Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Pertambahan penduduk di Kota Bekasi memacu meningkatnya kebutuhan barang dan jasa. Hal ini menimbulkan munculnya unit-unit pelayanan ekonomi, yaitu pasar. Pasar yang dibahas dalam penelitian ini adalah pasar tradisional yang terdaftar di Dinas Pengelolaan Pasar dan pasar modern yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Bekasi. Lokasi berdirinya pasar modern yang terdapat di Kota Bekasi sejak awal tahun 2000-an telah mempengaruhi adanya pasar tradisional yang sebelumnya sudah melayani penduduk Kota Bekasi. Lokasi berdirinya suatu pasar dipengaruhi oleh aksesibilitas yang terdiri dari jaringan jalan dan trayek angkutan umum. Selain itu terdapat jenis permukiman, jenis mata pencaharian dan tingkat pendidikan penduduk yang dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan penduduk. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data sekunder dari instansi pemerintah Kota Bekasi, pengolahan data dengan menggunakan data sekunder dan peta, serta analisa hasil pengolahan data secara spasial dan deskriptif. Sebagian besar lokasi pasar modern dan pasar tradisional yang terdapat di Kota Bekasi terletak di jalan arteri Kota Bekasi dengan aksesibilitas didominasi oleh trayek angkutan umum lebih dari 8 trayek dan tergolong sangat tinggi pada pasar modern, sedangkan pada pasar tradisional didominasi oleh jumlah trayek angkutan umum kurang dari 3 kendaraan dan termasuk kategori rendah serta trayek angkutan umum antara 3-5 kendaraan dan termasuk kategori sedang. Untuk jenis permukiman, pada radius 500 m dari setiap lokasi kedua jenis pasar didominasi jenis permukiman tidak teratur. Jenis mata pencaharian penduduk pada radius 500 m dari setiap lokasi kedua jenis pasar didominasi jenis mata pencaharian sebagai pegawai swasta atau buruh. Begitu pula untuk tingkat pendidikan penduduk pada sekitar lokasi kedua jenis pasar didominasi oleh pendidikan penduduk pada tingkat smu/sederajat. Kata kunci : karakteristik lokasi, pasar tradisional, pasar modern xiii + 84 Halaman.; 13 Gambar.; 16 Tabel.; 5 Lampiran.; 16 Foto.; 9 Peta. Bibliografi : 33 (1965 ? 2007)
Universitas Indonesia, 2007
S34032
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudianto
Abstrak :
[ABSTRAK
Peran penting Pasar Tradisional dalam perekonomian daerah, mendorong adanya upaya untuk meningkatkan kinerja pasar melalui program revitalisasi pasar tradisional. Program revitalisasi pasar tradisional direalisasikan melalui pembangunan pasar tradisional baru dan/atau memperbaiki fisik pasar tradisional yang ada, mengadakan pelatihan manajemen pengelolaan pasar, dan pendampingan terhadap pengelola, konsumen, serta sosialisasi revitalisasi pasar tradisional. Namun dalam perkembangannya pelaksanaan dari program revitalisasi menyisakan banyak permasalahan seperti rendahnya jumlah pembeli. Dalam penelitian ini fokus utamanya adalah menjawab pertanyaan mengapa pemanfaatan fasilitas di pasar Panggungrejo dan pasar Pucangsawit begitu rendah. Dengan menggunakan metode survei melalui teknik penyebaran kuisioner dan interview secara mendalam (dept interview), dan kemudian dilakukan analisis secara deskriptif maka diperoleh hasil bahwa rendahnya pemanfaatan fasilitas pasar disebabkan oleh faktor lokasi pasar yang tidak strategis, rendahnya jumlah pembeli, kondisi usaha, dan pengelolaan pasar yang kurang baik.;The important role of traditional markets in the regional economy, encourage their efforts to improve the performance of the market through the traditional market revitalization program. Traditional market revitalization program is realized through the development of new markets and improve the physical traditional markets, management training markets, and assistance to managers, consumers and dissemination of traditional market revitalization. But in its development, implementation of revitalization program leaves a lot of problem such as low of buyer. In this study the main focus is to answer the question of why the use of facilities in Panggungrejo and Pucangsawit markets so low. By using the survey method through quetionnaires and interview techniques in depth, and then conducted a descriptive analysis of the obtained results that the low utilization factor of the market caused by the lack of strategic market location, the low number of buyers, bussiness condition, and management of unfavorable market;The important role of traditional markets in the regional economy, encourage their efforts to improve the performance of the market through the traditional market revitalization program. Traditional market revitalization program is realized through the development of new markets and improve the physical traditional markets, management training markets, and assistance to managers, consumers and dissemination of traditional market revitalization. But in its development, implementation of revitalization program leaves a lot of problem such as low of buyer. In this study the main focus is to answer the question of why the use of facilities in Panggungrejo and Pucangsawit markets so low. By using the survey method through quetionnaires and interview techniques in depth, and then conducted a descriptive analysis of the obtained results that the low utilization factor