Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manurung, Rudi Hotman Suryadi
Abstrak :
ABSTRAK
Krisis ekonorni yang terjadi di Indonesia sejak pertengahan Juli 1997 memberikan dampak yang luar biasa pada pelaksanaan pembangunan di seluruh sektor perekonomian, termasuk sektor properti, sehingga mengakibatkan banyak proyek-proyek properti seperti perumahan, gedung perkantoran, kondominium, apartemen, pusat perbelanjaan, hotel dijadwal ulang kembali atau terpaksa berhenti. Dampak lain adalah melemahnya daya beli masyarakat dan menurunnya kinerja operasional perusahaan-perusahaan di sektor rill.

Penulisan karya akhir ini antara lain akan membahas dampak krisis ekonomi terhadap kinerja operasional perusahaan. Penelitian yang dilakukan adalah pada perusahaan yang bergerak dalam bisnis elevator dan eskalator yang segmen pasarnya adalah di sektor properti.

PT Mitsubishi Saya Elevator & Escalator sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pabrikan, penjualan, jasa pemasangan, dan jasa pemeliharaan elevator dan eskalator merek Mitsubishi juga merasakan dampak dari perubahan yang bergejolak dan sangat cepat ini. Perusahaan mengalami penurunan kinerja opeasional, antara lain: (1) turunnya penjualan path tahun 1998 sebesar minus 86.63% dibanding penjualan tahun 1997; (2) turunnya pangsa pasar dan 38% pada tahun 1997 menjadi sebesar 28% pada tahun 1998; (3) turunnya pendapatan perusahaan pada tahun 1999 sebesar minus 53.47% dibanding pendapatan tahun 1998. Kinerja perusahaan mengalanú kecenderungan membaik mulai tahun 1999, yaitu peningkatan penjualan sebesar 47.83% dibanding penjualan tahun 1998.

Kecenderungan lain yang berpengaruh terhadap kinerja operasional perusahaan, antara lain : perkembangan dalam skala regional dan globalisasi yang memaksa Indonesia untuk menerima kehadiran perusahaan asing dalarn memasuki era pasar bebas, kemajuan teknologi, social unrest, situasi politik, dll. Oleh karena itu, diperlukan strategi perusahaan agar mampu bertahan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi maupun dalam persaingan.

Tujuan penulisan karya akhir ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui strategi bersaing PT. Mitsubishi Jaya Elevator & Escalator dalam menghadapi peluang dan ancaman sebagai dampak dan krisis ekonomi, mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan menentukan posisi perusahaan terhadap pesaingnya, agar perusahaan dapat mempertahankan usahanya atau survive dalam upaya peningkatan kinerja perusahaan, serta memberikan kontribusi bagi tercapainya visi global Mitsubishi agar produknya menjadi No. 1 di dunia.

Metode penelitian yang dilakukan antara lain melalui metode analisa yang terdiri dari analisa persaingan dalam lingkungan eksternal yang mencakup lingkungan umum dan lingkungan industri, termasuk analisa pelanggan, analisa pesaing, analisa pasar; analisa lingkungan internal perusahaan yang mencakup analisa rantai nilai, analisa kinerja perusahaan, analisa tuntutan faktor kunci keberhasilan (key success factors) yang harus diciptakan, analisa SWOT, sebingga dapat memformulasikan strategi bersaing perusahaan untuk menghadapi persaingan yang terjadi saat ini maupun pada masa mendatang.

Dari analisa lingkungan ekstemal, faktor ekonomi dan politik/hukum mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi lingkungan strategis perusahaan. Dari analisa terhadap tiga pesaing, yaitu PT Saya Kencana, PT Citas Otis Engineering, dan PT Berca Indonesia, yang menjadi pesaing utama perusahaan adalah PT. Saya Kencana dengan pangsa pasar penjualan sebesar 45% dari tahun 1995 sampai tahun 1999. Salah satu keunggulannya adalah harga yang murah PT Mitsubishi Jaya Elevator & Escalator memperoleh pangsa pasar penjualan sebesar 30%, dan unggul dalam perolehan contract base dan pangsa nilai pasar sebesar 41%.

