Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sara Adiza Nursyahbani
Abstrak :
Siswa SMK di Indonesia cenderung memiliki minat berwirausaha rendah yang berakibat Tingkat Pengangguran Tertinggi (TPT) didominasi oleh lulusan SMK. Walaupun Indonesia telah mencapai standar nasional di jumlah rasio wirausaha, namun hanya tiga persen pemuda Indonesia yang menggeluti wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat dukungan sosial keluarga, tingkat pendidikan kewirausahaan, dan tingkat literasi digital dengan tingkat minat berwirausaha online. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukan bahwa minat berwirausaha lebih banyak dijelaskan melalui peran lingkungan keluarga, efikasi diri, dan pendidikan kewirausahaan. Untuk memperkaya studi sebelumnya, peneliti memfokuskan permasalahan terkait minat berwirausaha online pada siswa SMK yang dipengaruhi faktor dukungan sosial keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei pada siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 41 Jakarta. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 102 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat dukungan sosial keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan literasi digital memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat minat berwirausaha online siswa. Dukungan sosial keluarga merefleksikan tingkat dukungan keluarga pada siswa saat berminat berwirausaha. Sebelum menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa dibutuhkan keinginan, kompetensi, dan kesadaran berwirausaha, sehingga pendidikan kewirausahaan berperan penting. Selain itu, memiliki kompetensi digital juga berperan dalam menunjang kegiatan wirausaha online. ......Vocational high school students in Indonesia have a low interest in entrepreneurship which results in the Highest Unemployment Rate (TPT) being dominated by SMK graduates. Although Indonesia has achieved the national standard in the entrepreneurial ratio, only three percent of youth in Indonesia are entrepreneurs. This study aims to analyze the relationship between the level of family social support, the level of entrepreneurship education, and the level of digital literacy with the level of interest in online entrepreneurship. Previous studies have shown that interest in entrepreneurship is mostly explained through the role of the family environment, self-efficacy, and entrepreneurship education. To enrich the previous study, this research focuses on the issue of interest in online entrepreneurship in vocational students which is influenced by factors of family social support, entrepreneurship education, and digital literacy. This study uses quantitative methods with survey data collection techniques on students majoring in Online Business and Marketing at 41 State Vocational High School Jakarta. The sampling technique in this study used proportionate stratified random sampling with a total of 102 students as respondents. The results of this study indicate that the level of family social support, entrepreneurship education, and digital literacy have a significant relationship with the level of student interest in online entrepreneurship. Family social support reflects the level of family support for students when they are interested in entrepreneurship. Before growing interest in entrepreneurship in students, it takes desire, competence, and awareness of entrepreneurship, so entrepreneurship education plays an important role. Furthermore, having digital competence also plays a role in supporting online entrepreneurial activities.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Razanah Mahdi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tinggi rendahnya minat berwirausaha, motivasi dan sifat kepribadian yang berhubungan dengan kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa tahun akhir Universitas Indonesia. Minat berwirausaha diukur berdasarkan dua dimensi yaitu Immediate Term Intention dan Future Intention. Motivasi berwirausaha berdasarkan tiga dimensi yaitu Ambition for Freedom, Self-realization dan Pushing Factors. Sedangkan sifat kepribadian diukur berdasarkan empat dimensi yaitu Personality Traits, Business Relation, Behavior in Organization dan Other Characteristics. Responden penelitian ini berjumlah 150 orang mahasiswa tahun akhir yang berasal dari 5 fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Administrasi, Farmasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik. Penelitian ini menggunakkan nilai mean untuk menganalisis jawaban responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa tahun akhir dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Administrasi, Farmasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik memiliki minat berwirausaha yang tinggi, motivasi berwirausaha yang tinggi dan sifat kepribadian berhubungan dengan kewirausahaan yang tinggi.
ABSTRACT
The aim of this study is to analyze final year students intention, motivation and entrepreneurial personality traits. Entrepreneurship Intention measured by two dimentions,Immediate Term Intention and Future Intention, Entrepreneurial Motivation consists three dimentions Ambition for Freedom, Self realization, and Pushing Factors. And Personality Traits consist of four dimentions, Personality Traits, Business Relation, Behavior in Organization and Other Characteristics. The samples are 150 final year students from 5 different faculties which are Faculties of Economy and Business, Administrative Science, Pharmacy, Computer Science and Engineering. The result shows that the final year students of University of Indonesia have a high level of Entrepreneurship intention, high level of motivation and high level of Entrepreneurial Personality Traits.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisafira Lintang Lestari
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial learningdan social supportterhadap entrepreneurial intentionpada mahasiswa yang telah mempelajari mata kuliah entrepreneurship di Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari tiga perguruan tinggi tersebut dengan total sampel sebanyak 165 responden. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda hierarkis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari entrepreneurial learning dan social support terhadap entrepreneurial intention dan dimediasi oleh theory of planned behavior yang terdiri dari attitude towards entrepreneurship,subjective norms, dan perceived behavioral control.


This study aims to determine the effect of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention in students who have studied entrepreneurship courses at Bogor Agricultural University, Bandung Institute of Technology, and University of Indonesia. The data collection technique used was a survey by distributing questionnaires with a total sample of 165 respondents. Hypothesis testing is done by using hierarchical multiple regression analysis. The results of this study indicate that there is a significant influence of entrepreneurial learning and social support on entrepreneurial intention and is mediated by the theory of planned behavior consisting of attitude towards entrepreneurship, subjective norms, and perceived behavioral control.


 

Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library