Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4904
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Morissan, M.A.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
384.5 MOR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Morissan, M.A.
Jakarta: Kencana, 2015
384.5 MOR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Imelda Bachtiar
Abstrak :
Pada era globalisasi saat ini, surat kabar berbahasa Inggris memiliki andil genting sebagai wakil bangsa yang cukup potensial untuk memperkenalkan perkembangan budaya dan visi Indonesia terhadap berbagai masalah internasional Perkembangan surat kabar berbahasa Inggris tidak bisa di katakan pesat jika yang hanya puluhan ribu saja itu, memang sangat erat terkait · dengan sempitnya pasar surat kabar mengingat bahasa Inggris bukan merupakan bahasa kedua di negara kita. Perbedaan hakiki surat kabar berbahasa Inggris dibandingkan dengan pars nasional lainnya berawal dari segi produk dan pasar sasarannya .Perbedaan ini diasumsikan pula. membentuk ciri khusus pada kebijakan manajemen perusahaan penerbitannya, walaupun bentuk manajemen surat kabar apapun pada dasarnya memiliki kesamaan. Indonesian Observer, dalam usianya yang 40 tahun, ' ternyata perkembangan tirasnya stagnant bahkan cenderung menurun sangat tajam pada tahun 1992; Hadirnya The Jakarta Post dalam . kelo1npok penerbitan ini membawa perubahan baru peranan nasional berbahasa Inggris. Berbagai kendala yang membedakanya dengan pers nasional yang lain, justru digunakannya sebagai senjata baik dalam menentukan kebijakan manajemen redaksionalnya maupun kebijakan manajemen pemasarannya Untuk itu dilakukan perbandingan antara kebijakan · manajemen penerbit surat kabar Indonesian Observer dan The Jakarta Post untuk melihat di mana letak kelemahan dan kekuatan yang dimiliki masing-masing perusahaan penerbit Dengan teori menggunakan pendekatan kualitatif, maka sumber data utama dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam yang dilakukan dengan para penentu kebijakan manajemen surat kabar Indonesian· Observer dan The Jakarta Post. Beberapa hasil wawancara ini terutama yang menyangkut modal dan kepe milikan juga dibuktikan dengan melihat pada Arsip SPS-Pusat, sebagai lembaga yang merekam perkembangan organisatoris perusahaan pers di Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4095
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meta Meidiana
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini media-media berita di Indonesia mulai menerapkan jurnalisme presisi. Jurnalisme presisi merupakan kegiatan jurnalistik yang menggunakan metode penelitian ilmu sosial untuk mendapatkan informasi. Penggunaan penelitian dapat menghasilkan informasi yang lebih reliabel. Penerapan jurnalisme presisi pada media berita mempengaruhi bentuk manajemen media dan redaksional. Pelaksanaan penelitian menjadi inti dalam proses redaksional. Hasil informasi yang reliabel membuat penerapan jurnalisme presisi seringkali dikaitkan dengan kredibilitas media. Makalah ini membahas bahwa penerapan jurnalisme media pada satu media dan media lain dapat berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh keadaan organisasi media serta sumber daya yang dimiliki. Penerapan jurnalisme presisi dapat mendukung dimensi kredibilitas media yaitu akurasi, objektivitas, dan dapat dipercaya.
ABSTRACT
Recently, many Indonesian news media start to apply precision journalism. Precision journalism is journalistic activity that uses social research method to get information. The uses of research can results more reliable information. The application of precision journalism in news media could affect the media and newsroom management form. The practice of research is the core in newsroom process. This paper examine the differences that may occur in terms of application of precision journalism in news media. The differences are cause by the condition of organization and resources that owned by the media. The application of precision journalism could support the accuracy, objectivity, and trustworthiness dimensions of media credibility.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library