Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Radityo Nugroho Rosadi
"Penelitian ini menggunakan bukti studi kasus untuk menguji bagaimana COVID-19 berdampak pada kondisi kesejahteraan subjektif pekerja pertunjukan perkotaan berbasis platform online. Temuan awal menunjukkan bahwa perusahaan platform harus lebih memperhatikan umpan balik pekerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, karena produktivitas akan lebih baik dicapai dengan kepuasan hidup umum yang lebih baik. Pekerja pertunjukan biasanya menghadapi tantangan yang berbeda dalam sifat atau intensitas dari yang dialami oleh pekerja organisasi tradisional. Penelitian-penelitian sebelumnya mengenai topik tersebut masih menghadirkan beberapa perspektif tentang bagaimana kesejahteraan pekerja terpengaruh selama krisis Covid-19. Dalam penelitian ini, 9 orang pengendara ojek online diwawancarai dalam focus group discussion. Temuan awal menunjukkan bahwa technostressors memainkan peran besar. Pengemudi merasa bahwa aplikasi mengontrol rutinitas harian mereka dengan ketat melalui cara protokol diatur. Sifat pendapatan mereka yang tidak menentu mempengaruhi tingkat kecemasan pada beberapa pengemudi selama krisis Covid-19. Selain itu, kurangnya dukungan manajemen dari aplikasi perantara menyebabkan ketegangan dalam hubungan manajemen dan karyawan; menyebabkan beberapa bentuk ketidakpercayaan dari pengemudi.
This research uses case study evidence to examine how COVID-19 has impacted the subjective well-being condition of online platform based urban gig workers. Initial findings suggest that the platform companies should pay more attention to worker feedback to create better working environment, as productivity will be better achieved with better general life satisfaction. Gig workers commonly face challenges that differ in nature or intensity from those experienced by traditional organizational worker. Previous researches regarding the topic still present few perspectives regarding how the worker’s well-being is affected during the Covid-19 crisis. In this study, 9 online motorcycle drivers were interviewed in a focus group discussion. Initial findings show that technostressors play a big role. Drivers do feel that the app controls their daily routine tightly through the way the protocols are set up. The precarious nature of their income affects anxiety levels in some drivers during the Covid-19 crisis. Furthermore, the lack of management support from the intermediary apps causes strain in management and employee relationship; causes some form of distrust from the drivers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Terra Andi Pasomah
"Tesis ini menguji model yang berkaitan dengan burnout, counterproductive work behavior, job involvement, dan organizational identification terhadap work performance dalam konteks pengemudi ojek online. Penelitian ini bersifat kuantitif yang menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner yang berisi sejumlah pertanyaan tertutup terhadap 261 responden. Penulis menggunakan SPSS 23 untuk menganalisis data demografi responden dan menggunakan LISREL 8.7 untuk menguji model penelitian. Penelitian ini menunjukkan burnout berpengaruh positif signifikan terhadap counterproductive work behavior, counterproductive work behavior berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap work performance, job involvement memiliki signifikansi positif terhadap organizational identification, dan organizational identification memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap work performance.
The objective of this research is to examine model that is related to burnout, counterproductive work behavior, job involvement, and organizational identification toward work performance in the context of online motorcycle taxi drivers. This research is quantitative study using a survey method by distributing questionnaires containing a number of enclosed questions to 261 respondents. The author utilize IBM SPSS 23 to analyze the demographic data of respondents and utilize LISREL 8.7 to examine the research model. This research shows that burnout has a significant positive influence on counterproductive work behavior, counterproductive work behavior has a non- significant negative influence on work performance, job involvement has a significant positive influence on organizational identification, and organizational identification has a significant positive influence on work performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52989
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nailul Huda
"Industri transportasi online sedang berkembang pesat di Indonesia. Proporsi pekerja di bidang jasa transportasi tumbuh pesat dalam lima tahun terakhir. Namun, sejak 2018 driver ojek online mulai melakukan aksi demo, dan menuntut kenaikan tarif. Permintaan kenaikan tarif dikarenakan adanya informasi mengenai biaya dan tarif yang tidak lengkap dari platform maupun driver. Oleh karena itu, Pemerintah perlu memberikan regulasi terkait tarif. Namun demikian, belum ada dokumen ilmiah dari pemerintah yang dapat diakses oleh publik yang menjelaskan regulasi terkait tarif tersebut. Maka dari itu, penelitian ini ingin berkontribusi dalam menganalisis dasar penetapan tarif oleh Pemerintah. Dengan keterbatasan dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa biaya akan menurun seiring dengan jumlah jarak yang ditempuh per tahun oleh pengemudi. Secara rata-rata, tarif untuk satu kilometer perjalanan adalah Rp3.400 per km. Pendapatan pengemudi juga lebih signifikan dibandingkan upah minimum di DKI Jakarta. Selain itu, sebagian besar pengemudi mendapatkan penghasilan lebih dari sebelumnya. Namun, tidak ada pendapatan bersih pengumudi yang melebihi upah minimum provinsi Jakarta. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengevaluasi kebijakan tarif di industri ojek online. Jika memungkinkan, Pemerintah juga dapat menggunakan kebijakan non-harga.
The online transportation industry has been increasing rapidly in Indonesia. It makes the proportion of workers in transportation services grow quickly in the last five years. However, since 2018 online motorcycle taxi drivers have started holding demonstrations frequently, and they are demanding an increase in tariffs. This demand is due to asymmetric information from the platform and drivers. Therefore, the Government needs to intervene. The government has issued regulations regarding tariffs, but unfortunately, there is no scientific public document on which these regulations are issued. This research wants to contribute to analyzing the basis for determining tariffs that were not previously carried out by the Government. With the limitations of this study, the results obtained are the appropriate tariff if the driver travels at least 22,464 km per year. Driver income is also more significant than the minimum wage of DKI Jakarta. Besides, most drivers get more revenue than before. However, there is no income after driver fees that exceed the Jakarta provincial minimum wage. Therefore, the government needs to evaluate tariff policies in the online motorcycle taxi industry. If possible, the Government can also use a non-price policy."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library