Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reine Denientya
"Penelitian ini bertujuan untuk merancang situs pembelajaran keselamatan berkendara berbasis microlearning dan gamifikasi guna meningkatkan pengetahuan berkendara yang aman. Mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, diperlukan pendekatan edukasi yang lebih efektif. Microlearning memungkinkan penyampaian materi dalam segmen kecil yang mudah dipahami, sedangkan gamifikasi meningkatkan motivasi dan keterlibatan pengguna melalui elemen seperti poin dan lencana. Desain UI/UX yang baik juga berperan penting dalam meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Penelitian ini menggunakan metode tujuh tahap perancangan dan evaluasi situs dengan melibatkan 12 mahasiswa untuk pengujian UI/UX dan 32 mahasiswa untuk pengujian gamifikasi. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan microlearning dan gamifikasi efektif meningkatkan pengetahuan keselamatan berkendara dengan signifikan.

This study aims to design a driver safety learning website based on microlearning and gamification to enhance safe driving knowledge. Given the high traffic accident rates in Indonesia, a more effective educational approach is needed. Microlearning allows for the delivery of content in small, digestible segments, while gamification increases user motivation and engagement through elements like points and badges. Good UI/UX design also plays a crucial role in enhancing the user learning experience. The study uses a seven-stage design and evaluation method, involving 12 students for testing. Results show that the microlearning and gamification approach significantly improves driving safety knowledge."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aurelia Amanda Robert
"Kemudahan akses internet di Indonesia memperluas kesempatan masyarakat untuk mengakses informasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, dominasi konten singkat berdampak pada menurunnya kemampuan fokus pelajar. Microlearning hadir sebagai solusi pembelajaran digital yang sesuai dengan pola belajar instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi desain instruksional dan desain antarmuka untuk menyajikan microlearning yang efektif pada platform pembelajaran digital. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian mixed methods. Data kuantitatif dikumpulkan dari 103 responden kuesioner untuk mengetahui pengalaman pengguna saat menggunakan platform pembelajaran digital. Data kualitatif yang digunakan oleh penelitian ini berasal dari hasil observasi tiga platform pembelajaran digital, yaitu Udemy, Khan Academy, dan edX. Data kualitatif lainnya adalah data hasil wawancara dengan pakar desain instruksional dan data open-ended question. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi prinsip desain instruksional dan desain antarmuka yang efektif untuk menyajikan microlearning pada platform pembelajaran digital. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe untuk membantu melakukan visualisasi hasil rekomendasi prinsip desain yang telah dibuat. Wawancara kontekstual yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan prototipe yang menerapkan rekomendasi prinsip desain dapat meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembang platform pembelajaran digital agar bisa mengembangkan platform yang lebih efektif untuk menyajikan konten microlearning.

The widespread accessibility of the internet in Indonesia has broadened opportunities for individuals to access information across various domains, including education. However, the prevalence of short-form content has led to a decline in the ability to maintain prolonged focus. Microlearning serves as a digital learning approach that aligns with rapid and instant learning tendencies. This study aims to analyze and provide recommendations for instructional design and interface design to effectively present microlearning on digital learning platforms. The research utilized a mixed-methods approach, combining quantitative and qualitative data. Quantitative data were collected from a questionnaire completed by 103 respondents to understand their experiences with digital learning platforms. The first set of qualitative data came from observations of three digital learning platforms: Udemy, Khan Academy, and edX. Additional qualitative data came from interviews with instructional design experts and open-ended questions. The quantitative and qualitative data were then processed using appropriate methods, namely descriptive statistics for the quantitative data and thematic analysis for the qualitative data. The study's results include recommendations for effective instructional and interface design principles to present microlearning on digital platforms. Furthermore, the study produced a prototype to help visualize the recommended design principles. Contextual interviews suggested that the prototype design, which implements these recommendations, can enhance users' learning experiences. This research is expected to contribute to the development of digital learning platforms, enabling them to more effectively present microlearning content."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Hari Pratama
"Kemudahan akses internet di Indonesia memperluas kesempatan masyarakat untuk mengakses informasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, dominasi konten singkat berdampak pada menurunnya kemampuan fokus pelajar. Microlearning hadir sebagai solusi pembelajaran digital yang sesuai dengan pola belajar instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi desain instruksional dan desain antarmuka untuk menyajikan microlearning yang efektif pada platform pembelajaran digital. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian mixed methods. Data kuantitatif dikumpulkan dari 103 responden kuesioner untuk mengetahui pengalaman pengguna saat menggunakan platform pembelajaran digital. Data kualitatif yang digunakan oleh penelitian ini berasal dari hasil observasi tiga platform pembelajaran digital, yaitu Udemy, Khan Academy, dan edX. Data kualitatif lainnya adalah data hasil wawancara dengan pakar desain instruksional dan data open-ended question. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi prinsip desain instruksional dan desain antarmuka yang efektif untuk menyajikan microlearning pada platform pembelajaran digital. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe untuk membantu melakukan visualisasi hasil rekomendasi prinsip desain yang telah dibuat. Wawancara kontekstual yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan prototipe yang menerapkan rekomendasi prinsip desain dapat meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembang platform pembelajaran digital agar bisa mengembangkan platform yang lebih efektif untuk menyajikan konten microlearning.