Beberapa peluang bagi perusahaan yaitu: kebijakan pemerintah melalui Skema CEPT memberikan peluang ekspor ke luar negeri, kecanggihan teknologi produk, peningkatan permintaan pelanggan terhadap produk dengan kualitas lebih baik, kebutuhan pelanggan akan produk sehubungan dengan prospek pembangunan-pembangunan di sektor properti. Terdapat beberapa ancaman di dalam Iingkungan eksternal, yaitu : turunnya daya beli masyarakat, lemahnya sektor properti dalam negeri menimbulkan ketidakpercayaan pihak luar negeri terhadap iklim dunia usaha, situasi politik yang kurang kondusif, adanya social unrest, tingginya tingkat kompetìsì dengan pesaing, dan meningkatnya iklim persaingan. Melaluì analisa Iingkungan internal, diperoleh gambaran bahwa salah satu kekuatan perusahaan adalah: pengalaman dan reputasi perusahaan dalam memasarkan produk dengan citra dan brand name Mitsubishi yang berkualitas, inovatif, serta didukung oleh jasa pemeliharaan dan tenaga mekanik yang siap 24 jam dan ketersediaan suku cadang berkualitas. Perusahaan memiliki faktor kunci keberhasilan yang merupakan keunggulan perusahaan dibanding pesaing, antara lain : teknologi produk yang tinggi dibanding pesaing, reputasi baik dari pengalaman perusahaan yang tinggi, kesetiaan pelanggan (customer loyality), ketersediaan subi cadang, dan sumber daya manusia yang handal dan berpengalaman.

Disamping itu, perusahaan memiliki kelemahan, antara lain : harga produk yang cukup tinggi dibanding pesaing, ketergantungan kepada prinsipal dalam menentukan harga, dan budaya perusahaan seperti moral/disiplin pegawai yang belum baik.

Dari hasil analisa lingkungan eksternal dan internal, strategi yang dapat diambil adalah strategi yang beronientasi pada pasar untuk kondisi pasar yang menurun dan strategi turnaround untuk memperoleh arus kas jangka pendek dan melakukan penghematan biaya operasional perusahaan. Salah satu strategi yang dilakukan untuk tetap dapat bertahan pada saat krisis agar mampu tetap bersaing dalam industri ini, antara lain: konsolidasi internal perusahaan, reposisi profit centre pada bisnis Jasa pemelíharaan dengan dukungan dan pihak pninsipal untuk mensupplai pasokan suku cadang (spare parts) dengan harga yang kompetitif.

Strategi fungsional yang dapat dilakukan antara lain : Strategi Bidang Pemasaran. yaitu : strategi bauran pemasaran, strategi pemasaran jangka pendek dengan fokus pada segmen pasar low-end market, dan meningkatkan pemasaran pada segmen pasar high-end market; Strategi Bidang Manufakturing, yaitu : merencanakan penambahan kapasitas produksi dan mengurangi biaya produksi; Strategi Bidang Pemeliharaan, yaitu: berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan meningkatkan respons atas keluhan pelanggan Strategi Bídang Sumber Daya Manusia, yaitu : melakukan pelatihan mendatangkan ahli dari Mitsubishi Jepang untuk ?transfer knowledge & technology?; Strategi Bidang Keuangan, yaitu : meningkatkan aktivitas penagihan dengan tepat waktu, melakukan penghematan biaya operasional seperti : biaya entertainment, biaya insentif kunjungan ke pabrik di Jepang dan Thailand, alternatif transportasi yang lebih murah untuk perjalanan dinas ke luar kota.

Berdasarkan analisa strategi bersaing perusahaan, secara garis besar dapat dikatakan bahwa PT Mitsubishi Jaya Elevator & Escalator sudah berhasil memenuhi parameter indikator keberhasilan melalui strategi jangka pendek dan jangka panjang, yaitu memberikan kontribusi tercapainya visi global prinsipal agar elevator dan eskalator Mitsubishi menjadi No. 1 di dunia.

Beberapa saran antara lain : perusahaan agar lebih memonitor aktivitas dan strategi pesaing; lebih proaktif dalam bisnis jasa pemeliharaan khususnya modernisasi; melakukan survey kepuasan pelanggan perhatian yang lebih khusus untuk pengembangan sumberdaya manusia, seperti : training, kejelasan peningkatan karir dan slams salary dan fringe benefits; dan penetapan standar dan kualitas mutu produk melalui perolehan sertifikat ISO-9000 dalam hal disain, produksi pemasangan sampai pemeliharaan.

