Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"This paper describes research results on NoteBOX, an application engine for information and content services based on the unified messaging system (UMS)...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Wahbi
"Operator-operator jaringan seluler Indonesia saling bersaing dengan ketat untuk menjadikan populasi Indonesia sebagai pelanggan, sambil tetap mempertahankan pelanggan lama untuk menghindari churn, dan mempertahankan atau meningkatkan pendapatan mereka dengan pembelian produk yang berkelanjutan dari pelanggan mereka. Diluar dari kombinasi jangkauan jaringan, harga, brand image, Digital channels, and kualitas jaringan untuk memenangkan kompetisi tersebut; ada kemungkinan shutdown jaringan 2G 3G pada roadmap kedepannya, yang pada akhirnya mengakibatkan persaingan langsung pada jaringan 4G dengan kuantitas yang hampir sama dari masing-masing operator, sehingga perlu mencari adanya keunggulan kompetitif. Digital channel memainkan peranan strategis karena komponen-komponen lainnya bisa menjadi kecil dampaknya dalam perang memperebutkan pasar jika value proposition dan atau informasi mengenai produk tidak disalurkan dengan tepat melalui Digital channel. Selain itu, Pandemi COVID-19 yang mungkin terus berlanjut dan adanya protokol new normal yang mengharuskan jaga jarak semakin memperkuat Digital channel sebagai keunggulan kompetitif untuk menyalurkan value proposition dan informasi mengenai produk dengan tepat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan pelanggan untuk menggunakan Digital channel dan akhirnya melanjutkan pembelian produk melalui Digital channel. Untuk hal itu, peneliti mengkaji empat teori utama yaitu DeLone and McLean IS Success, TAM, TTF, dan UTAUT; dan juga mengkaji beberapa penelitian sebelumnya yang berkaitan; kemudian memutuskan menggunakan UTAUT2 tetapi dengan pengurangan dan juga penambahan construct berdasarkan penelitian sebelumnya. Lebih lanjut, peneliti menggunakan metode analisis SEM-PLS dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis dalam kerangka teori dan SPSS untuk melakukan uji Kruskal-Wallis H test untuk membandingkan distribusi sampel dari grup-grup yang terbentuk dari operator-operator dan semua Digital channel (ada delapan grup dari kombinasi dari operaror-operator dan semua Digital channel. Hal lainnya, penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data yang mana responden-nya mencakup pelanggan Operator-operator jaringan seluler Indonesia dengan menggunakan metode convenient survey dengan total 501 sampel yang terkumpul. Adapun hasil analisisnya, semua faktor dari kerangka teori memiliki ‘pengaruh positif yang signifikan’ terhadap Intention to Use dalam grup-grup tertentu, yaitu Habit (pada 100% grup), Hedonic Motivation (pada 62.5% dari grup), Price Value (pada 50% dari grup), Social Influence (pada 37.5% dari grup), Application Design (pada 25% dari grup), dan Service Quality (12.5% dari grup).

Indonesian Mobile network operators (MNOs) are facing tight competition among them to convert the Indonesian population into subscribers, while retaining the existing subscribers to prevent churn, and maintain or increase their revenues by having subscriber to continue the purchase of the products they offer. Despite the combination of the coverage, price, brand image, Digital channels, and network quality to win the competition thereof; future roadmap provides the possibility of shutting down their 2G 3G networks, to eventually come face to face with 4G networks with almost the same quantity, leading into the pursuance of competitive advantage. Digital channels play a strategic role as the other key components might have a small effect on the market war if the value proposition and or information about products are not delivered properly through Digital channels. Besides, the COVID-19 Pandemic that might be prolonged and the new normal protocol enforcing the physical distance has strengthened the position of Digital channels as one of the competitive advantages. Therefore, this research goal is to examine the factors influencing the intention of the subscribers to use the Digital channels. For that goal, the researcher studied the four grand theories, i.e., DeLone and McLean IS Success, TAM, TTF, and UTAUT; and also studied some previous related researches; then decided to adapt UTAUT2 but partially embrace its constructs, and even also added some relevant constructs found from the previous related researches. Furthermore, this research used the PLS-SEM analysis method using SmartPLS 3.0 to test the hypotheses in the theoretical framework, and SPSS for Kruskal-Wallis H test to compare samples’ distribution of the groups of MNOs and Digital channels (there are eight groups as the combination of MNOs and Digital channels). Else, this research applied a questionnaire to collect the data with the respondents covering subscribers of Indonesian MNOs using a convenient survey method, with total of 501 samples collected. As for the result of the analysis, all such factors have ‘significantly positive influence’ toward the Intention to Use within certain groups, i.e., Habit (to 100% of the groups), Hedonic Motivation (to 62.5% of the groups), Price Value (to 50% of the groups), Social Influence (to 37.5% of the groups), Application Design (to 25% of the group), and Service Quality (to 12.5% of the groups)."
