Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shafira Rahma Humairah
"ABSTRAK
Lithium Titanate (Li4Ti5O12) merupakan material anoda digunakan untuk penelitian yang dapat membawa suatu inovasi yang terbaru. Sintesis Li4Ti5O12 telah banyak diteliti karena merupakan material yang menjanjikan sebagai anoda baterai ion lithium dibandingkan dengan anoda konvensional lainnya. Pada penelitian ini dilakukan sintesis Li4Ti5O12 dengan variasi silikon 0%,15%,30%,40% dan penambahan Lithium dimana gunanya untuk mengkompeensasi hilangnya Lithium saat pemrosesan berlangsung. Silikon merupakan material yang memiliki kapasitas penyimpanan yang tinggi. Sehingga dengan ditambahkannya silikon pada material Li4Ti5O12 akan meningkatkan kapasitas dari baterai li-ion. Penelitian ini dimulai dari proses sintesa material Si/Li4Ti5O12. Pada material anoda dilakukan pengujian XRD,. Pada proses sintering terjadi pengecilan porositas dan degasing dan Semakin bertambahnya kadar silikon maka akan semakin kecil luas permukaan butir. kristalinitas TiO2 tidak berubah secara signifikan dan kristalinitas Li4Ti5O12 menurun seiring dengan meningkatnya penambahan silicon dan untuk mengetahui konduktifitas serta impedansi nya dilakukan dengan metode electrochemical impedance spectroscopy

ABSTRACT
Lithium Titanate (Li4Ti5O12) an anode material that brings new innovation Synthesis Li4Ti5O12 has been widely investigated as a promising material as an anode of lithium ion batteries compared to other conventional anode with variation of si (0%,15%,30%,40%). Silicon is a material that has a high storage capacity. So with the addition of silicon on Li4Ti5O12 material will increase the capacity of li-ion battery. This research started from the synthesis process material Li4Ti5O12. the anode material testing XRD,. In the sintering process occurs and shrinkage porosity and degasing The increasing levels of silicon it will be the smaller the surface area of the grain. crystallinity TiO2 did not change significantly and the crystallinity Li4Ti5O12 decreased with increasing addition of silicon. to determine the conductivity and its impedance is done by the method of electrochemical impedance spectroscopy.
"
2016
S62648
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pierre Wolter Winowatan
"Pembuatan komposit Li4Ti5O12-Sn nano/Grafin telah berhasil dilakukan sebagai material anoda pada baterai ion litium. Penambahan material grafin komersial dengan variasi berat 1%, 3% dan 5% dan waktu sonikasi selama 45 menit dan 75 menit telah dilaksanakan. Sintesis dari  Li4Ti5O12 dilakukan dengan membuat prekursor TiO2 menggunakan metode sol-gel dan sudah dikalsinasi yang dicampurkan dengan LiOH dengan metode solid-state reaction dan proses sintering. Material Li4Ti5O12 dicampurkan dengan serbuk Sn nano dengan berat 10% untuk mendapatkan material komposit Li4Ti5O12-Sn nano. Pembuatan komposit Li4Ti5O12-Sn nano/Grafin dimulai dari penambahan variasi berat grafin komersial yang berbeda dengan metode wet milling menggunakan planetary ball mill selama 1 jam dan dilanjutkan dengan proses sonikasi menggunakan ultrasonic homogenizer dengan variasi waktu berbeda sebelum akhirnya dilakukan kalsinasi menggunakan vacuum furnace dengan gas N2 pada temperatur 500°C selama 5 jam. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan performa dilihat dari kapasitas spesifik dari komposit Li4Ti5O12-Sn nano dengan penambahan berat grafin yang optimum pada 5% dengan waktu sonikasi 75 menit walaupun terdapat beberapa pengotor yang terdeteksi pada hasil pengujian XRD. Secara umum performa baterai sangat baik pada siklus yang tinggi dengan pengurangan discharge capacity yang minor dan dengan penambahan grafin dapat meningkatkan kapasitas spesifik dari material komposit Li4Ti5O12-Sn nano.

