Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diana Yasmin Nur Adawiyah
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran dari interaksi parasosial, transportasi naratif pada pemutusan hubungan parasosial. Partisipan dalam penelitian ini adalah 267 penonton dari drama televisi Korea berjudul Crash Landing on You. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental korelasional kuantitatif. Partisipan mengisi kuesioner penelitian berisi alat ukur interaksi parasosial, transportasi naratif, dan pemutusan hubugan parasosial melalui form daring. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa mereka yang mudah terbawa arus dalam narasi akan mudah juga untuk membentuk interaksi satu arah dengan karakter drama dan kemudian membuat mereka merasakan guncangan emosional ketika drama selesai tayang dan mereka tidak bisa melihat karakter tersebut lagi. Implikasi lanjutan dari hasil ini akan dibahas lebih dalam
This study was conducted to see the roles of parasocial interaction, narrative transportation, and parasocial breakup. The participants in this study were 267 viewers of Korean television drama titled Crash Landing on You. This is a correlational nonexperimental quantitative research. Participant filled questionnaire that measured parasocial interaction, narrative transportation, and parasocial breakup. The result using mediation PROCESS by Hayes showed that individuals’ transportation to narrative predicted one-way interaction with the character from narrative which then predicted their feeling of loss after said narrative had ended. Implications from these findings will be discussed
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gumgum Gumelar Fajar Rakhman
Abstrak :
Persuasi adalah usaha penyampai pesan agar penerima pesan berespon sesuai dengan tujuannya. Usaha ini dilakukan di hampir semua bidang kehidupan. Orang tua mempersuasi anak, guru mempersuasi murid, politikus mempersuasi konstituennya dan produsen mempersuasi konsumennya.Luasnya bidang cakupan persuasi mendorong munculnya berbagai penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi keberhasilan persuasi. Sejauh ini, kebanyakan penelitian berpusat pada faktor yang mempengaruhi keberhasilan persuasi yang bersifat argumentatif.Karena penelitian-penelitian itu tidak membawa hasil yang memuaskan, timbullah usaha untuk meneliti efektivitas pesan yang bukan bersifat argumentatif, melainkan bersifat naratif. Pesan naratif ternyata mengurangi kecenderungan penerima pesan untuk memberikan argumen tandingan, karena pesan naratif membuat penerima pesan hanyut dalam alur cerita.Disertasi ini menguraikan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode eksperimen dalam konteks perilaku ramah lingkungan. Ditemukan bahwa persuasi naratif terbukti lebih efektif dibandingkan dengan persuasi argumentatif. Selanjutnya juga ditemukan bahwa pesan naratif yang dibingkai dengan risiko kerugian individual ternyata lebih efektif daripada pesan yang dibingkai dengan risiko kerusakan lingkungan. ...... Persuasion is an attempt to delivers message so the receiver able to respond accordingly. This purpose exists in all of our life aspect. Parents persuade their child, teacher persuade their student, politician persuade their constituent and producer do it as well to their consumers. The breadth of this field encourages many studies about factors that influenced the effectiveness of persuasion process.So far, most of the existing studies focused on factors that influenced to the effectiveness of persuasion with an argumentative type. However, due to unsatisfying results made from these previous studies, there is an attempt, which instead focused on the persuasion with argumentative type, it is focused on a narrative persuasion type. Narrative message type is apparently reduced the receiver tendency to give a counter argument by made them transported into the plot of a story.This research outlined findings through an experimental method with the pro environmental behaviour as its context. It was found that narrative persuasion type significantly effective compared to the argumentative type. Further, it was also proved that a narrative message type which is framed by an individual lost risk was likely more effective compare to a message which framed by an environmental lost scenario.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
D2342
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library