Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reyna Hemas Wening Riswanto
"Kepemimpinan merupakan hal yang penting bagi kehidupan mahasiswa sebagai agen perubahan. Dalam penelitian ini, kepemimpinan ditinjau dalam perspektif Teori Identitas Sosial, yaitu leader prototypicality, atau tingkat seorang pemimpin dianggap sebagai representasi kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi performa pemimpin pada leader prototypicality di kalangan mahasiswa. Hipotesis penelitian adalah semakin tinggi persepsi performa pemimpin, maka leader prototypicality akan semakin meningkat (1-tailed). Hipotesis dalam penelitian korelasional ini diuji dengan melakukan metode kuantitatif, yang dilakukan dengan melihat hubungan linier antara dua skor, yaitu skor persepsi performa pemimpin yang diperoleh menggunakan Leader Performance Scale (Steffens, 2012) dan Leader Ingroup Prototypicality Scale (Platow & van Knippenberg, 2001). Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Indonesia (n=104) berusia 18-25 tahun (M=20.54) yang pernah menjadi atau merupakan anggota organisasi kemahasiswaan dengan jumlah partisipan laki-laki sebanyak 34 orang, partisipan perempuan sebanyak 68 orang, dan 2 orang lainnya memilih tidak menjawab. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik multiple regression (B= 1.412, p < .001) menunjukkan bahwa peningkatan skor persepsi performa pemimpin akan meningkatkan skor leader prototypicality. Berdasarkan hasil tersebut, ditemukan bahwa persepsi performa pemimpin mempengaruhi secara positif leader prototypicality. Temuan tersebut dapat menjadi implikasi untuk menguatkan hasil studi tentang persepsi performa pemimpin dan leader prototypicality yang belum konklusif, dan diharapkan dapat menjadi landasan bagi mahasiswa Universitas Indonesia untuk mengembangkan kepemimpinan di organisasi mahasiswa.

Leadership is important in college students’ life as an agent of change. In this study, leadership will be reviewed through the perspective of Social Identity Theory, namely leader prototypicality, defined as the extent which the leader is seen as the group’s representative. This research aims to study the effect of perceived leader performance on leader prototypicality in college student. We proposed that increased perceived leader performance results in increased leader prototypicality (1-tailed). The hypotheses are tested in this correlational study, using quantitative method done by reviewing the linear relationship between two score, namely Leader Performance Scale (Steffens, 2012) to assess perception of leader performance, and Leader Ingroup Prototypicality Scale (Platow & van Knippenberg, 2001) for leader prototypicality. This research participants are Universitas Indonesia students ranging from age 18-15 (n=104, M=20.54), had the experience of being a member of student organization, consists of 34 male, 68 female, and 2 others chose not to answer. Results from the multiple regression (B= 1.412, p < .001) showing perceived leader performance and leader prototypicality are related positively. The research finding provides implication to affirm the prior study in perceived leader performance and leaderprototypicality. Further implication from this study is to develop leadership in college students. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fika aulia Kusuma
"Mengelola konflik dalam organisasi non profit memang berbeda dengan organisasi berbasis profit. Anggota organisasi mungkin memiliki perspektif berbeda dalam menghadapi konflik dan mungkin juga mengabaikan konflik yang dapat mempengaruhi kesejahteraan dan masa depan organisasi. Studi kasus ini fokus pada menemukan jenis konflik apa yang terjadi dalam organisasi non profit, terutama dalam organisasi mahasiswa, serta mengidentifikasi perspektif dan tindakan pemimpin organisasi terhadap konflik dalam organisasi. Berdasarkan studi kasus ini, kita dapat melihat bahwa konflik organisasi non profit yang didasarkan pada latar belakang budaya yang sama menhakibatkan terjadi nya konflik terkait tugas. Persepsi konflik yang dimiliki oleh anggota yaitu mereka memandang konflik sebagai hal yang wajar dan sering terjadi. Proses komunikasi antara pemimpin dan anggota mungkin menghadapi beberapa kesulitan karena hambatan situasional.

