Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Sihombing, Ferawati
"Peningkatan jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mendorong para penyedia layanan ecommerce terus menerus berupaya menghadirkan berbagai inovasi untuk membantu para penjual menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi para konsumen, salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur live streaming. Penelitian ini secara spesifik meneliti penggunaan fitur live streaming oleh Shopee melalui fitur Shopee Live, dengan kriteria responden konsumen wanita berdomisili di Indonesia dan berusia dalam rentang 18 - 45 tahun ke atas, pengguna aktif Shopee dan pernah menonton dan membeli produk fesyen (busana) melalui Shopee Live. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 210 orang. Data yang sudah berhasil dikumpulkan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari nilai utilitarian, hedonis dan simbolik yang dirasakan oleh konsumen ketika berbelanja melalui Shopee Live terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk dan penjual serta keterlibatan konsumen. Hasil penelitian ini diantaranya nilai utilitarian dan simbolik secara positif mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap produk dan penjual, sementara nilai hedonis tidak berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen baik terhadap produk maupun penjual, dan kepercayaan konsumen pada produk secara positif mempengaruhi kepercayaan konsumen pada penjual. Selanjutnya, nilai hedonis dan simbolik secara positif mempengaruhi keterlibatan konsumen, sementara itu nilai utilitarian dan kepercayaan konsumen baik pada produk dan penjual tidak berpengaruh positif terhadap keterlibatan konsumen.
The increasing number of e-commerce users in Indonesia encourages e-commerce service providers to continuously strive to bring various innovations to help sellers create a better shopping experience for consumers, one of which is by presenting a live streaming feature. This study specifically examines the use of the live streaming feature by Shopee through the Shopee Live feature, with the criteria of female consumer respondents living in Indonesia and aged 18 - 45 years and over, active Shopee users and have watched and bought fashion products (clothing) through Shopee. Live. Respondents who participated in this study were 210 people. The data that has been collected is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. This study aims to determine the effect of utilitarian, hedonic and symbolic values felt by consumers when shopping through Shopee Live on consumer confidence in products and sellers and consumer involvement. The results of this study include utilitarian and symbolic values positively affect consumer confidence in products and sellers, while hedonic values do not have a positive effect on consumer confidence in both products and sellers, and consumer confidence in products positively affects consumer confidence in sellers. Furthermore, hedonic and symbolic values positively affect consumer engagement, while utilitarian values and consumer confidence in both products and sellers do not have a positive effect on consumer engagement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Pasaribu, Cecilia Claranita
"Sektor fashion diakui sebagai salah satu industri yang paling merugikan secara ekologis karena praktiknya yang membutuhkan sumber daya tinggi dan dampak negatif yang signifikan pada lingkungan. Oleh karena itu, muncul solusi alternatif yang dikenal sebagai slow fashion. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai mengembangkan sikap positif terhadap gerakan slow fashion. Namun, tampaknya sikap positif tersebut tidak selalu berdampak pada pembelian atau pembayaran produk slow fashion. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara nilai-nilai personal tertentu (lingkungan, hedonik, dan utilitarian) dan niat untuk membeli slow fashion melalui mekanisme sikap terhadap slow fashion pada merek lokal di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian ini berhasil mengumpulkan dan menganalisis data dari 218 responden yang memenuhi kriteria penelitian yang telah ditentukan. Studi ini menunjukkan hubungan yang kuat antara sikap konsumen Indonesia terhadap slow fashion dan meningkatnya kecenderungan mereka untuk membeli produk slow fashion produksi lokal.
The fashion sector is widely recognized as one of the most ecologically harmful industries due to its resource-intensive practices and substantial adverse impacts on the environment. Therefore, an alternative solution has emerged, known as slow fashion. As time progresses, the Indonesian community is beginning to develop a positive attitude towards the slow fashion movement. However, it appears that a positive attitude does not always translate into the actual purchase or payment for slow fashion products. Hence, this study aims to investigate the relationships between specific personal values (environmental, hedonic, and utilitarian) and the intention to purchase slow fashion through the mechanism of attitude toward slow fashion in local brands in Indonesia. This research is conducted using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This research has successfully gathered and analyzed data from 218 respondents who satisfied the pre-defined research criteria. The study demonstrates a strong relationship between the attitude toward slow fashion of Indonesian consumers and their increased inclination to purchase locally-produced slow fashion products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library