of the market caused by the lack of strategic market location, the low number of buyers, bussiness condition, and management of unfavorable market, The important role of traditional markets in the regional economy, encourage their efforts to improve the performance of the market through the traditional market revitalization program. Traditional market revitalization program is realized through the development of new markets and improve the physical traditional markets, management training markets, and assistance to managers, consumers and dissemination of traditional market revitalization. But in its development, implementation of revitalization program leaves a lot of problem such as low of buyer. In this study the main focus is to answer the question of why the use of facilities in Panggungrejo and Pucangsawit markets so low. By using the survey method through quetionnaires and interview techniques in depth, and then conducted a descriptive analysis of the obtained results that the low utilization factor of the market caused by the lack of strategic market location, the low number of buyers, bussiness condition, and management of unfavorable market]
2015
T43000
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrina Nabilah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik lokasi Pasar Kaget di Kota Depok berdasarkan site dan situation, karakteristik pengunjung, dan motivasi pengunjung. Metode yang digunakan adalah analisa spasial dan deskriptif yang akan dihubungkan dengan karakteristik dan motivasi pengunjung. Kesimpulan dari hasil analisis yaitu: 1. Karakteristik lokasi Pasar Kaget paling dominan adalah Pasar Kaget dengan tipe "rendah bervariatif" serta berada di situation dengan permukiman teratur dan tidak ada trayek angkutan umum yang melewati lokasi Pasar Kaget. 2. Karakteristik pengunjung paling dominan adalah para pengunjung yang berasal dari dalam Kota Depok serta komoditas barang yang dibeli yaitu non makanan. Motivasi pengunjung yang paling dominan di Pasar Kaget adalah pengunjung dengan orientasi rekreasi. 3. Pasar Kaget "tinggi bervariatif" yang berada di pola permukiman tidak teratur serta ada trayek, Pasar Kaget "rendah bervariatif" yang berada di pola permukiman teratur serta tidak ada trayek, dan Pasar Kaget "rendah tidak bervariatif" yang berada di pola permukiman tidak teratur serta ada trayek, ketiganya masing-masing memiliki pengunjung yang berasal dari dalam Kota Depok serta komoditas barang yang dibeli yaitu non makanan dengan motivasi pengunjung berupa orientasi rekreasi. Pasar Kaget "rendah bervariatif" yang berada di pola permukiman teratur serta tidak ada trayek dengan motivasi pengunjung yaitu orientasi ekonomi dan Pasar Kaget "rendah bervariatif" yang berada di pola permukiman tidak teratur serta tidak ada trayek dengan motivasi pengunjung yaitu orientasi rekreasi, keduanya masing-masing memiliki pengunjung yang berasal dari dalam Kota Depok serta komoditas barang yang dibeli yaitu non makanan serta makanan. Pasar Kaget "tinggi bervariatif" yang berada di pola permukiman teratur serta tidak ada trayek, memiliki pengunjung yang berasal dari dalam Kota Depok serta komoditas barang yang dibeli berupa non makanan dengan motivasi pengunjung yaitu orientasi ekonomi.
This study aims to analyze the characteristics of the location of Pasar Kaget in Depok City based on site and situation, characteristics of visitors, and motivation of visitors. The method used spatial and descriptive analysis that will be connected with the characteristics and motivation of the visitors. The results of the analysis are: 1. The most dominant characteristics of the location is Pasar Kaget with the type low vary as well as in the regular settlements situation and there is no public transport route that passes the location. 2. The most dominant visitors who came from Depok City with the commodity items purchased are non food. 3. Pasar Kaget with the type high vary as well as in the irregular settlement situation and there is a public transport route, Pasar Kaget with the type low vary rdquo as well as in the regular settlements situation and there is no public transport route, and Pasar Kaget with the type low not vary as well as in the irregular settlements situation and there is no public transport routes, each has a visitor who came from Depok City and the commodity items purchased are non food with the motivation of visitors is recreation. Pasar Kaget with the type low vary as well as in the regular settlements situation and there is no public transportation route with the motivation of visitors is economic and Pasar Kaget with the type low vary as well as in the irregular settlements situation and there is no public transportation route with the motivation of visitors is recreation with the visitors who come from Depok City and the commodity items purchased is non food and food. Pasar Kaget with the type high vary as well as in a regular settlement situation and there is no public transportation route is have a visitors who came from Depok City as well as the commodity items purchased is non food with motivation of visitor is economic.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2017
S68208
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library