Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Moh. Andad Ajiz Salam
Abstrak :
ABSTRAK
Pengiriman produk yang memiliki daya tahan atau shelf-life yang relatif terbatas secara optimal merupakan fokus dari penelitian ini. Karakteristik utama dari produk tersebut yaitu mudah rusak perishable dan terdeteriorasi dalam rentang waktu pengiriman tertentu. Produk yang mudah rusak perishable product tersebut telah menjadi persoalan utama dalam sistem distribusi cold chain yang dapat menyebabkan masalah ketidak efisiensian biaya pada proses pengirimanya. Dari persoalan tersebut, model matematika di desain melalui pengembangan vehicle routing problem, with soft time windows VRPSTW dengan mempertimbangkan kontribusi biaya energi terhadap fungsi tujuan. Pembuatan model matematika dilakukan melalui pemrograman komputer yang menggunakan Python 3.5 untuk mendapatkan hasil yang optimal. Agar solusi yangdihasilkan feasible pendekatan metaheuristik genetic algorithm dikembangkan dalam penelitian ini; hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa algoritma tersebut mampu menghasilkan solusi yang lebih baik daripada algoritma mixed integer linear programming.
ABSTRACT
Conveying product which has a limited shelf life optimally is the concern of this study. The main attribute of this product is perishable within a certain time frame. However,perishable product has a critical issue in the cold chain system which leads dispatching costs inefficiency problems. Regarding this problem, mathemetical model built thru extended a vehicle routing problem, with soft time windows VRPSTW by considering energy consumption cost to evaluate its contribution towards the objective function. Model building conducted into computer programming that uses Python Spyder 3 for generating feasible solution. For the sake of feasibility, a metaheuristic approach ofgenetic algorithms provided to find the best optimal solution the results diagnosed thatgenetic algorithms can generate best feasible solution efficiently with in a certain numberof variables in case of perishable product delivery.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Prasetyo
Abstrak :
Dalam menyelesaikan masalah elektrifikasi listrik, tujuan umum untuk semua operator sistem tenaga adalah untuk memastikan bahwa pembangkit cukup tersedia hari operasi. Status on-off unit pembangkit atau unit commitment memberikan langkah pertama menuju solusi optimal. Dalam penjadwalan pembangkit listrik, keputusan unit commitment menunjukkan, untuk setiap titik waktu selama penjadwalan, unit pembangkit mana yang akan digunakan. Kemudian, pengiriman yang paling ekonomis atau economic dispatch, yaitu distribusi beban di seluruh unit pembangkit untuk setiap titik waktu, kemudian ditentukan untuk memenuhi beban sistem dan persyaratan cadangan. Berbagai pendekatan untuk solusi masalah unit commitment dan economic dispatch telah diusulkan di mana mereka berkisar dari metode sederhana hingga rumit. Masalah pembangkit listrik adalah masalah optimisasi kombinasional yang kompleks. Beberapa teknik pemrograman matematika telah diusulkan untuk memecahkan masalah yang tergantung waktu ini. Perkembangan algoritma matematika terbaru dan kemajuan dalam teknologi komputasi membuat masalah labih menantang untuk dipecahkan. Penerapan sistem hibrida dalam masalah sistem tenaga telah dikembangkan dalam literatur baru-baru ini, dan itu masih merupakan tren masa depan dalam penelitian sistem tenaga. Penelitian ini awalnya ingin mengkolaborasikan metode deterministik dan metaheuristik untuk melakukan perbaikan dalam komputasi untuk menyelesaikan penjadwalan pembangkit listrik. Algoritma spesifik yang akan digunakan adalah dynamic programming dan particle swarm optimization.