The synthesis of Li4Ti5O12-Sn nano/Graphene composite has been successfully carried out as an anode material for lithium-ion battery. The addition of commercial graphene with a weight variation of 1%, 3% and 5% and sonication time of 45 minutes and 75 minutes has been done successfully. Synthesis of Li4Ti5O12 is done by making TiO2 precursors using sol-gel method and has been calcined, followed by solid-state reaction with LiOH sintering process. The Li4Ti5O12 material is mixed with Sn nano powder with a weight of 10% to obtain L4Ti5O12-Sn nano composite material. Production of Li4Ti5O12-Sn nano/Graphene composites start from mixing different commercial graphene weight variations by wet milling method using planetary ball mill for 1 hour and continued with sonication process using ultrasonic homogenizer with different time variations before calcination process using a vacuum furnace with N2 gas at 500°C for 5 hours. Li4Ti5O12-Sn nano with an optimal maximum weight at 5% with a sonication time of 75 minutes including some impurities reported on the XRD results. In general, the battery samples are very good at high cycles with overall small capacity fade."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Salaam
"Litium Titanat (Li4Ti5O12) memiliki beberapa kelebihan : sifat zero strain, charge-discharge yang panjang, tidak menimbulkan SEI (Solid Electrolyte Interphase). Namun Litium Titanat (LTO) memiliki kapasitas yang rendah (10-9 S cmn-1), dimana diatasi melalui pembuatan komposit dengan material lain. Grafit memiliki kapasitas spesifik yang besar, 372 mAh/g. Penambahan ZnO dapat meningkatkan kapasitas dan konduktivitas.
Penelitian ini berfokus mengetahui pengaruh penambahan ZnO variasi 3%, 5%, dan 7% dengan konsentrasi grafit tetap sebesar 5% sintesis solid state dengan sampel pembanding neat LTO dan LTO/Grafit disertai penambahan serbuk LiOH sebesar 6%. XRD menunjukkan adanya Li4Ti5O12 yang terbentuk, dengan ukuran kristalit terbesar pada LTO/Grafit-ZnO 3%. Hasil EIS menunjukkan LTO/Grafit-ZnO 5% memiliki konduktivitas terbaik.
Hasil CV menunjukkan Eo terbesar pada 3%, dan uji CV menghasilkan kapasitas spesifik yang lebih besar dari pengujian CD akibat C rate yang lebih besar, dengan kapasitas spesifik tertinggi CV pada LTO/Grafit-ZnO 3%, dan kapasitas terbesar CD pada LTO/Grafit-ZnO 5%, tidak terlalu jauh dengan kapasitas LTO/Grafit-ZnO 3%.
Perhitungan retensi menunjukkan LTO/Grafit-ZnO 3% memiliki rate capability baik sehingga tahan lama. Ketiga sampel memiliki efisiensi coulomb tinggi, sehingga tidak ada energi yang hilang selama charge-discharge. Meninjau hasil penelitian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan hasil yang optimal dalam meningkatkan konduktivitas serta kapasitas.

Lithium Titanate (L4Ti5O12) has several advantages, zero strain, good charge-discharge stability, and does not form SEI (Solid Electrolyte Interphase). However, LTO has low specific capacity (10-9 S cmn-1), and to improve that is to make a composite with another materials. Graphite has high specific capacity, 372 mAh/g, and the addition of ZnO would enhanced the capacity and conductivity.
This research focused on examined the effect of ZnO by various concentration 3%, 5% and 7% with a fixed concentration of graphite 5% by using solid state method and make a comparison between the neat LTO along with LTO/Graphite with the addition of excess LiOH 6% for LTO. XRD shows the presence of Li4Ti5O12 on each samples with the biggest crystallite size found in LTO/Graphite-ZnO 3%.
EIS shows LTO/Graphite-ZnO 5% has the best conductivity, and CV shows that LTO/Graphite-ZnO 3% has the biggest specific capacity. CD shows LTO/Graphite-ZnO 5% has the biggest capacity, with a little deviation form LTO/Graphite-ZnO 3%.