Jakarta: Fakultas Ilmu Kompter Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yohan Suryanto
"Penelitian pada tesis ini bertujuan untuk merancang suatu metode enkripsi end-toend untuk komunikasi suara melalui jaringan seluler seperti GSM yang tidak tergantung dari perangkat handphone, sistem operasi, dan perangkat jaringan. Metode yang diajukan adalah enkripsi suara pada domain frekuensi untuk menjaga agar sinyal hasil enkripsi masih tetap berada dalam rentang frekuensi suara yang bisa diteruskan oleh jaringan GSM/2G/3G. Metode ini berbeda dengan metode yang digunakan dalam penelitian-penelitian sebelumnya, dimana mereka menggunakan metode enkripsi berbasis waktu yang bekerja pada rate rendah agar hasil enkripsi bisa disampaikan lewat jaringan GSM. Metode yang ditawarkan disimulaikan menggunakan matlab.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa enkripsi suara pada domain frekuensi memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan sinyal aslinya dan bisa diteruskan sepenuhnya melalui jaringan GSM. Metode ini kemudian diimplementasikan dalam FPGA xilinx menggunakan dua prosesor microblaze pada board Atlys. Hasil rekonstruksi modul FFT/IFFT di FPGA Xilinx memiliki deviasi yang bervariasi namun relative kecil, maksimum -10,42 dB, dibanding sinyal aslinya.
Hasil implementasi prototipe menunjukkan bahwa, melalui proses FFTEnkripsi-IFFT dan FFT-Dekripsi-IFFT di modul FPGA, sinyal suara dari pengirim bisa direkonstruksi di handphone penerima secara waktu nyata meskipun dalam kondisi tidak sinkron. Namun, dalam pengembangan prototipe lebih lanjut, tingkat kepresisian modul FFT/IFFT perlu ditingkatkan, serta perlu ditambahkan modul sinkronisasi dan echo canceller.

This research aims in designing a method for implementing end-to-end voice encryption over mobile network such as GSM that independent to phone devices, operating system and network devices. The proposing method is an encryption system in domain frequency to keep the encryption signal remain within the range of sound frequencies that can be transmitted through GSM/2G/3G. This method differs compare to the method used in the previous studies, in which they use the time-based encryption method to get a low rate encrypted data so the results can be communicated via GSM network. We simulated the method using Matlab.
The simulation results showed that the voice encryption on the frequency domain characteristics is very different from the original signal and can be passed completely through the GSM network.This method was implemented in the xilinx FPGA using microblaze dual core processor on the Atlys board.