Untuk pengembangan studi selanjutnya, saran yang dapat diberikan oleh penulis untuk melengkapi penulisan ini adalah memperoleh infomiasi lebih detail mengenai pesaing, antara lain: aktivitas pesaing, strategi pesaing serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
T4761
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Penggunaan bagan kendali yang semakin luas, kini dapat digunakan tidak hanya untuk melakukan kegiatan monitoring tetapi juga dapat digunakan pada pengukuran performance, peramalan, dalam kegiatan maintenance, dan lain-lain. Rancangan ekonomis dalam bagan kendali merupakan salah satu melode yang digunakan untuk menganalisa bagan kendali. Metode tersebut menentukan bagan kendali dengan nilai ekonomisnya yang didapat dari nilai cost yang dikeluarkan selama kcgiatan monitoring berlangsung. PT Krama Yudha Ratu Motor merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur, yang memproduksi kendaraan niaga Mistubishi, bertempat di kawasan industri pulo gadung, merupakan salah satu perusahaan yang konsorn terhadap masalah kualitas. Sebagai bentuk tindak nyata yang dilakukan perusahaan terhadap pengendalian kualitas, perusahaan tersebut telah memperoleh standarisasi ISO 9001 dan ISO 14000- Berbagai macam kompclitor dihadapi oleh perusahaan tersebut, membuat perusahaan harus memberikan keunggulan yang terbaik kepada konsumennya terhadap setiap produk yang dihasilkan. Penelitian ini merancang penggunaan bagan kendali untuk perusahaan PT Krama Yudha Ratu Motor dengan mempertimbangkan kondisi aktual yang terjadi nada perusahaan tersebut hingga didapatkan nilai total cost melakukan bagan kondali adalah sebcsar Rp. 4.939.841,15 per siklus, atau sama dengan Rp. 148.193,27 per periode. Kemudian dari pcrtimlaangan total cost tersebut dicari solusi optimal yang memberikan biaya lebih rendah lagi. Dari hasil perhitnngan didapatkan tiga jenis altematif solusi optimal tersebut. Ketiga pilihan alternatif tersebut kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan tiga analisis. Melalui analisis tersebut akan dapatl ditentukan mana solusi optimal yang paling memumgkinkan dan dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada penelitian ini juga dilambahkan rancangan bagan kendali ekonomis jika perusahaan menerapkan konsep six-Sigma.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50088
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rubin Hotman
Abstrak :
ABSTRAK
PT. Mitsubishi Krama Yudha Motor and Manufacturing adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, khususnya dalam memproduksi kendaraan bennotor dengan merk dagang Milsibishi. Salah satu hasil produknya adalah engine untuk kendaraan Mitsubishi Kud tipe diesel 2.500 cc.

Untuk mengetahui karakteristik dari engine yang dipakai sebelum produk yang dihasilkan dijual di pasaran, maka pihak perusahaan perlu mengadal-can pengujian dengan parameter yang sesuai dengan ketentuan pabrik.

Untuk itu, maka dilakukan pengujian kinerja mesin khususnya Mitsubishi kuda diesel 2.500 cc. Adapun caranya dengan menganalisa pengaruh perubahan penyetelan Injection Timing yaitu pada 8°, 9° dan 10° ATDC Serta pada berbagai putaran poros yaitu 1.000, 1.500, 2.500, 3.000, 3.500, 4.000, 4.200 dan 4.500 rpm terhadap daya yang dihasilkan pada poros (P,), konsumsi bahan bakar (Q), dan tekanan efektif rata-rata (P,m.m,,).

