Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ganjar Prihartono, Author
"Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan untuk meraih keuntungan di dalam persaingan bisnis dengan menjadi yang terbaik diantara pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu sebagai penunjang kinerja perusahaan dalam bersaing, maka konsep dan tools yang digunakan dalam operasional perusahaan harus efisien dan efektif. Efisien berarti semua biaya operasional harus dapat serendah mungkin, sedangkan efektif berarti segala sesuatu yang dikeljakan harus dapat menciptakan nilai lebih untuk perusahaan.
Salah satu konsep yang digunakan dalam operasional perusahaan adalah manajemen rantai pengadaan (supply chain management) yang menggambarkan bagaimana suatu organisasi saling terkait dan terhubung satu sama lainnya. Keterkaitan ini dapat berupa alur informasi, material, dan jasa, mulai dari supplier selanjutnya di dalam pabrik, kemudian melalui gudang dan berakhir pada end customer.
Keuntungan-keuntungan dari manajemen rantai pengadaan ini adalah mengurangi inventory barang yaitu dengan menekan penimbunan barang di dalam gudang agar biaya penyimpanan barang (inventory carrying cost) dapat ditekan menjadi sedikit mungkin, menjamin kelancaran penyediaan barang dan menjamin mutu barang.
Masalah besar yang sering dihadapi oleh banyak perusahaan di dalam proses supply chain adalah waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan barang atau produk (lead time). Seringkali pelanggan harus menunggu terlalu lama untuk barang atau produk yang dibutuhkan. Hal ini dapat membuat perusahaan kehilangan kesempatan (lost opportunity) untuk pangsa pasarnya.
Agar masalah-masalah yang terdapat di dalam supply chain dapat segera terpecahkan, maka diperlukan sebuah analisa yang kompleks. Dengan menggunakan perangkat analisis simulasi model diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah yang selalu timbul di dalam rantai pengadaan (supply chain). Simulasi model yang baik adalah simulasi yang dapat menggambarkan perilaku sistem yang sesungguhnya (the real word). Mengingat perilaku parameter sistem yang dinamis serta kompleksitas permasalahan, maka pemodelan dilakukan dengan pendekatan sistem dinamik. Simulasi model dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer. Untuk itu digunakan perangkat lunak Powersim. Kelebihan system dinarnik adalah karena pada sistem ini terdapat feed back loop yang dapat saling mempengaruhi.
Pemodelan supply chain dibangun atas dasar data aktual historis untuk suku cadang engine oil filter sejak bulan January 2002 sampai dengan Desember 2003 atau selama 24 bulan. Diagram sirnpal kausal dibuat berdasarkan kerangka konsep model mental supply chain. Setelah melalui proses validasi dan model sudah dianggap valid atau sahib, maka model dapat digunakan untuk simulasi uji kombinasi kebijakan.
Berdasarkan hasil simulasi terhadap tiga skenario kebijakan, maka diketahui dengan mengintervensi fungsional terhadap variabel yang berpengaruh yaitu correction speed, shipment time dan time pipeline in stock dapat membuat delayed shipment atau service level menjadi baik dan seimbang, membuat jumlah barang yang dikirim (product shipped) relative stabil dan juga stok inventory meningkat sehingga persediaan selalu tercukupi."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T13559
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Syafira
"PBF harus memiliki sistem manajemen operasional yang baik sehingga segala kegiatannya berlangsung dengan efisien dan efektif. Manajemen operasional adalah suatu cara pengelolaan fungsi–fungsi kegiatan (fungsi–fungsi manajemen) yang terdapat dalam suatu perusahaan, untuk mencapai tujuan. PBF dituntut untuk melaksanakan berbagai fungsi kegiatan, antara lain fungsi kegiatan pembelian, untuk memperoleh harga beli barang yang efisien dan menjaga ketersediaan barang. Kemudian fungsi kegiatan pengelolaan barang di gudang untuk menjaga kondisi kualitas barang sesuai persyaratan Farmakope, tidak rusak dan tidak hilang.
Selanjutnya fungsi kegiatan penjualan dan pelayanan, untuk memperoleh pertumbuhan penjualan dan jumlah pelanggan, serta untuk mempertahankan pelanggan yang loyal. Setelah itu fungsi kegiatan pengelolaan piutang, untuk menjaga likuiditas keuangan dan aliran kas yang sehat. Serta fungsi kegiatan pembukuan, untuk dapat menyajikan laporan yang tepat waktu, isi dan guna agar dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
PT. Kimia Farma Trading & Distribution Bekasi merupakan salah satu cabang dari PT. Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) yang bergerak di bidang jaringan distribusi. Distribusi adalah salah satu ujung tombak pelayanan dari KFTD, di mana kegiatan operasionalnya meliputi distribusi untuk produk-produk farmasi, suplemen, kosmetik, alat kesehatan, rehabilitasi medik, dan reagensia. KFTD cabang Bekasi sendiri merupakan Pedagang Besar Farmasi (PBF) cabang yang bertugas menjadi penyedia perbekalan farmasi yang dibutuhkan oleh berbagai sarana pelayanan kefarmasian yang bertempat di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi hingga Kerawang. PT. Kimia Farma Trading & Distribution Bekasi memiliki sistem manajemen operasional yang baik untuk menunjang kegiatan distribusi yang berlangsung efisien dan efektif. Sistem manajemen operasional dari KFTD Bekasi berpedoman pada prinsip Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) adalah cara distribusi atau penyaluran obat dan atau bahan obat yang bertujuan memastikan mutu sepanjang jalur distribusi atau penyaluran sesuai persyaratan dan tujuan penggunaannya (BPOM, 2012).

