Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dince Erwina Indriyani
Abstrak :
ABSTRAK Tujuan dan penelitian adalah untuk mewujudkan gambaran tentang Karakteristik Piutang Pasien Rawat Inap Bayar Sendiri dengan cara mengikuti proses masuk sampai lepas saat di RS Kanker "Dharmais". Metodologi yang digunakan adalah Metode Telaah Kasus dan Pendekatan Pemecahan Masalah. Dengan kata lain adalah Penelitian Kualitatif-Deskriptif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan Pengamatan Berperan Serta, Focus Group Discussion (FGD), Indepth Interview dan Pengamatan Atas Bukti-bukti Tagihan Rekening yang ada dari April 1994 -September 1995. Dari hasil penelitian,diperoleh data tentang Karakterislik Pasien Rawat inap dan Karakteristik Piutang dari Pasien Rawat Inap Bayar Sendiri yang metiputi Pelunasan Piutang Tanpa Tanggal Pembayaran; Angsuran Piutang Tanpa Tanggal Pernhayaran dan Piutang Ragu-Ragu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Karakteristik Pasien Rawat inap seperti Pemilihan Kelas Perawatan, Lama Hari Rawat, Domisili dan Pekerjaan merupakan faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya piutang. Karakteristik Piutang Dan Pasien Rawest Inap Bayar Sendiri adalah Pelunasan dan Angsuran Piutang Tanpa Tanggal Pembayaran dan Piutang Ragu-Ragu. Saran-saran yang bisa disampaikan adalah mengoptimalkan fungsi-fungsi yang terkait dengan manajemen piutang terutama Penataan Rekening dan Penagihan. Monitoring ketat atas pemilihan kelas, pelaksanaan prosedur tetap pasien masuk dan lepas rawat serta meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja petugas melalui pendidikan, latihan dan Reward yang memadai. vii + 99 halaman : 9 tabel, 2 gambar, 12 lampiran.
ABSTRACT The main objective this study is to give the figure about the own expenses patient debt characteristic by following the normal procedures at "Dharmais" Cancer Hospital. The methodology used to study case and problem solving. In another word is qualitative descriptive study which the data collecting is held through participatory observation, focus group discussion (FGD), in-depth interview and observation to bill from April 1994 - September 1995. Based on this study have been obtained data about debt characteristic for hospitalization patient (own expenses) including payment in cash and debt installments without date payment (extra installment). The conclusion of the study of debt characteristic for hospitalization as follows: selection of class of patient, length of stay of patient in hospital, domicile, occupation constitute potential factors to create debt. The debt characteristic of the own expenses patient such as cash and debt installment, cash and installments before three month and bed-debt. Suggestion which may be withdraw from this study is to optimalization various function related to the debt management, particularly bill and claim arrangement. Tight monitoring for class selection, procedures implementation for patient to improve ability and motivation staffs through education, training and reward. vii + 99 pages: 9 tables, 2 figures, 12 attachment.
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Slamet Iman Santoso
Abstrak :
Tujuan dari penelitian adalah untuk mewujudkan gambaran tentang Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Piutang Pasien Rawat Inap Bayar Sendiri dengan Cara mengikuti proses pasien masuk perawatan sampai dengan lepas rawat di Rumah Sakit Jiwa Pusat Jakarta. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Pendekatan Studi Kasus. Dengan kata lain penelitian ini adalah PENELITIAN KUALITATIF DESKRIPTIF, dimana pengumpulan data dilakukan dengan Penganratan Berperan Serta, Focus Group Discussion (FGD), Indepth Interview dan Pengamatan Atas Bukti-bukti Tagihan Rekening yang ada dari bulan Januari I996-Desember 1996. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Piutang Pasien RawatInap Bayar Sendiri seperti Pemilihan Kelas Perawatan, Jumlah Lama Hari Rawat, dan Domisi Tempat tinggal dapat merupakan faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya piutang. Saran-saran yang bisa disampaikan adalah mengoptimalkan fungsi-fungsi yang terkait dengan manajemen piutang terutama dalam Proses Pra Penerimaan Pasien dan Penagihan. Monitoring ketat atas pemilihan kelas dan kemampuan dari penanggung jawab pasien, pelaksanaan prosedur tetap dalam manajemen piutang yang terjadi serta meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja petugas melalui pendidikan, latihan dan Reward yang memadai.
The main objective this study is to give the figure about factors to create debt of private patient (own expenses) at inpatient room by following the normal procedure at Jakarta Mental Center Hospital. Debt is one of the problems and has become the main focus of the hospital financial management. Nevertheless, any hospital with good management cannot avoid the fact that patient's account receivable is the largest part of its current assets. The hospital biggest source of income is obtained from the revenue of inpatient room, so that it is understood that account receivable of private patient has become an important aspect for the hospital management. Private patient has the highest risk to cause debt if this latter one at a hospital with quite big amount and it will affect the hospital operations. Financial report of Jakarta Mental Center Hospital in 1996. Indicated thatta,tal debt of private inpatient is high enough. The methodology used to study case and problem solving. In another word is qualitative descriptive study with the data collecting is held through participatory observation, focus group discussion (FGD), indepth interview and observation to bill from Januari 1996 - Desember 1996. Based on this study have been obtained data about factor to create debt of private patient (own expenses) at in patient room. The conclusion of the study as follow : domicile, selection of class of patient and length of stay of patient in hospital, constitute potential factors to create debt. Suggestion which may be withdraw from this study is to optimalization various function related to the debt management, particularly bill and claim arrangement, procedures implementation for patient and to improve ability and motivation staff's through education, training and reward.
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library