Dengan demikian diharapkan dapat memberikan informasi bagaimana mengoperasikan atau menjalankan mesin dengan baik, sehingga efektif terhadap daya yang diperoleh dan efisien terhadap pemakaian bahan bakar.
2000
S37654
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ridwan
Abstrak :
Pada bulan Juli 1999, PT.KTB sebagai distributor tunggal kendaraan Mitsubishi meluncurkan produk baru dengan nama 2DOO. Tiga bulan setelah peluncuran, keluhan pelanggan mengenai masalah kopling mulai muncul dan terus meningkat pada bulan-bulan berikutnya serta menjadi masalah utama pada kendaran tersebut, sehingga perlu segera dilakukan analisa masalah dan langkah­langkah perbaikan. Penyebab utama dari masalah kopling pada kendaraan 2DOO tersebut adalah perbadaan ketinggian diaphragm spring pada clutch cover yang tidak mcmenuhi spesifikasi standard. Hal itu disebabkan oleh penyimpangan ketinggian fulcrum dan platness pada presure plate serta adanya kelemahan pada alat dan metoda pemeriksaan sehingga produk yang tidak sesuai standard bisa lolos pemeriksaan dan terpasang pada kendaraan. Metoda yang digunakan untuk menganalisa masalah dan melakukan tindakan perbaikan adalah 8 langkah penyelesaian masalah, daur kendali PDCA dan QC 7 tools. Langkah perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengadakan perbaikan perbaikan alat dan metoda pemeriksaan ketinggian diaphragm spring. Untuk menjaga agar spesilikasi produk berada dalarn batas·batas kontrol kualitas, dilakukan pengendalian dengan menggunakan peta kontrol kualitas, yaitu x-R control chart dan dilakukan perhitungan Cpk untuk menentukan kapabilitas proses yang berkaitan dengan tingkat pengawasan kualitas yang harus dilakukan. Pengamatan setelah tindakan perbaikan yang menunjukan bahwa karakteristik Cluctch Cover berada dalam batas-batas control kualitas (x-R control chart), serta tidak ditemukannya lot produksi setelah tindakan perbaikan (OH18~) pada komponen bermasalah, yang berpengaruh terhadap penurunan jumlah keluhan sebesar 61,43% dengan periode pengamatan selama 3 bulan antara sebelum dan sesudah tindakan perbaikan, menjadi tolok ukur efektivitas langkah perbaikan.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Kusuma Wardani
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang perkembangan otomotif di Indonesia dan alih teknologi yang dilakukan oleh Mitsubishi. Sejak masa pemerintahan Soekarno sampai dengan Soeharto, Indonesia memiliki satu obsesi, yakni memproduksi mobil secara lokal. Indonesia pada saat itu tidak memiliki teknologi yang dapat menciptakan mobil, salah satu cara untuk medapatkan teknologi tersebut adalah dengan melakukan alih teknologi. Sampai pada tahun 1970, ketika Mitsubishi masuk ke Indonesia, dan mendirikan pabrik pertama mereka di sini. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama Mitsubishi ada di Indonesia, secara tidak langsung telah berperan penting dalam meningkatkan teknologi di Indonesia, walaupun belum seperti yang kita harapkan. ......This study discusses about the development of automotive and technology transfer done by Mitsubishi in Indonesia. Since Soekarno until Soeharto's reign, Indonesia had one obsession which is to produce cars locally. But at that time, Indonesia did not have the technology to build a car. Thus, the way to get the technology was by doing the technology transfer until 1970 when Mitsubishi first entered Indonesia and established their first factory here. The results of this study show that during that time, Mitsubishi had an important role to improve technology in Indonesia. Even though it wasn't like what we expected.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55428
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herman Burhanuddin
Abstrak :
