Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Bagas Kumoro Ardhy
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini ingin melihat hubungan antara waktu yang dihabiskan dalam menggunakan Instagram time spent on Instagram dengan motif dalam pemakaian SNS, yang dalam penelitian ini pada motif SNS self-expression dan passing time. Penelitian ini dilakukan pada 202 partisipan pria dan wanita berusian 18 - 25 tahun. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah waktu yang dihabiskan dalam menggunakan Instagram yang diukur menggunakan Social Networking Time Scale atau SONTUS Olufadi, 2015 dan Motif SNS self- expression dan passing time yang diukur dengan Facebook Motives Scale Valentine, 2011 yang di adopsi untuk digunakan pada Instagram. Hasil uji statistik korelasi mendapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara waktu yang dihabiskan dalam menggunakan Instagram dengan motif SNS self-expression dan passing time.
ABSTRACT
The purpose of this research is to see the relationship between the time people spent on Instagram with the motives of SNS, in this case the motives that are being used are self expression and passing time. The research was conducted towards 202 participants both men and women between the age of 18 to 25. The variables measured in this research are the time spent on Instagram which were measured by the Social Networking Time Scale or SONTUS Olufadi, 2015 and motives of SNS self expression and passing time which were measured by the Facebook Motives Scale Valentine, 2011 that are modified to accommodate Instagram. The results shows that the time spent on Instagram has a positive and significant correlation with both self expression and passing time motives.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhamad Bayu Cahya
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang motif yang mempengaruhi khalayak untuk berpartisipasi dalam internet meme yang beredar pada sosial media Path. Teori utama yang digunakan yaitu Uses and Gratifications terkait motif dan konsep Participatory Culture. Teori Uses and Gratifications dipilih karena merupakan teori yang seringkali digunakan untuk media atau konten baru dari sudut pandang khalayak serta konsep Participatory Culture ini muncul dan berkembang pada era digital saat ini Penelitian ini menggunakan paradigm positivistik dengan pendekatan kuantitatif bersifat eksplanatif dan metodologi yang digunakan melalui survey. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motif Entertainment dan Self-expression mempengaruhi khalayak untuk ikut berpartisipasi dalam internet meme di media sosial path, sedangkan motif socializing and community building tidak memiliki pengaruh namun tetap berhubungan. Sementara satu lagi yaitu motive informativeness ditemukan tidak berpengaruh dan tidak berhubungan dengan partisipasi internet meme.
......This Thesis discusses about motives that influence audience to participate in internet meme social media Path. This study employ motives from Uses and Gratifications theory as a main theory, also concept about Participatory Culture. Uses and Gratifications theory have been selected because this theory been often to explain about new media and new kind of content from audience point of view also the concept of Participatory Culture have been emerge and thrive in this digital era. This research uses positivistic paradigm with quantitative explanatory approach and using survey as a research method. The conclusion for this research is shows that some motive Entertainment and Self-expression influence audience to participate in internet meme social media path. Meanwhile Socializing and Community Building motive doesn’t have a significant influence to internet meme participation but both of them still have a connection. The another one Informativeness motive doesn’t have any connection nor influence to internet meme participation.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library