Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kinan Nur Mahdiyyah
"Pada abad 21 metode pembayaran yang berlaku di Indonesia adalah uang tunai, ATM/kartu debit, kartu kredit, mobile banking, internet banking, dompet digital, NFC, QR, dan closed loop. Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi preferensi metode pembayaran konsumen Generasi Z dan pengaruh faktor performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), self-esteem, serta pain of payment (POP) terhadap preferensi metode pembayaran pada konsumen Generasi Z. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi skala, pertanyaan tertutup, dan pertanyaan terbuka. Temuan menunjukkan sembilan metode pembayaran yang berlaku di Indonesia umum dimiliki dan digunakan oleh konsumen Generasi Z. Analisis multiple regression menunjukkan PE uang tunai secara signifikan memengaruhi penggunaan uang tunai (t(92) = 0.002, p = 0,002). Analisis factorial ANOVA repeated menunjukkan terdapat main effect yang signifikan pada POP, PE, EE, dan self-esteem (F(3, 273) = 359,97, p = 0,00), jenis metode pembayaran (F(5, 455) = 51,43, p = 0,00), dan interaksi POP, PE, EE, dan self-esteem dengan jenis metode pembayaran (F(15, 1365) = 20,37, p = 0,00). Analisis pengalaman tidak menyenangkan ketika menggunakan metode pembayaran menunjukkan setiap metode pembayaran berpotensi menimbulkan pengalaman tidak menyenangkan.

The payment methods that apply in Indonesia in the 21st century are cash, ATM/debit cards, credit cards, mobile banking, internet banking, digital wallets, NFC, QR, and closed loop. This research aims to explore the payment method preferences of Generation Z Consumers and the influence of performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), self-esteem, and pain of payment (POP) impact on payment method preferences of Generation Z consumers. The research was conducted using a questionnaire containing scales, closed questions, and open questions. Findings show that the nine payment methods that apply in Indonesia are commonly owned and used by Generation Z consumers. Multiple regression analysis show that the PE of cash significantly influences the use of cash (t(92) = 0.002, p = 0,002). Repeated factorial ANOVA analysis show that there is a significant main effect on POP, PE, EE, and self-esteem (F(3, 273) = 359,97, p = 0,00), the type of payment method (F(5, 455) = 51,43, p = 0,00), and the interaction of POP, PE, EE, and self-esteem with the type of payment method (F(15, 1365) = 20,37, p = 0,00). Analysis of unpleasant experiences when using payment methods show that each payment methods has the potential to cause unpleasant experiences. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riki Winatha
"Penelitian ini menganalisa peran metode pembayaran dalam mengurangi risiko nilai tukar, karena ekspor barang dapat tetap ditingkatkan di tengah risiko nilai tukar. Kami menambahkan variabel kontrol berupa REER dan GDP bulanan dan digunakan efek interaksi antara volatilitas dan pemilihan cara pembayaran, yang terdiri dari advanced payment, letter of credit dan pembayaran lainnya. Hasil menunjukkan bahwa dampak volatilitas dapat diturunkan bagi risk-lover eksportir, di mana letters of credit dan pembayaran lainnya berdampak positif dan signifikan di semua level, sementara metode advanced payment berpengaruh positif di tingkat kepercayaan 10%.

This paper analyzes the role of payment method in mitigating the risk of exchange rate volatility. By using the choice of method payment, export goods can still improve to sell abroad amongs currency risk. We add REER and monthly GDP as control variables and used interaction effect between volatility and share of payment method, which consist of advanced payment, Letter of Credit and other payment methods. The results depict that the impact of volatility can be reduced for risk-lovers`s exporters, where letters of credit and other payment positively significant at all level while advanced payment positively significant at 10% level."
2019
T53538
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deshinta Vidyastuti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siklus hidup perusahaan terhadap aktivitas akuisisi, termasuk pengaruh siklus hidup perusahaan acquirer terhadap kondisi wealth dari akuisisi, persentase saham yang diakuisisi, dan metode pembayaran dalam akuisisi. Data penelitian ini berjumlah 32 sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melakukan akuisisi pada periode 2000-2011. Analisis data menggunakan metode regresi logit dan metode regresi linier berganda. Pada penelitian ini terdapat empat model penelitian. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa siklus hidup perusahaan tidak signifikan mempengaruhi probabilita perusahaan melakukan akuisisi. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa siklus hidup perusahaan yang melakukan akuisisi (acquirer) berpengaruh negatif dan signifikan pada kondisi wealth pemegang saham perusahaan. Hasil penelitian yang ketiga menunjukkan bahwa siklus hidup perusahaan acquirer berpengaruh tidak signifikan pada persentase saham yang diakuisisi. Hasil penelitian yang keempat menunjukkan bahwa siklus hidup perusahaan acquirer berpengaruh positif dan signifikan pada metode pembayaran dalam akuisisi.

