Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arief Luthfi Aulia
Abstrak :
Salah satu tantangan berat dari kehadiran Internet of Things (IoT) adalah resource allocation. Hal itu terjadi karena terhubungnya node-node dalam jumlah banyak secara simultan ke dalam jaringan. Sedangkan bandwidth yang ada jumlahnya terbatas. Oleh sebab itu diperlukan algoritma penjadwalan yang efisien. Namun sayangnya, saat ini penelitian tentang network scheduling, terutama 802.15.4e, masih terkendala tools simulator. Berdasarkan penjelasan diatas penelitian ini mengusulkan platform simulator terbuka untuk mengimplementasikan network scheduling. Platform ini, dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin melakukan simulasi algoritma penjadwalan. Platform ini dibangun menggunakan PHP dan javascript. Pada penelitian ini peneliti digunakan algoritma IR-TASA untuk menguji kinerja simulator yang dibangun. Hasilnya, pengujian pada dua variabel yaitu jumlah time slot aktif dan jumlah iterasi/cycle menunjukan hasil yang sama 100% antara network simulator dan pengujian heuristik, untuk percobaan menggunakan 10 topologi yang berbeda. ......The most difficult challenge of the presence of the Internet of Things (IoT) is resource allocation. This happens because large numbers of nodes are simultaneously connected to networks, while the existing bandwidth is limited. Therefore, an efficient scheduling algorithm is needed. However, unfortunately, current research on network scheduling, especially 802.15.4e, is still constrained by simulator tools. Thus, this study proposes an open simulator platform for implementing network scheduling. This platform can be used by anyone who wishes to conduct a scheduling algorithm simulation. This platform is developed using PHP and javascript. In this study the researchers used the IR-TASA algorithm to test the performance of the proposed simulator. The results of testing from two variables the number of active time slots and the number of iterations/cyclesshowed the same result, 100%, between network simulators and heuristic testing, for experiments using 10 different topologies.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53171
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Laksmiati
Abstrak :
Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) dibangun berdasarkan standar yang dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi. WiMAX memungkinkan akses terhadap aneka aplikasi multimedia via koneksi nirkabel termasuk diantaranya teknologi streaming yang mentransmisikan data, video atau audio secara real time / pre-recorded dari sender ke receiver. Pada thesis ini dilakukan pembangunan simulasi performa layanan video streaming pada jaringan WiMAX. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan membangun simulasi menggunakan aplikasi Network Simulator (NS-2) versi 2.29 yang berjalan dalam system Windows XP dengan menggunakan cygwin sebagai environment Linuxnya. Pada NS-2.29 yang diinstall ditambahkan modul QoS-included WiMAX prerelease-09-04-2008 yang dikembangkan oleh Aymen Belghith dan modul Evaluation Video (Evalvid) untuk NS-2 yang dikembangkan oleh Chih-Heng, Ke.Hasil output akhir pada NS-2 akan divisualisasikan berupa Tabel, grafik dan video yang kemudian akan dianalisa lebih lanjut menggunakan metrik pengukuran nilai throughput, frame loss, delay, jitter, Mean Opinion Score (MOS), Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) dengan menggunakan script AWK beserta beberapa tambahan modifikasinya. Hasil simulasi yang didapatkan dari penelitian ini: Pada skenario SS Tunggal untuk SS dengan QoS UGS, rtPS, BE didapatkan throughput 3509.661kbps, 3822.564kbps, 1211.189kbps, delay sebesar 447.59ms, 43.224ms, 451.66ms, jitter 157.577ms, 504.307ms, 655.447ms, frame loss 9,75%, 10.75%, 