Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Navila Arjinia Aulia Sonata
"ABSTRAK
Televisi sebagai media komunikasi massa berorientasi pada tujuan komunikasi pada umumnya, yaitu untuk merubah sikap, pandangan, dan perilaku khalayaknya. Pesan yang disampaikan melalui tayangan-tayangan televisi merupakan stimulus, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi manusia sebagai organism untuk merubah sikap dan perilakunya sebagai response yang timbul setelah terjadinya proses komunikasi. My Trip My Adventure adalah sebuah tayangan televisi yang dapat menjadi bukti atas kuatnya pengaruh sebuah media, bahkan dapat menyebabkan terjadinya fenomena traveling yang semakin marak belakangan ini. Peristiwa ini sesuai dengan teori Stimulus Organism Response S-O-R yang membahas tentang bagaimana terjadinya proses komunikasi hingga dapat menimbulkan reaksi tertentu, dan studi fenomenologi yang menjelaskan bahwa tindakan manusia adalah bagian dari posisinya di masyarakat, sehingga tindakan tersebut bisa jadi hanyalah peniruan dari tindakan orang lain yang didukung dengan adanya informasi yang kuat untuk membuat seseorang bersedia untuk merubah perilakunya. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan kedua teori tersebut serta meninjau dua buah karya ilmiah sebelumnya yang membahas tentang topik yang sama, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan My Trip My Adventure dapat mempengaruhi minat khalayak untuk melakukan kegiatan traveling.
Television as a medium of mass communication is oriented towards the purpose of communication in general, that is to change attitudes, views, and behavior of the audience. Messages delivered through television broadcasts are stimulus, which directly or indirectly can affect human beings as organisms to change their attitudes and behavior as a response after the communication process. My Trip My Adventure is a television show that can be strong evidence of the power of media influence, even it can be a cause of this traveling phenomenon lately. This event is in accordance with Stimulus Organism Response SOR theory which discusses how is the process of communication so it can causing certain reactions, and also phenomenology study which explains that human action is part of its position in society, so that action could be just an imitation from the others and supported by the power of media information so it will be easier for someone to change his behavior. After analyzing the topic using both theories and reviewing the previous two scientific works on the same topic, the results of this study show that My Trip My Adventure can affect the interest of audiences to do the traveling."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library