This study aims to analyze corporate life cycle influence to acquisition activities, including acquirer corporate?s life cycle influence to shareholders wealth, percentage of shares acquired, and payment method in acquisition. Sample data represents 32 sample which are companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) which perform acquisition in period 2000-2011. Data analysis is conducted using logit regression method and double linear regression method. This study consist of four models. The first model result showed that corporate life cycle has no significant relationship with acquisition. The second model result showed that acquirer corporate?s life cycle has negative and significant relationship with shareholders wealth. The third model result showed that acquirer corporate?s life cycle has no significant relationship with percentage of shares acquired. The fourth model result showed that acquirer corporate`s life cycle has positive and significant relationship with payment method in acquisition."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T32253
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Fitri R
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa perbedaan rata-rata
biaya dan mutu layanan tindakan sectio dengan pola pembiayaan INA CBG’s dan
fee for service di Rumah Sakit Islam Arafah Jambi. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian deskriptif kuantitatif crossectional dan pendekatan kualitatif.
Metode pembayaran yang ideal adalah yang dapat mendorong pemberi
layanan kesehatan mengendalikan biaya dan mutu layanan kesehatan. Pada
penelitian ini didapatkan terdapat perbedaaan pada rata-rata biaya total layanan
yang bermakna dengan metode pembiayaan INA CBG’s lebih rendah dengan
tidak terdapat perbedaan mutu layanan.
Disarankan kepada rumah sakit untuk mempunyai panduan klinis dalam
pemberian layanan yang diberikan dan meningkatkan perbaikan dalam sistem
rumah sakit (Corporate Governance) untuk dapat meningkatkan efisiensi dan
mutu layanan rumah sakit.

ABSTRAK
This study aimed to analyze the differences in the average cost and quality
measures sectio financing pattern CBG's INA and fee for service at the Arafah
Hospital Jambi. Design research is a quantitative and qualitative approach.
The ideal of payment method is expected to encourage health care
providers to control the cost and quality of health services. From the results of
research conducted at Arafah Hospital Jambi found that on average, the total cost
of the services there are significant differences in the average cost of the financing
method is more efficient INA CBG's no difference with the quality of service.
The hospital should have of clinical guidelines in the provision of services
provided in the hospital for each method of financing. It is recommended to
hospitals to improve the hospital system fixes (Corporate Governance) to be able
to improve the efficiency and quality of hospital services."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Petra Christianto
"Satu diskon itu seperti satu kali, tapi kenyataannya konsumen sering mencicipinya dua kali. Akibatnya konsumen merasa dikucilkan lebih sedikit, dan bersedia mengeluarkan lebih banyak. Penelitian dalam tes skripsi ini apakah bentuk promosi seperti kredit promosi dan cashback dapat mendorong konsumen untuk menggandakan biaya transaksi mereka dan menghasilkan persepsi biaya lebih rendah dari yang seharusnya dirasakan. Skripsi ini juga melengkapi penelitian tersebut sebelumnya (Cheng & Cryder, 2018) dengan menambahkan faktor situasional lainnya seperti cara pembayaran dan juga jenis toko dalam kaitannya dengan persepsi biaya. Penelitian eksperimental dilakukan pada 215 mahasiswa UI yang berusia 18-23 tahun yang terbiasa menggunakan dompet digital, melalui penyediaan serangkaian skenario hipotetis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen yang menerima promosi seperti kredit promosi dan cashback mengurangi biaya transaksi dua kali, sedangkan metode pembayaran dan jenis toko tidak berpengaruh terhadap persepsi biaya konsumen.

