Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Whisnubroto Adinoto
Abstrak :
ABSTRAK
Kondisi Jalur Pantura Pulau Jawa yang buruk menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan dan biaya logistik. Berdasarkan Perpres No. 26/2012, Coastal Shipping menjadi salah satu Bigwin Tahap Pertama (tahun 2011-2015) sehingga dengan diimplementasikannya kebijakan tersebut, diharapkan persoalan-persoalan yang ada di Pantura Pulau Jawa dapat diatasi. Tujuan tesis ini adalah mengidentifikasi hambatan penyebab belum terlaksananya kebijakan tersebut kemudian dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) menentukan siapa aktor dan tindakan apa yang perlu dilakukannya untuk mempercepat pengimplementasian Coastal Shipping pada Jalur Jakarta-Semarang-Surabaya. Hasil dari penelitian ini menyarankan pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah terkait Coastal Shipping sehingga memiliki kekuatan hukum yang kuat dalam pengimplementasiannya
ABSTRACT
The worse condition of Pantura Road on Java Island causes high logistic cost and high number of accidents. Based on President Decrit No. 26/2012, Coastal Shipping is one of the Bigwin 1st Phase (Year 2011-2015) to be implemented to overcome the problems above. The purpose of this thesis is to identify barriers of implementing this policy and to determine parties involved and actions needed to accelerate the implementation of Coastal Shipping in Jakarta-Semarang-Surabaya route by using the Analytic Hierarcy Process method. The thesis result is recommendation for the government to publish Government Regulation on Coastal Shipping so that the regulation will have law enforcement effect on the implementation of this policy.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T42775
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riko Sunarko
Abstrak :
Tesis ini tentang manajemen pengamanan arus lalu lintaa jalur Pantura oleh Satlantas jajaran Polwil purwakarta. Jalur Pantura ini menghubungkan bagian Barat dan bagian Timur pulau Jawa, dan melintasi kota-kota besar dan sedang di pulau Jawa. Jalur Pantura ini menjadi urat nadi utama transportasi darat dan merupakan urat nadi perekonomian nasional. Bila terjadi gangguan kelancaran arus lalu lintas di jalur ini maka secara otomatis terganggu pula kelancaran ekonomi nasional. Perhatian utama tesis ini adalah manajemen pengamanan arus lalu lintas yang dilaksanakan oleh Satlantas jajaran Polwil Purwakarta dalam pencegahan dan mengatasi kemacetan. Dalam kajian tesis ini, pengamanan arus lalu lintas dilihat dari prespektif rangkaian kegiatan dalam proses manajemen maupun peran anggota Polantas dalam kegiatan pengamanan arus lalu lintas. Penelitian dilakukan di wilayah Polwil Purwakarta khususnya jalur Pantura, karena berdasarkan data yang didapat bahwa di jalur ini sering terjadi kemacetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pengamatan terlibat secara makno untuk tingkat Polwil dan secara mikro untuk tingkat Polres. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, pengamatan terlibat, wawancara dengan pedoman, kajian dokumen dan audio visual. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengamanan yang dilakukan tidak melalui proses manajemen. Hal tersebut dikarenakan pmses perencanaan tidak dilaksanakan dengan benar, sehingga proses selanjutnya juga tidak seperti yang diharapkan. Kegiatan pengamanau arus lalu iintas yang dilaksanakan oleh anggota Polantas lebih didasarkan pada kebiasaan dan menempatkan anggota yang tidak punya kemampuan teknis dan taktis fungsi lalu lintas, tidak punya mental dan dedikasi yang baik serta anggota yang tidak sehat jasmani dan rohani. Sehingga, hal tersebut akan menimbulkan penyalahgunaan kewenangan oleh anggota di lapangan. Khususnya jika tidak ada dana atau anggaran dalam kegiatan pengamanan arus lalu lintas, sehingga tugas tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hasil penelitian menyarankan agar dalam pengamanan arus lalu lintas guna mencegah dan menanggulangi kemacetan, proses manajemen benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Menempatkan anggota yang punya mental dan dedikasi yang bagus, menguasai teknis dan taktis fungsi lalu lintas, dan sehal jasmani mhani. Perlu perhatian serius dalam mencegah dan mengatasi kemacetan arus lalu lintas. Perlu adanya koordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah dan mengatasi kemacetan. ......This thesis describes on security management of Pantura (Java North Coast Road) lane traffic flow by Satlantas in line of Polwil (Territorial Police) Purwakarta. This lane connects to the western and northem of Java Island and crosses big and medium cities in Java island. This lane becomes arterial road of land transport and central national