Managing conflict in a non-profit organization is indeed different in than profit-based organization. The member of the organization may have different perspective in facing the conflict and might as well ignore the conflict that may affect the organization wellbeing and future. The case study focus on finding what kind of conflict that occur in a non-profit organization especially in student organization, as well as identifying the leader perspective and action toward the conflict within the organization. Based on this case study, we could see that the conflict of non-profit organization that based on similar cultural background are more likely to be task related conflict. The perception of conflict that shared among members is positive that they perceive the conflict as it is normal to happen. The communication process between the leader and the member may face some difficulties due to situational barriers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Budiarti
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan keaktifan berorganisasi mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 140 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 57,9% mahasiswa dengan harga diri positif memiliki tingkat keaktifan tinggi. Hasil uji Chi Square menyatakan terdapat hubungan yang bermakna antara harga diri dan keaktifan berorganisasi (p= 0.037, α= 0.05). Penelitian memberikan implikasi supaya hasil penelitian dapat dijadikan evidence base dalam menyusun rencana pendidikan kesehatan pada kelompok remaja yang memiliki masalah harga diri negatif.

This study purposed to examine the relationship between self-esteem and organizational activities among Undergraduate Students of Nursing, University of Indonesia. This study used cross sectional design involved 140 students with purposive sampling technique. The result showed that 57,9% respondents who involved organizational students in faculty of nursing with positive self-esteem have high activities. Based on Chi Square test, there was a significant relationship between self-esteem and organizational activities (p= 0.037, α= 0.05). This study has implications for educational institutions to be used as evidence base in health education plan for adolescents who have problem with negative self-esteem."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43590
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Daniyaal Hadzami
"This research works through Arabic phonological interference which had been occured on pronouncement of Quranic recitation. Respondents of this paper had randomly been selected from an Islamic student organization, named Charity Forum and Islamic Studies Student. Organization (FORMASI) in Faculty of Humanities, University of Indonesia. The reason why the organization had been chosen as the main respondent is because it has a weekly reading and discussing Quran program. The research is deliberately focused on Arabic phonems pronouncement interferences in several of Koran verses which do not exist in Bahasa Indonesia phonological system. The results describe that the interference had incidentally been occured by several respondents. Pronouncement interference is consisted of Arabic phonems which do not exist in Bahasa Indonesia phonological system."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53222
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haris Dwicahyo
"Penelitian ini bertujuan untuk menggali alasan bergabungnya mahasiswa ke dalam organisasi mahasiswa. Studi-studi terdahulu menyimpulkan bahwa alasan terkait hal tersebut adalah untuk mencari koneksi pertemanan, adanya pengaruh dari kakak tingkat, serta untuk mengembangkan kemampuan sebagai persiapan kehidupan pascakampus. Penulis setuju terhadap ketiga alasan tersebut. Akan tetapi, ketiga alasan tersebut cenderung hanya berlaku bagi mahasiswa tingkat awal, bukan mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir cenderung sudah memiliki koneksi pertemanan yang cukup, telah mandiri dalam berkegiatan tanpa pengaruh dari kakak tingkat, serta berkesempatan untuk mengikuti magang sebagai persiapan kehidupan pascakampus secara langsung. Oleh karena itu, penulis berargumen bahwa terdapat alasan lain yang mendorong mahasiswa tingkat akhir untuk bergabung ke dalam organisasi mahasiswa, yakni untuk mempertahankan identitas diri yang melekat pada diri mereka. Menurut teori identitas sosial, identitas seseorang terdiri dari identitas personal yang unik serta identitas sosial yang diperoleh dari kelompok sosial di mana ia bergabung. Pilihan tetap bergabung dengan organisasi mahasiswa menjadikan mahasiswa tingkat akhir tetap memiliki identitas sosial yang mampu mendatangkan berbagai benefit. Berbagai benefit ini akan dianalisis dengan menggunakan konsep rasionalitas yang berbasis afektif serta instrumental. Penggalian fenomena dilakukan secara kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap mahasiswa tingkat akhir FISIP UI yang tetap bergabung dalam organisasi mahasiswa maupun yang tidak.