One discount is like one time, but in reality consumers often taste it twice. As a result, consumers feel isolated less, and willing to spend more. The research in this thesis tests whether forms of promotion such as promotional credit and cashback can encourage consumers to double their transaction costs and result in a perceived cost that is lower than the perceived cost. This thesis also complements the previous research (Cheng & Cryder, 2018) by adding other situational factors such as the method of payment and also the type of shop in the assessment with the perception of costs. Experimental research was conducted on 215 UI students aged 18-23 years who are accustomed to using digital wallets, through the provision of hypothetical scenarios. The results of this study indicate that consumers who receive promotions such as promotional credit and transaction fee repayments twice, whereas the payment method and type of shop had no effect on consumers' perceptions of costs."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wulan Vetty Handayani B.
"Makanan yang tidak sehat secara psikologis menimbulkan keinginan untuk dikonsumsi karena persepsi bahwa makanan yang tidak sehat adalah makanan yang enak. Keinginan ini dapat diatasi dengan kesulitan pembayaran dari metode pembayaran yang digunakan saat membeli makanan. Studi ini dilakukan untuk menguji apakah metode pembayaran - tunai dan dompet digital - memengaruhi keinginan membeli makanan sehat melalui layanan pengiriman. Penelitian eksperimental dilakukan pada 130 mahasiswa Universitas Indonesia berusia 18-23 tahun yang pernah menggunakan dompet digital saat membeli makanan melalui jasa pengiriman. Alhasil, tidak ada perbedaan keinginan yang signifikan saat membeli makanan sehat antara mahasiswa yang membayar tunai dan dompet digital. Hasil penelitian dapat digunakan oleh penyedia layanan untuk penyampaian pesan untuk mempromosikan pola makan mereka dan dapat digunakan oleh pemerintah untuk mendorong konsumsi makanan sehat.

Psychologically unhealthy food creates a desire to be consumed because of the perception that unhealthy food is delicious food. This desire can be overcome by the difficulty of paying from the payment method used when buying food. This study was conducted to test whether payment methods - cash and digital wallets - influence the desire to buy healthy food through delivery services. The experimental research was conducted on 130 students of the University of Indonesia aged 18-23 years who have used digital wallets when buying food through delivery services. As a result, there is no significant difference in desire when buying healthy food between students who pay cash and digital wallets. Research results can be used by service providers to deliver messages to promote their diet and can be used by governments to encourage consumption of healthy foods."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Muhammad
"Skripsi ini meneliti pengaruh variabel cash-richness, tingkat persediaan kas, terhadap pemilihan metode pembayaran merger dan akuisisi di Indonesia dengan bidder yang merupakan perusahaan publik di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2000 – 2013. Penelitian ini menggunakan pengujian non-parametric dan parametric, yaitu t-test dan multinomial logistic regression. Dari hasil pengujian ditemukan bahwa tingkat persediaan kas tidak memiliki pengaruh terhadap metode pembayaran akuisisi dan ditemukan bahwa beberapa variabel kontrol yang mempunyai pengaruh.