Krisis ekonomi yang dimulai sejak Juli 1997, bermula dari jatuhnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, khususnya terhadap dollar Amerika. Nilai tukar dollar Amerika yang sebelumnya stabil dikisaran 2400 rupiah menjadi tidak stabil dengan nilai tukar yang mencapai belasan ribu rupiah. Krisis moneter ini diikuti oleh krisis ekonomi dan politik yang sampai sekarang masih terasa dampaknya. Dampak ini antara lain, masih rendahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, masih enggannya para investor menanamkan modalnya dalam jumlah yang signifikan. menurunnya daya beli masyarakat, menurunnya aktivitas usaha sektor riil, banyaknya kredit bermasalah, dll. Krisis ini secara Iangsung juga telah membuat kemampuan bersaing perusahaan lokal melemah. Globalisasi juga berarti hilangnya hambatan-hambatan bagi para pebisnis dan berbagai negara untuk memasuki suatu pasar dimanapun. Salah satu implikasi dan masuknya pemain internasional ini adalah semakin tingginya tingkat persaingan di suatu pasar yang dimasuki. Dengan pengalaman, modal, keahlian dan teknologi yang dimiliki mereka akan menjadi ancaman besar bagi para pemain lokal yang sebelumnya mendominasi pasar. Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia tampaknya semakin mempercepat proses globalisasi di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan banyaknya deregulasi yang dilakukan pemerintah untuk menarik para investor asing memasuki ataupun meningkatkan investasinya di Indonesia. Selain ¡tu Iernahnya kemampuan bersaing perusahaan lokal akibat persoalan keuangan yang dimiliki juga turut berpengaruh. Industri otomotif juga merasakan pengaruh dari kedua faktor krisis ekonomi dan globalisasi diatas. Namun pengaruh dari krisis ekonomi saat ini seakan kurang berarti dimana di tengah-tengah knisis ekonomi yang belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan sektor otomotif justru malah lebih cepat bangkit ketimbang sektor rill lainnya. Memang ini belum dapat dipastikan apakah indikator ini adalah betul-betul kondisi sebenarnya atau hanya bersifat sernentara saja. Dimana pasar otomotif Indonesia untuk tahun ini diperkirakan akan mencapal 280 ribu unit. Segmen pasar yang paling banyak pemain di dalamnya adalah segrnen untuk jenis kendaraan niaga penumpang (Multi Purpose Vehicle) dengan pangsa pasar sekitar 58 % dan total pasar otomotif Indonesia. Dalam karya akhir ini dipelajari aktivitas dan strategi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors dalam upayanya bersaing di tengah peluang dan ancaman yang terjadi pada industri otomotif khususnya pada segmen MPV ini, untuk merebut pasar sebagai upaya peningkatan kinerja operasionalnya. Diharapkan hasil penelitian ini akan bisa memberikan masukan bagi keberhasilan perusahaan dan juga memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca. Dari hasil analisa Iingkungan ekstenal, terdapat beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan antan lain : rasio penduduk dan budaya komunitas Bangsa Indonesia yang masih suka pergi ramai-ramai, kebijakan pemenintah tentang pengurangan subsidi BBM sehingga harga bensin hampir 2 kali harga solar, melakukan aliansi strategis dengan negara lain, belurn adanya pemain asing yang concern untuk segmen MPV diesel dan masih sedikitnya pernain untuk segmen tersebut. Ancaman-ancaman yang bisa dilihat antan lain : knisis ekonomi yang berkepanjangan, ketidakstabilan politik di Indonesia, masuknya pemain asing untuk segmen MPV diesel, perubahan budaya bangsa serta perkembangan teknologi otomotif. Analisa internal yang dilakukan menurijukkan beberapa kekuatan yang dimiliki perusahaan yaitu : merek yang sangat dikenal, memiliki reputasi yang baik dan nama besar, berpengalaman selama 30 tahun dalam bisnis otomotif, memiliki kompetensi inti dalam hal teknologi mesin yang dapat diandalkan, mendapat dukungan penuh dari prinsipal dalarn hal manajemen dan sumber daya, kualitas pelayanan dan jaringan pelayanan yang cukup luas, memiliki kemampuan dalam berinovasi untuk meningkatkan kadar local contain, dil. Selain itu beberapa dari kelemahan-kelemahan yang dimiliki perusahaan yaitu : dominasi pihak prinsipal yang sangat kuat, penanganan after sales service masih bersifat umum. Dari hasil pencapaian faktor kunci sukses perusahaan, terlihat bahwa perusahaan hanya dapat memenuhi sebagian faktor saja yaitu faktor teknologi mesin sementara teknologi transmisi yang menunjang produk masih belum mendapat perhatian khusus. Untuk faktor yang lain seperti faktor skala ekonomis dan pembinaan integrasi vertikal dalam rangkaian value of chain juga masih belum dapat terpenuhi dengan baik. Perusahaan harus dapat mencapai dan meningkatkan faktor kunci sukses yang dimiliki agar bisa mernenangkan persaingan. Dari hasil kajian terhadap pemilihan strategi bersaing perusahaan, strategi fokus yang diterapkan perusahaan sudah tepat, hanya saja masih belum berhasil dengan baik karena penetapan strategi pemasaran dan pengembangan bauran pemasarannya masih kurang spesifik sehingga pemenuhan kebutuhan terhadap pasar sasaran masih kurang memadai. Untuk ¡tu penetapan strategi STP dan bauran pemasaran harus lebih spesifik agar strategi fokus yang diterapkan memberikan hasil yang maksimal.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T1138
