Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sinaga, Yanti Demsina
Abstrak :
PT ABC merupakan salah satu importir dan distributor alat kesehatan di Indonesia. Pasca pandemi covid-19 banyak pengusaha baru tertarik melakukan impor sehingga menimbulkan tingkat persaingan harga pada produk alat kesehatan yang semakin tinggi. Selain faktor persaingan, tingginya biaya-biaya operasional juga membuat laba perusahaan menurun. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja keras manajemen untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat melakukan strategic cost atau manajemen biaya untuk setiap aktivitas perusahaan sehingga mampu memaksimalkan profitabilitas. Mengacu pada situasi tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas yang tidak bernilai tambah dalam peningkatan efisiensi biaya operasional perusahaan. Analisis Value Chain dan Activity-Based Management digunakan sebagai kerangka penelitian ini. Studi kasus dengan metode analisis kualitatif dan dalam rangka memperkuat hasil analisis dilakukan observasi, analisis dokumen, wawancara mendalam (in-depth interview) dan diskusi internal dengan tim manajemen PT ABC. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hambatan atas supplier terkait minimal quantity order, annual target dan minimal amount order serta hambatan dari logistik berupa lokasi gudang dan proses pengiriman produk yang menggunakan berbagai jenis ekspedisi pilihan pelanggan. Hambatan-hambatan tersebut menyebabkan terdapat aktivitas yang tidak bernilai tambah (non-value added activity) pada rantai nilai PT ABC yang dapat dilakukan penghapusan, pengurangan, seleksi dan sharing aktivitas yang tidak bernilai tambah sehingga menghasilkan penghematan yang dapat mengurangi biaya operasional perusahaan untuk memaksimalkan profitabilitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan Value Chain Analysis dan Activity-Based Management maka PT ABC dapat melakukan manajemen biaya dan efisiensi biaya untuk memaksimalkan profitabilitas. ......PT ABC is one of Indonesia's importers and distributors of medical equipment. After the Covid-19 pandemic, many new entrepreneurs became interested in importation, resulting in increased price competition for medical device products. Additionally, excessive operational costs contributed to the company's profit decline. Therefore, it requires a commitment of management to implement strategic costs or cost management for each company's activities in order to maximize profitability. This study seeks to identify and analyze non-value-added activities that contribute to increasing the operational cost efficiency of the company. This study employs Value Chain Analysis and Activity-Based Management as its framework. To strengthen the results of the analysis, observations, document analysis, in-depth interviews, and internal discussions with PT ABC's management team were conducted. The results of the analysis indicate that there are obstacles for suppliers associated with the minimum order quantity, annual target, and minimum order amount, as well as obstacles from logistics in the form of warehouse locations and product delivery processes employing a variety of customer-selected expedition types. These obstacles cause non-value-added activities in PT ABC's value chain that can be eliminated, reduced, selected, and shared in order to generate savings that can reduce the company's operational costs and increase its profitability. This study concludes that by applying Value Chain Analysis and Activity- Based Management, PT ABC can maximize profitability through cost management and cost efficiency.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nilandari
Abstrak :
ABSTRAK
Keterlambatan pengajuan klaim BPJS berakibat pada turunnya cashflow rumah sakit. Proses klaim saat ini berjalan tidak efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil analisis dan usulan perbaikan alur proses dokumen klaim BPJS pasien rawat jalan dengan menerapkan konsep Lean Hospital. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif ini mengobservasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dokumen klaim sebelum diberikan kepada verifikator BPJS serta melakukan wawancara mendalam, observasi proses, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan terjadi waste terbesar di unit mobilisasi dana yaitu selama 32,5 hari 18,8 menit dalam penyelesaian dokumen klaim. Jenis waste terbanyak adalah waiting dan transportation. Berdasarkan VSM diketahui Lead Time dari proses klaim saat ini adalah 33,9 hari. Usulan perbaikan yang diberikan dari penelitian ini adalah dengan optimalisasi tim Casemix yang baru saja dibentuk, sehingga lead time pengerjaan klaim yang dibutuhkan menjadi 6,44 menit. Standardisasi kerja dan penilaian kinerja berupa KPI, IKI, dan IKU dinilai perlu diterapkan agar kinerja petugas menjadi optimal.