economy. ln case of disturbance in smooth traftic flow in this lane, automatically, it hamis smooth national economy. Main attention of this thesis is security management of trafiic flow conducted by Satlantas in line of Polwil (Territorial Police) Purwakarta to prevent and overcome tratiic jam. In this study, thesis of traffic security is viewed from perspective set of activities in management process and roie of Polantas members in security activity of traffic flow. Research is conducted in the area of Polwil (Territorial Police) Purwakarta especially Pantura lane, as based on the data recovered that this lane otten occurs traffic jam. This research uses qualitative approach by carrying out security involved on the basis of macro at level of Polwil (Territorial Police) and on the imis of micro at level of Polres (Police Resort). Used method in data collection is observation, involved observation, interview with guidelines, document study and audio visual. The research results reveal that security is not conducted through management process. It is due to improper planning process, so that firrther process is not as expected. Activity oftraflic flow activity conducted by members of Polantas based on habit and place the members having no technical and tactical ability of traffic, having no mental nor good dedication and they are not under good condition both physically and mentally. Thus, the matter will cause misuse of authority by members in tl1e field, especially if there are no fund or budget in the security activity of the traffic flow, they perform their tasks improperly. Research results recommend that in security of traftic flow to prevent and reduce from traflic jam, management process is actually conducted. It also places members having mental and good dedication who master technical and tactical function of traffic and healthy both physical and mentai. It should pay much attention to prevent and overcome traffic jam. Coordination with related agency should be made to prevent and overcome traffic jam.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T33894
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Handayani
Jakarta: Jurnal Jalan dan Jembatan, 2007
JJJ 29:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yuni Zahraini
Abstrak :
Nutrition become an important part that affect the quality of life. Malnutrition have a direct impact on growth disorders and immune system especially during the first two years of a child's life, and malnutrition in the long run effect on productivity in adulthood. This study aims to determine the minimum cost diet in the nutritional status of children 12-23 months in the north coast of Brebes District. The study design was cross sectional by processing the primary data are taken in five sub-district in May 2012 with a sample of as many as 296 samples. The results showed that more serious nutritional problems lead to stunting problems (47.9%) and underweight (37.4%). The results of bivariate analysis showed an association between energy and protein intake with nutritional status (length for age); energy intake, protein, carbohydrates, fats, and the diversity of foods with nutritional status (weight for age); gender, caregiver knowledge, energy intake, protein, carbohydrates, fats, food diversity and the minimum cost of a nutritious diet with nutritional status (weightfor length). Multivariate analysis of protein intake as a dominant factor related to the problem of stunting and underweight, and energy intake as the dominant factor associated with the problem of wasting in children 12-23 months. The results suggest that increased knowledge of the caregiver in terms of feeding through various channels of information is absolutely necessary.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
T40784
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yumi Meirina
Abstrak :

ABSTRAK
Pembangunan kota Jakarta yang begitu pesat menyebabkan lahan perkotaan yang ada semakin tidak mencukupi. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan kegiatan masyarakat maka tuntutan akan tambahan areal untuk pemukiman maupun industri semakin bertambah. Salah satunya adalah perluasan areal dermaga untuk Pelabuhan Tanjung Priok. Alternatif pemecahan masalah tersebut antara lain dengan reklamasi daerah pantai utara DKI. Reklamasi adalah kegiatan membuat daerah pantai menjadi lebih bermanfaat dengan menimbun dengan bahan timbunan yang tepat sampai ketinggian tertentu sehingga dapat digunakan.

Dalam pelaksanaan reklamasi hal terpenting yang harus diperhatikan adalah besarnya penurunan yang terjadi baik pada saat pelaksanaan maupun setelah masa konstruksi, akibat penimbunan maupun beban struktur yang akan bekerja diatasnya.