The widespread accessibility of the internet in Indonesia has broadened opportunities for individuals to access information across various domains, including education. However, the prevalence of short-form content has led to a decline in the ability to maintain prolonged focus. Microlearning serves as a digital learning approach that aligns with rapid and instant learning tendencies. This study aims to analyze and provide recommendations for instructional design and interface design to effectively present microlearning on digital learning platforms. The research utilized a mixed-methods approach, combining quantitative and qualitative data. Quantitative data were collected from a questionnaire completed by 103 respondents to understand their experiences with digital learning platforms. The first set of qualitative data came from observations of three digital learning platforms: Udemy, Khan Academy, and edX. Additional qualitative data came from interviews with instructional design experts and open-ended questions. The quantitative and qualitative data were then processed using appropriate methods, namely descriptive statistics for the quantitative data and thematic analysis for the qualitative data. The study's results include recommendations for effective instructional and interface design principles to present microlearning on digital platforms. Furthermore, the study produced a prototype to help visualize the recommended design principles. Contextual interviews suggested that the prototype design, which implements these recommendations, can enhance users' learning experiences. This research is expected to contribute to the development of digital learning platforms, enabling them to more effectively present microlearning content."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dzulfikar Rachman
"

Kemudahan akses internet di Indonesia memperluas kesempatan masyarakat untuk mengakses informasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, dominasi konten singkat berdampak pada menurunnya kemampuan fokus pelajar. Microlearning hadir sebagai solusi pembelajaran digital yang sesuai dengan pola belajar instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi desain instruksional dan desain antarmuka untuk menyajikan microlearning yang efektif pada platform pembelajaran digital. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian mixed methods. Data kuantitatif dikumpulkan dari 103 responden kuesioner untuk mengetahui pengalaman pengguna saat menggunakan platform pembelajaran digital. Data kualitatif yang digunakan oleh penelitian ini berasal dari hasil observasi tiga platform pembelajaran digital, yaitu Udemy, Khan Academy, dan edX. Data kualitatif lainnya adalah data hasil wawancara dengan pakar desain instruksional dan data open-ended question. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi prinsip desain instruksional dan desain antarmuka yang efektif untuk menyajikan microlearning pada platform pembelajaran digital. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe untuk membantu melakukan visualisasi hasil rekomendasi prinsip desain yang telah dibuat. Wawancara kontekstual yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan prototipe yang menerapkan rekomendasi prinsip desain dapat meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembang platform pembelajaran digital agar bisa mengembangkan platform yang lebih efektif untuk menyajikan konten microlearning.


The widespread accessibility of the internet in Indonesia has broadened opportunities for individuals to access information across various domains, including education. However, the prevalence of short-form content has led to a decline in the ability to maintain prolonged focus. Microlearning serves as a digital learning approach that aligns with rapid and instant learning tendencies. This study aims to analyze and provide recommendations for instructional design and interface design to effectively present microlearning on digital learning platforms. The research utilized a mixed-methods approach, combining quantitative and qualitative data. Quantitative data were collected from a questionnaire completed by 103 respondents to understand their experiences with digital learning platforms. The first set of qualitative data came from observations of three digital learning platforms: Udemy, Khan Academy, and edX. Additional qualitative data came from interviews with instructional design experts and open-ended questions. The quantitative and qualitative data were then processed using appropriate methods, namely descriptive statistics for the quantitative data and thematic analysis for the qualitative data. The study's results include recommendations for effective instructional and interface design principles to present microlearning on digital platforms. Furthermore, the study produced a prototype to help visualize the recommended design principles. Contextual interviews suggested that the prototype design, which implements these recommendations, can enhance users' learning experiences. This research is expected to contribute to the development of digital learning platforms, enabling them to more effectively present microlearning content.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library