Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nina Dwi Lestari
Abstrak :
ABSTRAK
Cedera berkontribusi sebanyak 40% kematian pada anak usia sekolah. Cedera menyebabkan peningkatan angka kesakitan, pengeluaran biaya kesehatan dan angka absensi siswa. Pencegahan cedera di komunitas sangat dibutuhkan sebelum menimbulkan dampak negatif pada anak, salah satunya dengan pendekatan Knowledge, Skill, Motivation, Opportunity and Access, Suportive Environment (Kosmos). Penulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan Kosmos dalam manajemen pelayanan dan asuhan keperawatan komunitas pada anak usia sekolah dengan risiko cedera melalui integrasi Teori Manajemen, Triad epidemiological, Comprehensive School Health Model, dan Family Centered Nursing. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan sampel adalah anak usia sekolah dasar yang berjumlah 234 orang, diambil dengan teknik total sampling. Intervensi dilakukan selama 6 bulan. Hasilnya adalah terjadi peningkatan motivasi kader dan tim pelaksana UKS dalam pencegahan cedera. Terjadinya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, sikap dan keterampilan kader kesehatan sekolah, siswa, dan keluarga dalam pencegahan cedera, serta terjadinya peningkatan kemandirian keluarga setelah diberikan intervensi kosmos. Intervensi kosmos merupakan salah satu pendekatan yang berbasis komunitas yang terbukti efektif dalam meningkatkan perilaku pencegahan cedera. Diharapkan intervensi kosmos dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan intervensi keperawatan dalam penyelesaian masalah kesehatan pada anak usia sekolah dengan risiko cedera.
ABSTRACT
Injuries caused 40% of deaths in school age children. Injuries not only caused increased morbidity and health care cost, but also decreased student’s school attendance. Injury prevention is needed before it can cause negative impacts on children. One of the prevention approach is Knowledge, Skill, Motivation, Opportunity and Access, Suportive Environment (Kosmos). The aim of this paper was to provide an overview the implementation of Kosmos in nursing care and service management on school-age children with a risk of injury through the integration of Management theory, Triad epidemiological theory, Comprehensive School Health Model, and Family Centered Nursing Theory. The method used a quasy experimental study, with samples are 234 school age children, taken through total sampling technique. This intervention conducted for 6 months. The result shows that there was an increases of Kader and Tim Pelaksana UKS’ motivation in injury prevention. There were a significant increases in knowledge, attitudes and skills of kader, students, and families in the injury prevention, as well as the increased independence of the family after given cosmos intervention. Cosmos intervention can be used as a nursing intervention approach to solving health problems in children of school age with risk for injury.
2016
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library