Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Zulfi Zuliansyah
"Penelitian ini tentang implementasi program Sales and Service Award sebagai upaya peningkatan motivasi pekerja frontline dan menjelaskan dampak pelaksanaan program Sales and Service Award di Bank X yang dibahas dari disiplin ilmu Kesejahteraan Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi karyawan frontline yang memiliki status outsourcing di Bank X dengan usia pensiun sampai 36 tahun, sedangkan untuk karyawan tetap atau back office di Bank X memiliki usia pensiun hingga 56 tahun. Adanya program Sales and Sevice Award di Bank X ini dapat menjadi salah satu cara untuk membantu karyawan frontline dalam meningkatkan kesejahteraan mereka, melalui pemberian kesempatan untuk mendapatkan reward berupa alih status pada program tersebut sehingga dapat memperpanjang usia pensiun dan mengembangkan karir mereka di Bank X. Pada penelitian ini peneliti melakukan proses pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan secara daring dan secara luring dengan total jumlah informan yakni 6 karyawan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober 2021 hingga Juni 2022. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa program ini dimulai pada proses seleksi yang dapat diikuti oleh setiap karyawan frontline di masingmasing kantor Bank X. Karyawan frontline dipilih manajemen kantor masing-masing untuk mewakili kantor mereka dalam mengikuti tiga tahap seleksi program ini yang terdiri dari Seleksi tingkat Kantor Cabang, tingkat Kantor Wilayah, dan tingkat Nasional. Pada seleksi tingkat Kantor Cabang dan Kantor Wilayah, seleksi yang digunakan melalui kegiatan role play pemberian pelayanan dan presentasi product knowledge. Lalu untuk seleksi tingkat Nasional, karyawan frontline yang menjadi kandidat akan membuat campaign project berupa video promosi dan hal pelayanan apa saja yang dapat meningkatkan laba Bank X. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa program Sales and Service Award memiliki dampak terhadap motivasi karyawan frontline, karena berdasarkan temuan lapangan maka dapat diketahui dengan adanya program ini dapat memotivasi karyawan frontline seperti karyawan frontline ingin lebih mengembangkan karirnya setelah mendapatkan alih status, karyawan tersebut juga lebih konsisten dan rajin serta semangat dalam bekerja setelah mengikuti program ini. Adanya dampak lain program ini terhadap motivasi karyawan yakni bertambahnya wawasan karyawan, meningkatkan kinerja karyawan frontline dalam memberikan layanan, serta dengan adanya program ini dapat meciptakan role model pemberian layanan bagi karyawan frontline lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi bagi program studi ilmu Kesejahteraan Sosial khususnya pada mata kuliah manajemen sumber daya manusia pada pokok bahasan employee motivation dan performance appraisal.
This research is about the implementation of the Sales and Service Award program as an effort to increase the motivation of frontline workers and explains the impact of the implementation of the Sales and Service Award program at Bank X which is discussed from the Social Welfare discipline. This research is motivated by the condition of frontline employees who have outsourcing status at Bank X with a retirement age of up to 36 years, while permanent employees or back office at Bank X have a retirement age of up to 56 years. The existence of the Sales and Service Award program at Bank X can be one way to help frontline employees improve their welfare, by providing opportunities to get rewards in the form of status transfers in the program so that they can extend their retirement age and develop their careers at Bank X. In this study, researchers carried out the process of collecting data through interviews conducted online and offline with a total number of informants, namely 6 employees who were selected by purposive sampling technique. This research was conducted from October 2021 to June 2022. Based on the results of this study, it can be seen that this program begins in a selection process that can be followed by every frontline employee at each Bank X office. Frontline employees are selected by their respective office management to represent the office. they take part in the three stages of selection of this program which consists of Selection at the Branch Office level, Regional Office level, and National level. In the selection at the Branch Office and Regional Office levels, the selection used was through role play activities, service delivery and product knowledge presentations. Then for the National level selection, frontline employees who become candidates will create a campaign project in the form of promotional videos and what services can increase Bank X's profits. The conclusion of this study shows that the Sales and Service Award program has an impact on the motivation of frontline employees, because based on field findings, it can be seen that this program can motivate frontline employees such as frontline employees who want to further develop their careers after getting a status transfer, these employees are also more consistent and diligent and enthusiastic in working after joining this program. Another impact of this program on employee motivation is increasing employee insight, improving frontline employee performance in providing services, and with this program can create role models for service delivery for other frontline employees. The results of this study are expected to be a contribution to the Social Welfare study program, especially in human resource management courses on the subject of employee motivation and performance appraisal."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gayuh Esti Muliastri
