Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahman Asri
"Tesis ini membahas tentang pengaruh terpaan iklan susu formula di televisi terhadap persepsi ibu tentang kecerdasan anak. Berlandaskan paradigma positivis, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh terpaan iklan susu formula terhadap ibu yang menjadi target sasarannya dan Apakah ada hubungan antara terpaan iklan susu formula di televisi mempengaruhi persepsi ibu berkaitan dengan kecerdasan anak. Dengan menggunakan analisa Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa (Dependency Model Mass Communication Effects), Teori Kultivasi (Cultivation Theory) dan Teori Persepsi (Perception Theory) peneliti berusaha menjelaskan bagaimana persepsi ibu-ibu tentang kecerdasan anak dipengaruhi terpaan tayangan iklan susu formula di media televisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan ada korelasi antara terpaan iklan susu formula yang ditayangkan di media televsi dengan persepsi ibu tentang kecerdasan anak. Peneliti merekomendasikan agar penelitian ini bisa terus dikembangkan dengan melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi.

This thesis studies about grown up milk advertising influences to mother’s
perception about their kids intelligence. Based on positivist paradigm, this
research aims to proved what grown up milk advertising influences to mother's perception about their kids intelligence effective. Use Dependency Model Mass Communication Effects, Cultivation Theory and Perception Theory, the researcher want to explain how the perception about kids intelligence influences by exposure grown up milk advertsing on television. The result of this research shows there are correlation between exposure grown up milk advertising on television with mother perception about their kids intelligence. The researcher recommends that this research still can be developed by looking at other factors that influence.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44684
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
PRAYOGI ANUGRAHADI
"Media seperti video games memiliki efek positif dan negatif. Jenis game yang tepat dapat membantu penggunanya meningkatkan kemampuan sosial dan memecahkan masalah, akan tetapi video games juga membawa dampak negatif terutama bagi remaja dan anak yang masih rentan. Pergeseran pola hidup anak dan remaja yang tidak lagi bermain bersama peer group diluar rumah dan menjadi ketergantungan terhadap gadget membuat mereka sulit untuk membedakan antara dunia maya dan nyata. Interaktivitas dalam game yang menuntut penggunanya untuk aktif menjalani perannya dapat merubah persepsi remaja yang masih rentan. Adegan kekerasan baik fisik dan verbal juga terdapat di dalam game, bahkan di game yang mendapat rating “E” (everyone) yang seharusnya aman dimainkan oleh segala usia. Lantas apakah sistem rating yang diberikan badan Entertainment Software Rating Board (ESRB) dari Amerika Serikat cocok dengan Indonesia?

Media like video games have positive and negative effects. Game that suitable for the users can help them to improve their social and solving problem skills, but some video games especially for adolescence and child that still on developing stage have more negative effects. Changing life style from playing with peer group outdoor to become gadget dependency make them hard to differenciate between real and cyber world. Interactivity on games which lead the user to have a full role to their character makes change their perception of life. Violence scene like physical and verbal violence, even in E-rated (Everyone) games which should be safe for every age. Then, is the rating system which given from Entertainment Software Rating Board (ESRB) from United States suitable for Indonesian?"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2014
Jurnal-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Cetta Adhipurusa
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas eksplorasi efek media (presentasi) Microsoft PowerPoint menggunakan konsep tetrad of media effects dengan tujuan memetakan efek yang tidak terlihat (ground) maupun terlihat (figure) dari software tersebut. Dalam memetakan efek media, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada Kelas Bahasa Sunda Dasar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi non partisipan serta wawancara semi-terstruktur (mendalam) pada enam informan yang terdiri dari dua dosen dan empat mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan peran PowerPoint dalam mengkonstruksikan pembelajaran bahasa berbasis konsep serta mempraktikan metode belajar tubian. Selain itu, penelitian ini menemukan juga berkurangnya relevansi media non digital dalam membantu pembelajaran serta beberapa proses yang. Adapun dari segi konstruksi media, PowerPoint dipersepsikan mampu mengembalikan beberapa fungsi media yang eksis pada zamannya seperti prasasti, OHP, mesin cetak gutenberg hingga frasa less is more. Selain itu, penggunaan PowerPoint yang berlebih berpotensi menghambat terbentuknya proses belajar yang kondusif, merubah format PowerPoint menjadi Powertext, memberikan efek pusing, serta menjadikan kondisi belajar yang hanya terpaku di dalam kelas. Sebagai tambahan, penelitian ini menemukan tiga faktor yang menyebabkan efek tetrad berbeda dari sudut pandang dosen (presenter) dan mahasiswa (audiens), yakni kuasa, historis, serta audiens sentris.

ABSTRACT
This study discusses the exploration of media effects, specifically Microsoft PowerPoint using tetrad of media effects concept with the aim of mapping the effects that are not visible (ground) or visible (figure). This study uses qualitative research methods with a phenomenological approach to the Basic Sundanese Language Class of the Faculty of Humanities, Universitas Indonesia. Data collection in this study used non-participant observation techniques and semi-structured interviews (in-depth) on six informants consisting of two lecturers and four students. The results of the study show the role of PowerPoint in constructing concept-based language learning and practicing personal learning methods. This study also found a reduced relevance of non digital media in assisting learning. In terms of media construction, PowerPoint is perceived as able to restore some of the media functions that exist in its era such as inscriptions, OHPs, gutenberg printing machines to less is more phrase. In addition, excessive use of PowerPoint has the potential to inhibit the formation of a conducive learning process and have several more negative side effects. This study also found three factors caused the tetrad effect to differ from the point of view of lecturers and students, which are power, history, and audience centric."
Lengkap +
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library