Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irvin Miningsih
"ABSTRAK
Indonesia OneSearch merupakan website yang mewadahi berbagi informasi bibliografi antar perpustakaan di Indonesia yang disebut juga dengan katalog induk. Pentingnya sebuah website katalog induk ini, sebaiknya didukung dengan arsitektur informasi yang baik. Penelitian ini membahas mengenai arsitektur informasi pada situs Indonesia OneSearch. Analsis dilakukan menggunakan empat komponen arsitektur informasi yaitu sistem organisasi informasi, sistem pelabelan, sistem navigasi, dan sistem pencarian. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran sequential explanatory, dengan menggunakan metode eksperimental pada tahap pengumpulan data. Tahap analisis menggunakan hasil teori yang berkaitan dengan arsitektur informasi, wawancara dengan pengembang situs, serta data mengenai situs Indonesia OneSearch. Hasil dari penelitian secara keseluruhan, situs ini telah menerapkan arsitektur informasi. Namun penerapan yang ada, terdapat beberapa yang kurang sesuai, sehingga tujuan dari situs ini kurang tersampaikan dengan baik. Apalagi mengingat situs ini tergolong baru. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan akses ke infomasi dan meningkatkan ketergunaan dari situs Indonesia OneSearch.

ABSTRAK
Indonesia OneSearch is a website which aggregates bibliographic information sharing between libraries in Indonesia, which is also called the union catalog. A good union catalog website/application, needs to be supported by good information architecture. This study discusses the architecture of information on Indonesia OneSearch. The analysis was performed using four components of information architecture which are: the organization of information systems, labeling systems, navigation systems, and retrieval system. A sequential explanatory mixed approach, and experimental methods in the data collection phase are used to conduct this study. The analysis is conducted by comparing the results of observation and experiments to information architecture components, and also from an interview with the developer of Indonesia OneSearch. The results of the study show that Indonesia OneSearch has implemented information architecture systems. However, there are some componets that were not appropriate, so that the purpose of the site is less conveyed properly. Especially considering this site is relatively new. The results of this study are expected to improve access to information and improve the interoperability of Indonesia OneSearch."
2016
S64221
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizky Ramadhan
"Penelitian ini membahas tentang tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan Onesearch Indonesia. Program Indonesia Onesearch merupakan salah satu program yang dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Program Indonesia Onesearch bertujuan untuk menjadi wadah bagi semua koleksi literatur di setiap perpustakaan di seluruh Indonesia. Portal ini memberikan akses bagi pengguna untuk mencari dan mengakses koleksi digital elektronik di seluruh perpustakaan Indonesia melalui satu pintu. Pembahasan penelitian ini menggunakan teori kualitas layanan e-government oleh Papadomichelaki dan Mentzas terdiri dari empat dimensi utama kualitas layanan e-government yang meliputi efisiensi, kepercayaan, keandalan dan dukungan warga. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survey dan wawancara mendalam dengan pengguna jasa dan juga pengelola Indonesia Onesearch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara kualitas layanan yang diberikan dengan apa yang diharapkan oleh pengguna. Kesenjangan ini menunjukkan bahwa harapan pengguna terhadap keempat dimensi tersebut lebih tinggi dari kenyataan yang diterima di lapangan. Semakin kecil nilai gap maka dapat dikatakan pelayanan semakin baik. Nilai gap rata-rata terendah terdapat pada dimensi kepercayaan yaitu -1,33, sehingga dimensi kepercayaan ini merupakan dimensi yang paling baik. Sedangkan nilai gap rata-rata tertinggi terdapat pada dimensi Efficiency yaitu -1,92, maka pada dimensi Efficiency dapat dikatakan kurang baik dan perlu ditingkatkan. Tingkat kesesuaian hasil analisis antara harapan pengguna dengan kenyataan secara keseluruhan adalah 56,85%. Berdasarkan penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa kepuasan responden terhadap layanan Onesearch Indonesia secara keseluruhan cukup puas. Hasil penelitian menyarankan bahwa layanan Indonesia Onesearch perlu ditingkatkan dari segi efisiensi, keandalan dan dukungan warga agar dapat memberikan layanan yang maksimal kepada pengguna.

