Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Despite recent advances in our understanding of how innovation and entrepreneurship impact the creation and appropriation of value, numerous questions remain unanswered. This volume draws together scholars working at the forefront of entrepreneurship-, strategy-, and innovation-related domains to explore these questions. "
United Kingdom: Emerald, 2017
e20469435
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Donald Hamonangan
"Tulisan ini menganalisis bagaimana Peran KPPU dalam mengatasi permasalahan Penggunaan Pricing Algorithm dalam Multi-sided Platform, Pembuktian Penggunaan Pricing Algorithm dalam Multi-sided Platform yang menyebabkan persaingan usaha tidak sehat di Indonesia serta pengaturan Penggunaan Pricing Algorithm dalam Multi- sided Platform Pada Persaingan Usaha di Indonesia. Tulisan ini disusun dengan menggunakan metode penelitian Doktrinal. Pricing Algorithm adalah metode atau strategi penentuan harga yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan harga produk atau layanan mereka didasarkan pada analisis data dan perhitungan matematis untuk menentukan harga. Multi Sided Platform dapat dianggap sebagai sebuah pasar digital yang menghubungkan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Penggunaan pricing algorithm dalam multi-sided platform sebenarnya menguntungkan bagi konsumen, sebagaimana dapat memberikan penentuan harga yang adil secara real-time. Tetapi Penggunaan pricing algorithm dalam multi-sided platform dapat juga membuat persaingan usaha tidak sehat, hal ini perlu diukur melalui ukuran reasonableness yang benar-benar mengancam ekosistem persaingan usaha di Indonesia. Pada Persaingan usaha di era digital ini KPPU perlu lebih memperluas pengaturan untuk menjaga iklim persaingan usaha di Indonesia menjadi tetap stabil dan sehat.

This paper analyzes how the Role of the KPPU in overcoming the problem of the Use of Pricing Algorithm in Multi-sided Platform, Proof of the Use of Pricing Algorithm in Multi-sided Platform that causes unfair business competition in Indonesia and the regulation of the Use of Pricing Algorithm in Multi-sided Platform on Business Competition in Indonesia. This paper is prepared by using Doctrinal research method. Pricing Algorithm is a pricing method or strategy used by companies to determine the price of their products or services based on data analysis and mathematical calculations to determine the price. Multi Sided Platform can be considered as a digital marketplace that connects sellers and buyers to conduct online buying and selling transactions. The use of pricing algorithms in multi-sided platforms is actually beneficial for consumers, as it can provide fair pricing in real-time. However, the use of pricing algorithms in multi-sided platforms can also create unfair business competition, this needs to be measured through a measure of reasonableness that really threatens the business competition ecosystem in Indonesia. In business competition in this digital era, KPPU needs to further expand regulations to maintain a stable and healthy business competition climate in Indonesia."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhi Setyo Santoso
"Terdapat paradoks dalam inovasi terbuka berbasis platform di mana startup Multi-Sided Platform (MSP) digital dengan kapasitas kreasi awal yang rendah mampu menerapkan strategi inovasi terbuka yang umumnya membutuhkan tingkat tinggi kemampuan kreasi bersama. Penelitian ini mengatasi kesenjangan ini dengan secara teoritis mengembangkan hubungan antara logika yang efektif - tindakan kewirausahaan yang berurusan dengan seperangkat sarana sebagaimana diberikan dan berfokus pada pemilihan antara efek yang mungkin dapat dibuat dengan seperangkat sarana - dan proses inovasi terbuka dengan kapasitas penciptaan sebagai prasyarat untuk berkontribusi pada startup multi-sisi Platform digital (MSP) digital. Dalam hal ini, penelitian ini menguji proses inovasi terbuka berbasis platform di bawah kendala sumber daya, pengetahuan terbatas, dan ketidakpastian.
Temuan penelitian kuantitatif dari 70 startup MSP digital menunjukkan jalur terpendek untuk startup MSP digital untuk menghasilkan Innovation Performance dimulai dari mengembangkan Effectual Logic, kemudian Integrative Capabilities dan Co-Creation Capacities, dan Innovation Performance sesudahnya. Namun, dalam jalur terpendek ini, Crowds or Communities Management Practice juga memiliki peran dalam memediasi sebagian hubungan antara Effectual Logic dan Integrative Capabilities. Inovasi berbasis platform menjadi titik pengintegrasian teori effectuation dari riset kewirausahaan dan strategi inovasi terbuka dari riset manajemen strategis. Jembatan untuk kedua bidang ini menunjukkan implikasi untuk penelitian inovasi berbasis platform dalam kewirausahaan strategis.

There is a paradox in platform-based open innovation where the digital Multi-Sided Platform (MSP) startups with low initial co-creation capacity is able to implement open innovation strategy that commonly needs a high level of co-creation capacity. This research address this gap by the theoretically develop the relationship between effectual logic - entrepreneurial action that deal with a set of means as given and focuses on selecting between possible effects that can be created with that set of means - and open innovation process with co-creation capacity as its pre-condition to contribute to digital Multi-Sided Platform (MSP) startups significant growth. In this case, this research examine the platform-based open innovation process under resource constraint, limited knowledge, and uncertainty.
The quantitative research findings from 70 digital MSP startups show the shortest path for digital MSP startups to produce Innovation Performance is starting from develop Effectual Logic, then Integrative Capabilities and Co-Creation Capacity, and Innovation Performance afterwards. However, in this shortest path, Crowds or Communities Management Practices also have roles in partially mediating the relationship between Effectual Logic and Integrative Capabilities. Platform-based innovation becomes the integrating point of effectuation theory from entrepreneurship research and open innovation strategy from strategic management research. The bridge for these two areas suggests implications for platform-based innovation research in strategic entrepreneurship.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
D2784
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library