur dengan baik akan berdampak buruk terhadap lingkungan (kemacetan, polusi, kecelakaan dll). Tujuan penelitian adalah pengembangan model optimasi pengaturan ruang parkir off street dengan simulasi dinamis. Metode pengembangan model optimasi ruang parkir didasarkan pada pembagian ruang parkir atas ruang untuk angkutan barang dan ruang untuk non angkutan barang. Optimasi bertujuan meminimalkan nilai fungsi gabungan dari indek parkir angkutan barang dan indek parkir non angkutan barang. Pemberian bobot diberikan kepada indek parkir keduanya untuk merepresentasikan tingkat kepentingan terhadap kedua jenis kendaraan tersebut. Ruang parkir keduanya diatur secara dinamis tiap interval waktu tertentu, berdasarkan pada besarnya arus kendaraan masuk dan keluar pada waktu sebelumnya. Indek Parkir dibatasi oleh indek parkir maksimal yang diinginkan pengelola. Berdasarkan uji t terhadap varian nilai indek parkir gabungan, hasil aplikasi terhadap data parkir di Jatinegara Trade Center (JTC) memperlihatkan bahwa solusi model memberikan nilai indek parkir yang lebih baik dibandingkan nilai indek parkir aktual (tanpa optimasi).
Freight very important role in economic activity, but if are not well regulated will have a negative impact on the environment (congestion, pollution, accidents, etc.). The purpose of the research is the development of models optimization setting parking space off street with dynamic simulation. Development Method parking space optimization model is based on division of the parking space to freight and space for non-freight . Optimization aims to minimizing value of the combined function of freight parking index and nonfreight parking index. The weighting is given to parking index both to represent interest levels of both types of vehicles. Parking spaces are both set dynamically for each specified time interval, based on the magnitude of vehicle flow in and out at the previous time, where the parking index is restricted by parking index maximum who desired manager. Based t test to variance values parking index combined, the results of the application to data of parking in Djatinegara Trade Center (JTC) shows that model solution gives value parking index is better than value the actual parking index (without optimization).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42076
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiyana Brotoadi
Abstrak :
Angkutan Barang berperan sangat penting dalam kegiatan ekonomi, namun jika tidak diatur dengan baik akan berdampak buruk terhadap lingkungan (kemacetan, polusi, kecelakaan dll). Tujuan penelitian adalah pengembangan model optimasi pengaturan ruang parkir off street dengan simulasi dinamis. Metode pengembangan model optimasi ruang parkir didasarkan pada pembagian ruang parkir atas ruang untuk angkutan barang dan ruang untuk non angkutan barang. Optimasi bertujuan meminimalkan nilai fungsi gabungan dari indek parkir angkutan barang dan indek parkir non angkutan barang. Pemberian bobot diberikan kepada indek parkir keduanya untuk merepresentasikan tingkat kepentingan terhadap kedua jenis kendaraan tersebut. Ruang parkir keduanya diatur secara dinamis tiap interval waktu tertentu, berdasarkan pada besarnya arus kendaraan masuk dan keluar pada waktu sebelumnya. Indek Parkir dibatasi oleh indek parkir maksimal yang diinginkan pengelola. Berdasarkan uji t terhadap varian nilai indek parkir gabungan, hasil aplikasi terhadap data parkir di Jatinegara Trade Center (JTC) memperlihatkan bahwa solusi model memberikan nilai indek parkir yang lebih baik dibandingkan nilai indek parkir aktual (tanpa optimasi). ......Freight very important role in economic activity, but if are not well regulated will have a negative impact on the environment (congestion, pollution, accidents, etc.). The purpose of the research is the development of models optimization setting parking space off street with dynamic simulation. Development Method parking space optimization model is based on division of the parking space to freight and space for non-freight . Optimization aims to minimizing value of the combined function of freight parking index and nonfreight parking index. The weighting is given to parking index both to represent interest levels of both types of vehicles. Parking spaces are both set dynamically for each specified time interval, based on the magnitude of vehicle flow in and out at the previous time, where the parking index is restricted by parking index maximum who desired manager. Based t test to variance values parking index combined, the results of the application to data of parking in Djatinegara Trade Center (JTC) shows that model solution gives value parking index is better than value the actual parking index (without optimization).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fridolin Roengo Bala
Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak dari kebijakan biaya dan ruang parkir yang diberlakukan pada kawasan Jakarta terhadap pengurangan penggunaan mobil pribadi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 skenario. Skenario pertama adalah penerapan kenaikan tarif parkir dan skenario kedua adalah kombinasi penerapan kenaikan tarif parkir dan pengurangan ruang parkir sebanyak 50%. Dalam pembuatan kuesioner survei, digunakan metode Stated Preference dan Revealed Preference. Dari kuesioner yang sudah dibuat, dilakukan pengumpulan data dengan cara tatap muka dan juga secara online. Setelah data sudah terkumpul, dilakukan pengolahan untuk melihat persentase responden yang berpindah moda dengan diterapkannnya kenaikan tarif parkir dan juga adanya pengurangan ruang parkir. Kemudian untuk membuat hasil dari penelitian ini dapat digunakan secara lebih luas, dibuatlah model logit untuk setiap kelompok data. Fungsi utilitas dibangun dengan variabel bebas yaitu tarif parkir dan menggunakan metode regresi logistik. Fungsi utilitas kemudian diuji kelayakannya dengan menggunakan uji Omnibus dan uji Hosmer Lemeshow dan kemudian hasil model dibandingkan dengan hasil data survei. Setelah dilakukan analisis terhadap pengolahan data, terdapat kecenderungan bahwa semakin mahal tarif parkir yang diterapkan, semakin banyak responden yang memilih untuk berpindah moda. Selain itu, dengan diterapkannya pengurangan ruang parkir, dampak terhadap pengurangan mobil pribadi lebih besar dibandingkan dengan tidak diterapkannya pengurangan ruang parkir.

 


This study aims to determine the impact of the application of cost and parking space policies imposed on the area of Jakarta on the reduction of the private car uses. This research was conducted in 2 scenarios. The first scenario is the increase in parking rates and the second scenario is a combination of the increase in parking rates and parking space reduction by 50%. In making survey questionnaires, used the Sttated Preference and Revealed Preference methods. Stated Preference and Revealed Preference methods are used to make the questionnaires. From the questionnaire that has been made, data collection is done by ‘face to face’ method and online method. After the data has been collected, processing is carried out to see the percentage of respondents who switch modes with the application of increases in parking rates and also a reduction in parking space. To make the results of this study can applied generally, a logit model is created for each group of data. The utility function is built with the independent variable parking rates, using the logistic regression method. Then, the utility function is tested for its feasibility using the Omnibus test and the Hosmer Lemeshow test and then the model results are compared with the results of the survey data. After an analysis of data processing, there is a tendency that the more expensive parking rates are applied, the more respondents choose to switch modes. In addition, with the reduction of parking spaces, the impact on reducing private cars is greater than not reducing parking spaces.

 

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Indah Purwanty
Abstrak :
Ketersediaan ruang parkir bagi kendaraan pribadi merupakan salah satu fasilitas yang sangat diharapkan oleh para pengunjung suatu pusat kegiatan. Demikian pula yang terjadi di Universitas Kristen Katolik Atmajaya, kebutuhan ruang parkir cenderung meningkat dari tahun ke tahun sehingga perlu diupayakan untuk mengatur layout ruang parkir sedemikian rupa agar luasan lahan parkir yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola sirkulasi yang ada serta untuk memenuhi permintaan kebutuhan ruang parkir agar lahan yang tersedia dapat dimanfaatkan se-efisien mungkin. Pengumpulan data dilakukan melalui pencatatan lama waktu pelayanan antrian parkir serta pencatatan kendaraan yang masuk area parkir maupun kendaraan yang keluar dari area parkir. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa target pemenuhan kebutuhan ruang parkir tahun 2020 dapat menerapkan sistem parkir sliding platform pada area gedung dan sistem parkir gabungan (sistem parkir dua tingkat dan sistem parkir sliding platform) pada area pelataran, sedangakan target pemenuhan kebutuhan ruang parkir tahun 2023 dapat menerapkan sistem parkir tower pada area gedung dan sistem parkir gabungan (sistem parkir dua tingkat dan sistem parkir sliding platform) pada area pelataran. ...... Availability of parking spaces for private vehicles is one facility that is expected by the visitors an activity center. Similarly, what happened at the University of Catholic Christian Atmajaya, parking space requirements tend to increase from year to year so that the necessary effort to organize the layout of parking spaces so that the land area available parking can be used optimally. This study aims to determine the existing circulation patterns as well as to meet the demand for parking spaces are available so that land can be utilized as efficient as possible. The data was collected through a long registration queue service time and the recording of parking vehicles entering parking area and vehicles out of the parking area. From the analysis results can be concluded that the target parking space needs in 2020 can apply a sliding platform parking system in the building area and parking systems combined (two-level parking systems and parking systems sliding platform) at the parking area, while the target parking space needs in 2023 could implement tower parking system in the area of the building and parking systems combined (two-level parking system and parking system sliding platform) at the parking area.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50554
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hanan Estrida
Abstrak :
Terletak di jantung kota Jakarta yaitu di JL. Jendral Sudirman, menjadikan kampus UNIKA Atmajaya, merupakan sebagai salah satu urban campus. Akibat jalur three in one di depan Kampus UNIKA Atmajaya menjadikan pengelolaan pengoperasian parkir yang khusus pada jam-jam tertentu yaitu dengan adanya akses pintu masuk dan pintu keluar khusus di kampus tersebut. Adanya peningkatan jumlah mahasiswa setiap tahunnya menyebabkan adanya peningkatan mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi. Pada jam-jam sibuk untuk memasuki Gedung Parkir Yustinus terlihat adanya antrian serta adanya pengalihan tempat parkir dikarenakan area gedung parkir yang sudah terisi, sehingga hal ini merupakan tanda-tanda adanya over demand di Gedung Yustinus. Salah satu cara untuk mengatasi over demand adalah dengan adanya optimalisasi penggunaan lahan parkir di area gedung maupun pelataran parkir. Luas lahan parkir di UNIKA Atmajaya 17300 m2 untuk mobil dan 1780 m2 untuk sepeda motor, dengan kapasitas petak parkir 600 untuk mobil dan 1067 untuk motor. Dalam evaluasi optimalisasi penggunaan lahan dibuat dengan tiga skenario dengan hasil space maksimum dilakukan dengan cara pemanfaatan lahan parkir dengan merubah tata letak beberapa ruang yang dapat dilakukan pemindahan untuk mendapatkan space yang optimal yaitu didapatkan hasil 676 space atau terjadi peningkatan sebanyak 12,67% sehingga sehingga over demand akan terjadi pada tahun 2020. Antrian terjadi pada pintu pos masuk dan keluar Gedung Yustinus serta pintu pos masuk sepeda motor A. Akibat adanya permasalahan antrian tersebut maka dibutuhkan peningkatan terhadap waktu pelayanan (service time), pemindahan letak pos masuk maupun keluar serta apabila kepadatan (intensitas) yang ada dihasilkan > 1, maka dibutuhkan penanganan khusus dengan mengurangi waktu datang kendaraan dengan cara menambah pos masuk maupun keluar. ...... Located in central of Jakarta is on Jl. Jendral Sudirman make UNIKA Atmajaya as an urban campus one. Through the three in one trafiic lane makes UNIKA Atmajaya has a special parking operations management at certain hours of the access entrence and exit. An increase in the number of students each year causing an increase in students who use private vehicles. At peak hours to enter the parking building looks a queue and a transfer of parking lot because the parking area is already filled, its mean a sign of over demand in parking building. One method for solution of this problem is by the optimization of the parking space in the area and parking lot. Parking area at the UNIKA Atmajaya to 17,300 m2 and 1780 m2 car for a motorcycle, with a capacity of 600 lots for car parking and 1067 for the motorcycle. In evaluating the optimization of land made by three scenarios with the maximum space is done by the use of parking by changing the layout of some of the transfers can be done to get optimal space is obtained 676 results space or an increase of 12.67%, its mean over demand will occur the year 2020. Queue occurs at the acces entrance and exit the parking building and entrance the motorcycles A. Due to the queuing problem is required improvements to the service time, transfer the location of incoming and outgoing parking area and if the density (intensity) is produced > 1, then the required special handling by reducing the time a vehicle comes by adding incoming and outgoing parking area.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50524
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library