Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gigin Rizki Novrian Panji Handoyo Putro
"Pada pertengahan tahun 2015, Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan program Pembangunan Pembangkit 35.000 MW, hal ini bertujuan untuk memenuhi pertumbuhan beban, dan pada wilayah tertentu diutamakan untuk memenuhi kekurangan pasokan tenaga listrik. Indonesia juga merupakan salah satu negara pemilik cadangan gas alam yang cukup besar, yaitu diperkirakan 150,4 TCF (Trilliun standard Cubic Feet) yang tersebar di berbagai pulau. Adapun Indonesia Wilayah Tengah yang terdiri dari 3 pulau besar yaitu Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, ketiganya memiliki banyak kepulauan kecil dan dikelilingi oleh lautan luas. Oleh karena itu untuk mempermudah penyaluran suplai LNG bagi pembangkit listrik tenaga gas di wilayah tersebut, maka digunakan small scale LNG carrier untuk penyalurannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) yang dikombinasikan dengan linier programming serta Algoritma Greedy dengan fungsi objektif yaitu untuk memaksimalkan kapasitas muatan kapal. Selain itu juga dilakukan analisis keekonomian berdasarkan kelayakan finansial serta analisis terkait harga gas dunia. Hasil dari penelitian ini diperoleh 3 kluster rute yang akan di pasok menggunakan dua kapal untuk masing-masing kluster dengan rincian sebagai berikut, Kluster 1 Sulawesi menggunakan kapal ukuran 14000 cbm dan 7500 cbm dengan kecepatan rata-rata 13 knot, Kluster 2 Kalimantan menggunakan kapal ukuran 5000 cbm dan 10000 cbm dengan kecepatan rata-rata 15 knot, serta Kluster 3 Nusa Tenggara menggunakan kapal ukuran 7500 cbm dan 3587 cbm dengan kecepatan rata-rata 13 knot. Berdasarkan rute optimum yang didapat, maka sisa muatan untuk Kluster 1 Sulawesi adalah sebesar 1447,62 cbm atau 6,73% dari kapasitas total kapal, sisa muatan untuk Kluster 2 Kalimantan sebesar 697,86 cbm atau 4,65% dari kapasitas total kapal, dan sisa muatan untuk Kluster 3 Nusa Tenggara adalah sebesar 369,85 cbm atau 3,34% dari kapasitas total kapal. Dari analisa keekonomian menunjukan bahwa dengan total CAPEX sebesar US$ 1.087.439.857,67. Dan didapatkan margin harga penjualan LNG sekurang kurangnya sebesar US$ 2/MMBTU untuk kluster 1 dengan payback period dalam kurun waktu 7 tahun, US$ 2/MMBTU untuk kluster 2 dengan payback period dalam kurun waktu 10 tahun, serta US$ 5/MMBTU untuk kluster 3 dengan payback period dalam kurun waktu 9 tahun.

