Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Baltimore: Williams & Wilkins, 1973
616.19 MIC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cepi Supriyadi
"Gasolin merupakan bahan bakar kendaraan bermotor sebagai penyumbang pencemaran udara paling besar akibat produk pembakaran yang dihasilkannya. Oleh karena itu, dilakukan usaha untuk meminimalisasi pencemaran yang dihasilkan yaitu dengan melakukan rekayasa proses oksidasi dan pembakaran terhadap komponen penyusunnya yang salah satunya adalah sikloheksana. Rekayasa dari proses oksidasi dan pembakaran itu sendiri meliputi kajian terhadap waktu tunda ignisi dan profil konsentrasi spesi sehingga diperoleh prediksi waktu tunda ignisi dan profil konsentrasi pada berbagai kondisi operasi.
Model kinetika reaksi sikloheksana yang digunakan dalam proses rekayasa divalidasikan terhadap data percobaan Lemaire dkk dalam rapid compression machine untuk waktu tunda ignisi pada rentang temperatur 650 - 900 K, tekanan 8 atm dan 12,5 atm dengan rasio ekivalensi stoikiometri dan data percobaan dari El Bakali dkk dan Voisin dkk dalam jet-stirred reactor untuk profil konsentrasi spesies pada rentang temperatur tinggi (750 - 1150 K), rasio ekivalensi , tekanan 10 atm, residence time nya 0,5 detik serta meggunakan 99% N2 sebagai diluen.
Secara umum, validasi mekanisme menunjukkan bahwa model kinetika telah mereproduksi hasil percobaan dengan baik. Hasil analisis sensitivitas yang dilakukan pada setiap kondisi operasi pembakaran dapat mengidentifikasi reaksi-reaksi yang paling penting dan relevan dalam kondisi tersebut. Hasil simulasi jet-stirred menunjukkan bahwa profil konsentrasi spesi memberikan produk pembakaran yang baik pada tekanan dan temperatur tinggi (25 atm dan 1100 K) untuk campuran stoikiometri. Begitu juga dengan hasil simulasi rapid compression machine menunjukkan bahwa ignisi tercapai pada tekanan dan temperatur awal yang tinggi (25 atm dan 1100 K).

Gasoline as a vehicle fuel is the largest contributor for air pollutions that caused by the combustion product. Therefore, it can be done for minimizing a pollution with make an oxidation and combustion engineering process toward cyclohexane as a gasoline component. The oxidation and combustion engineering process including ignition delay time and concentration profile of species. So we will get the ignition delay time and the concentration profile of species predictions for various operating conditions.
The kinetics model mechanisms used in an oxidation and combustion engineering process was validated toward the experiment data Lemaire et al in rapid compression machine for ignition delay time with stoichiometric mixtures, range temperature 650 ' 900 K, pressure 8 atm and 12.5 atm and then the experiment data El Bakali et al and Voisin et al in jet-stirred reactor for the concentration profile of species in high-temperature regimes (750 ' 1150 K), with equivalence ratios , the residence time is 0.5 second and at 99% dilution by nitrogen.
Generally, result of validity mechanisms indicates that kinetics model has reproduced result of attempt carefully. Sensitivity analysis result in each operating condition and combustion can identify most important reactions and relevant under the condition. Simulation result of jet-stirred reactor indicates that the species concentration profile of perfect combustion product happen at high initial pressure and temperature (25 atm and 1100 K) for stoichiometric mixture. Then, result of simulation rapid compression machine indicates that ignition is reached by swiftly at high initial pressure and temperature (25 atm and 1100 K).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51907
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Widi Agsanto
"Bahan bakar gasolin mengandung ratusan hingga ribuan campuran hidrokarbon. Dalam hal ini bahan bakar gasolin memiliki fraksionasi hidrokarbon C4-C12 yang akan bereaksi secara beragam dengan oksigen dalam udara untuk membentuk karbondioksida, karbon monoksida dan uap air sebagai produk akhir sehingga perlu dilakukan pengoptimalan pembakaran yang terjadi di ruang bakar yang menghasilkan daya energi lebih besar dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Disamping itu pencemaran gas buang yang tidak sempurna menjadi berkurang.
Penelitian ini bertujuan mempelajari prilaku hidrokarbon parafin undekana (C11H24) dengan menggunakan acuan profil dekana yang diperuntukan untuk mempelajari sifat kimia pembakaran undekana yaitu dengan cara memahami kinetika kimia pembakaran sebagai prilaku tunggal yang terkandung dalam bahan bakar, sehingga dapat mengetahui prilaku bahan bakar tersebut dan dalam mengembangkan model kinetika kimia pembakaran dan oksidasi undekana dengan menggunakan konsep aturan Muharam.
Model kinetika undekana yang diperoleh melalui pengembangan dari model dekana, melakukan verifikasi model kinetika dekana sebagai sub komponen model kinetika undekana dengan menggunakan data percobaan yang diperoleh untuk profil ignition delay times dari eksperimen Pfahl et al. pada reaktor shock tube dengan rasio bahan bakar 0,5 - 2, rentang temperatur 700 K - 1300 K, tekanan 13,5 bar dan 50 bar.
Secara umum, hasil pengembangan mekanisme menunjukkan bahwa model kinetika telah mereproduksi hasil percobaan dengan baik dan dilakukan simulasi Jet Stirred menunjukkan bahwa ignisi tercapai pada tekanan dan temperatur awal yang tinggi. Begitu juga dengan simulasi Shock Tube menunjukkan bahwa profil konsentrasi spesi memberikan produk pembakaran yang baik pada tekanan dan temperatur tinggi untuk campuran Lean Fuel.

Gasoline fuel contain hundreds hydrocarbon mixture. Gasoline fuel mechanism keeps hydrocarbon C4-C12 fractional part which will give various react to the oxygen in the air to form carbondioxide, carbonmonoxide and H2O as the final production. Then, it will produce bigger energy to the economize on gasoline fuel consumption. Beside that, a pollution of incomplete gas exhaust could be minimized.
This research is aimed to study the C11H24 behavior as one of gasoline fuel composition, which applies modelling reference of decane and intended for studying of decane combustion. Way by understanding, A combustion of chemical kinetic as a single mechanism in fuel. To develop a kinetic model of chemical combustion undecane by applying a simple rule of muharam concept.
Model of undecane kinetic is taken from decane model development, to verify decane kinetic model as sub component of undecane kinetic model by applying of the existing experiment data to form a profile of ignition delay times from pfahl et al experiment at a jet stirrer by the ratio of fuel is about 0.5-2.0, temperature range is about 700-1300 K, pressure is about 13.5 and 50 bar.
Generally, a result of mechanism development shows a kinetic model does a reproduction of well experiment output and it is done by jet stirred practice and show an ignition will reach the former high pressure and temperature. A simulation of shock tube likewise shows that a concentration profile gives a well combustion production in high prsssure and temperature of lean fuel mixture.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51787
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library