Retention indicate the LTO/Graphite-ZnO 3% has good rate capability, and all the samples have good coulumbic efficiency, indicates no energy lost during charge-discharge. Reveiweing the results, further research is need to obtained the best results.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anne Zulfia Syahrial
"Lithium titanate, Li4Ti5O12 (LTO) is a promising candidate as lithium ion battery anode material. In this investigation, LTO was synthesized by a solid state method using TiO2 xerogel prepared by the sol-gel method and lithium carbonate (Li2CO3). Three variations of Li2CO3 content addition in mol% or Li2CO3 molar excess were fabricated, i.e., 0, 50 and 100%, labelled as sample LTO-1, LTO-2 and LTO-3, respectively. The characterizations were made using XRD, FESEM, and BET testing. These were performed to observe the effect of lithium excess addition on structure, morphology, and surface area of the resulting samples. Results showed that the crystallite size and surface area of each sample was 50.80 nm, 17.86 m2/gr for LTO-1; 53.14 nm, 22.53 m2/gr for LTO-2; and 38.09 nm, 16.80 m2/gr for LTO-3. Furthermore, lithium excess caused the formation of impure compound Li2TiO3, while a very small amount of rutile TiO2 was found in LTO-1. A near-pure crystalline Li4Ti5O12 compound was successfully synthesized using the present method with stoichiometric composition with 0% excess, indicating very little Li+ loss during the sintering process."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2016
UI-IJTECH 7:3 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Puthut Bayu Murti
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi energi ramah lingkungan seperti sel surya, wind energy,
dan lain-lain mendorong perkembangan media penyimpanan energi (baterai) yang
lebih efisien. Lithium Titanate atau Li4Ti5O12 merupakan salah satu material anoda
yang sedang dikembangkan guna menciptakan baterai yang efisien. Hal ini
dikarenakan Lithium Titanate memiliki sifat zero-strain yang menyebabkan
Li4Ti5O12 memiliki kestabilan yang baik. Di sisi lain, Lithium Titanate memiliki
konduktivitas yang rendah sehingga kemampuan baterai pada kondisi C-rate yang
tinggi menjadi berkurang. Pada penelitian ini dilakukan percobaan dengan variasi
kadar acetylen black yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar acetylen
black yang diberikan terhadap konduktivitas dan performa baterai lithium. Variasi
acetylen black dilakukan dengan mengubah rasio berat lembaran anoda Li4Ti5O12
menjadi 3, yakni 9:0,5:0,5 untuk LTO-HT2 AC 0.5, 8:1:1 untuk LTO-HT2 AC 1
dan 7:1,5:1,5 untuk LTO-HT2 AC 1.5. Li4Ti5O12 yang digunakan pada penelitian
ini merupakan Li4Ti5O12 hasil sintesa dengan metode Sol-gel yang diikuti oleh
metode hidrotermal-ballmill. Pengujian XRD, SEM dan BET dilakukan pada
serbuk Li4Ti5O12 guna mengetahui kualitas serbuk yang dihasilkan. Serbuk
Li4Ti5O12 kemudian di mixing, coating, stacking, filling dan crimping hingga
terbentuk baterai lithium setengah sel berbentuk koin. Baterai kemudian diuji
performa nya dengan EIS, CV dan CD. Dari pengujian maka akan terlihat
konduktivitas, kemampuan difusi ion lithium, reversibilitas reaksi, coulombic
efficiency dan rate capability dari baterai. Dengan penambahan acetylen black yang
sesuai, maka performa optimum dari baterai dapat dicapai

ABSTRACT
The development of green environmentally technology like solar cell, wind energy
and any others push (encourage) the development of more efficient storage energy
(battery). Lithium Titanate or Li4Ti5O12 is one of anode material that has been
developed to create more efficient battery. It?s because Lithium Titanate has zerostrain
properties that cause the Li4Ti5O12 have good stability. Other than that,
Lithium Titanate has low conductivity that makes the ability of battery at high crate
condition to be reduced. In this study will be done an experiment with variety
of acetylene black level that aim to know the effect of acetylene black level which
given to conductivity and perform of lithium battery. Variation of acetylene black
is done by changing the weight of anode sheet Li4Ti5O12 to 3, which is 9:0,5:0,5 for
LTO-HT2 AC 0.5, 8:1:1 for LTO-HT2 AC 1, and 7:1,5:1,5 for LTO-HT2 AC 1.5.
Li4Ti5O12 which used in this study is Li4Ti5O12 result from synthesis with sol-gel
method followed by hidrotermal-ballmill method. XRD, SEM and BET testing is
done at Li4Ti5O12 powder to know the result of powder quality. The Li4Ti5O12
powder and then do the mixing, coating, stacking, filling and crimping until lithium
battery formed a half cell like a coin. The Battery is tested it?s performance by doing
EIS, CV and CD. From that test can be seen the conductivity, the ability of lithium
ion difusion, reaction of reversibility, coulombic efficiency and rate capability of
battery. With the adding of appropiate acetylene black, the optimum performance
can be obtain;"
2016
S65630
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Netta Claudia
"Salah satu anoda yang dewasa ini banyak dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas dan performa baterai ion litium adalah anoda litium titanat (Li4Ti5O12). Anoda litium titanat memiliki kelebihan dalam aspek kestabilan termal dan karakteristik zero strain. Kekurangan dari material ini, yaitu konduktivitas listrik dan kapasitas yang rendah. Pada penelitian ini akan diobservasi perubahan karakteristik dari material anoda litium titanat yang dibuat menjadi komposit dengan grafit dan doping Fe dengan variasi konsentrasi 0,1, dan 5 mol%. Sintesis dilakukan dengan metode solid state dan hasil sintesis dikarakterisasi menggunakan XRD dan SEM, kemudian difabrikasi menjadi koin sel untuk dilakukan pengujian performa dengan EIS, CV, dan CD.