11%, PSNR 33.23, 32.70, 32.73, dan MOS 3.82, 3.73, 3.74. Pada skenario dengan 4 SS untuk SS video dengan QoS UGS, rtPS dan BE didapatkan : throughput 3509.661kbps, 4502.601kbps, 1229.134kbps, delay 447.59ms, 43.224ms, 307.521ms, jitter 168.927ms, 504.306ms, 774.004ms, PSNR 33.23, 32.70, 32.48, dan MOS 3.82, 3.73, 3.68. Secara keseluruhan video-video hasil simulasi tidak menampakkan banyak perbedaan, hal ini tidak berbeda dengan nilai PSNR keseluruhan simulasi yang sama pada sebagian besar frame. Masing-masing video hasil simulasi pada setiap SS hanya menampakkan hasil yang berbeda pada titik tertentu dimana terjadi kemacetan trafik yang mengakibatkan packet drop. ......Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) built based on the standard made by Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). It designed to fulfill needs of broadband access. WiMAX enable access to various multimedia application through wireless connection, includes streaming technology that transmits real-time/pre-recorded data, video, or audio from sender to receiver. In this thesis, the development of video streaming service performance simulation on WiMAX network is conducted. The research methods is building the simulation using Network Simulator (NS-2) version 2.29 application that runs inside Windows XP, by using Cygwin as Linux. The installed NS-2.29 is added with QoS-included WiMAX prerelease-09-04- 2008 module developed by Aymen Belghith and Evaluation Video (Evalvid) for NS-2 module developed by Chih-Heng, Ke. The final output from NS-2 will be visualized to video, graphic, and table that will be analyzed using Mean Opinion Score (MOS) measurement metric, Peak Signal to Noise Ratio (PSNR), throughput, and delay using AWK scripts with added with several modifications. The simulation result from this research is, on single video SS scenario for SS with QoS UGS, rtPS, BE : throughput 3509.661kbps, 3822.564kbps, 1211.189kbps, delay sebesar 447.59ms, 43.224ms, 451.66ms, jitter 157.577ms, 504.307ms, 655.447ms, frame loss 9,75%, 10.75%, 11%, PSNR 33.23, 32.70, 32.73, and MOS 3.82, 3.73, 3.74. On 4 SS scenario for video SS with QoS UGS, rtPS dan BE, the result are: throughput 3509.661kbps, 4502.601kbps, 1229.134kbps, delay 447.59ms, 43.224ms, 307.521ms, jitter 168.927ms, 504.306ms, 774.004ms, PSNR 33.23, 32.70, 32.48, and MOS 3.82, 3.73, 3.68. Overall videos from the simulations do not showing many differences, it is suited with PSNR value in all simulations that shows same value at most of the frames. Every simulations video only show differences in particular frame where traffic congestion happened and causing packet drop.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26244
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sianturi, Rumondang R.
Abstrak :
Mekanisme kontrol kongesti yang berbeda antara TCP dengan ATM menjadi latar belakang penelitian ini untuk meneliti bagaimana pengaruh interaksi kontroI kongesti TCP dan ATM terhadap performansi TCP pada jaringan ATM. Penelitian juga dilakukan terhadap pengaruh variasi ukuran window, kapasitas link dan jenis kontrol kongesti TCP terhadap performansi TCP pada ATM. Penelitian dilakukan pada model topologi network parking lot dengan menggunakan The NIST ATM/HFC Network Simulator. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa meningkatkan prosentase goodput dengan meningkatkan ukuran advertised window dan kapasitas link dibatasi delay antrian pada switch dan cell loss pada jaringan ATM. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya kontrol kongesti ASR pada layer ATM dapat mengurangi cell loss dan memperbaiki fairness index TCP pada ATM Adanya algoritma fast recovery pada TCP Reno hanya memperbaiki fairness index TCP pada ATM sedangkan prosentase goodput mengalami penurunan.