In mid-2015, the Government of Indonesia officially launched the 35,000 MW Power Generation Program, this aims to meet load growth, and in certain areas, it is prioritized to meet the shortage of electricity supply. Indonesia is also one of the countries with large natural gas reserves, which are estimated at 150.4 TCF (Trillion standard Cubic Feet) spread over various islands. As for the Central Region of Indonesia, consists of 3 large islands, namely Kalimantan, Sulawesi, and Nusa Tenggara, all three of them have many small islands and are surrounded by vast oceans. Therefore, a small-scale LNG carrier is used for distribution to facilitate the distribution of LNG supply for gas-fired power plants in the area. The method used in this research is the Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) combined with linear programming and the Greedy Algorithm with the objective function of maximizing the ship's cargo capacity. In addition, an economic analysis based on financial feasibility as well as analysis related to world gas prices was also carried out. The results of this study obtained 3 cluster routes that will be supplied using two ships for each cluster with the following details, Sulawesi Cluster 1 uses 14000 cbm and 7500 cbm ships with an average speed of 13 knots, Cluster 2 Kalimantan uses ships of 5000 cbm and 10000 cbm with an average speed of 15 knots, as well as Cluster 3 Nusa Tenggara using ships of 7500 cbm and 3587 cbm with an average speed of 13 knots. Based on the optimum route obtained, the remaining cargo for Cluster 1 Sulawesi is 1447.62 cbm or 6.73% of the total vessel capacity, the remaining cargo for Cluster 2 Kalimantan is 697.86 cbm or 4.65% of the total vessel capacity, and the remaining cargo for Nusa Tenggara Cluster 3 is 369.85 cbm or 3.34% of the total capacity of the ship. The economic analysis shows that with a total CAPEX of US$ 1,087,439,857.67. And the LNG sales price margin is at least US$ 2/MMBTU for cluster 1 with a payback period of 7 years, US$ 2/MMBTU for cluster 2 with a payback period of 10 years, and US$ 5/MMBTU for cluster 3 with a payback period of 9 years.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Nur Altaf
"Dunia sedang memiliki tantangan besar dalam menangani emisi gas rumah kaca (GRK). Dengan timbulnya emisi gas rumah kaca ini memiliki banyak dampak yang begitu besar terhadap perubahan iklim. Sektor transportasi khususnya industri pelayaran sendiri menyumbang sebesar 3% dari emisi gas rumah kaca pada tahun 2022 (Sinay, 2023). Sektor pembangkit listrik juga memiliki peranan besar dalam permasalahan emisi gas rumah kaca dikarenakan penggunaan bahan bakar fosil yang cukup besar untuk kebutuhan pembangkit listrik. Pembangunan infrastruktur dan konversi pembangkit listrik berbahan bakar gas menjadi salah satu usaha untuk menghasilkan energi yang bersih dalam rangka mencapai target Net zero Emmision. Untuk itu Pemerintah Indonesia berkomitmen berusaha meningkatkan penggunaan gas untuk kebutuhan domestik, melalui Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 13K/13/MEM/2020 tentang Penugasan pelaksanaan penyediaan pasokan dan pembangunan infrastruktur Liquefied Natural Gas (LNG), serta konversi penggunaan bahan bakar minyak dengan LNG dalam penyediaan Tenaga Listrik. Komitmen tersebut didukung oleh program pemerintah tahun 2015 mengenai Pembangunan Pembangkit Listrik 35.000 MW di Indonesia. Dengan kondisi geografis tersebut proses transportasi LNG dari lokasi sumber LNG menuju pembangkit listrik menjadi tantangan tersendiri dikarenakan keterbatasan jaringan pipa gas di Indonesia. Tantangan tersebut dapat diatasi dengan adanya Small Scale LNG Carrier (SSLNG). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) dan Linear Programming dengan fungsi objektif memperoleh sisa muatan distribusi paling minimum dari beberapa pilihan penggunaan jumlah kapal beserta variasi kecepatan. Analisa ekonomi juga dilakukan  berdasarkan kelayakan finansial. Hasil dari penelitian ini diperoleh masing-masing penggunaan model distribusi LNG untuk setiap kluster sebagai berikut, Kluster 1 yaitu Nusa Tenggara menggunakan model 1 dengan penggunaan 1 kapal  berkapasitas 15,600 CBM  dengan kecepatan 13 knot, Kluster 2 yaitu Maluku menggunakan model 1 dengan penggunaan 1 variasi kapal yaitu kapal berkapasitas 15,600 CBM dengan kecepatan kapal yang sama yaitu 13 knot, Kluster 3 yaitu Papua menggunakan model 2 dengan penggunaan 2 kapal yaitu 15,600 CBM dengan kecepatan 14 knot dan 10,000 CBM dengan kecepatan 11 knot. Berdasarkan hasil skenario pembuatan model distribusi LNG dengan perolehan rute dengan total sisa muatan paling minimum untuk Kluster 1 didapatkan total sisa muatan sebesar 4.23 CBM, untuk Kluster 2  didapatkan total sisa muatan sebesar 19.03 CBM dan Kluster 3 didapatkan total sisa muatan sebesar 121.52 CBM. Dari analisa ekonomi didapatkan untuk total CAPEX sebesar 421,700,883 US$. Untuk margin harga penjualan LNG setiap kluster sekurang kurangnya sebesar 1.5 USD/MMBTU pada kluster 1 dengan payback period dalam kurun waktu 8 tahun, 1 USD/MMBTU pada kluster 2 dengan payback period dalam kurun waktu 6 tahun dan 2 USD/MMBTU pada kluster 3 dengan payback period dalam kurun waktu 8 tahun.

