Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irwansyah
Abstrak :
Momentum memperkuat nation brand Indonesia semakin tinggi seiring dengan penguatan sistem pemerintahan yang demokratis dan eksplorasi keberagaman kultur. Namun persepsi negatif masih muncul dan Indonesia belum memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat dari negara lain. Oleh karena itu dengan pendekatan grounded theory berbasis wawancara mendalam, konsep triple helix yang memadukan aspek pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil digali dan dianalisis secara tematik. Hasil temuan memperlihatkan, perspektif triple helix dalam nation brand dapat dipertimbangkan sebagai kekuatan yang penting dan tidak terpisahkan. Mulai dari kualitas sistem pelayanan terpadu, reformasi birokrasi, revolusi mental, sinkronisasi antar sektor dan regulasi, kualitas sumber daya manusia, budaya mental bekerja, infrastruktur, fasilitas, nilai luhur dan filosofis bangsa, kemasan dan daya tahan produk merupakan penguat dan pelengkap keramahtamahan Indonesia dalam membangun nation brand. Momentum to strengthen nation Indonesian brand increases with the strengthening of democratic system of government and explore the diversity of cultures. However, negative perceptions are still emerging and Indonesia do not have a good reputation in the eyes of people from other countries. Therefore, with a grounded theory approach based on in-depth interviews, triple helix concept that combines aspects of government, business and civil society excavated and analyzed thematically. The findings show, the perspective of triple helix in nation brand can be considered as an important power and inseparable. Ranging from quality integrated service system, bureaucratic reform, mental revolution, synchronization between sectors and regulation, quality of human resources, mental culture works, infrastructure, facilities, noble values and philosophical nation, packaging and durability of products is reinforcing and complementary hospitality Indonesia in building a nation brand.
Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2016
MK-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Josephine Johanna
Abstrak :
Partisipasi pengguna internet lewat user-generated-content di media sosial bisa memberikan andil dalam penyebaran informasi. Kemampuan tersebut kemudian dipakai dalam digital marketing. Pada aplikasinya, konsep digital marketing bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari strategi nation branding. Hal ini memperlihatkan hubungan antara nation branding dengan pemanfaatan media sosial. YouTube sebagai media sosial yang banyak dipakai di Indonesia pun dipilih sebagai fokus pembahasan kali ini. Jurnal makalah ini menggunakan pendekatan narrative literature review untuk mengeksplorasi dan memahami konsep nation branding serta kaitannya dengan content creator yang mempromosikan produk budaya Indonesia di media sosial YouTube. Kajian ini juga menggunakan qualitative content analysis untuk memperkaya analisis konten para YouTuber sebagai influencer yang mampu memengaruhi khalayak eksternal maupun internal dalam memaknai produk budaya Indonesia. Nation brand sendiri sebagai produk bisa dipromosikan untuk membangun citra positif Indonesia. Nation brand berupa produk budaya Indonesia seperti makanan khas kedaerahan kemudian dibahas dalam gastronomi yang menghubungkan makanan dengan kebudayaan yang melekat. Dalam memperkuat identitas nation brand, peran khalayak internal yang merupakan masyarakat Indonesia menjadi penting karena memosisikan nation brand sebagai elemen krusial untuk membangun reputasi Indonesia. Adanya orientasi terhadap khalayak internal tersebut dijelaskan sebagai internal nation branding. ......Internet user participation through user-generated-content on social media can contribute to the dissemination of information. This ability is used in digital marketing. In its application, digital marketing can be adapted to the needs of the nation branding strategy. This shows the relation between nation branding and the use of social media platforms. YouTube, as one of the commonly used social media in Indonesia, was chosen as the focus of this discussion. This journal paper conducts studies using a narrative literature review approach to explore and understand the concept of nation branding and its relation to content creators who promote Indonesian cultural products on YouTube. In addition, this study is also analyzed using qualitative content analysis to enrich the research regarding YouTuber as influencers who are able to influence external and internal audiences in interpreting Indonesian cultural products. Nation brand as product can be promoted to build a positive image of Indonesia. Nation brand in the form of Indonesian cultural products, such as regional cuisine, are then discussed in gastronomy which links food with inherent culture. In strengthening the identity of the nation brand, the role of internal audiences who are Indonesian citizens is also essential because it determines the position of the nation brand as a crucial element in building Indonesia's reputation. This orientation towards the internal audience is explained as internal nation branding.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Adelita Asthasari
Abstrak :
ABSTRAK
Indonesia perlu menemukan identitas pembedanya yang dapat diinvestigasi melalui konsep nation brand. Studi ini menggunakan penelitian mengenai nation brand molecule milik Rojas-Mendez (2013). Studi ini menemukan bahwa ketujuh dimensi yang ditemukan menyusun nation brand molecule pada penelitian Rojas- Mendez muncul pada kasus Indonesia. Subset yang muncul dari WNI beragam dengan nada positif dan negatif. Pada sisi negatif, korupsi, birokrasi, dan ketidaksetaraan pendapatan berada diantara asosiasi yang diberikan oleh responden. Pada sisi positif, ragam tujuan wisata, kepribadian yang positif, dan ragam budaya bangsa disebutkan oleh responden. Konsistensi adalah aspek penting berikutnya dalam membangun brand. Studi ini mengevaluasi konsistensi melalui keterlibatan WNI dalam pembicaraan positif (positive words of mouth atau positive WOM) dan antesedennya: inner dan social brand self-expressiveness dan brand love. Hasil statistik menunjukkan bahwa pengaruh inner- dan social brand self-expressiveness terhadap positive WOM dimediasi secara penuh oleh brand love. Wawasan lain yang juga diperoleh oleh studi ini adalah perbedaan persepsi yang dimiliki oleh masing-masing kelompok agama pada inner-, social brand self-expressiveness, brand love, dan positive WOM
ABSTRACT
Indonesia needs to figure its differentiating identity that can be investigated through the concept of nation brand. This study was trying to identify it using Nation Brand Molecule theory by Rojas-Mendez (2013). This study found that all seven dimensions found in the Nation Brand Molecule appear in the case of Indonesia. The subsets associated by Indonesians were varied in both negative and positive tones. On the negative side, corruption, bureaucracy, and income inequality are among the associations given by the respondents. On the other hands, positive associations were also found on the subsets of the dimensions: various tourism destination, positive personality of the people, and diverse national culture. Consistency is followed to be an important aspect in establishing a brand, including nation brand. This study tried to evaluate the consistency through people?s engagement in the positive words of mouth (WOM) and its antecedent: inner and social brand self-expressiveness and brand love. The statistical outcome shows that the effect from inner and social brand selfexpressiveness towards positive WOM are fully mediated by brand love. Another insight that this study was able to accomplish was how each group of religion perceived inner-, social brand self-expressiveness, brand love, and positive WOM
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library