The difference congestion control between transmission control protocol (TCP) and asyncronous transfer mode (ATM) has motivated to research the influence of interaction between TCP and ATM congestion control to the performance of TCP over ATM. The research is also examine the impact of advertised window size, link capacity and the type of TCP congestion contol to TCP performance. This research is done on parking lot model and used The NIST ATM/HFC Network Simulator. The finding of the research is to increase goodput percentation by increasing advertised window size and link capacity is limited by queuing delay of the switch and cell loss of ATM Network. The outcome of the research also shows that there is ASR congestion control on ATM layer is to prevent more cell losses and improve fairness index of TCP over ATM. Fast recovery algorithm on TCP Reno is improving fairnes index of TCP over ATM meanwhile percentation goodput is decreasin.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T8499
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muh. Ahyar
Abstrak :
ABSTRAK
Vehicular Ad Hoc Network (VANET) dibangun berdasarkan standar yang dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) yang diatur pada standar IEEE 802.11p/1609.4. Jaringan antar kendaraan dirancang untuk memberikan keamanan dan keselamatan pada kendaraan melalui aplikasi safety. VANET juga memungkinkan terjadinya pertukaran pesan nirkabel antar kendaraan atau dengan infrastruktur yang berada di jalan yang diperuntukkan untuk aplikasi non safety. Operasi multi channel digunakan untuk mendukung aplikasi safety dan non safety, sehingga dapat berjalan pada kanal yang berbeda dengan prinsip perpindahan channel secara periodik. Pada tesis ini dilakukan evaluasi performa operasi multi channel untuk aplikasi safety dan non-safety pada jaringan vehicular ad hoc network. Penelitian dilakukan dengan membangun simulasi menggunakan aplikasi Network Simulator (NS-2) versi 2.34. Pada NS-2.34 yang diinstall ditambahkan dengan modul WAVE1609 Tool yang dikembangkan oleh Ali J. Ghandour. Hasil output akhir pada NS-2 akan divisualisasikan berupa tabel dan grafik yang kemudian akan dianalisa lebih lanjut menggunakan metrik pengukuran packet delivery ratio, throughput, delay, jitter, dan frame loss dengan menggunakan script AWK beserta beberapa tambahan modifikasinya. Dari hasil serangkaian simulasi mengindikasikan bahwa operasi multi channel dapat memberikan kinerja QoS yang lebih baik dibanding single channel. Penggunaan skema multi channel dapat mengurangi tingkat contention antar aplikasi safety dan non safety sehingga berdampak pula berkurangnya jumlah packet loss sebesar 47% dibanding single channel.
ABSTRACT
Vehicular Ad Hoc Network (VANET) is built based on the standard made by the Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) regulated by IEEE 802.11p/1609.4. between vehicle or infrastructure on the road assigned for non safety application. Multi channel operation is used to support the safety and non safety application, so it can run on different channels with periodic channel switching. The objectives of this study were to evaluate the multi channel operation performance for safety and non safety application on vehicular ad hoc network. The research methods is by building the simulation using Network Simulator (NS-2) version 2.34 with the addition of non safety application module of WAVE1609 Tool. The result of this simulation indicates that multi channel operation can provide better QoS performance than single channel. The use of multi channel scheme can reduce the level of contention between safety and non safety applications that impact the amount of packet loss is reduced by 47% than single channel.
2013
T33746
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Purwa Laksana
Abstrak :
ABSTRAK
Underwater Sensor Network (UWSN) dirancang untuk memungkinkannya berkomunikasi dibawah air dengan menggunakan sinyal akustik sebagai pengiriman datanya. Pada tesis ini dilakukan evaluasi performa operasi routing Vector Based Void Avoidance (VBVA) untuk aplikasi mobilitas node pada jaringan UWSN. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan membangun simulasi menggunakan aplikasi Network Simulator (NS-2) versi 2.30 yang berjalan pada sistem operasi Linux. Pada NS-2.30 yang diinstall ditambahkan modul aqua-sim yang dikembangkan oleh Peng Xie. Hasil output akhir pada NS-2 akan divisualisasikan berupa tabel dan grafik yang kemudian akan dianalisa lebih lanjut menggunakan metrik pengukuran packet delivery ratio, throughput, delay dan packet loss dengan menggunakan script AWK beserta beberapa tambahan modifikasinya. Dari hasil serangkaian simulasi mengindikasikan bahwa meningkatnya jumlah node secara bertahap akan menyebabkan penurunan kualitas. Salah satunya adalah penurunan packet delivery ratio. Penurunan ini lebih disebabkan oleh collision paket yang lebih banyak terjadi.
