Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Megawanti Pujita Siri
"Kecurangan akademik menjadi topik yang masih dibahas hingga saat ini karena keberadaannya mengancam tercapainya tujuan pembelajaran peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat peran academic entitlement sebagai mediator dalam hubungan antara dimensi-dimensi pengasuhan orang tua dengan kecurangan akademik peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Pengambilan data dilakukan secara daring kepada 122 peserta didik SMA (berusia 14-18 tahun). Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur kecurangan akademik dari Septiana (2016), The Academic Entitlement Scale dari Chowning dan Campbell (2009) dan alat ukur pengasuhan orang tua diukur menggunakan pendekatan dimensional dari perspektif anak, Parent as Social Context Questionnaire (PSCQ-Adolescent Report) dari Skinner, Johnson dan Snyder (2005). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peran academic entilement yang signifikan pada masing-masing hubungan dimensi penolakan (B=0.539, p=0.008), dimensi kekacauan (B=0.431, p=0.015), dan dimensi paksaan (B=0.695, p=0.003) dengan kecurangan akademik. Hasil dari penelitian ini menyarankan orang tua untuk memperhatikan pengaruh pengasuhan mereka pada anak dan menyarankan pengajar maupun institusi pendidikan untuk melakukan orientasi berulang mengenai sistem penilaian/sanksi kecurangan akademik dalam kegiatan pembelajaran.
Academic cheating is a topic that still being discussed to this day because its existence that threatens goal of learning. In this study, researcher wants to see the role of academic entitlement as a mediator in the effect of parenting on academic cheating. This research is a quantitative research with a correlational design. Data collection was conducted online to 122 high school students (aged 14-18 years). The measuring tools used are academic cheating questionnaire by Septiana (2016), The Academic Entitlement Scale by Chowning and Campbell (2009) and the measuring tool for parenting dimension from the child's perspective, Parent as Social Context Questionnaire (PSCQ-Adolescent Report) by Skinner, Johnson and Snyder (2005). The results showed that there was a significant role for academic entitlement in each relationship of rejection dimensions (B=0.539, p=0.008), chaos dimension (B=0.431, p=0.015) and coercion dimension (B=0.695, p=0.003) with academic dishonesty. The results of this study suggest parents to pay attention to their influence on their children and suggest teachers and educational institutions to conduct repeated orientations regarding the assessment of schoolwork/the penalty for academic cheating in learning activities."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library