Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handy Gala Fernando
Abstrak :
Penelitian ini membahas perilaku pencarian informasi Generasi Z mengenai perencanaan keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh Generasi Z mengenai perencanaan keuangan dan hambatan yang dialami oleh Generasi Z dalam pencarian informasi perencanaan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar hingga tercapai jumlah 142 orang responden Generasi Z dari berbagai karakteristik sebagai sampel penelitian dalam rentang waktu 05 Mei 2023 hingga 15 Mei 2023. Data penelitian ini dianalisis persentase Tingkat Capaian Responden (TCR) menggunakan rumus “Master Scale”. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki kesadaran dan harapan yang cukup tinggi bahwa perencanaan keuangan sehingga menstimulus mereka untuk mencari kebutuhan informasi. Namun, kesulitan dalam memahami istilah perencanaan keuangan dan informasi yang beredar terlalu banyak sehingga sulit untuk diproses menjadi faktor penghambat. Di sisi lain faktor efikasi diri pada activating mechanism memiliki peran terhadap kemampuan Generasi Z sehingga mereka berhasil mengaplikasikan dan membuat perencanaan keuangan. Sedangkan, intervening variabel mendorong mereka untuk memutuskan mencari informasi perencanaan keuangan. Penggunaan media digital menjadi pilihan utama karena akses yang mudah. Selain itu, Generasi Z mampu menyeleksi dan memproses informasi berdasarkan pengetahuan akan keuangan, pendapat, dan keyakinan yang mereka miliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Generasi Z mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi hingga mengaplikasikan informasi perencanaan keuangan sesuai dengan yang dimodelkan oleh Niedźwiedzka. Intervening variabel dan activating mechanism memiliki peran dalam proses pencarian informasi perencanaan keuangan. ......This research discusses the information seeking behavior of Generation Z on financial planning. The purpose of this study is to determine the information seeking behavior of Generation Z regarding financial planning and the barriers experienced by Generation Z in the search for financial planning information. This research uses quantitative methods with data collection techniques through questionnaires distributed to reach a total of 142 Generation Z respondents from various characteristics as research samples within the time span of May 05, 2023 to May 15, 2023. This research data was analyzed by the percentage of Respondent Achievement Rate (TCR) using "Master Scale". The findings of this study indicate that Generation Z has a fairly high awareness and expectation that financial planning can provide welfare, thus stimulating them to identify information needs. However, difficulties in understanding financial planning terms and too much information circulating that is difficult to process are inhibiting factors. On the other hand, the self-efficacy factor in the activating mechanism has a role in Generation Z's ability so that they can successfully apply and make financial planning. Meanwhile, intervening variables encourage them to decide to look for financial planning information. The use of digital media is the main choice due to easy access. In addition, Generation Z is able to select and process information based on their financial knowledge, opinions and beliefs. The conclusion of this study is that Generation Z is able to identify information needs and apply financial planning information as modeled by Niedźwiedzka. Intervening variables and activating mechanisms have a role in the process of searching for financial planning information.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Oktaviani
Abstrak :
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 mendorong masyarakat menggunakan media sosial untuk melakukan pencarian informasi mengenai hobi. Mengingat salah satu media sosial yang sekarang sedang naik daun adalah TikTok, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi remaja akhir mengenai hobi pada aplikasi TikTok serta hambatan yang dihadapi selama proses pencarian informasi. Penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan sebuah studi kasus yang diteliti melalui metode wawancara semi-terstruktur dan observasi. Data tersebut lalu dianalisis menggunakan Model Perilaku Informasi Niedźwiedzka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi remaja akhir mengenai hobi secara keseluruhan sudah sesuai dengan Model Perilaku Informasi Niedźwiedzka, tetapi ada tahap pencarian informasi yang dilakukan secara bersamaan. Hambatan yang paling banyak dihadapi berasal dari lingkungan serta paling sering terjadi pada tahap information seeking. Berdasarkan hasil penelitian, muncul dua rekomendasi utama yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, baik sebagai individu maupun lembaga. Pengguna individu diharapkan untuk memanfaatkan TikTok secara cermat untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dan bagi pengguna berupa lembaga, seperti perpustakaan, diharapkan dapat mempertimbangkan media sosial yang sedang populer seperti TikTok sebagai peluang untuk memperluas jangkauan promosi. ......The current rapid technological development and the various social restrictions caused by the COVID-19 pandemic are encouraging people to seek out information about their interests on the World Wide Web, specifically on social media. Taking into account the virality of TikTok as a social media platform amongst young people, this research aims to explore the information seeking behavior of young adults on said application, as well as what sort of hindrance they might come across whilst using TikTok. This descriptive qualitative research is a case study that is done by semi-structured interviews and observations. The data gathered through those methods are then analyzed using Niedźwiedzka’s Information Behavior Model. The results of this research shows that the information seeking behavior of young adults on TikTok are in accordance with Niedźwiedzka’s Information Behavior Model. Although, there still appear to be some seemingly interchangeable phases within those activities. Most of the intervening variables they encountered are environmental variables, also most occurred in information seeking phase. This research recommends that both individual users as well as institutional ones, like libraries, to be wiser with the usage of apps such as TikTok and the potential it has to be used as an outreach and promotional tool.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library