ABSTRACT
Underwater sensor network (UWSN) is designed to enable it to communicate underwater using acoustic signals. This thesis, the development of routing Vector Based Void Avoidance operation performance simulation for mobility node application on UWSN. The research methods is building the simulation using Network Simulator (NS-2) version 2.30 application that runs inside operating system Linux. The installed NS-2.30 is added with Aqua-Sim module developed by Peng Xie. The final output from NS-2 will be visualized to graphic and table that will be analyzed using measurement metric packet delivery ratio, throughput, delay and packet loss using AWK scripts with added with several modifications. The result of this simulation indicates that increasing number of nodes will result in loss of quality. One of them is a decrease in packet delivery ratio. The decline was caused by that many packet collisions happen
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39019
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Rosyidi, Author
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi metode Network Breathing sebagai suatu rancangan metode konstruksi jaringan yang adaptif pada komunikasi ZigBee. ZigBee merupakan salah satu protokol komunikasi untuk Wireless Personal Area Network (WPAN) yang dibangun di atas standar IEEE 802.15.4. Karakteristik low power dari ZigBee menjadi salah satu alasan utama dalam pemilihan protokol ini. Suatu metode konstruksi jaringan yang adaptif dapat dirancang untuk mendukung karakteristik ini. Metode ini dimaksudkan untuk membentuk topologi jaringan ZigBee yang senantiasa meminimalkan jumlah router ZigBee yang harus aktif. Metode ini akan menghemat konsumsi energi pada jaringan ZigBee dengan membuat router dalam kondisi tidak aktif ketika tidak ada perangkat akhir dalam jangkauan yang harus dilayani. Rancangan metode ini memiliki prosedur implementasi seperti membentuk jaringan yang bernafas, dan memanfaatkan algoritma shortest path Dijkstra untuk menentukan jumlah minimal dan posisi router yang yang harus aktif sesuai dengan posisi keberadaan perangkat akhir yang harus dilayani. Validasi terhadap rancangan metode ini dilakukan dengan tool perangkat lunak simulasi jaringan NS2, yang menunjukkan penghematan konsumsi energi router hingga 87% tanpa mengurangi kinerja throughput dan end-to-end delay pada jaringan.
ABSTRACT
This work aims to evaluate Network Breathing method as an adaptive network tree construction method for ZigBee communication. ZigBee is a communication protocol for Wireless Personal Area Network (WPAN) which is built on the IEEE 802.15.4 standard. Low power characteristic of ZigBee is one of the main reasons in the selection of this protocol. An adaptive network tree construction method is designed to support this characteristic. The method is intended to form a ZigBee network topology which always minimizes the number of ZigBee routers to be active. This method will save energy consumption by turning the ZigBee routers to sleep condition when there is no end device within range to be served. The design of this method has implementation procedure such that the network topology acts like breathing, and uses Dijkstra shortest path algorithm to determine the minimum number and the position of routers to be active based on the position of the end devices. Validation to the method is carried out using the NS2 network simulator software tools, which shows reducing in router energy consumption up to 87% without degrading the throughput and end-to-end delay performance.;This work aims to evaluate Network Breathing method as an adaptive network tree construction method for ZigBee communication. ZigBee is a communication protocol for Wireless Personal Area Network (WPAN) which is built on the IEEE 802.15.4 standard. Low power characteristic of ZigBee is one of the main reasons in the selection of this protocol. An adaptive network tree construction method is designed to support this characteristic. The method is intended to form a ZigBee network topology which always minimizes the number of ZigBee routers to be active. This method will save energy consumption by turning the ZigBee routers to sleep condition when there is no end device within range to be served. The design of this method has implementation procedure such that the network topology acts like breathing, and uses Dijkstra shortest path algorithm to determine the minimum number and the position of routers to be active based on the position of the end devices. Validation to the method is carried out using the NS2 network simulator software tools, which shows reducing in router energy consumption up to 87% without degrading the throughput and end-to-end delay performance., This work aims to evaluate Network Breathing method as an adaptive network tree construction method for ZigBee communication. ZigBee is a communication protocol for Wireless Personal Area Network (WPAN) which is built on the IEEE 802.15.4 standard. Low power characteristic of ZigBee is one of the main reasons in the selection of this protocol. An adaptive network tree construction method is designed to support this characteristic. The method is intended to form a ZigBee network topology which always minimizes the number of ZigBee routers to be active. This method will save energy consumption by turning the ZigBee routers to sleep condition when there is no end device within range to be served. The design of this method has implementation procedure such that the network topology acts like breathing, and uses Dijkstra shortest path algorithm to determine the minimum number and the position of routers to be active based on the position of the end devices. Validation to the method is carried out using the NS2 network simulator software tools, which shows reducing in router energy consumption up to 87% without degrading the throughput and end-to-end delay performance.]