One of many anodes currently being developed to increase the capacity and performance of lithium ion batteries is lithium titanate anode (Li4Ti5O12). The lithium titanate anode has advantages in its thermal stability and zero strain characteristic. The main disadvantages of this material are the low electrical conductivity and capacity. This research will be observing the characteristic changes of the lithium titanate material made into composites with graphite (5 wt%) and iron (Fe) doping with concentrations of 0,1, and 5 mol%. The synthesis was carried out by solid state method and the synthesized material was characterized using XRD and SEM, then fabricated into cell coins for performance testing with EIS, CV, and CD."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Pranoto Nugroho
"Litium titanat merupakan salah satu senyawa yang digunakan sebagai anoda pada baterai litium ion. Senyawa ini disintesis dengan menggunakan metode solid state dengan mencampurkan xerogel TiO2 yang dihasilkan dari metode sol-gel dengan rasio hidrolisis Rw 2,00, dan litium karbonat (Li2CO3) sebagai sumber lithium dan dilakukan sintering pada suhu 650°C. Pada penelitian ini, xerogel TiO2 dicampurkan dengan empat variasi komposisi litium yaitu stoikiometris, excess 5%, excess 10%, dan excess 15% pada High-Energy Ball Miller (HEBM) selama 1 jam. Pengaruh dari masing-masing komposisi diamati dengan X-ray diffraction (XRD), Brunauer-Emmet-Teller (BET), Simultaneous Thermal Analysis (STA) dan Scanning Electron Microscope (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komposisi litium stoikiometris dihasilkan senyawa Li4Ti5O12 dengan ukuran kristalit 19,19 nm, luas permukaan 11,47 m2/g, struktur morfologi tidak beraturan (aglomerasi). Pada komposisi litium excess 5% dihasilkan Li4Ti5O12 dengan ukuran kristalit 41,55 nm, luas permukaan 58,80 m2/g, dan sturktur morfologi tidak beraturan (aglomerasi). Pada komposisi litium excess 10% dihasilkan senyawa Li4Ti5O12 dengan ukuran kristalit 43,12 nm, luas permukaan 72,06 m2/g, dan struktur morfologi tidak beraturan (aglomerasi). Sedangkan, pada komposisi litium excess 15% dihasilkan senyawa Li4Ti5O12 dengan ukuran kristalit 50,31 nm, luas permukaan 9,06 m2/g, dan struktur morfologi tidak beraturan (aglomerasi).

Lithium titanate (Li4Ti5O12)/LTO is one of the compounds used as anodes in lithium ion batteries. This compound is synthesized using solid state method by mixing TiO2 anatase prepared by sol-gel method with hydrolisis ratio Rw 2,00 calcined at 300oC for 2 h and lithium carbonate (Li2CO3) as a source of lithium and then sintering is performed at 650oC. The TiO2 anatase are mixed with stoichiometric, 5% excess, 10% excess, and 15% excess lithium compositions in High-Energy Ball Miller (HEBM) for 1 h. The compounds obtained are observed using X-ray diffraction (XRD), Brunauer-Emmet-Teller (BET), Simultaneous Thermal Analysis (STA) and Scanning Electron Microscope (SEM).
