Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Ridha
"Dunia usaha retail di Indonesia telah mengalami perkembangan pesat setelah globalisasi
menjangkau scluruh daerah. Matahari Deparunent Store mcnlpakan Salah sam pemsahaan retail
yang mampu bertahan selama 43 tahun dan berkembang mcnjadi perusahaan retail terkcmuka di
Indonesia. Skala usaha Matahari semakin besar seiring dengan perkembangan zaman. sedangkan
persaingan Iokal dan intemasional semakin kompetitifi Pihak manajcmen Nlatahari selaiu
berupaya mengantisipasi. memperbaiki dan menambah semua fasilitas yang dapat menunjang
performance pcmsahaan secara kcscluruhan Sclain fasilitas fisik yang dapal dengan mudah
dilihat dan dirasakan, Marahari selalu mempcrhankan dan me-nekankan pentingnya kualiras
pelayanan pelanggan
Peneiitian ini bertujuan unruk me|1gidenti5I
terhadap kualitas pelayanan pclanggan di Matahari Department Store Group. Model pcnclitian
awal yang digunakan terdiri dari lima dimensi. yaitu tampilan. kcandalan, days 1anggap,jaminan
dan empati. Teknik pengambilan data yang digimakan adalah penyebaran kuesioncr di delapan
toko Matahari Department Store yang ada di Jakana Kuesioner mulai disebarkan dari tanggal l
Mei 2001 sampai dengan '3\ Mei 2001 dan didapatkan daia menlah sebanyak 500. Proses
pcngolahan data lefdiri dari cmpat bagian, yaim: (I). persiapan data mentah (2). pcrhitungan
analisis faktor (3). perhilungan kcandalan (4). perhjriungan regresi _ialur (path regression).
Berdasarkan analisis faktor yang, dilakukan dan 5 dimcnsi model awal dikelompokkan menjadi 7
komponen yang bcrpcngaruh te-rhadap kualitas pelayanan Matahari Department Store Group
sebaga.i`berikut:(l) Kemampuan pelayanan intemal prarnuniaga; (2) Kemampuan pramuniaga
melayani pclangganz (3) Waktu dan kondisi ruangan toko; (4) Pfoduk dan harga; (5) Wakm
mcnunggu dan fasilitas pembayaran; (6) Kclcraturan dan kcamanan; (7) Prosedur pembelian dan
kebebasan pclanggan. Suategi pengcmbangan kualim pelayanan Matahari Department Store
yang dilakukan adalahz kcmampuan pelayanan inlcmal prarnuniaga mclalui sosialisasi kcpada
sclumh stail meialui training, pcngarahan. maupun pengawasan imensif; kcmampuan
pramuniaga melayani pclanggan dilakukan melalui pomberian infonnasi produk dan membantu
memilih pfoduk; produk dan harga diimplcmentasikan dengan membuat Sl8Ild31? harga yang
bersaing di pasaran dan kualitas produk yang ditenma pelanggan."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T6342
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rona Salma Azizah Hasan
"Kegiatan magang merupakan kegiatan produktif yang dilakukan oleh mahasiswa yang ingin mengumpulkan pengalaman pekerjaan dengan mengeksplorasi dunia kerja sehingga dapat mempersiapkan dan mengembangkan potensi diri dalam karir pekerjaan salah satunya di perusahaan Matahari Department Store. Dalam melakukan adaptasi di divisi HR yang kemudian berpindah posisi menjadi divisi SA dengan mengalami proses adaptasi budaya organisasi yang berbeda terutama karena adanya perbedaan budaya di masing-masing divisi. Divisi HR sebelumnya memiliki budaya organisasi yang lebih fleksibel terhadap aturan, tetapi ketika berada di divisi SA memiliki budaya organisasi yang lebih kaku terhadap peraturan. Maka dari itu, ketika pekerjaan yang ada di divisi HR telah sepenuhnya selesai dan kemudian dapat hanya berfokus untuk melanjutkan pekerjaan di divisi SA dengan adanya division culture yang berbeda. Staff HR lebih dapat menerima budaya organisasi di divisi SA yang lebih patuh terhadap aturan melalui adaptasi eksternal dan integrasi internal divisi kelompok, sehingga staff HR mulai beradaptasi dengan aturan-aturan tersebut serta berusaha untuk tidak melanggarnya. Dengan adanya contoh kasus yang melakukan proses adaptasi dengan perbedaan dua divisi tersebut, saya dapat merefleksikan bahwa dalam setiap budaya organisasi di perusahaan, terutama dalam kegiatan magang saya di MDS, terdapat budaya organisasi yang berbeda di setiap divisi walaupun berada di lingkup satu perusahaan yang sama.

Internship activities are productive activities carried out by students who want to gather work experience by exploring the world of work so that they can prepare and develop their potential in a work career, one of which is at Matahari Department Store. In adapting to the HR division, which then moved to the SA division, they experienced a different process of adapting to organizational culture, mainly due to cultural differences in each division. The HR division previously had an organizational culture that was more flexible toward rules, but when it was in the SA division, it had an organizational culture that was more rigid toward regulations. Therefore, when the work in the HR division has been completely completed and can only focus on continuing work in the SA division with a different division culture. HR staffs are more receptive to organizational culture in the SA division which is more compliant with rules through external adaptation and internal integration of group divisions so that HR staffs begin to adapt to these rules and try not to violate them. With the examples of cases that carry out the adaptation process with the differences between the two divisions, the author can reflect that in every organizational culture in the company, especially in the writer's internship at MDS, there is a different organizational culture in each division even though it is within the same company."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library