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kitos Gemini Akbar
Abstrak :
Volume pasar kendaraan roda empat atau lebih di Indonesia masih sangat menjanjikan bagi industri otomotif di Indonesia. Ini tentunya mengundang para investor untuk turut meramaikan persaingan di industri otomotif Indonesia. Hal tersebut membuat ATPM sebagai pemegang hak distribusi kendaraan di Indonesia rnemiliki peran strategis dalam industri otomotif untuk menentukan keberhasilan dari produk yang dipasarkan. Salah satu ATPM yang lahir bersamaan pada masa awal industri otomotif Indonesia adalah PT. Drama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang merupakan ATPM kendaraan Mitsubishi. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, KTB telah memasarkan kendaraan Mitsubishi dari berbagai kategori, mulai dari kendaraan niaga, kendaraan penumpang sedan, serta kendaraan penggerak roda 4x4. Hingga tahun 2005 KTB memiliki 46 varian produk. Dalam memasarkan varian produk yang banyak tersebut dan juga segmen konsumen tersebar di berbagai wilayah Indonesia, maka KTB bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang berperan sebagai dealer. Hingga tahun 2005 jaringan dealer Mitsubishi di Indonesia mencapai total 144 dealer. Kondisi - kondisi seperti ini membentuk karakter KTB selaku distributor kendaraan Mitsubishi untuk menggunakan konsep produksi dalam melakukan pemasaran dan penjualan, sehingga memiki kecenderungan untuk fokus dalam upaya mencapai biaya produksi yang effisien dan mass-distribution. Ini di.sebabkan konsumen di Indonesia saat itu, bahkan hingga sekarang di beberapa wilayah, memiliki orientasi terhadap kemudahan mendapatkan produk maupun harga yang murah. Namun terjadi perubahan status KTB dari PMDN menjadi PMA (Penanaman Modal Asing) pada tahun 2004. Dimana perubahan tersebut memungkinkan pihak prinsipal lebih leluasa menetapkan strategi hingga tingkat wilayah regional Asia Tenggara. Bahkan dalam upaya meningkatkan skala ekonomis dalam produksi dan suplai produk, KTB memutuskan untuk menutup pabrik perakilan kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1980. Kondisi ini membuat KTB yang sebelumnya memiliki peranan sebagai perusahaan distributor dan manufaktur, kini terhatas peranannya sebagai distributor kendaraan Mitsubishi, terutama pada jenis kendaraan penumpang. Oleh sebab itu dengan menggunakan konsep pemasaran fully-distributor membuat tanggung jawab KTB semakin besar dalam penciptaan demand maupun mengembangkan kemampuan dealer dalam melakukan pemasaran yang berkualitas. Konsep ini dapat diimplementasikan KTB dengan melakukan peran aktif dalam pengelolaan jaringan dealer yang ada saat ini. Ini mendorong KTB selaku pihak ATPM memiliki kesempatan yang lebih besar dalam untuk lebih fokus dalam upayanya memasarkan dan mendistribusikan produk melalui jaringan dealer yang ada. Perubahan peran ini tentunya memerlukan perubahan cara pandang KTB sendiri lerhadap pemasaran produknya. Ini disebabkan karena karakter KTB yang terbentuk selama ini membuat KTB cenderung fokus kepada upaya dalam memastikan kualitas dan kuantitas suplai produknya. Sedangkan upaya dalam menciptakan demand di konsumen maupun pengelolaan hubungan dengan konsumen lebih banyak mengandalkan kemarnpuan jaringan dealer yang ada. Perubahan konsep pemasaran tersebut membuat peran dealer tidak dibatasi hanya pada aspek penjualan saja peranan dealer juga dibutuhkan dalam aspekpemasaran. Ini disebabkan adanya kebutuhan terhadap saluran pemasaran yang tidak hanya mampu menyalurkan produk ke konsumen di Indonesia yang tersebar secara geografis, namun juga mampu melakukan proses penjualan yang berkualitas. Proses penjualan yang berkualitas ini tentunya juga bagian dari upaya meningkatkan brand image Mitsubishi di mata konsumen, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk kendaraan Mitsubishi. Pola hubungan bisnis