Studi ini dimaksudkan untuk memperoleh besarnya penurunan akhir dan waktu yang diperlukan agar proses konolidasi selesai dilaksanakan Tanah dasar merupakan tanah lunak tanpa dilakukan perbaikan tanah dasar terlebih dahulu. Dalam analisa ini juga digunakan vertikal drain sebagai suatu mtode alternatif yang akan digunakan di lapangan nantinya. Pemilihan penggunaan vertikal drain dimaksudkan untuk dapat lebih mempercepat proses konsolidasi.

Data penyelidikan tanah yang diambil adalah data tanah pada lokasi sekitar Ancol untuk kondisi dengan vertikal drain atau tanpa menggunakan vertikal drain. Analisa numerik dilakukan dengan permodelan 2 dimensi dengan rasio permeabilitas arah horizontal dan vertikal sebesar 2. Kondisi konsolidasi yang terjadi adalah drained yaitu kondisi di mana terjadi pengaliran air pori dan pemodelan tanah elastis. Simulasi dilakukan dalam variasi waktu agar diperoleh penurunan dalam fungsi waktu.

Program yang digunakan adalah progam SAGE CRISP yaitu suatu program geoteknik yang perhitungannya didasarkan pada prinsip metode elemen hingga. Dengan program ini diharapkan hasil akhir yang diperoleh dapat membeli gambaran mengenai keadaan yang akan terjadi sebenarnya di lapangan.
1997
S34639
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Fatchur Utama
Abstrak :
[Saat ini akses menuju ke Surabaya masih banyak menggunakan transportasi darat, sehingga hampir setiap tahun jumlah kendaraan di jalan pantura meningkat drastis. Transportasi kapal dengan jenis wavepiercing katamaran menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengembangkan tol laut sebagai pengalihan kepadatan yang terjadi. Pada skripsi ini, penulis membatasi pembahasan yaitu sistem transportasi laut menggunakan wavepiercing katamaran. Hasil analisis yang diperoleh yaitu: Analisis biaya pembuatan kapal wavepiercing katamaran, Sistem perancangan alat transportasi, sistem ticketing, dan sistem dipelabuhan. Dari beberapa analisis tersebut kapal wavepiercing katamaran layak dibuat dan digunakan di perairan Pantura (pantai utara). ......Nowadays, there are many ways to Surabaya by ground transportation. Therefore almost every year the total of vehicles in Pantura street increased. Ship transportation by catamaran wave piercing become is one of the best solutions of developing sea toll to transfers vehicle density that happened. In this final project the writer define the study sea transportation system by catamaran wave piercing. The outcome of analyzing by writer obtained : the analyze of catamaran wave piercing ship making budget, the system of transportation tools plan, ticketing system, and port system. From those analyzes, catamaran wave piercing ship is the best solution in pantura (north beach) zo;Nowadays, there are many ways to Surabaya by ground transportation. Therefore almost every year the total of vehicles in Pantura street increased . Ship transportation by catamaran wave piercing become is one of the best solutions of developing sea toll to transfers vehicle density that happened. In this final project the writer define the study sea transportation system by catamaran wave piercing. The outcome of analyzing by writer obtained : the analyze of catamaran wave piercing ship making budget, the system of transportation tools plan, ticketing system, and port system. From those analyzes, catamaran wave piercing ship is the best solution in pantura (north beach) zo;Nowadays, there are many ways to Surabaya by ground transportation. Therefore almost every year the total of vehicles in Pantura street increased . Ship transportation by catamaran wave piercing become is one of the best solutions of developing sea toll to transfers vehicle density that happened. In this final project the writer define the study sea transportation system by catamaran wave piercing. The outcome of analyzing by writer obtained : the analyze of catamaran wave piercing ship making budget, the system of transportation tools plan, ticketing system, and port system. From those analyzes, catamaran wave piercing ship is the best solution in pantura (north beach) zo, Nowadays, there are many ways to Surabaya by ground transportation. Therefore almost every year the total of vehicles in Pantura street increased . Ship transportation by catamaran wave piercing become is one of the best solutions of developing sea toll to transfers vehicle density that happened. In this final project the writer define the study sea transportation system by catamaran wave piercing. The outcome of analyzing by writer obtained : the analyze of catamaran wave piercing ship making budget, the system of transportation tools plan, ticketing system, and port system. From those analyzes, catamaran wave piercing ship is the best solution in pantura (north beach) zo]