2015
T43142
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendi Kurniawan
Abstrak :
Pada mode infrastruktur, ketika setiap kali node wired dan node wireless hendak mengirimkan paket data ke node wireless lainnya, data harus dulu dikirimkan ke access point (AP). Kemudian access point (AP) akan memforward paket data ke node coresponden. Oleh karena itu AP adalah tempat yang bagus untuk menambahkan mekanisme FEC untuk improve delivery video yang berkualitas. Jumlah redundant data yang ada pada mekanisme FEC statis adalah tetap. Dalam Mekanisme EAFEC redundant data ditentukan oleh access point (AP) berdasarkan beban traffic jaringan dan wireless channel state. Algoritma EAFEC menentukan berapa jumlah paket redundant yang harus di-generate berdasarkan panjang antrian yang mengindikasikan beban traffic jaringan dan times retransmisi paket yang mengindikasikan wireless channel state. Layanan video streaming tidak pernah lepas dari throughput, delay, jitter dan packet loss. Pada penelitian ini penulis membangun simulasi optimalisasi streaming video pada jaringan wireless. Penulis juga melakukan studi literatur dalam merancang simulasi ini. Dalam membangun simulasi penulis menggunakan aplikasi NS2 (network simulator) versi 2.28 yang berjalan diatas sistem operasi Microsoft Windows Xp Sp2 dengan aplikasi Cygwin. Hasil output akhir pada NS-2 divisualisasikan berupa grafik dan tabel yang kemudian dianalisa lebih lanjut yaitu berupa pengukuran throughput, delay, jitter, packet error dan dengan menggunakan script AWK beserta beberapa tambahan modifikasinya. Dari thesis ini diperoleh performance dari penggunaan mekanisme EAFEC dapat mengurangi kemacetan pada jaringan (congestion) sehingga berdampak pula berkurangnya jumlah packet loss.
In the infrastructure mode, when a wired and wireless node wants to send data packets to other wireless nodes, data must first be sent to the Access Point (AP). The AP then forwards packets to the corresponding node. Therefore, AP is a good place for adding the FEC mechanism for improving video delivery quality._ The number of redundant FEC data in a fixed number. EAFEC redundant data is determined by AP which is based on both network traffic load and wireless channel state. EAFEC Algorithm determines number FEC redundant generated based on queue length indicating network traffic load and packet retransmisi times indicating wireless channel state. Streaming video services are usually related to throughput, delay, jitter and packet loss. In this thesis, the author develops a simulation study of streaming video service on wireless network. The research method is performed studying and developing simulation using Network simulator (NS-2) application version 2.28. The application running at Microsoft Windows Xp SP2 operating sistem, with CYGWIN aplication.. The result of simulation are graphics and measurement such us throughput, delay, jitter and packet error. The measurements are conducted using AWK script with some modifications. From this thesis obtained performance usage of mechanism EAFEC can lessen traffic jam on network ( congestion ) also causing affects the lessen amounts of packet loss.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T40879
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library