This study investigates the influence of cash-richness towards the preference of payment method of acquisition amongst public companies in Indonesia in 2000 - 2013. Both non-parametric and parametric approach are applied in this research by running t-test and multinomial logistic regression. This research refutes the old assumptions by finding that cash-richness has no effect on the choice of payment method of acquisition. There are, however, other determinants that show influence towards payment method preference.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S58339
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr Sinom Prianti
"ABSTRAK
Bedah paru merupakan layanan unggulan RSUP Persahabatan. Metode
pembayaran memiliki efek yang berbeda terhadap kendali kualitas dan kendali
biaya.
Belum diketahuinya perbandingan kendali kualitas dan kendali biaya pada
pasien rawat inap dengan tindakan bedah paru maka perlu dilakukan
perbandingan tiga jenis metode pembayaran yaitu Paket dan Fee For Service, Fee
For Service, dan INA-CBG’s terhadap kendali kualitas meliputi utilisasi
pelayanan dan jumlah visit dokter, serta kendali biaya meliputi besaran
pembayaran dan lama hari rawat.
Dilakukan penelitian kuantitatif dengan metode survey untuk mengetahui
utilisasi pelayanan, jumlah visit dokter, besaran pembayaran, dan lama hari rawat
dari data sekunder berupa catatan rekam medic, billing, dan luaran SIM RS.
Untuk menjelaskan hasil yang diperoleh pada penelitian kuantitatif, dilakukan
penelitian kualitatif dengan desain deskriptif evaluative terhadap penentu
kebijakan; koordinator dan pemantau profesi; pusat pencatatan, pelaporan, dan
pengklaiman; dan pemberi pelayanan.
Diperoleh hasil terdapat item Laboratorium, Radiodiagnostik,
Elektromedik, Paru, Konsultasi dan Rehabilitasi Medik, Akomodasi, Tindakan,
Labu Darah, dan obat-obatan yang rata-rata pemeriksaan atau penggunaannya
sama dan ada yang berbeda diantara ketiga metode pembayaran. Untuk jumlah
visit dokter, tidak terdapat perbedaan akan tetapi terdapat perbedaan untuk
besaran pembayaran dan lama hari rawat diantara ketiga metode pembayaran.
Diperoleh kesimpulan bahwa belum dapat disimpulkan perbandingan
antara metode pembayaran Paket dan Fee For Service, metode pembayaran Fee
For Service, dan metode pembayaran INA-CBG’s dalam hal kendali kualitas dan
kendali biaya karena adanya keterbatasan variabel selama penelitian untuk
mencapai perbandingan apple to apple dari ketiga metode pembayaran tersebut.

ABSTRACT
Pulmonary Surgery is the main service in RSUP Persahabatan. The
Payment methods has different effect on quality control and cost control.
The comparison of quality control and cost control on inpatient with
pulmonary surgery is unknown yet. Three types of payment methods i.e package
and fee for service, fee for service, and INA-CBG’s will be comparized against
quality control includes services utilization and number of physician visits, as
well as cost control for cost payment, and length of stay.
Quantitative research is conducted by survey methods to find out services
utilization, number of physician visits, cost payment, and length of stay from
secondary data of medical record, billing, and data SIM RS. To explain the
results in quantitative research, qualitative research conducted by evaluative
descriptive design against policy, coordinators and profession supervisor; logging
centre, reporting, and claim; and physician service.
The obtained result such as laboratory, Radio diagnostic, electro medic,
pulmonary, consultation and medical rehabilitation, accommodation, medical
treatment, blood SAC, and medicine, has equal average on examination or
utilization with minor differentiation between the three method. There are no
difference for physicians visit but there are some difference for cost payment and
length of stay between the three types of the payment method.
As for conclusion, it could not be inferred comparison between package and
fee for service, fee for service, and INA-CBG’s payment method in terms of
quality control and cost control due to the limitation of the variables during the
research to reach apple to apple comparison of three types of payment method.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Syndi Yohana
"Angka penggunaan transportasi KRL cukup tinggi dibandingkan transportasi umum lainnya. Metode pembayaran tiket KRL yang umum digunakan adalah tap card, namun mulai muncul metode pembayaran tiket KRL yang baru, yaitu QR code. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penggunaan dompet digital di Indonesia. Peningkatan jumlah penggunaan metode pembayaran QR code dapat dilihat dari jumlah penggunaan pada salah satu penyedia layanan QR code, yaitu GoTransit, yang meningkat sebanyak 20 kali hanya dalam jangka waktu 1 bulan setelah diluncurkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi niat beralih seseorang dari penggunaan tap card ke QR code sebagai metode pembayaran transportasi KRL dengan memanfaatkan teori Push Pull Mooring (PPM). Melalui framework ini, faktor-faktor yang memengaruhi niat beralih pengguna dikelompokkan menjadi tiga faktor, yaitu faktor yang mendorong (push), menarik (pull), dan menghambat (mooring). Responden pada penelitian ini berjumlah 605 responden yang setidaknya pernah menggunakan metode pembayaran tap card dan QR code. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor push, yaitu perceived risk dan faktor pull, yaitu application usefulness, ease of use, dan public influence, secara positif memengaruhi niat beralih dari penggunaan tap card ke QR code sebagai metode pembayaran tiket KRL. Sedangkan untuk faktor mooring ditemukan bahwa habit, past investments, dan perceived threats secara negatif memengaruhi niat beralih seseorang dari penggunaan tap card ke QR code dalam pembelian tiket KRL. Penelitian ini memberikan faktor baru yaitu perceived threats pada faktor mooring dan memberikan ide baru kepada penyedia layanan tap card, seperti menerapkan pemindahan atau pemblokiran saldo pada kartu yang hilang atau rusak dan kepada penyedia layanan QR code, seperti menambah promo yang diberikan, meningkatkan multifungsionalitas produk, dll.

