Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ridha Ayu Saraswati
"ABSTRAK
Materialitas sebuah material sebagai hasil dari elaborasi berbagai material yang digunakan pada eksterior dan interior dari sebuah luxury brand store merupakan salah satu aspek estetika yang hadir pada luxury brand store. Keberadaan materialitas membantu membentuk atmosfer store, khususnya luxury feelings, yang merupakan tujuan utama setiap luxury brand. Luxury feelings ini memiliki peran yang penting karena saat ini konsumen luxury memiliki keinginan untuk merasakan suatu pengalaman berbelanja (luxury experience) dibandingkan hanya membeli produk luxury brand-nya saja. Skripsi ini mengkaji tentang materialitas sebuah material yang digunakan pada luxury brand store. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran materialitas dalam menghadirkan luxury experience bagi konsumen saat berbelanja di sebuah luxury brand store. Metode yang digunakan pada skripsi ini yaitu, observasi langsung dan analisis studi kasus pada salah satu luxury fashion store di Jakarta dengan fokus terhadap penerapan serta perlakuan material yang digunakan pada store, sehingga dapat mengetahui hubungan antara materialitas dengan luxury experience pada sebuah luxury brand store. Dengan harapan, skripsi ini dapat membantu meningkatkan kualitas dalam bidang ritel di Indonesia.

ABSTRACT
The materiality of material-which created from the elaboration of various materials used for the exterior and the interior of a luxury brand store-is one of the aesthetic aspects in a luxury brandstore. It helps to create the stores atmosphere, particularly the luxury feeling, which is the main objective of any luxury brand. This luxury feeling play an important role, because nowadays luxury consumers want to feel the luxury experience rather than only to buy their products when they shop in a luxury brand store. This paper discuss the materiality of material used in a luxury brand store. The aim of this study is to examine the role of materiality in creating a luxury experience for consumers when they shop in a luxury brand store. Through observating and analyzing, also taking a case study on one of luxury fashion store in Jakarta with focus on the material application and treatment are used in order to examine the connection between materiality and luxury experience in a luxury fashion store. So hopefully, it will help to improve the quality of retailing in Indonesia."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Noor Anggraheni
"Tesis ini menganalisis brand relationship dengan menguji pengaruh dari empat variabel, yaitu kepuasan, kualitas alternatif, investasi hubungan, dan frekuensi yang berhubungan dengan perilaku, terhadap komitmen konsumen merek asli sekaligus imitasi produk fashion kategori affordable luxury, serta hasil dari hubungan tersebut berupa kemungkinan pembelian kembali dan dukungan terhadap merek asli. Berdasarkan data dari 155 konsumen muda yang diuji menggunakan Relationship Investment Model, maka dapat diketahui bahwa komitmen tidak berpengaruh secara positif pada kemungkinan pembelian kembali merek asli, sedangkan komitmen berpengaruh secara positif pada dukungan konsumen terhadap merek asli.

This thesis analyzed brand relationships with examined the effect of four variables, which are satisfaction, quality of alternatives, relationship investment, and behavioral frequency, toward commitment of genuine and counterfeit-item of affordable luxury fashion products consumers, and the relationship outcomes: repurchase likelihood and brand support. From the data that examined using the Relationship Investment Model of 155 young consumers, it was shown that commitment positively unrelated to repurchase likelihood of genuine brand, whereas commitment positively related to genuine brand support."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T29948
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Kurnia Widyasari
"Penelitian ini membahas sikap konsumen milenial terhadap heritage luxury brand dan motivasi pembelian konsumen terhadap heritage luxury brand, dengan melakukan studi pada merek Louis Vuitton. Melalui pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam dengan informan yang merupakan milenial sekaligus konsumen dari merek Louis Vuitton, peneliti ingin mengeksplorasi bagaimana sikap milenial terhadap heritage luxury brand dan bagaimana motivasi pembelian yang dimiliki milenial dalam mengonsumsi produk Louis Vuitton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, motivasi pembelian milenial terhadap produk heritage luxury brand didasari oleh karakteristik dari produk atau merek, terutama dari segi kualitas, ketahanan, dan value yang dimiliki produk, yang dinilai klasik serta timeless. Selain itu, kelompok sosial juga menjadi salah satu elemen yang mendorong adanya motivasi pada milenial dalam mengonsumsi heritage luxury brand. Secara umum, motivasi pembelian milenial terhadap heritage luxury brand sebagian besar didorong oleh karakteristik produk itu sendiri.