The results of the signal reconstruction using FFT/IFFT module in FPGA xilinx varied in a relatively small deviation, maximum -10.42 dB, compared to the original signal. Performance analysis of the prototype showed the sender speech can be reconstructed real time in the mobile handset of the receiver side, even in the unsynchronized condition. However, in a further prototype development, the precision level of the FFT/IFFT module needs to be improved, meanwhile the synchronization module and echo canceller need to be added.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T38708
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Fistarini
"Turunnya pertumbuhan industri telekomunikasi dan terjadinya pergeseran penggunaan layanan telekomunikasi seluler dari layanan voice dan sms ke layanan data membawa pengaruh terhadap penyelenggara seluler. Maraknya penyelenggara OTT ditengah-tengah tingginya penetrasi penggunaan layanan data serta tingginya persaingan atar operator seluler menyebabkan munculya persaingan tidak sehat yang ditandai dengan adanya perang harga antar penyelenggara seluler. Para operator seluler berlomba-lomba untuk menurunkan harga sehingga berpengaruh terhadap kinerja finansial perusahaan. Besarnya biasa yang harus dikeluarkan untuk menyediakan layanan tersebut sudah tidak dapat ditutupi oleh pendapatan operator seluler yang kian tergerus. Konsolidasi antar operator seluler diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dari penurunan industri yang kini sedang terjadi. Pada penelitian ini konsolidasi dilakukan terhadap empat operator besar yaitu Tsel, ISAT, XL dan H3I dengan menggunakan data kinerja operasional dan data kinerja finansial perusahaan. Data finansial digunakan untuk mengukur kelayakan usaha dengan menggunakan rasio keuangan dengan mengedepankan keseimbangan pasar dan persaingan sehat. Model konsolidasi dilakukan berdasakan penelitian sebelumnya yang menggunakan parameter defisit spektrum frekuensi paling minimum dengan hasil skenario konsolidasi antara Tsel-ISAT dan XL-H3I. Namun berdasarkan data keuangan konsolidasi yang mempunyai tingkat likuiditas, solvabilitas dan aktivitas yang baik serta seimbang adalah skenario konsolidasi antara Tsel-H3I dan ISAT-XL. Sedangkan konsolidasi yang memiliki tingkat profitabilitas yang baik dan seimbang adalah konsolidasi antara Tsel-ISAT dan XL-H3I. Keseimbangan kondisi finansial pada perusahaan diharapkan persaingan sehat dan efisiensi industro dapat terwujud.

The decrease of growth of the telecommunications industry and the movement in using of mobile telecommunications services from voice and SMS services to data services influenced The rise of OTT services amid the increasing use of data services and also the competitiveness of mobile network operators arise unfair competition combined with the price war between of them. Mobile network operators are competing to get higher prices compared to financial companies. The usual amount that must be spent to provide this service is no longer needed by mobile network operators that are increasingly eroded. Consolidation between mobile network operators is expected to be one of the solutions to the industry that is happening. In this study carried out on large operators namely Tsel, ISAT, XL, and H3I by using operational performance data and company financial performance data. Financial data is used to measure business feasibility by using financial ratios by promoting market balance and fair competition. The assessment design was carried out based on previous research using the minimum spectrum deficit parameters with the results of the scoring skenario between Tsel - ISAT and XL - H3I. However, based on financial data that has balanced level of liquidity, solvency and acitivity is shown by consolidation between Tsel - H3I and ISAT - XL. While those that have a good and balanced level of profit are between Tsel-ISAT and XL-H3I. The balanced of the financial performance of each company, it is expected that healthy competition and industry efficiency can be achieved."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54114
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldiansah Prayogi