yang ada serta tidak dimilikinya saluran pemasaran alternatif membuat jaringan dealer memiliki posisi tawar yang tinggi dalam upaya KTB melakukan pengelolaan terhadap jaringan dealernya. Oleh sebab itu KTB sebaiknya mencari strategi dalam upayanya memotivasi sekaligus memastikan bahwa jaringan dealernya menjalankan fungsi dan perannya. Saat KTB menggunakan konsep pemasaran fully-distributor yang menimbulkan adanya perubahan peran dan fungsi KTB maupun jaringan dealer, maka KTB perlu menggunakan strategi yang dapat memberikan dorongan kepada dealer agar dapat tnelaksanakan peran dan fungsinya yang baru tersebut. Ada beragam pilihan strategi yang dapat ditempuh KTB dalam mendorong dealer, namun melihat pola hubungan hisni yang ada saat ini dan tidak adanya suatu dasar yang dapat digunakan bersama dealer dalam melakukan pengembangan kinerja secara bersama-sama, maka KTB dapat mengembangkan strategi motivasi berupa sistem reward dalam melakukan pengelolaan jaringan dealer.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18461
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanafi Anis
Abstrak :
Dibeberapa tahun terakhir, perhatian akan emisi CO2 atau emisi gas rumah kaca sudah semakin meningkat. Kebutuhan untuk menguranginya pun semakin meningkat diberbagai negara. Salah satunya dengan cara mengurangi buangan gas yang berasal dari kendaraan. Karena kemajuan teknologi yang semakin canggih, maka banyak produsen kendaraan di dunia sudah beralih ke kendaraan listrik. Di dunia sudah banyak dikembangkan berbagai macam model kendaraan listrik, salah satunya adalah kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle atau PHEV. Di Indonesia sendiri, kendaraan ini sangat cocok dengan kondisi energi yang dimiliki, karena bahan bakar minyak yang masih sangat melimpah dan banyaknya cara untuk membangun pembangkit listrik. Potensi kendaraan PHEV untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sangat tergantung pada penggunaan kendaraan dan sumber energinya yaitu bensin dan listrik. Namun, manfaat atau dampak khusus dari PHEV pada akhirnya bergantung pada pola pembelian dan penggunaan kendaraan. Beberapa parameternya seperti nilai faktor utilisasi atau Utility Factor (UF) dan juga nilai nilai pengeluaran kepemilikan saat memiliki kendaraan atau Total Cost Ownership (TCO). Hasil komprehensif dengan menghitung nilai UF dapat membantu pengguna untuk memahami konsumsi energi aktual dengan lebih jelas dan TCO untuk mengetahui beban pengeluaran yang ditanggung pengguna PHEV. Penelitian ini akan menunjukan nilai UF dan TCO dari salah satu kendearaan PHEV yang ada di Indonesia, yaitu Mitsubishi Outlander PHEV. ......In recent years, attention to CO2 emissions or greenhouse gas emissions has increased. The need to reduce it is also increasing in various countries. One of them is by reducing gas emissions from vehicles. Due to increasingly sophisticated technological advances, many vehicle manufacturers in the world have switched to electric vehicles. In the world, various types of electric vehicle models have been developed, one of which is the Plug-in Hybrid Electric Vehicle or PHEV. In Indonesia itself, this vehicle is very suitable for the energy conditions you have, because fuel oil is still very abundant and there are many ways to build power plants. The potential of PHEV vehicles to reduce greenhouse gas emissions is highly dependent on the use of the vehicle and its energy sources, namely gasoline and electricity. However, the specific benefits or impacts of PHEVs ultimately depend on the vehicle buying and usage patterns. Some of the parameters are the value of the utility factor (UF) and also the value of expenditure efficiency when owning a vehicle or Total Cost Ownership (TCO). Comprehensive results by calculating the UF value can help users to understand the actual energy consumption more clearly and TCO to find out the expenses incurred by PHEV users. This study will show the UF and TCO values ​​of one of the PHEV vehicles in Indonesia, namely the Mitsubishi Outlander PHEV.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yahya
Abstrak :