ABSTRACT
Delay in the submission of BPJS claims resulted in decreasing hospital cash flow. The current claim process is not efficient and effective.The objective of this reseach is to analize and propose improvement in the claim process by applying Lean Hospital concept. This research used quantitative and qualitative approaches to observed the time required to complete the claim process before submitted to the BPJS verificator and also have an in-depth interview, observe the process, and document review. The result showed most waste happened in mobilisasi dana unit for 32.5 days 18.8 minutes in the settlement BPJS document claims. Based on Value Stream Mapping, Lead Time of the claim process at this time is 33.9 day. Most types of waste are waiting and transportation. Proposed improvement provided from the study is to optimizing the casemix team which newly formed. By optimizing the casemix team, Lead Time required to complete the claims process is 6.44 minutes. Standardize work and performance appraisal (KPI, IKI, and IKU) consider to apply to reach employee best performance.
2016
T46652
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edwin Shabriy
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang penerapan Business Process Reengineering (BPR) sebagai metode yang dipakai oleh perusahaan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari proses bisnis yang ada. Semua bagian pun tak luput dari perbaikanperbaikan baik proses maupun sistem. BPR merupakan pemikiran ulang fundamental dan mendesain ulang proses bisnis secara radikal untuk mencapai peningkatan performa. Dengan penggunaan teknologi informasi, manajemen operasi, perubahan perilaku, pemberdayaan, dan penghapusan kegiatan-kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah, maka akan didapatkan suatu peningkatan kinerja dan kualitas secara dramatis dan radikal. ......The focus of this study is about application of Business Process Reengineering (BPR) as method that can be used to improve effectiveness and efficiency from existing business process. Each company getting improve their process and system. BPR is a fundamental rethinking and redesigning business process radically to achieve higher performance. By using information technology, operation management, behavior modification, empowerment, and eliminating non value added activities, we can achieve better performance and quality improvement dramatically and radically.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52361
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Theresia
Abstrak :
Biaya obat yang besar memerlukan pengelolaan yang tepat. Proses pengelolaanobat yang paling mengganggu dalam siklus pengelolaan obat di Instalasi FarmasiRSU Sari Mutiara Medan adalah proses pengadaan/pembelian obat. Obat Tingkatpemakaian dan pembelian obat kronis yang tinggi mewakili tingkat pemakaiandan pembelian obat secara keseluruhan. Peningkatan efisiensi pada prosespengadaan/pembelian obat kronis dapat memberikan gambaran peningkatanefisiensi pengelolaan obat secara keseluruhan. Penelitian dengan metode kualitatifini mengobservasi waktu yang digunakan selama proses pembelian obat darimulai pemesanan hingga obat diap didistribusikan, dan bertujuan untukmeningkatkan efisiensi pengelolaan obat di Instalasi Farmasi RSU Sari MutiaraMedan dengan menggunakan metode lean. Hasil penelitian dapat merumuskankegiatan pembelian obat yang beragam menjadi satu alur proses pembelian obat,dalam desain usulan perbaikan tampak pengurangan waktu tunggu, peningkatanpresentasi kegiatan value added dan reduksi presentasi kegiatan non value added.Dengan meningkatnya efisiensi proses pembelian/pengadaan obat diharapkanadanya domino effect pada proses pengelolaan obat lainnya. Dalam penelitian inidicapai kendali biaya dan kendali mutu melalui usulan perbaikan jangka pendekperencanaan kebutuhan obat dengan menggunakan analisis pareto dan VEN, sertametode error proofing dalam evaluasi akhir setiap proses pembelian obat.Penerapan kaizen merupakan usulan jangka panjang yang akan selalu diterapkandalam setiap analisis proses menggunakan metode lean. ......High cost of drugs need a proper management. Procurement purchase of thedrugs is the most disturbing management process in the drug cycle managementin the pharmacy unit of Sari Mutiara Medan Public Hospital. The highconsumption and purchase level of chronic drugs represent the high consumptionand purchase the whole drugs. Efficiency increasing of chronic drugsprocurement purchase is expected to represent the efficiency increasing of drugmanagement in generally. This qualitative research, using the lean method,observed the time spent from when the drug was ordered until the drug was readyto distribute, with the aim to increase the efficiency of drug management in thepharmacy unit of Sari Mutiara Medan Public Hospital. The results formulatevariation of purchasing flow to be one standard future state mapping, and itshows improvement in waiting time, increasing value added activity and reductionnon value added activity. Efficiency increasing of drugs procurement purchase isexpected to have a domino effect for the continuous drug management process.Cost and quality control in this research are obtained through the proposedshort term fixes using pareto and VEN in drugs demand planning and usingerror proofing method in every end evaluation of drugs procurement purchase.Kaizen is applied for the proposed long term fixes and for every flow analysisusing lean method.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2017
T47275
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library