Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sirait, Lernhard Febrian
"Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dengan melakukan penyelarasan antara strategi organisasi dan visi, misi dan nilai-nilai yang dimiliki oleh SD Harapan Mulia. Penelitian ini dilakukan karena meningkatnya pertumbuhan organisasi dan persaingan bisnis industri pelayanan pendidikan di Kota Bekasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menganalisis data yang diperoleh dari SD Harapan Mulia dan teori yang berkaitan dengan masalah penelitian. Proses pengumpulan, pengklasifikasian, dan penganalisisan data dan teori dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung, wawancara, dan pengumpulan data sekunder yang bersifat teoretis yang berkaitan dengan masalah penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan sistem manajemen berbasis Balanced Scorecard yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton untuk mengelola strategi organisasi SD Harapan Mulia.

Konsep Balanced Scorecard dimulai dengan melakukan analisis SWOT untuk mengetahuni kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari SD Harapan Mulia. Hasil analisis SWOT tersebut digunakan untuk menentukan dan menyelaraskan sasaran strategi dengan visi dan misi sekolah melalui matriks SWOT. Dengan menggunakan hasil analisis SWOT, matriks SWOT menghasilkan 25 sasaran strategis yang diklasifikasikan menjadi 5 perspektif dan terdiri dari 4 sasaran strategi dari pespektif pelanggan, 1 sasaran strategi dari perspektif keuangan, 1 sasaran strategi dari perspektif penyandang dana, 11 sasaran strategi dari perspektif proses internal bisnis, dan 8 sasaran strategi perspektif pembelajaran serta pertumbuhan. Sasaran strategi yang dihasilkan akan diklasifikasikan dan dihubungkan menggunakan peta strategi (Strategy Map). Sasaran strategi tersebut juga digunakan untuk merumuskan pengukuran dan tindakan-tindakan inisiatif menggunakan Balanced Scorecard.


This research wants to create a competitive advantage with doing some alignment between organization strategy and visions, missions, and values that are had by Harapan Mulia Elementary School. This research are conducted because of increasing in organization growth and business competition on educational service industry at Kotamadya Bekasi. Research method which is used in this research is qualitative research method. Thats method is done by collecting, classifying, and analysing data that are got from Harapan Mulia Elementary School and theory that are related for this research. Process of collection, classification, and analysis data and theory are done by doing direct observation, interview and secondary data collection that are related for this research. Data in this research are analyzed by using management system based on Balanced Scorecard created by Kaplan and Norton. Balanced Scorecard concept start with doing SWOT analysis to know strengths, weaknesses, opportunities, and threats that is owned by SD Harapan Mulia. The result of SWOT analysis is used to decide and coordinate strategy objective with their vision mision through matriks SWOT. By using the result of SWOT analysis, matrix SWOT generates 25 objective strategies that are classified to 5 perspective and that are consist of 4 objective strategies in customer perspective, 1 objective strategy in financial perspective, 1 objective strategy in fiduciary perspective, 11 objective strategies in internal process perspective, and 8 objective strategies in learning and growth perspective. Objective strategy that are generated will be classified and connected by using strategy map. Those objective strategies are also used to create a measurement and an initiative action using Balanced Scorecard."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
N. Kiasatina Ekibtri Putri
"Industri makanan dan minuman bekembang pesat di Indonesia. Namun, semenjak adanya pandemi COVID-19 telah berdampak negatif pada industri tersebut. Hal tersebut juga dirasakan oleh Mocca Cafe yang beroperasi di Kota Bogor, sehingga diperlukan strategi bisnis bagi Mocca Cafe dalam mempertahankan keberlangsungan bisnisnya dan untuk dapat bersaing di industri tersebut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan matriks SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal menggunakan matriks IFE dan dengan analisis VRIO, serta faktor eksternal menggunakan matriks EFE, untuk menentukan strategi alternatif yang dapat dilakukan oleh Mocca Cafe. Setelah mendapatkan alternatif strategi, dilakukan proses Arsitektur Strategik untuk menyusun tahapan pelaksanaan strategi tersebut. Hasil dari matriks SWOT yang terdapat dalam penelitian ini menghasilkan 13 strategi dan hasil analisis Arsitektur Strategik menghasilkan urutan strategi yang dapat digunakan oleh manajemen Mocca Cafe. Penerapan strategi tersebut diharapkan membuat pihak manajemen Mocca Cafe dapat menghadapi distrupsi dari kondisi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, meningkatkan kinerja operasional perusahaan, meningkatkan daya saing perusahaan, dan mendapatkan sustainable competitive advantage.

The food and beverages industry has grown rapidly in Indonesia. Unfortunately, the COVID-19 Pandemic has negatively influenced the industry. Mocca Cafe's one of the cafes operating in Bogor City had also negatively affected by the pandemic. The case study aims to develop the business strategy for Mocca Cafe's to maintain its sustainability and ability to compete in the industry. This study used a SWOT matrix to identify internal factors using the IFE matrix and with VRIO analysis. To analyse the external factors, used the EFE matrix to determine alternative Mocca Cafe strategies. In addition, the study develops strategic architecture to compile the stages of implementing these strategies. After obtaining an alternative strategy, the Strategic Architecture process is carried out to create the strategy's steps. The results of the SWOT matrix produce 13 strategies, while the results of the strategic architecture analysis produce a sequence of methods that can be used by Mocca Cafe management. The implementation of this strategy is expected to enable the Mocca Cafe management to face disruption from the ongoing COVID-19 pandemic, improve the company's operational performance, increase the company's competitiveness, and gain a sustainable competitive advantage. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library