This study discusses the level of user satisfaction with Onesearch Indonesia services. The Indonesia Onesearch program is one of the programs managed by the National Library of the Republic of Indonesia. The Indonesia Onesearch program aims to be a forum for all literature collections in every library throughout Indonesia. This portal provides access for users to search and access electronic digital collections in all Indonesian libraries through one door. The discussion of this research using the theory of e-government service quality by Papadomichelaki and Mentzas consists of four main dimensions of e-government service quality which include efficiency, trust, reliability and citizen support. This research approach uses a quantitative approach with data collection techniques in the form of surveys and in-depth interviews with service users and also the managers of Indonesia Onesearch. The results of the study indicate that there is a gap between the quality of services provided and what is expected by users. This gap indicates that the user's expectations of the four dimensions are higher than the reality received in the field. The smaller the value of the gap, it can be said that the service is getting better. The lowest average gap value is found in the confidence dimension, which is -1.33, so this confidence dimension is the best dimension. While the highest average gap value is found in the Efficiency dimension, which is -1.92, then the Efficiency dimension can be said to be not good and needs to be improved. The level of suitability of the results of the analysis between user expectations and reality as a whole is 56.85%. Based on this assessment, it can be said that the overall satisfaction of respondents with Onesearch Indonesia's services is quite satisfied. The results of the study suggest that Indonesia Onesearch services need to be improved in terms of efficiency, reliability and citizen support in order to provide maximum service to users."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Wicaksono
"ABSTRAK
OneSearch merupakan alat penemuan informasi terkini di Indonesia yang dikembangkan atas tuntutan pelayanan informasi yang cepat, dinamis, dan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Sayangnya belum ada penelitian empiris yang mengkaji bagaimana pemanfaatan OneSearch dari sisi pengguna. Kajian ini menganalisis data log transaksi server Indonesia OneSearch berjumlah 256.953 rekaman klik yang diuraikan, dikodekan dan dianalisis pola pergerakan dan pola kueri pengguna. Hasilnya, mayoritas pengguna sangat bergantung dengan pencarian sederhana dan fitur suggestion records, serta rendahnya penggunaan pencarian tingkat lanjut dan laman perpustakaan pribadi. Temuan lainnya menunjukan bahwa sebagian besar kueri merupakan kueri sederhana dan rendahnya penggunaan berbagai operator pencarian yang disediakan. Penelitian ini mengusulkan agar pada waktu mendatang, OneSearch fokus meningkatkan model algoritma relevansi hasil pencarian sederhana, mengembangkan fitur rekomendasi agregasi pada laman perpustakaan pribadi, dan peningkatan formulasi kueri interaktif untuk mengurangi kegagalan pencarian.

ABSTRACT
AbstractIndonesia OneSearch is a current digital portal that operates under the National Library of Indonesia to fulfill many demands for a more rapidly dynamic and up to date information searching services on a nationwide scale as it indexes the metadata of resources spread throughout its partner organizations. However, there has not been one empirical research that analyzes the actual data coming from the users on their usage. The 256,953 clickstreams logs are being cleaned, parsed, coded, then analyzed using integrated clickstream data analysis framework. Consequently, it is found that the majority of users depend on a single box search and suggestion records feature, while only a small part user utilize the advanced search and personal library page. Another finding includes that most of the queries categorized as a simple query, and the use of search operators is still low. This study proposes that in the forthcoming years, OneSearch must optimize the search algorithms, adding an information recommendation feature on user rsquo s personal library page, devise a help search page to assist users as a part of information literacy, and make an improvement on faceted search features as well as interactive query formulations to reduce any search failures."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library