Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizqa Akbar Romdloni
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude toward behavior, social norm dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur entrepreneurial intention adalah theory of planned behavior, Ajzen 1991. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei penyebaran kuesioner untuk memperoleh data, penarikan sampel sendiri menggunakan teknik total sampling, adapun sampel yang terkumpul adalah sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada dua variabel independennya yaitu attitude toward behavior dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention, namun social norm tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI.
ABSTRACT This study aims to analyze the influences of attitude toward behavior, social norm and perceived behavioral control on entrepreneurial intention of DIIB UI s incubated startup founder and co-founder. This study used theory of planned behavior, Ajzen 1991 to measure the intention. This study used a quantitative approach by using survey method, in obtaining data, this study used a structured questionnaire. Total sampling is used for determining the sample number. The sample collected on this study were 60 respondents. The results of this study indicate that there is a significant influence among two independent variables, that is attitude toward behavior and perceived behavioral control toward entrepreneurial intention, while social norm did not have a significant influences on incubated startups founder and co-founder in DIIB UI entrepreneurial intention.>i/>
Depok: Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Salsabila
Abstrak :
Kegiatan entrepreneurship merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Salah satu upaya pemerintah untuk menghasilkan entrepreneur yang berkompeten dan berdaya saing adalah dengan menerapkan entrepreneurial education di perguruan tinggi, yaitu salah satunya di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi universitas untuk mengetahui intensi berwirausaha agar dapat mengembangkan potensi dan ide-ide kreatif dari mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat entrepreneurial intentions mahasiswa yang dilihat dari faktor pendidikan (education), sikap (attitude) dan budaya (culture). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan partisipan responden mahasiswa sarjana di Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk g-form yang disebarkan secara online dan offline, dengan kriteria responden mahasiswa sarjana Universitas Indonesia yang pernah atau sedang mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Data kuesioner terkumpul sebanyak 315 tanggapan, namun hanya 262 tanggapan yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data deskriptif digunakan dengan bantuan software SPSS versi 19, dan analisis data PLS-SEM dilakukan dengan bantuan software SmartPLS versi 4 untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial education dan entrepreneurial attitude mempengaruhi entrepreneurial intentions secara signifikan positif, entrepreneurial education mempengaruhi entrepreneurial attitude secara signifikan positif dan entrepreneurial attitude memiliki efek moderasi terhadap entrepreneurial education dengan entrepreneurial intentions secara signifikan positif. Selanjutnya, hasil dari variabel culture gagal menjelaskan efek sebagai variabel moderasi dari hubungan entrepreneurial education dengan entrepreneurial attitude, sehingga hasil tersebut negatif dan tidak signifikan. ...... Entrepreneurship activities are very important in the economic and social development of a country. One of the government's efforts to produce competent and competitive entrepreneurs is by implementing entrepreneurial education in universities, one of which is at the University of Indonesia. Therefore, it is very important for universities to know their entrepreneurial intentions so they can develop students' potential and creative ideas. Thus this research is carried out with the aim of analyzing how the level of entrepreneurial intentions of students is seen from the factors of education (education), attitude (attitude) and culture (culture). A quantitative approach was used in this study by involving undergraduate student respondents at the University of Indonesia. Data was collected by distributing questionnaires in the form of g-forms which were distributed online and offline, with the criteria of respondents being undergraduate students at the University of Indonesia who had or were currently taking entrepreneurship courses. Questionnaire data collected as many as 300 responses, but only 262 responses met the research criteria. Descriptive data analysis was used with the help of SPSS version 19 software, and PLS-SEM data analysis was carried out with the help of SmartPLS version 4 software to test the hypothesis. The findings of this study indicate that entrepreneurial education and entrepreneurial attitude influence entrepreneurial intentions significantly positively, entrepreneurial education influences entrepreneurial attitudes significantly positively and entrepreneurial attitude has a moderating effect on entrepreneurial education with entrepreneurial intentions significantly positively. Furthermore, the results of the culture variable failed to explain the effect as a moderating variable on the relationship between entrepreneurial education and entrepreneurial attitude, so the results were negative and not significant.
Depok: Fakultas Ilmu administrasi Universitas ndonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elissa Dwi Lestari
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai persepsi terhadap lingkungan dan risk propensity sebagai faktor yang mempengaruhi niat dan orientasi kewirausahaan. Kondisi perubahan lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian, organisasi harus senantisa dinamis dan meningkatkan kewirausahaan sebagai salah satu bentuk respon stratejik. Orientasi kewirausahaan akan memampukan organisasi untuk mengidentifikasi dan mengeksploitasi peluang-peluang baru yang ditawarkan oleh lingkungan. Penelitian ini berupaya untuk melihat bagimana pengaruh persepsi terhadap lingkungan sebagai faktor eksternal dan kecenderungan individual untuk mengambil risiko berpengaruh terhadap niat dan orientasi kewirausahaan di level individu kepala cabang. Penelitian ini mengambil studi kasus Perusahaan Pembiayaan XYZ yang sedang mengalami kondisi ketidakpastian lingkungan sebagai dampak menurunnya pasar sepeda motor merek Y sebagai target utama pembiayaan. Penelitian dilakukan pada kepala cabang dan Pos Head Perusahaan XYZ selaku entrepreneur organisasi di tingkat Sub Bisnis Unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya persepsi terhadap lingkungan dinamis yang berpengaruh terhadap pembentukan niat kewirausahaan. Selain persepsi terhadap lingkungan dinamis, maka kecenderungan mengambil risiko juga berpengaruh terhadap pembentukan niat kewirausahaan. Dari sisi orientasi kewirausahaan, didapati bahwa hanya niat kewirausahaan saja yang berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan sedangkan persepsi terhadap lingkungan tidak.
ABSTRACT
The focus of this study is to analyze the environmental perception and risk propensity as factors that influence branch head?s entrepreneurial intentions and entrepreneurial orientation. Nowadays, company always confronted by the changing of environment condition that full with uncertainties. For that reason, organizations must always be agile and kept improving their entrepreneurial orientation as a form of strategic response. Entrepreneurial orientation will enable organizations to identify and exploit new opportunities that offered by the environment. This study attempt to see the influence of the environmental perception as external factors and the individual's propensity to take risks effect on entrepreneurial intention and entrepreneurial orientation at individual branch head level. This study takes a case study of Leasing Company XYZ whichare facing environmental uncertainty as impact of the downturn of the motorcycle market brand Y as their main target of financing. Respondent of this study are branch head and POS Head of Leasing company XYZ who represent organization?s entreprenuer at business unit level. The study was conducted at PT XYZ sub business unit with the branch and Head Post Company XYZ as target of respondents that will represent as entrepreneur organizations in Sub Business Unit level. The results showed that only the perception of a dynamic environment that has positive influence on entrepreneurial intentions. In addition to the perception of a dynamic environment, risk propensity is also influence on the formation of entrepreneurial intentions. In terms of entrepreneurial orientation, only the entrepreneurial intentions that influence the entrepreneurial orientation while the environmental perception not significant influnce entrepreneurial orientation.
2016
T46036
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library