This research discusses millennials’ consumer attitudes and purchase motivation towards heritage luxury brands by conducting a study on Louis Vuitton. Through a qualitative approach and in-depth interviews with informants who are, as well, consumers of Louis Vuitton, this study explores millennials’ behavior towards heritage luxury brands and the motivation behind their purchase of Louis Vuitton products. The result shows that mostly, the purchase motivation is driven by the product value, especially in terms of quality, durability, and the inheritance value, which describes the sustainability and timelessness of the products. In addition, social group is also one of the elements that motivates millennials to consume heritage luxury brand. In general, millennials take hold of motivation towards heritage luxury brand heritage that mostly relies on the characteristics of the product.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lie Mikhail Efferin
"ABSTRAK
Makalah ini memperluas efek dari Iklan Komparatif terhadap Merek Mobil Mewah. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa iklan komparatif untuk merek baru menghasilkan niat beli yang lebih baik daripada iklan non-komparatif ketika keterlibatan tinggi diaktifkan dan sumber kredibilitas yang lebih tinggi ditanamkan dalam iklan. Penelitian ini memberikan kesimpulan konklusif di mana iklan komparatif menambah efek persuasif dari iklan untuk mobil mewah. Setelah studi literatur dilakukan, kuesioner dibagikan kepada 200 responden yang akrab dengan Merek Mobil Mewah, data dianalisis dengan menggunakan Metode Multiple Regression dan ANOVA menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Attack Advertising dan Direct Comparative Advertising memberikan dampak positif terhadap Attitude towards the Ad dan Attitude towards the Brand dari yang mensponsori iklan tersebut yang kemudian berdampak positif terhadap Citra Merek namun tidak demikian terhadap Indirect Comparative Advertising. Yang menarik, penelitian ini juga menemukan pengaruh terbalik terhadap Merek pesaing. Penelitian di atas terbatas pada persepsi merek mobil mewah yang merupakan pembelanjaan terbesar nomor 3 untuk produk mewah. Peneliti menyarankan untuk juga mempelajari efek pada produk lain seperti produk retail, perhotelan, dan pariwisata mewah.

ABSTRACT
This paper extends the effect of Comparative Advertising towards Luxury Cars Brands. Previous studies have indicated that comparative advertising for a new brand resulted in a better chance of purchase intentions than non comparative advertising when intense involvement is activated and a source of higher credibility are insterted in the advertisement. This research attempts to provide readers with conclusive results where comparative advertising augments the persuasive effect of the advertising for luxury cars. Once a extensive literature study has been done, questionaires were distributed to 200 respondents who are familiar with Luxury Car Brand, data were than analyzed using Multiple Regression Method and ANOVA using SPSS. Result of the study indicates that Attack Advertising and Direct Comparative Advertising has a positive impact towards Attitude towards the Ad and Brand Attitude of the Sponsoring Brand which is then carried towards a positive result in the Brand Image but not so in Indirect Comparative Advertising. Interestingly enough, the study also found a reversed affect towards the competitor rsquo s Brand. The above research are limited into the perception of luxury car brand which sits on number 3 of most spending on luxury products. It is recommended to also study the effect on other products such as Personal Goods and Luxury Hospitality. "
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50427
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juwita Anindya
"Sebagai salah satu brand luxury, Dior Beauty berhadapan dengan tantangan besar dimana mereka harus mempertaruhkan eksklusivitasnya ketika memasarkan produknya di media sosial di masa Pandemi Covid-19. Sebagai media yang dapat diakses oleh publik, media sosial bertentangan dengan karakter brand mewah yang hanya dapat diakses oleh kalangan masyarakat tertentu saja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apakah terdapat pergeseran image luxury brandpada Dior Beauty yang melakukan pemasaran di media sosial. Penelitian studi kasus ini berangkat dari paradigma konstruktivisme dan berjenis deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dari hasil wawancara terhadap konsumen Dior Beauty serta hasil studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pergeseran image luxury brand terhadap Dior Beauty di benak konsumennya meskipun memasarkannya di media sosial karena terdapat konsistensi dari Dior Beauty dalam mengomunikasikan image luxury. Konsumen berpendapat bahwa Dior Beauty telah memilih KOL yang relevan, menjaga image luxury pada setiap kontennya, dan memiliki desan konten yang menarik dan kreatif. Disamping itu, konsumen turut menjelaskan bahwa brand Dior Beauty sendiri telah memiliki komponen-komponen luxury brand dimana mereka merasakan kualitas yang baik, eksklusivitas brand, kebanggan serta prestise ketika menggunakan brand tersebut. Adapun omnichannel merupakan konsep pemasaran yang telah digunakan oleh Dior Beauty sehingga terdapat pengalaman yang sama ketika berbelanja langsung di butiknya maupun secara daring melalui media sosial.

