Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Septiani
Abstrak :
ABSTRAK
Hiperglikemia merupakan hal yang sering terjadi pada pasien dengan penyakit parah (dengan atau tanpa riwayat diabetes) dan dapat meningkatkan angka kematian pasien. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai model matematis berbasis keputusan medis yang digunakan dalam simulasi komputer untuk menganalisa perubahan konsentrasi glukosa pasien selama pasien dirawat di ICU dengan state awal hiperglikemia. Model yang digunakan adalah model bio-medis Glucosafe. Model Glucosafe ini memperhitungkan perubahan konsentrasi glukosa dan insulin didalam tubuh manusia dengan bantuan sistem persamaan differensial nonlinier orde satu, serta mempertimbangkan tingkat penurunan penyerapan glukosa di usus dan titik jenuh insulin pada pasien yang sensitivitas insulinnya berkurang karena sakit parah. Tujuan dari model glucosafe ini adalah menentukan banyaknya suplai nutrisi (nutrisi entral dan nutrisi parenteral) serta suplai insulin eksogen yang akan diberikan kepada pasien selama berada di ICU. Hasil percobaan menunjukkan bahwa perawatan dengan kombinasi antara pengurangan dalam pemberian nutrisi dan pemberian insulin menghasilkan penurunan konsentrasi glukosa yang lebih cepat dan mencapai kondisi stabil dengan lebih cepat.
ABSTRACT
Hyperglycemia often happen to critically ill patients and can increase mortality. This paper present the mathematical model-based decision support in term of computer simulations to analize the changes of glucose concentration in critically ill patients with hyperglycemic initial states. The model that we use is bio-medial model Glucosafe. Glucosafe calculate the evolution of blood glucose and insulin concentration in the human body by help of a nonlinier system of first order differential equations, and considered the reduced rate of glucose gut absorption and saturation od insulin action in patients with reduced insulin sensitivity due to critically ill. The aims of this model is to determine the nutrition and insulin for the patient. Numerical results showed that the treatment with combination of reducing nutrition feeding and insulin therapy gives faster result in reducing glucose concentration.
2014
S61401
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
[Penurunan penjualan secara global pada tahun ini oleh McDonald?s selaku salah satu pemimpin pasar dalam industri restoran cepat saji, serta adanya prediksi bahwa jumlah gerai restoran cepat saji di Indonesia akan terus meningkat hingga 9.100 gerai di tahun 2017, mengindikasikan bahwa kompetisi dalam industri restoran cepat saji kian memanas. Sekarang, kepuasan bukanlah satu-satunya parameter untuk mengukur kesetiaan seorang konsumen terhadap sebuah restoran cepat saji. Adalah kejenuhan konsumen, suatu faktor penting yang sampai saat ini belum mendapatkan banyak perhatian dari restoran cepat saji yang ada. Kejenuhan konsumen ini lah yang nantinya akan mendorong seorang konsumen untuk mencari alternatif lain dan berpindah dari suatu merek tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh frekuensi kunjungan, tingkat stimulasi optimal, dan kontrol diri terhadap tingkat kejenuhan konsumen pada restoran cepat saji. Sampel penelitian ini adalah orang-orang yang berkunjung ke sebuah restoran cepat saji yang sama dalam periode waktu dua dan enam minggu. Data diolah dengan metode Uji Chow dan Uji ANOVA Satu Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan tidak berpengaruh secara positif terhadap tingkat kejenuhan konsumen, begitu juga dengan periode kunjungan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat stimulasi optimal dan kontrol diri seseorang, maka akan semakin jenuh pula ia terhadap suatu restoran cepat saji.;The decrease of global sales value which was faced by McDonald?s as one of the market leaders in fast food restaurant industry, and the prediction that fast food outlets will keep growing to 9.100 outlets in 2017, indicates that competition in fast food restaurants industry have become tougher than before. Nowadays, satisfaction is not merely the measurement for consumer brand loyalty towards a fast food restaurant. Consumer satiation is an important factor that hasn?t got sufficient attention from the existing fast food restaurants. Consumer satiation is a factor that would lure a consumer to seek for alternatives, and switch to another brand. This research intends to analyze the effect of frequency of visit, optimal stimulation level, and self control towards consumer satiation level in fast food restaurants. The research sample includes people who visited the same fast food restaurant in either two weeks or six weeks. The data is processed with Chow Test method and One-Way ANOVA method. The result shows that frequency of visit doesn?t have a positive effect towards consumer satiation level, nor period of visit. Further, the result also shows that the higher optimal stimulation level and self control an individual has, the higher consumer satiation s/he experiences., The decrease of global sales value which was faced by McDonald’s as one of the market leaders in fast food restaurant industry, and the prediction that fast food outlets will keep growing to 9.100 outlets in 2017, indicates that competition in fast food restaurants industry have become tougher than before. Nowadays, satisfaction is not merely the measurement for consumer brand loyalty towards a fast food restaurant. Consumer satiation is an important factor that hasn’t got sufficient attention from the existing fast food restaurants. Consumer satiation is a factor that would lure a consumer to seek for alternatives, and switch to another brand. This research intends to analyze the effect of frequency of visit, optimal stimulation level, and self control towards consumer satiation level in fast food restaurants. The research sample includes people who visited the same fast food restaurant in either two weeks or six weeks. The data is processed with Chow Test method and One-Way ANOVA method. The result shows that frequency of visit doesn’t have a positive effect towards consumer satiation level, nor period of visit. Further, the result also shows that the higher optimal stimulation level and self control an individual has, the higher consumer satiation s/he experiences.]
2015
S59118
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library