Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sandi Rahayu
Abstrak :
Sudah menjadi fenomena yang diterima umum bahwa pembelajaran organisasi rnemungkinkan perusahaan unluk beradaptasi dengan lebih baik dan lebih cepat terhadap perubahan lingkungannya I-lanya pembelajaran yang dilakukan di seluruh level organisasi lah yang mcmungkinkan perusahaan untuk memiliki kecepatan, inovasi dan kualitas yang dibutuhkannya untuk merespons dengan bail-c ekspektasi- ekspektasi pelanggannya yang terus berubah_ Pembelajaran telah menjadi satu-satunya keunggulan kompetitif yang tems berkelanjutan, baik bagi individu-individu dalam organisasi maupun kolektivitas rnereka; dan berguna untuk tetap menjaga posisi perusahaan dalam pasar. Penelitian ini disusun untuk menclaah variabel-variabel yang dianggap mempengaruhi kinerja pembelajaran organisasi (Y), yaitu pembelajaran individual (XI) dan pembelajaran kelompok (XZ), hubungan masing-masing variabel bebas (X, dan (X;) terhadap variabel tergantung (Y) dan kedua variabel (X| bersama-sama dengan X2) terhadap variabel tergantung. Obyek penelitian ini dengan scndirinya adalah kinerja pembelajaran organisasi PT. KJA dengan populasi sebanyak 132 orang kaqawan tetap Perusahaan. Dengan menggunakan teknik ?purposive sampling? berdasarkan rumus Slovin maka dipcroleh sampel sebesar 100 orang_ Instrumen yang digunakan adalah kuesioner baku dalam 5 skala Likert, dan telah melalui tahapan uji validitas serta reliabilitas. Data hasil penelitian diolah secara dcskriptif dengan mcnggunakan instrumen uji statistik analisis regresi dan korelasional _ Hasil analisis data rnenunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran individu dengan kinerja pembelajaran organisasi_ Begitu pula terdapat hubungan positif yang signitikan antara pembelajaran kelompok dengan kineaja pembelajaran organisasi dan antara pembelajaran individu dan kelompok secara bersama-sama dengan kinerja pembelajaran organisasi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja pembelajaran organisasi dapat ditingkatkan melalui usaha-usaha pcningkatan kemampuan pembelajaran individu dengan cara melatih strategi pembelajaran individu, membedkan input agar tiap individu mempunyai penilaian yang positif terhadap diri mereka sendiri dan mempunyai motivasi yang memadai baik untuk berhasil maupun untuk menghindari kegagalan. Sebaliknya kinerja pembelajaran kelompok dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kualitas pertanyaan guna mendukung pengertian kelompok terhadap masalah dan tugas yang dihadapi, memperbaiki kemampuan mendengarkan dan refleksi masing-masing anggota kclompok, meningkatkan kualitas penyampaian dan pemecahkan masalah, pengambilan tindakan, budaya pembelajaran serta kualitas pemimpin kelompok.
Abstract
It has been widely accepted that organizational learning promotes any company to better and faster adapt to its turbulent environment changes- Only by organization wide learning will a company have the speed, innovation and quality essential to respond with competence to the ever-growing expectations of its clients and customers. Learning has really become the only sustainable competitive advantage, individual or collectively to keep on any company?s position in the market. The aim of this research is therefore to study the relationship between variables of individual leaming, team learning on the performance of organizational lemming. The study indicates that there is significant positive relationship between individual learning and organizational leaming; a significant positive relationship between team Ieaming and organizational Ieaming performance, and a significant positive relationship between individual learning and team learning altogether with the performance of organizational learning. dengan X2) terhadap variabel tergantung. Obyek penelitian ini dengan scndirinya adalah kinerja pembelajaran organisasi PT. KJA dengan populasi sebanyak 132 orang kaqawan tetap Perusahaan. Dengan menggunakan teknik ?purposive sampling? berdasarkan rumus Slovin maka dipcroleh sampel sebesar 100 orang_ Instrumen yang digunakan adalah kuesioner baku dalam 5 skala Likert, dan telah melalui tahapan uji validitas serta reliabilitas. Data hasil penelitian diolah secara dcskriptif dengan mcnggunakan instrumen uji statistik analisis regresi dan korelasional _ Hasil analisis data rnenunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran individu dengan kinerja pembelajaran organisasi_ Begitu pula terdapat hubungan positif yang signitikan antara pembelajaran kelompok dengan kineaja pembelajaran organisasi dan antara pembelajaran individu dan kelompok secara bersama-sama dengan kinerja pembelajaran organisasi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja pembelajaran organisasi dapat ditingkatkan melalui usaha-usaha pcningkatan kemampuan pembelajaran individu dengan cara melatih strategi pembelajaran individu, membedkan input agar tiap individu mempunyai penilaian yang positif terhadap diri mereka sendiri dan mempunyai motivasi yang memadai baik untuk berhasil maupun untuk menghindari kegagalan. Sebaliknya kinerja pembelajaran kelompok dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kualitas pertanyaan guna mendukung pengertian kelompok terhadap masalah dan tugas yang dihadapi, memperbaiki kemampuan mendengarkan dan refleksi masing-masing anggota kclompok, meningkatkan kualitas penyampaian dan pemecahkan masalah, pengambilan tindakan, budaya pembelajaran serta kualitas pemimpin kelompok.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T6489
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library