"Pandemik Covid 19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia telah dilalui juga dengan terjadinya peningkatan 71% transaksi mobile banking. Bank XYZ merupakan salah satu Bank milik BUMN dan sebagian sahamnya juga dimiliki oleh publik ikut berdampak dengan delapan kali lipat pengguna dan lima kali lipat transaksi mobile banking hingga 2022. Melihat peningkatan pengguna dan transaksi mobile banking ini juga menjadi perhatian penjahat siber untuk mengambil kesempatan. Hal ini ditunjukkan dengan ditangkapnya 13 pelaku pengambilalihan 493 akun nasabah mobile banking dengan kerugian 12 milyar Rupiah melalui social engineering, phishing, dan file .apk palsu untuk mengakses inbox SMS OTP atau Magic Link. Bank XYZ pun terkena serangan tersebut dengan didapatkannya 1008 akun impersonasi Bank XYZ di Whatsapp dan 500 kasus pengambilalihan akun serta pencurian uang nasabah mobile banking sejak 2022 dengan kerugian milyaran Rupiah. Akar masalah telah dianalisis dari sisi People, Process, dan Technology serta telah ditentukan sisi Technology untuk diberikan solusi untuk pencegahannya. Tinjauan literatur digunakan untuk mencari penelitian sebelumnya dan referensi pendukung penelitian ini dengan 3C+2S serta membentuk kerangka teoretis. Desain dan tahapan penelitian ini dibuat, mulai dari identifikasi masalah, tinjauan literatur, penggunaan kerangka kerja NIST CSF dan COBIT untuk menerapkan teknologi pencegahan pengambilalihan akun mobile banking, dan validasi rancangannya dengan manajemen PT Bank XYZ. Teknologi yang disarankan untuk menjadi solusi pencegahan pengambilalihan akun mobile banking adalah pengembangan atau pengganti SMS OTP atau Magic Link dengan memanfaatkan infrastruktur seluler. Verifikasi dilakukan pada jaringan inti seluler (MME, SGW, dan GGSN/PGW) dengan membandingkan kesesuaian nomor telepon yang terdaftar di aplikasi dengan nomor telepon yang sedang digunakan di smartphone atau tablet menggunakan Header Enrichment. Dengan demikian, penjahat siber yang memiliki kredensial korban, tidak bisa mengambilalih akun dan mencuri uang nasabah di mobile banking, karena penjahat siber tidak memiliki nomor telepon yang terpasang di smartphone atau tablet-nya. Pengetesan dilakukan dengan API yang disediakan salah satu operator seluler dengan mengintegrasikan ke aplikasi prototype yang dibuat. Hasil yang diperoleh dari beberapa skenario pengetesan, pengambilalihan akun tidak dapat terjadi, rancangan desain aksi penerapan teknologi autentikasi sudah tervalidasi, dan dapat dijadikan acuan.

The Corona virus 19 pandemic and the gathering activity restrictions in Indonesia have been passed with an increase of 71% in mobile banking transactions. Bank XYZ is a state-owned bank and which part of its shares are also owned by the public has had an impact too with eight times more users and five times more transactions of mobile banking until 2022. Seeing the increase in mobile banking users and transactions, it is also a concern for cybercriminals to take advantage. This was shown by the arrest of 13 threat actors who have taken over 493 mobile banking customer accounts with a loss of 12 billion Rupiah through social engineering, phishing, and fake .apk files to access OTP SMS inboxes or Magic Link. The attack also hit Bank XYZ by obtaining 1008 Bank XYZ impersonation accounts on Whatsapp and 500 cases of account takeover and theft of mobile banking customer money since 2022 with losses about billions of Rupiah. The root cause problem has been analyzed from the People, Process, and Technology side, then a Technology side has been determined to provide a solution for its prevention. The Literature review is used to find previous research and references to support this research with 3C + 2S also build a theoretical framework. The design and stages of this research were made, starting from identifying the problem, reviewing the literature, using the NIST CSF and COBIT frameworks for technology implementation to prevent takeover of mobile banking accounts, and validating the design with management of Bank XYZ. The recommended technology to be a solution to prevent takeover of mobile banking accounts is the development or replacement of SMS OTP or Magic Link by utilizing cellular infrastructure. Verification is carried out on the cellular core network (MME, SGW, and GGSN/PGW) to do comparison between the suitability of the phone number registered in the application with the phone number being used on a smartphone or tablet using Header Enrichment. Thus, cyber criminals who have the victim's credentials cannot take over accounts and steal customer money in mobile banking, because cyber criminals do not have a phone number installed on their smartphone or tablet. The test was carried out using an API provided by one of the mobile operators with a prototype application that has been built. The results obtained from several test scenarios, account takeover cannot occur, the action plan for implementing authentication technology has been validated and can be used as a guide or reference."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library