In solving the electricity generation, a common objective for all power system operators is to ensure that sufficient generation is available for hours and days ahead of the operation time. The on-off states of the generation units or the commitment decision provides the first step toward the optimal solution. In power generation scheduling, the unit commitment decision indicates, for each point in time over the scheduling horizon, what generating units are to be used. Then, the most economic dispatch, i.e. the distribution of load across generating units for each point in time, is then determined to meet system load and reserve requirements. Various approaches to the solution of the UC problem have been proposed where they ranged from simple to complicated methods. The electricity generation problem belongs to the complex combinational optimization problems. Several mathematical programming techniques have been proposed to solve this time-dependent problem. Recent mathematical developments and advances in computing technologies made the problem readily solvable. The application of hybrid systems in power system problems has been advanced in recent literature, and it still represents a future trend in power systems research. This research initially want to collaborate the deterministic and metaheuristic to make an improvement in computational for solving electricity generation. The specific algorithm that will be used are dynamic programming and particle swarm optimization.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53677
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Chandra
Abstrak :
Aktivitas transportasi merupakan salah satu penyumbang biaya terbesar terhadap biaya logistik, terutama di wilayah perkotaan. Sedangkan, permasalahan transportasi barang di wilayah perkotaan terus bertambah kompleks, seiring dengan bertumbuhnya jumlah pelanggan yang didukung oleh pertumbuhan transaksi e-commerce dan pertumbuhan jumlah warung atau yang lebih dikenal dengan nama nanostores. Salah satu permasalahan yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah pelanggan ini adalah masalah penentuan rute distribusi. Dengan meningkatnya jumlah titik pengiriman, kombinasi rute yang mungkin dihasilkan juga meningkat dengan eksponensial yang secara langsung berpengaruh terhadap kompleksitas perhitungan dalam mendapatkan rute yang optimal. Permasalahan pemilihan rute ini sendiri dikenal dengan nama Vehicle Routing Problem (VRP). Pada penelitian ini, peneliti akan berfokus pada penyelesaian varian paling dasar dari VRP, yaitu Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) dengan jumlah pelanggan di atas 1.000 titik pengiriman (berskala sangat besar). Output utama dari penelitian ini adalah model optimasi CVRP berskala sangat besar dan output tambahan berupa rancangan rute yang dapat meminimalkan biaya pengiriman pada permasalahan perancangan rute distribusi di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai 32.223 pelanggan.
Transportation activity is one of the main cost-driver of overall logistics cost, especially in urban area. Whereas, the transportation problem in urban area is becoming more complex in response to the growth of customers number that fueled by the rapid growth of e-commerce and number of nanostores. One of the main problem that emerged from the growth of customers number is finding the optimal route for distribution. The possible routes combination is growing exponentially in respect to the increase of destination number, rising the complexity to obtain the optimal solution. This problem of finding the optimal routes combination is known in combinatorial optimization as Vehicle Routing Problem (VRP). In this paper, we will focus on the most basic variant of VRP called Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) with the number of customers more than 1.000 (very large scale). The main output of this research is the optimization model for very large scale CVRP and the additional output is the optimal distribution route for a problem with 32.223 customers in Indonesia.
Depok: Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fadhli Adwani
Abstrak :
Transportasi merupakan pendorong biaya utama dalam logistik perkotaan, yang semakin rumit dengan meningkatnya e-commerce dan jumlah pelanggan. Masalah krusialnya adalah menemukan rute distribusi yang optimal, yang dikenal dalam optimasi kombinatorial sebagai Vehicle Routing Problem (VRP). Penelitian ini melakukan analisis komparatif antara algoritma simulated annealing dan iterated local search untuk menyelesaikan capacitated VRP. Penelitian ini menerapkan metode tersebut pada contoh masalah dan studi kasus PT. X, salah satu perusahaan pos terbesar di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa algoritma 1 unggul dalam menyelesaikan contoh masalah, sementara algoritma 2 memberikan kinerja terbaik untuk data studi kasus. Penelitian ini menyediakan model optimasi untuk kedua skenario tersebut. ......Transportation is a major cost driver in urban logistics, increasingly complicated by the rise of e-commerce and the growing number of customers. A critical issue is finding optimal distribution routes, known in combinatorial optimization as the Vehicle Routing Problem (VRP). This paper conducts a comparative analysis of simulated annealing and iterated local search algorithms to solve the capacitated VRP. The research applies these methods to both problem instances and a case study of PT. X, one of Indonesia's largest postal companies. The results show that while algorithm 1 excels in solving problem instances, algorithm 2 achieves the best performance for the case study data. This research provides optimized models for both scenarios.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library