PT. KRAMA YUDHA RATU MOTOR merupakan salah satu grup PT. MMC (Mitsubishi Motors Corporation) yang bergerak dibidang industri mobil niaga seperti : SL-300, FE447, Fuso (FM) dan Fuso Norton (FN). PT. Krama Yudha Ratu Motor merupakan perusahaan yang memproduksi berdasarkan jumlah produk yang dipesan dari PT. Krama Yudha Tiga Berlian. Masalah utama yang sering ditemukan dalam proses produksi pada PT. Krama Yudha Ratu Motor adalah terhambatnya proses transfer produk dari jalur yang satu ke jalur yang lain dan penyelesaian yang kurang tepat pada jalur-jalur tertentu sehingga mengakibatkan terhentinya proses produksi sehingga efisiensi kerja tidak dapat dicapai. Dengan melakukan perencanaan proses, dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi proses produksi terutama di bagian pengecatan dan trimming, diharapkan kelancaran proses produksi dan etisiensi kerja yang tinggi dengan target 85 % dapat dicapai. Dari hasil yang didapatkan, ternyata hambatan proses produksi banyak disebabkan oleh faktor tenaga kerja dan penyesuian kecepatan conveyor antara jalur-jalur produksi yang kurang tepat, adanya proses simulasi pada jalur trimming yang menggunakan empat jalur produksi. Dengan demikian perlu dilakukan cara lain yang mampu mengurangi hambatan apabila menggunakan 4 jalur dibagian trimming. Cara lain yang dimaksud adalah dengan menjadikan bagian trimming menjadi 5 jalur den gan perencanaan dan perhitungan yang tepat.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36607
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noval Aditya Indra Negara
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai dominasi Mitsubishi pada tahun 1973-1985 di Indonesia. Pembahasan ini akan dijelaskan melalui dinamika perusahaan dan studi kasus atas keunggulan Mitsubishi di Indonesia pada tahun-tahun ini. Skripsi ini memulai pembahasan kepada bagaimana Jepang yang tengah mengalami kebangkitan industri otomotif melakukan investasi besar ke Indonesia, dan dalam waktu singkat menjadi pemain utama dalam industri otomotif nasional. Penulis menggunakan studi kasus perusahaan Mitsubishi, yang menjadi produsen terbesar kendaraan roda empat di Indonesia pada periode ini. Mitsubishi sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang pada tahun 1970-an melakukan ekspansi ke pasar otomotif internasional termasuk Indonesia. Mitsubishi bersama dengan PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menerapkan berbagai kebijakan seperti mendirikan setidaknya lima anak perusahaan yang membantu Mitsubishi mendominasi penjualan kendaraan roda empat dengan lebih optimal. Selanjutnya, skripsi ini juga memberikan penjelasan mengenai keunggulankeunggulan yang dimiliki oleh Mitsubishi di Indonesia. Mulai dari produk kendaraan sebagai bentuk keunggulan teknologi, strategi pemasaran, strategi produksi, dan strategi distribusi yang memberikan dorongan signifikan dalam persaingannya dengan berbagai merk dagang asal Jepang sehingga dapat menjadi pemain utama dalam industri otomotif nasional tahun 1973-1985.
ABSTRACT
This study aims to provide an explanation of Mitsubishis dominance in 1973- 1985 in Indonesia. This discussion will be explained through the companys dynamics and case studies of Mitsubishis excellence in Indonesia in recent years. This thesis begins a discussion on how Japan, which is experiencing a revival of the automotive industry, made a major investment in Indonesia, and in a short time became a major player in the national automotive industry. The author uses a case study of the Mitsubishi company, which became the largest producer of four-wheeled vehicles in Indonesia in this period. Mitsubishi itself is a Japanese company which in the 1970s expanded into the international automotive market including Indonesia. Mitsubishi together with PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors implemented various policies such as establishing at least five subsidiaries that helped Mitsubishi dominate the sale of four-wheeled vehicles more optimally. Furthermore, this paper also provides an explanation of the advantages possessed by Mitsubishi in Indonesia. Starting from vehicle products as a form of technological excellence, marketing strategies, production strategies, and distribution strategies that provide a significant boost in competition with various Japanese trademarks so that they can become major players in the national automotive industry from 1973-1985.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>