PBF must have a good operational management system so that all of its activities take place efficiently and effectively. Operational management is a way of managing activity functions (management functions) contained in a company, to achieve goals. PBF is required to carry out various activity functions, including the function of purchasing activities, to obtain efficient purchase prices for goods and maintain the availability of goods. Then the function of goods management activities in the warehouse is to maintain the condition of the quality of the goods according to the Pharmacopoeial requirements, not damaged and not lost.
Furthermore, the function of sales and service activities is to obtain sales growth and the number of customers, as well as to maintain loyal customers. After that, the function of accounts receivable management is to maintain financial liquidity and healthy cash flow. As well as the function of bookkeeping activities, to be able to present reports that are timely, content and useful in order to be able to make decisions quickly and accurately.
PT. Kimia Farma Trading & Distribution Bekasi is a branch of PT. Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) which is engaged in distribution networks. Distribution is one of the spearheads of KFTD's services, where its operational activities include distribution of pharmaceutical products, supplements, cosmetics, medical devices, medical rehabilitation, and reagents. KFTD Bekasi branch itself is a Pharmaceutical Wholesaler (PBF) branch whose job is to provide pharmaceutical supplies needed by various pharmaceutical service facilities located in Bekasi City, Bekasi Regency to Karawang. PT. Kimia Farma Trading & Distribution Bekasi has a good operational management system to support efficient and effective distribution activities. The operational management system of KFTD Bekasi is guided by the principles of Good Medicine Distribution (CDOB). Good Drug Distribution Method (CDOB) is a method of distribution or distribution of drugs and/or medicinal ingredients that aims to ensure quality along the distribution or distribution channel according to the requirements and intended use (BPOM, 2012).
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Senira Artia Risky
"Pada era teknologi saat ini setiap perusahaan berusaha untuk menjaga kinerja bisnis mereka. Salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia mencoba memberikan pelayanan terbaik yaitu, memperbaiki sistem operasionalnya dengan merancang kerangka kerja sistem operasional Machine-to-Machine. Penelitian inimelakukan wawancara kepada empat orang pakar, dan mengolahnya dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Interpretive Structural Modeling (ISM). Dari penelitian ini dihasilkan delapan kriteria dan dua puluh empat subkriteria dari sistem operasional M2M dan model struktural kerangka kerja sistem operasional dengan driver power yang terbesar yaitu integrate current M2M dashboard connectivity dan integrate current M2M platform & application.

In today's technological era every company is trying to keep their business performance. One Telecommunications Company in Indonesia that trying to provide the best service, improving operational systems by designing a framework for operational systems Machine-to-Machine. This study was conducted interviews to four experts, and processes them with the Analytic Hierarchy Process (AHP) and Interpretive Structural Modeling (ISM). Generated from these study eight criteria and twenty-four subcriteria of operational systems M2M and structural models of framework operating system that the biggest power drivers is integrate M2M current dashboard and integrate current M2M connectivity platforms and application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54118
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sakinah
"Industri farmasi saat ini tidak terlepas dari sistem komputerisasi pada proses manufakturnya. Sistem komputerisasi yang digunakan untuk pembuatan obat hendaklah divalidasi. Salah satu tahapan dalam rangkaian validasi sistem komputer adalah kualifikasi instalasi dan kualifikasi operasional. Tujuan dari tugas khusus ini adalah untuk menyusun prosedur kualifikasi instalasi dan kualifikasi operasional dari sistem komputerisasi Master Change Request Online. Prosedur kualifikasi instalasi dibuat dengan cara mengidentifikasi atribut-atribut yang terdapat pada sistem bagian Master Change Request Online. Prosedur kualifikasi operasional dibuat dengan cara mengidentifikasi cara mengoperasikan sistem bagian Master Change Request Online. Prosedur disusun berdasarkan format yang sudah ada sebelumnya yang meliputi langkah pengujian, spesifikasi, dan hasil pengujian. Prosedur kualifikasi instalasi dan kualifikasi operasional sistem komputerisasi Master Change Request Online ini dibuat dalam rangka memenuhi validasi sistem komputer.

The pharmaceutical industry is currently inseparable from computerized systems in its manufacturing process. Computerized systems used for drug manufacturing should be validated. One of the stages in the computer system validation series is installation qualification and operational qualification. The purpose of this special assignment was to prepare installation qualification procedures and operational qualifications for the Master Change Request Online computerized system. The installation qualification procedure was created by identifying the attributes contained in the Master Change Request Online system. The Operational qualification procedure was created by identifying how to operate the Master Change Request Online system. Procedures are prepared based on a pre-existing format that includes test steps, specifications, and test results. Installation qualification procedures and operational qualifications for the Master Change Request Online computerized system were made in order to fulfill computer system validation."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library