"Penelitian ini berfokus pada dinamika kehidupan dua orang purna PMI di Ciganjur yang telah diberikan sosialisasi oleh pemerintah yakni BP3TKI Jakarta (Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) melalui program BIMTEK Pemberdayaan PMI (Bimbingan Teknis Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia). Proses pertama adalah BP3TKI Jakarta mencari sasaran calon Purna PMI yang akan diberikan sosialisasi. Selanjutnya, seorang Purna PMI diperkenalkan dengan teman-teman sesama Purna PMI lainnya serta lingkungan, budaya dan kehidupan barunya sebagai Purna PMI. Kemudian, dalam proses sosialisasi mereka diberikan keterampilan, pengetahuan, pelatihan serta dukungan berupa motivasi dalam mewujudkan usaha rumahan (home industry). Nampaknya, setelah mengikuti rangkaian proses sosialisasi yang diberikan oleh BP3TKI Jakarta, keduanya mendapatkan beberapa manfaat yaitu melanggengkan motivasi yang sedari awal dimiliki untuk mewujudkan sebuah usaha rumahan dan hubungan sosial keduanya menjadi bertambah. Hubungan sosial yang dimiliki dengan sesama purna PMI dan stakeholder pemerintahan terbina akibat interaksi secara intensif pada saat proses sosialisasi berlangsung, sehingga melahirkan kepercayaan dan timbal balik antar individu. Hubungan sosial ini mereka jadikan sebagai modal sosial. Dalam merintis sebuah usaha rumahan, selain modal fisik (physical capital) dan modal manusia (human capital), modal sosial (social capital) juga memiliki andil karena berkaitan langsung dengan masyarakat di sekitar tempat usaha tersebut dijalankan. Modal sosial itulah yang dimanfaatkan oleh purna PMI dalam mengelola dan mengekspansi usaha rumahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Melalui pendekatan kualitatif, skripsi ini menunjukkan bahwa hubungan sosial dalam berbagai konteks dapat dimanfaatkan pelaku usaha dalam mengelola usaha rumahan sehingga saat ini purna PMI menjadi seorang wirausaha.
This research focuses on the dynamics of life of two ex-Indonesian Migrant Workers (PMI) in Ciganjur who have been given socialization by the government, namely is BP3TKI Jakarta (Office of Service, Placement and Protection of Indonesian Migrant Workers) through the BIMTEK Empowerment Programme (Technical Guidance for Empowering Indonesian Migrant Workers). The first processes is that BP3TKI Jakarta seeks the target of ex-Indonesian Migrant Workers's candidates who will be given socialization. Furthermore, an ex-Indonesian Migrant Workers was introduced to the other ex-Indonesian Migrant Workers and his new environment, culture and life as an ex-Indonesian Migrant Workers. Then, in the socialization process they are given the skills, knowledge, training and support in the form of motivation in creating a home industry. Apparently, after participating in a series of socialization processes provided by BP3TKI Jakarta, both of them got several benefits is perpetuating the motivation that they had from the beginning to realize a home business and the social relations of ex-PMI are increased. Social relations with the other ex-Indonesian Migrant Worker's and the government stakeholders are constructed due to intensive interactions during the socialization processed, thus to giving trust and reciprocity. They made this social relationship as a social capital. In addition to physical capital and human capital, social capital also important because it is directly related to the community where the business established. This social capital is utilized by ex-Indonesian Migrant Worker's in manage and expand their home industry. The research method used is observation, in-depth interviews and literature. Through a qualitative approach, this thesis shows that social relations in various contexts can be used to managing their home industry so that currently ex-Indonesian Migrant Worker's becomes an entrepreneur."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rininta Irientantya
"
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi pekerja dan kepuasan pekerja, dengan pengaruh pendidikan dan kesesuaian pekerjaan sebagai efek moderasi. Hubungan dan efek antara pekerja di dua negara, Indonesia dan Belanda juga akan ditentukan.Berikutnya, penelitian ini juga akan menjelaskan bagaimana motivasi pekerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi pekerja, namun tidak memiliki efek yang lebih besar atau lebih rendah antara pekerja Indonesia dan Belanda. Selanjutnya, kesesuaian pendidikan dengan pekerjaan tidak memoderasi hubungan antara motivasi pekerja dan kepuasan pekerja.
ABSTRACTThe purpose of this research is to find out the relationship between workers motivation and workers satisfaction, with the effect of education and occupation match as moderation effect between the relationships. The relationship and the effect between workers in two countries, Indonesia and Netherlands will also be determined. Later on, this paper would also explain that workers motivation has positive significant influence to workers motivation, but does not have greater or lower effect between Indonesian and Dutch workers. Further, the education occupation match does not moderate the relationship between workers motivation and workers satisfaction."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library