As a luxury brand, Dior Beauty faces a big challenge where they have to risk their exclusivity when market their products on social media during the Covid-19 pandemic. As a media that can be accessed by the public, social media is contrary to the character of luxury brands which can only be accessed by certain groups of people. This study aims to describe whether there is a shift in the luxury brand image at Dior Beauty which does marketing on social media. This case study research departs from the constructivism paradigm and is of a qualitative descriptive type. The research data was taken from the results of interviews with Dior Beauty consumers and the results of documentation studies. The results of the study show that there is no shift in the luxury brand image towards Dior Beauty in the minds of consumers, even though they market it on social media because there is consistency from Dior Beauty in communicating the luxury image. Consumers think that Dior Beauty has chosen relevant KOLs, maintains a luxury image in all of its content, and has attractive and creative content designs. In addition, consumers also explained that the Dior Beauty brand itself already has luxury brand components where they feel good quality, brand exclusivity, pride and prestige when using the brand. The omnichannel is a marketing concept that has been used by Dior Beauty so that there is the same experience when shopping directly at the boutique or online through social media."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Kurnia Widyasari
"Penelitian ini membahas sikap konsumen milenial terhadap heritage luxury brand dan motivasi pembelian konsumen terhadap heritage luxury brand, dengan melakukan studi pada merek Louis Vuitton. Melalui pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam dengan informan yang merupakan milenial sekaligus konsumen dari merek Louis Vuitton, peneliti ingin mengeksplorasi bagaimana sikap milenial terhadap heritage luxury brand dan bagaimana motivasi pembelian yang dimiliki milenial dalam mengonsumsi produk Louis Vuitton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, motivasi pembelian milenial terhadap produk heritage luxury brand didasari oleh karakteristik dari produk atau merek, terutama dari segi kualitas, ketahanan, dan value yang dimiliki produk, yang dinilai klasik serta timeless. Selain itu, kelompok sosial juga menjadi salah satu elemen yang mendorong adanya motivasi pada milenial dalam mengonsumsi heritage luxury brand. Secara umum, motivasi pembelian milenial terhadap heritage luxury brand sebagian besar didorong oleh karakteristik produk itu sendiri.

This research discusses millennials’ consumer attitudes and purchase motivation towards heritage luxury brands by conducting a study on Louis Vuitton. Through a qualitative approach and in-depth interviews with informants who are, as well, consumers of Louis Vuitton, this study explores millennials’ behavior towards heritage luxury brands and the motivation behind their purchase of Louis Vuitton products. The result shows that mostly, the purchase motivation is driven by the product value, especially in terms of quality, durability, and the inheritance value, which describes the sustainability and timelessness of the products. In addition, social group is also one of the elements that motivates millennials to consume heritage luxury brand. In general, millennials take hold of motivation towards heritage luxury brand heritage that mostly relies on the characteristics of the product"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kayla Jashiraz
"Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing public relations berupa implementasi pull strategy dalam aktivasi event terhadap luxury brand dalam serial TV “Emily in Paris” musim 1. “Emily in Paris” merupakan serial TV milik Netflix bertema marketing dan luxury dengan Emily Cooper sebagai karakter utamanya. Data dikumpulkan melalui content analysis pada serial TV melalui platform Netflix dan analisis data dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, Emily berhasil mempertahankan brand reputation melalui implementasi aktivasi event dengan fokus peningkatan awareness, buzz, dan earned media value, bersamaan strategi pull dengan gaya komunikasi sebagai pola penarik utama. Penggabungan kedua elemen tersebut menjadi kombinasi strategi komunikasi yang efektif dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat reputasi luxury brand.