The usage of KRL is significantly higher compared to other public transportation options. The most common method of payment for KRL tickets is through tap cards. However, a new payment method for KRL tickets has emerged, which is the QR code. This development is attributed to the increased adoption of digital wallets in Indonesia. The rise in the usage of QR code payment can be observed through the usage data of one QR code service provider, GoTransit, which experienced a twentyfold increase within just one month after its launch. This research aims to investigate the factors that influence individuals' intention to switch from using tap cards to QR codes as a payment method for KRL transportation, utilizing the Push Pull Mooring (PPM) theory. Within this framework, the factors affecting users' switching intention are categorized into three groups: push factors, pull factors, and mooring factors. This study involved 605 participants, all of whom had experience with both tap card and QR code payment methods at least once. The research findings indicate that push factors, such as perceived risk, and pull factors, including application usefulness, ease of use, and public influence, positively influence individuals' intention to switch from using tap cards to QR codes as a payment method for KRL tickets. On the other hand, mooring factors, specifically habit, past investments, and perceived threats, negatively impact individuals' switching intentions. This study proposes a new factor which is perceived threats on the mooring factors and new ideas for tap card service providers, such as implementing balance transfer or blocking for lost or damaged cards and suggestions for QR code service providers, such as offering promotions, enhancing the multifunctionality of their products, and more."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Romi Hadiyan Aji Witjaksono
"Metode Pembayaran Quick Response (QR) Code merupakan metode pembayaran berbasis mobile yang digunakan untuk pembayaran melalui platform seperti dompet digital lewat pemindaian kode yang berisikan informasi pembayaran. Metode pembayaran QR Code telah digunakan di berbagai aplikasi dompet digital dan penggunaannya bertambah selama pandemi COVID-19. Selain faktor pendukung, terdapat permasalahan penggunaan QR Code seperti masalah keamanan, infrastruktur, edukasi, dan transparansi yang dihadapi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan metode pembayaran QR Code pada aplikasi mobile dompet digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model penelitian berbasis M-TAM dengan metode kuantitatif. Data yang terkumpul pada penelitian ini sebanyak 1.271 respons yang dianalisis menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived transaction convenience, perceived transaction speed, mobile usefulness, mobile ease of use, subjective norm, personal innovativeness, perceived security, dan behavioral intention memengaruhi penggunaan (actual usage) QR Code pada aplikasi dompet digital di Indonesia. Penelitian ini memberikan wawasan bagi penyedia jasa pembayaran QR Code seperti perusahaan financial technology dan regulator dalam meningkatkan layanan pembayaran. Kata kunci: QR Code, aplikasi mobile dompet digital, CB-SEM, AMOS, actual usage, metode pembayaran

Quick Response (QR) Code Payment Method is a mobile-based payment method used for payments through platforms such as digital wallets by scanning codes containing payment information. The QR Code Payment Method has been used in various digital wallet applications and its use has increased during the COVID-19 pandemic. In addition to supporting factors, there are problems using QR Codes such as security, infrastructure, education, and transparency problems faced by users. This study aims to determine the factors that influence the use of the QR Code payment method on digital wallet applications in Indonesia. This study uses an M-TAM-based research model with quantitative methods. The data collected in this study were 1.271 responses which were analyzed using the Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the AMOS 24 application. The results of this study indicate that the perception of transaction convenience, perception of transaction speed, mobile usability, ease of use of mobile, subjective norms, personal innovativeness, perceived security, and behavioral intentions affect the use (actual usage) of QR Code on digital wallet applications in Indonesia. This research is expected to give insights for QR Code payment service providers such as financial technology companies and regulators in improving payment services"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>