Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Debby Arthalia Prameswari
"
ABSTRAKKetidaksesuaian produk yang dikirimkan kepada pelanggan dalam ranah bisnis online shopping tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Keluhan pelanggan akan ketidaksesuaian produk iPhone yang diterima berkembang menjadi sebuah isu penipuan yang lebih dikenal dengan istilah kasus iPhone-Sabun. Perkembangan isu berpotensi menjadi krisis kepercayaan yang akan dihadapi Lazada. Manajemen krisis memegang peran penting untuk mengatasi isu, pemberitaan negatif, dan mengantisipasi agar isu tidak berkembang menjadi sesuatu yang fatal bagi perusahaan. Dalam kasus ini, melakukan klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan perusahaan merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan sejak awal isu berkembang. Selain fokus pada manajemen krisis, perusahaan disarankan untuk menjaga resistensi mitra perusahaan dengan menetapkan posisi sebagai intermediary antara penjual dan pembeli dan merancang regulasi yang lebih ketat sehingga kasus serupa tidak akan terjadi lagi di masa depan.
ABSTRACTThe issue of mistakes in shipping products to the consumers of online shopping cannot be underestimated. One case of complaint from a customer regarding an iPhone he ordered and the shipment he received not being the correct item has developed into an issue of fraud well-known as the so-called case of ?Buying iPhone Get Soap? (named so due to the item being shipped is a soap bar). This issue development has potentially becoming a crisis of consumer trust that will be faced by Lazada, the online shop company related to the issue. Crisis management has become an important role player to alleviate such issues and negative publicity experienced by the company, preventing them from developing further into fatal blows to the corporation. In this case, the first important step that they must do as soon as the issue is happening is for them to make a clarification to the public regarding it. Other than focusing on management of crises, it is highly recommended for the company to keep their partnership resistance by establishing a position as an intermediary between sellers and buyers as well as creating tighter regulations in order to prevent such cases from occurring again in the future."
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Ridhani Ramadhana
"Semakin berkembangnya sebuah industri, maka peran Public Relations (PR) semakin penting terutama bagi industri kelapa sawit yang sering menjadi sasaran kampanye negatif dengan berbagai isu lingkungan dan sosial. Munculnya laporan Associated Press pada 18 November 2020 terkait eksploitasi perempuan di industri kelapa sawit mendorong Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk untuk melakukan manajemen isu dalam rangka mempertahankan citra perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen isu PR di PT Astra Agro Lestari Tbk dalam menghadapi isu perempuan melalui program Agrovaria Lovepink. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data, teknik yang dilakukan adalah in-depth interview dengan berfokus pada langkah-langkah manajemen isu yang dilakukan mulai dari penyusunan rencana hingga evaluasi oleh Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan PR PT astra Agro Lestari tbk melakukan proses manajemen isu ketika isu tersebut berada di ¬fase emerging issue dan melakukan program pengendalian melalui implementasi strategi event, publikasi, kolaborasi/kerjasama, dan social responsibility yang dibalut dalam sebuah program bernama Agrovaria Lovepink.
As an industry develops, the role of Public Relations (PR) becomes increasingly important, especially for the palm oil industry, which is often the target of negative campaigns on various environmental and social issues. The emergence of an Associated Press report on the exploitation of women in the palm oil industry on 18 November 2020 prompted the public relations department of PT Astra Agro Lestari Tbk to implement issue management in order to maintain the company's image. Therefore, this study aims to determine the implementation of PR issue management at PT Astra Agro Lestari Tbk in dealing with women's issues through the Agrovaria Lovepink programme. This study uses a constructivism paradigm with a qualitative approach and a case study research strategy. To collect data, the technique used was in-depth interviews, focusing on the issues management steps that were carried out from the preparation of the plan to the evaluation by the public relations department of PT Astra Agro Lestari Tbk. The results of this study show that PT Astra Agro Lestari Tbk. PR carries out an issue management process when the issue is in the emerging issue phase and carries out a control programme through the implementation of event strategies, publications, cooperation/collaboration and social responsibility wrapped in a programme called Agrovaria Lovepink."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library