This writing aims to analyze the marketing public relations strategy by implementing a pull strategy in event activation for luxury brands in the TV series "Emily in Paris" season 1. "Emily in Paris" is a Netflix TV luxury marketing themed series with Emily Cooper as the main character. Data is collected through content analysis via the Netflix platform and data analysis is explained using a descriptive approach. Based on the results of the analysis, Emily succeeded in maintaining the brand reputation through implementing event activation with a focus on increasing awareness, buzz, and earned media value, in addition to pull strategy with communication style as the main pulling pattern. Combining these two elements creates an effective combination of communication strategies that make a significant contribution in strengthening the reputation of luxury brands."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ardany Ramadhan
"Masyarakat kelas menengah keatas selama lima tahun terakhir mengalami dilema dalam pembelian luxury brand. Meskipun begitu, angka penjualan luxury brand secara keseluruhan terus meningkat. Meningkatnya penjualan luxury brand dikarenakan penyesuaian konsep diri konsumen dengan tingkat gaya hidup yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-brand connection terhadap brand loyalty pada luxury brand Burberry di Indonesia dengan menggunakan brand experience sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden berupa pelanggan yang pernah membeli produk tas Burberry lebih dari satu kali selama lima tahun terakhir dan menggunakan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif sebagai mediasi antara self-brand connection dengan brand loyalty. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dari pengalaman pembelian dapat menjadi proses verifikasi kesesuaian konsep diri pelanggan dengan merek Burberry sehingga menimbulkan rasa loyalitas dari pelanggan itu sendiri.

For the past five years, the upper middle class has experienced a dilemma in purchasing luxury brands. Even so, the sales figures for luxury brands as a whole continue to increase. The increase in sales of luxury brands is due to the adjustment of the consumer's self-concept with a high level of lifestyle. This study aims to analyze the effect of self-brand connection on brand loyalty in the luxury brand Burberry in Indonesia by using brand experience as a mediating variable. This study uses a quantitative approach with respondents in the form of customers who have purchased Burberry bag products more than once during the last five years and using a non-probability sampling technique. The results of this study indicate that brand experience has a positive effect as a mediation between self-brand connection and brand loyalty. This study shows that the value of the buying experience can be a process of verifying the suitability of the customer's self-concept with the Burberry brand so as to create a sense of loyalty from the customer himself.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michael Kendro
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek mewah terhadap preferensi konsumen. Citra merek mewah diketahui mampu memenuhi kebutuhan konsumen akan status sosial dan kekayaan melalui aura kesuksesan dan kemakmuran yang dipancarkan pada penggunanya (Mandel, Petrova, & Cialdini, 2006; Heine & Trommsdorff, 2010). Lebih jauh, Public self-consciousness diduga mampu meningkatkan efek pengaruh citra merek mewah terhadap preferensi konsumen karena dapat membuat seseorang lebih sensitif terhadap pendapat orang lain sehingga cenderung menyesuaikan standar diri dengan standar sosial yang ada (Kassin, Fein, & Markus, 2013). Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain 2 (citra merek: mewah vs non-mewah, within) x 2 (isi kopi: ditukar vs asli, between) mixed design. Dalam penelitian ini, digunakan produk berupa kopi dengan dua merek yang memiliki citra mewah dan non-mewah. Partisipan (n = 63) diminta memberikan rating kopi dan menentukan pilihan di antara kedua merek yang ada. Kemudian efek moderasi dari public self-consciousness diukur menggunakan Revised Self-Consciousness Scale yang dikembangkan oleh Scheier dan Carver (1985). Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek dengan citra mewah mendapatkan skor rating kopi yang lebih tinggi dari merek non-mewah secara signifikan, F (1,61) = 25,142; p < 0,01; η2 = 0,292. Sebaliknya, tingkat public self-consciousness tidak memprediksi pengaruh citra merek terhadap rating kopi mewah, R2 = 0,003; F(1,61) = 0,212, p > 0,05 maupun non-mewah, R2 = 0,007; F(1,61) = 0,414, p > 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa citra merek mewah mempengaruhi preferensi konsumen secara, namun tidak dimoderasi oleh public self-consciousness.