This study aims to explore the reasons for joining students in student organizations. Previous studies conclude that the reasons for this are to seek friendship connections, influenced by seniors, and to develop skills in preparation for post-campus life. The author agrees with these reasons. However, these reasons tend to only apply to freshman students, not final year students. Final year students tend to have sufficient friendship connections, are independent in their activities without the influence of seniors and could take part in internships as a direct preparation for post-campus life. Therefore, the author argues that there is other reason that encourage final year students to join student organizations, namely to maintain their inherent self-identity. According to social identity theory, a person's identity consists of a unique personal identity and a social identity derived from the social group to which them belong. Staying in student organizations makes the social identity of final year students remain; therefore can bring various benefits. These benefits will be analyzed using the concept of affective and instrumental rationality. Exploration of the phenomenon is carried out qualitatively through indepth interviews with final year FISIP UI students who continued to join student organizations or those who did not."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arjun Fatahillah
"Radikalisme menjadi ancaman nasional bagi bangsa dan negara Indonesia, khususnya Radikalisme Agama pada mayoritas rakyat Indonesia yang beragama Islam. Ketahanan Nasional menjadi ukuran yang proporsional bagi kekuatan bangsa dan negara dalam menghadapi radikalisme dan terorisme. Pemuda sebagai aset masa depan bangsa dan negara memiliki peran penting dalam mencegah radikalisme, dalam kaitannya dengan Radikalisme Agama peran pemuda diwakili oleh Mahasiswa Islam sebagai kaum intelektual yang lahir dari perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi juga wawancara dan data sekunder menghasilkan data analisis deskriptif, yaitu dinyatakan secara tertulis atau lisan sesuai kenyataan dengan penjelasan yang mendetail. Gambaran mendalam terkait fenomena radikalisme agama di komunitas mahasiswa, diperoleh dengan metode triangulasi untuk memvalidasi temuan penelitian, triangulasi pada penelitian ini adalah pengecekan data dari seluruh Organisasi Mahasiswa Islam (PMII, HMI, IMM, dan KAMMI). Teori Hubungan Internasional, Teori Ketahanan Nasional dan Teori Kepemimpinan Situasional masing-masing digunakan untuk : mengidentifikasi masuknya radikalisme agama di kalangan mahasiswa, menjelaskan aspek-aspek penting dari sebab dan pencegahan radikalisme, juga kondisi kekinian organisasi dan lingkungannya dalam menentukan cara pencegahan radikalisme. Ditemukan dalam penelitian ini bahwa Fundamentalisme Agama yang tumbuh dari Gerakan Transnasional menjadi pintu masuk bagi Radikalisme Agama, juga berdampak lebih lanjut menjadi Ekstrimisme Agama dan Terorisme Agama. Aspek Ideologi dalam Organisasi Mahasiswa Islam yang terwujud pada setiap nilai luhur organisasi disepakati sebagai yang terpenting pada pembangunan karakter pemuda dalam mencegah radikalisme agama. Kolaborasi antara Ketahanan Nasional dan Model Pentahelix juga menjadi tawaran untuk 4 Aspek selanjutnya, yaitu Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Pertahanan Keamanan

Radicalism is a national threat to the Indonesian nation and state, especially Religious Radicalism to the majority of the Indonesian people who are Muslim. National Resilience becomes a proportional measure for the state in facing radicalism and national terrorism. Youth as the future asset of the nation and state have an important role in preventing radicalism, in relation to Religious Radicalism the role of youth is shown by Islamic students as intellectuals born from college. The research method used is descriptive qualitative method, by conducting observations as well as interviews and secondary data resulting in descriptive data analysis, which is stated in writing or orally according to reality with detailed explanations. An in-depth description of the phenomenon of religious radicalism in the student community was obtained by using the triangulation method to validate the findings, triangulation in this study was checking data from all Islamic Student Organizations (PMII, HMI, IMM, and KAMMI). International Relations Theory, National Resilience Theory and Situational Leadership Theory are respectively used to: Identify the entry of religious radicalism among students, explain important aspects of the causes and prevention of radicalism, as well as the current conditions of the organization and its environment in determining how to prevent radicalism. It was found in this study that Religious Fundamentalism which grew from the Transnational Movement became the entrance for Religious Radicalism, also had a further impact on Religious Extremism and Religious Terrorism. Ideological aspects in Islamic Student Organizations that are manifested in each organization's noble values ​​are agreed to be the most important in building youth character in preventing religious radicalism. The collaboration between National Resilience and the Pentahelix Model is also an offer for the next 4 Aspects, namely Political, Economic, Socio-Cultural, and Defense and Security."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library