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58664
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galan Atmagita
Abstrak :
Pentingnya penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) sebagai sumber energi non-transportasi di Indonesia, terutama dalam industri Food and Beverage, telah meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. LPG mendominasi konsumsi energi Migas non-transportasi dengan persentase yang tinggi. Distribusi LPG di Indonesia menunjukkan bahwa Pulau Jawa memiliki konsumsi terbesar di negara ini. Namun, pola suplai LPG di Pulau Jawa masih belum optimal, mengakibatkan kelangkaan di beberapa wilayah. Perusahaan MIGAS menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan LPG, terutama dalam penyediaan LPG untuk SPBE dari terminal depot. Penelitian ini mengembangkan model matematika menggunakan metode Minimum Cost Network Flow Problem dengan simplex method untuk mengoptimalkan pola suplai LPG di Pulau Jawa. Model ini mempertimbangkan batasan dan mampu memenuhi permintaan SPBE sebesar 8.866,94 MT. Selain itu, model ini mengurangi biaya operasional perusahaan MIGAS hingga 28% atau Rp 2.134.977,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model matematika yang dikembangkan dapat meningkatkan efisiensi pola suplai LPG di Pulau Jawa dan memberikan peluang pengurangan biaya bagi perusahaan MIGAS. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam mengatasi permasalahan distribusi LPG di Pulau Jawa dan bermanfaat dalam mengurangi biaya operasional perusahaan MIGAS. ......The importance of using Liquefied Petroleum Gas (LPG) as a non-transportation energy source in Indonesia, especially in the Food and Beverage industry, has increased along with population growth. LPG dominates non-transport oil and gas energy consumption by a high percentage. The distribution of LPG in Indonesia shows that Java Island has the largest consumption in the country. However, the LPG supply pattern in Java Island is still not optimal, resulting in scarcity in some areas. MIGAS companies face challenges in meeting LPG demand, especially in supplying LPG for SPBE from terminal depots. This research develops a mathematical model using the Minimum Cost Network Flow Problem method with simplex method to optimize the LPG supply pattern in Java. This model considers the constraints and is able to meet the demand for SPBE of 8,866.94 MT. In addition, this model reduces the operational costs of MIGAS companies by 28% or Rp 2,134,977.00. The results of this study indicate that the developed mathematical model can improve the efficiency of LPG supply patterns in Java and provide cost reduction opportunities for MIGAS companies. This research provides a positive contribution in overcoming LPG distribution problems in Java and is useful in reducing the operational costs of MIGAS companies.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmah Sekar Drupadi
Abstrak :
Artikel ini membahas upaya pengadaan bahan bakar minyak murah untuk nelayan di Pantai Utara pulau Jawa melalui program pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan yang dipelopori oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri pada tahun 2003. Tidak hanya dari pemerintahan, usaha ini juga melibatkan masyarakat pesisir di Pantai Utara untuk memberikan kontribusinya sebagai pengurus aktif. Dalam pelaksanaannya, Rokhmin Dahuri kemudian digantikan oleh Freddy Numberi pada tahun 2005 yang melanjutkan usaha dalam membangun stasiun pengisian bahan bakar untuk nelayan hingga tahun 2009. Artikel ini ditulis menggunakan metode sejarah, dengan sumber buku, data statistika dan artikel sezaman berhasil menampilkan beragam kendala yang dihadapi baik dari sisi pembangunan dan penerimaan nelayan Pantai Utara Pulau Jawa dalam masa pembangunan fasilitas di Pantai Utara. ......This article discusses efforts of providing Javanese Northern Shoreline fishermen with cheap fuels through the buildings of Fishermen Fuel Station, pioneered by Indonesia’s Minister of Maritime and Fisheries, Rokhmin Dahuri in 2003. Not only from the government’s side, the program also encourages locals to contribute actively as local staff. In 2005, Rokhmin Dahuri was replaced by Freddy Numberi his successor who continued his efforts up until 2009. This article is written using history methods, using sources such as books, statistics, and newspaper articles of the corresponding years managed to show the multiple constraints faced both in the buildings of the fuel stations, and from the Javanese northern shoreline fishermen’s acceptance of the program.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library