The objective of this study was to determine the effect of luxury brand image to consumer preferences. The image of the luxury brand known to met consumer needs for social status and wealth through the aura of success and prosperity which its emitted at (Mandel, Petrova, and Cialdini, 2006; Heine & Trommsdorff, 2010). Furthermore, public self-consciousness thought to be able to increased the effect of the luxury brand image influence on consumer preferences because it could make a person more sensitive to other people's opinions that tend to adjust themselves to the standard of the existing social standards (Kassin, Fein, & Markus, 2013). This study was an experimental research with 2 (brand image: luxury vs. non-luxury, within) x 2 (content of coffee: original vs. exchanged, between) mixed design. In this study, coffee products with two different brands that has an image of luxury and non-luxury were used. Participants (n = 63) were asked to give ratings of coffee and chose between the two existing brands. Then the moderating effect of public self-consciousness was measured using the Revised Self-Consciousness Scale developed by Scheier and Carver (1985). The results in this study showed that the brand with luxury image got a significantly higher coffee rating score than non-luxury brands, F (1,61) = 25.142; p <0.01; η2 = 0.292. In contrast, the level of public self-consciousness does not predict the effect of brand image on luxury coffee rating, R2 = 0.003; F (1,61) = 0.212, p> 0.05 and non-luxury, R2 = 0.007; F (1,61) = 0.414, p> 0.05. Therefore, it could be concluded that the image of the luxury brand affected consumer preferences, but were not moderated by the public self-consciousness.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55532
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Sari
"The research regarding luxury products in developed economies can be found in many literatures,
on the other hand similar research in developing economies are still limited. Since this topic is still
underexplored, particularly in developing economies, the purpose of this study is to investigate Indonesian
consumers’ perception of two different luxury brands that comes from different countries,
namely BMW (Germany) and Lexus (Japan). Data was collected from diverse Indonesian BMW
and Lexus owners. The consumers’ general brand perception and perceived values of luxury car are
examined in this study. Data analysis used structural equation modeling (SEM). Results indicated
that Indonesian consumers considered Japanese luxury car’s (Lexus) conspicuous value higher than
German luxury car (BMW). Nevertheless, BMW was considered to have higher value in all of the
rest of the aspects studied such as quality value, social value, and hedonic value. Even though so, the
result of the study finds that Lexus owners have a higher purchase intention than BMW owners. The
research concludes that luxury brand perception is highly affecting consumers’ purchase intention in
this luxury automotive industry.
Penelitian mengenai produk mewah (luxury products) di negara maju dapat ditemukan di banyak
literatur, namun penelitian serupa di negara berkembang masih terbatas. Karena topik ini masih
relatif kurang dieksplorasi di negara berkembang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
persepsi konsumen Indonesia mengenai dua merek luxury brands yang berasal dari berbagai
negara, yaitu BMW (Jerman) dan Lexus (Jepang). Data dikumpulkan dari berbagai pemilik BMW
dan Lexus di Indonesia , kemudian penelitian ini meneliti persepsi umum konsumen mengenai merek
dan nilai-nilai yang dirasakan (perceived value) dari merek mobil mewah. Analisis data penelitian
dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) mengungkapkan bahwa bahwa konsumen
Indonesia menganggap mobil mewah Jepang (Lexus) memiliki conspicuous value yang lebih
tinggi dari mobil mewah asal Jerman (BMW). Namun demikian, BMW dianggap memiliki nilai yang
lebih tinggi dalam semua aspek lainnya yang diteliti dalam penelitian ini seperti nilai kualitas (quality
value), nilai sosial (social value), dan nilai hedonis (hedonic value). Meskipun demikian, hasil studi
tersebut menemukan bahwa pemilik Lexus memiliki niat beli lebih tinggi dari pemilik BMW. Hasil
penelitian menyimpulkan bahwa persepsi merek mewah sangat mempengaruhi niat beli konsumen
dalam industri otomotif mewah."
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2014
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>