The world is currently facing a significant challenge in addressing greenhouse gas (GHG) emissions. The emergence of these emissions has substantial impacts on climate change. The transportation sector, particularly the shipping industry, contributed 3% of global GHG emissions in 2022 (Sinay, 2023). The power generation sector also plays a significant role in GHG emissions due to the substantial use of fossil fuels for electricity generation. Developing infrastructure and converting fossil-fuel-based power plants to gas is one of the efforts to produce clean energy to achieve the Net Zero Emission target. Therefore, the Indonesian government is committed to increasing the use of gas for domestic needs through the Decree of the Minister of Energy and Mineral Resources Number 13K/13/MEM/2020 concerning the assignment for the provision of supply and development of Liquefied Natural Gas (LNG) infrastructure, and the conversion of oil fuel use to LNG in electricity supply. This commitment is supported by the 2015 government program regarding the construction of 35,000 MW of power plants in Indonesia. Given the geographical conditions, transporting LNG from its source to power plants presents its own challenges due to the limited gas pipeline network in Indonesia. These challenges can be addressed with the use of Small Scale LNG Carriers (SSLNG). The method used in this study is the Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) combined with Linear Programming, with the objective function to minimize the remaining load distribution from several options of ship usage and speed variations. An economic analysis was also conducted based on financial feasibility. The results of this study obtained each LNG distribution model for each cluster as follows: Cluster 1, Nusa Tenggara, using model 1 with a 15,600 CBM capacity ship at a speed of 13 knots; Cluster 2, Maluku, using model 1 with a 15,600 CBM capacity ship at the same speed of 13 knots; Cluster 3, Papua, using model 2 with two ships of 15,600 CBM at 14 knots and 10,000 CBM at 11 knots. Based on the scenario of creating an LNG distribution model with the minimum remaining load route, Cluster 1 obtained a total remaining load of 4.23 CBM, Cluster 2 obtained a total remaining load of 19.03 CBM, and Cluster 3 obtained a total remaining load of 121.52 CBM. From the economic analysis, the total CAPEX was found to be 421,700,883 USD. For the LNG selling price margin, each cluster required at least 1.5 USD/MMBTU for Cluster 1 with a payback period of 8 years, 1 USD/MMBTU for Cluster 2 with a payback period of 6 years, and 2 USD/MMBTU for Cluster 3 with a payback period of 8 years."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apri Melianes Febri
"Ketersediaan energi listrik menjadi peran yang vital dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui Program Listrik 35000 MW pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara PLN berencana untuk membangun banyak pembangkit tenaga listrik di berbagai daerah salah satunya Indonesia Timur. Dengan memanfaatkan potensi cadangan gas yang cukup besar, PLN berencana membentuk pembangkit listrik tenaga mesin gas yang tertuang dalam Rancangan Usaha Pembangkit Tenaga Listrik Negara. Oleh sebab itu, dalam pendistribusian gas perlu adanya tranportasi laut yang dapat menghubungkan pembangkit dengan penyuplai gas. Pada penelitian ini distribusi LNG dikaji dengan menggunakan Small Scale LNG carrier karna disebabkan beberapa faktor seperti kondisi geografis, jumlah permintaan dan lainnya. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capacitated vehicle routing problem dengan kombinasi algoritma greedy dan linear programming. Fungsi objektif dari metode ini adalah memaksimalkan kapasitas muat yang dapat diangkut oleh kapal dalam sekali roundtrip. Kemudian dari kapasitas adapat ditentukan dimensi kapal melalui metode statistik dan analisa keekonomisan berdasarkan parameter kelayakan finansial. Hasil dari penelitan ini didapatkan kapasitas kapal untuk kluster 1 sebesar 5000 Cbm Vs=16 knot dengan rute Kilang LNG tangguh-Fak-fak-Kaimana-Timika-Merauke-Langgur-Dobo-LNG tangguh; kluster 2 sebesar 18000 cbm Vs=12 knot dengan rute LNG Tangguh-Sorong-Monokwari-Nabire-Serui-Sarmi-Jayapura-LNG Tangguh; Kluster 3 sebesar 2500 Cbm Vs=12 knot denga rute LNG tangguh-Bula-Sera-Namlea-Ambon-Separua dan LNG tangguh; Kluster 4 sebesar 5000 Cbm Vs=12knot dengan rute LNG Donggi Senoro-Bacan-Ternate-Morotai-Helmahera-Maba-LNG Donggi Senoro. Dimensi kapal kluster 1 L=92.65m, B=16.8m, H=8.3m T=5.23m;kapal kluster 2 L=134.25m, B=24.61m, H=13.07m, T =6.99m ;kapal kluster 3 L=84.65m, B=15.31m, H=7.37m, T=4.89m ;kapal kluster 4 L=92.65m, B=16.8m, H=8.3m, T=5,23m. Analisa keekonomian menunjukkan bahwa investasi dikategorikan layak secara finansial jika margin harga penjualan LNG sekurang kurangnya sebesar US$ 4/MMBTU untuk kluster 1, US$ 2/MMBTU untuk kluster 2, US$ 5/MMBTU untuk kluster 3, US$ 3/MMBTU untuk kluster 4.

The availability of electrical energy plays a vital role in supporting Indonesia's economic growth. Through the 35000 MW Electricity Program, the government through the State-Owned Enterprise PLN plans to build many power plants in various regions, one of which is Eastern Indonesia. By taking advantage of the large potential of gas reserves, PLN plans to establish a gas engine power plant as stated in the State Electricity Generation Business Plan. Therefore, in the distribution of gas it is necessary to have sea transportation that can connect the generator with the gas supplier. In this study, LNG distribution was studied using a Small Scale LNG carrier because it was caused by several factors such as geographical conditions, the number of requests and others. The method used in this research is the Capacitated vehicle routing problem with a combination of greedy algorithms and linear programming. The objective function of this method is to maximize the loading capacity that can be transported by the ship in one roundtrip. Then from the capacity, the dimensions of the ship can be determined through statistical methods and economic analysis based on financial feasibility parameters. The results of this research show that the ship capacity for cluster 1 is 5000 Cbm Vs=16 knots with the route LNG Tangguh-Fak-fak-Kaimana-Timika-Merauke-Langgur-Dobo-LNG Tangguh; cluster 2 of 18000 cbm Vs=12 knots with the ruoute LNG Tangguh-Sorong-Monokwari-Nabire-Serui-Sarmi-Jayapura-Tangguh LNG; Cluster 3 is 2500 Cbm Vs=12 knots with route Tangguh LNG-Bula-Seram-Namlea-Ambon-Separua -Tangguh LNG; Cluster 4 is 5000 Cbm Vs=12 knots with the route Donggi Senoro-Bacan-Ternate-Morotai-Helmahera-Maba-LNG donggi senoro. Dimensions of cluster ship 1 L=92.65m, B=16.8m, H=8.3m T=5.23m; ship cluster 2 L=134.25m, B=24.61m, H=13.07m, T = 6.99m ; ship cluster 3 L =84.65m, B=15.31m, H=7.37m, H=4.89m; cluster ship 4 L=92.65m, B=16.8m, H=8.3m, T=5.23m. The economic analysis shows that the investment is considered financially feasible if the LNG sales price margin is at least US$ 4/MMBTU for cluster 1, US$ 2/MMBTU for cluster 2, US$ 5/MMBTU for cluster 3, US$ 3/MMBTU for cluster 4."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library