Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Angelia Melody
Abstrak :
Literasi label pangan kemasan yang masih kurang baik mengantarkan pada perilaku kurang patuhnya membaca label pangan kemasan. Padahal pada label pangan kemasan terdapat informasi mengenai kandungan gula, natrium, dan lemak pada pangan terkait yang dapat membantu masyarakat dalam mempertimbangkan pilihan pangannya sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media video terhadap literasi label pangan pada siswa/i di SMAN 48 Jakarta Timur tahun 2022. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimental, dimana terdapat kelompok perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak dilakukan randomisasi. Total sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 76 orang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner secara daring yang dapat diisi secara mandiri oleh responden dan kemudian hasilnya akan dianalisis secara univariat dan bivariat (Uji T Berpasangan dan Uji Beda Mean). Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada responden kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan media video. Nilai rata-rata literasi label pangan kemasan antar kelompok ditemukan berbeda secara signifikan, dimana kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Media video terkait label pangan kemasan yang dibuat dan digunakan pada penelitian ini dianggap berpengaruh dan dapat digunakan untuk meningkatkan literasi label pangan kemasan.
......Poor packaged food labels literacy leads to the behavior of less obedient on reading packaged food labels. Whereas on packaged food lables there are informations about sugar, sodium, and fat content in related foods that can help people consider their food choices as an effort to prevent non-communicable disease, such as diabetes, hypertension, and obesity. This study aims to know the effect of video on packaged food label literacy on students at X senior high school East Jakarta in 2022. This study used a quasi-experimental design, where there are a treatment group and a control group that were not randomized. The total sample in this study is 76 people. The research data is obtained trough an online questionnaire which the respondents could fill out independently and then the results will be analysed univariate and bivariate (Paired T-Test and Mean Difference Test). The results of the study found that there are significant changes in the experimental group respondents before and after being given the video. The average value of packaged food label literacy between groups was found to be significantly different, where the experimental group is higher than the control group. Video about packaged food labels that were created and used in this study are considered influential and can be used to improve packaged food label literacy.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aulia Kusumastuti
Abstrak :
ABSTRACT
Industri makanan dan minuman di Indonesia, terutama produk makanan kemasan, memiliki potensi pertumbuhan yang besar. Seiring dengan hal tersebut, konsumen Indonesia juga semakin mengadopsi gaya hidup sehat. Penelitian ini akan membahas pengaruh health concern terhadap behavioral intention konsumen produk makanan kemasan dengan melibatkan variabel emotion, perceived value, dan perceived quality. Penelitian ini dilaksanakan melalui survey dengan judgemental sampling. Data penelitian ini terdiri dari 242 responden berusia 18-44 tahun yang pernah mengonsumsi produk makanan kemasan minimal satu kali. Peneliti mengolah data dengan software smartPLS 3 yang selanjutnya data dianalisis dengan metode Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa health concern memiliki pengaruh positif emotion dan tidak memiliki pengaruh negatif terhadap perceived value, perceived quality, maupun behavioral intention. Selanjutnya, emotion tidak memiliki pengaruh negatif terhadap perceived value dan behavioral intention sedangkan perceived quality memiliki pengaruh positif terhadap perceived value dan behavioral intention. Demikian pula perceived value juga memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intention.
ABSTRACT
Food and beverage industries in Indonesia, especially packaged food products, has a great growth potential. Meanwhile, Indonesian consumers are also increasingly adopting a healthy lifestyle. This research will discuss about the effect of health concern on behavioral intention of packaged food products consumer with other variables, including emotion, perceived value, and perceived quality. This research was conducted through survey with judgmental sampling. The data of this study consisted of 242 respondents aged 18-44 years olf who had ever consumed packaged food products at least once. Researcher proceed the data using smartPLS 3 software which then analyzed by Partial Least Square method. The results show that health concern affect positively on emotions while it doesn rsquo t affect negatively on perceived value, perceived quality, or behavioral intention. Furthermore, emotions do not affect negatively on perceived value and behavioral intentions while perceived quality affects positively on perceived value and behavioral intention. Likewise, perceived value also affects positively on behavioral intention.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library