The results showed the compounds of Li2TiO3, TiO2 rutile, and small amount of Li4Ti5O12 with irregular morphological structures (agglomeration). The stoichiometric lithium compositions produces average crystallite sizes 19,19 nm and surface area 11,47 m2/g. Then, the 5% excess lithium compositions produces average crystallite sizes 41,55 nm and surface area 58,80 m2/g. Further, the 10% excess lithium compositions produces average crystallite sizes 43,12 nm and surface area 72,06 m2/g. Finally, the 15% excess lithium compositions produces average crystallite sizes 50,31 nm and surface area 9,06 m2/g.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60325
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Musthafa Mursyid
"ABSTRAK
Li4Ti5O12 lithium titanate merupakan salah satu material anoda yang mempunyai performa yang cukup baik karena tidak mengalami SEI Solid Electrolyte Interface . Li4Ti5O12 disintesis menggunakan metode sol-gel dan Solid state dengan memakai sumber ion lithium LiCO3. SiOC merupakan material keramik yang disintesis dari silicon oil untuk memperbaiki kelemahan Li4Ti5O12. Silikon oil dicampurkan secara langsung dengan Li4Ti5O12 dan diaduk didalam beaker glass, kemudian dilakukan pemanasan pada suhu 350oC.. XRD menunjukan adanya fasa spinel LTO, TiO2 dan dengan kadar Si kristalin sangat sedikit. Melalui perhitungan didapatkan ukuran partikel Li4Ti5O12 sebesar 0,08 ?m. SEM-EDX menunjukan persebaran unsur-unsur pada sampel, dimana Si, C, dan O merupakan unsur utama penyusun SiOC. Pada pengujian EIS, penambahan kadar silicon oil menyebabkan Nilai hambatan dari material anoda LTO meningkat artinya konduktivitas dari material anoda mengalami penurunan. Pada pengujian CV, penambahan kadar silicon oil menurunkan kapasitas spesifik dari baterai, disebabkan oleh penurunan kualitas LTO ketika dilakukan pemanasan lanjut dan terbentuknya produk samping pengotor dari silicon oil tersebut yang menghambat pergerakan ion litium ketika proses litiasi dan delitiasi.

ABSTRAK
Li4Ti5O12 lithium titanate is one of the most promising material for anode, because reducing the form of SEI. Li4Ti5O12 were synthesized by sol gel and solid state method with LiCO3 as lithium ion source. SiOC is a ceramic material that synthesized from silicon oil to overcome the weakness of Li4Ti5O12. Silicon oil is adding to Li4Ti5O12 powder and mixed in the beaker glass, subsequently heated at 350oC. XRD shows the existed of LTO spinel, TiO2 and small amount of Si crystalline. From calculation the size of Li4Ti5O12 particle is measured the value is 0,08 m. SEM EDX shows the distribution of element on the sample, where Si, O, and C are the main element that construct the SiOC ceramic. The lowest electrolyte resistance obtained at pure Li4Ti5O12. With the increasing silicon oil value, the specific capacity of battery decreased from CV. It is because of heated the quality of Li4Ti5O12 is decreased and forming a side product that inhibit the movement of lithium ion during lithiation and delithiation."
2017
S68032
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simamora, Ebsan
"ABSTRAK
Litium titanat (Li4Ti5O12)/LTO merupakan senyawa yang digunakan sebagai anoda baterai litium ion. Untuk meningkatkan performa baterai litium ion maka dilakukan material komposit pada LTO yaitu LTO nanorod/Sn-grafit. Penelitian ini membahas pengaruh variasi temperatur hidrotermal pada Li4Ti5O12 nanorod dan variasi persen berat timah (Sn) pada Li4Ti5O12 nanorod/Sn -grafit sebagai anoda baterai litium. Variasi temperatur hidrotermal pada sintesis LTO nanorod adalah 2000 C, 2200 C, dan 2400 C. Variasi komposisi persen berat Sn adalah 5%, 7,5%,dan 10%. Sementara persen berat grafit adalah konstan sebesar 10%. Karakterisasi material dilakukan dengan XRD dan SEM. Analisis performa baterai dilakukan dengan pengujian EIS, CV, dan CD. Hasil pengujian XRD menunjukkkan terdapat senyawa LTO nanorod, TiO2 rutile, Li2TiO3, Sn dan grafit. Hasil pengujian SEM menunjukkan tidak ada aglomerasi yang terbentuk dan semakin tinggi temperatur hidrotermal maka bentuk LTO nanorod semakin jelas. Hasil pengujian EIS menunjukkan penambahan persen berat Sn menurunkan nilai konduktivitas. Nilai konduktivitas berbanding terbalik dengan nilai resistivitas (Rct). Nilai konduktivitas tertinggi pada sampel L240Sn5
dengan nilai Rct 58,04 Ω . Hasil pengujian CD menunjukkan bahwa material Sn pada komposit meningkatkan nilai kapasitas baterai. Tetapi penambahan persen berat Sn akan menurunkan nilai kapasitas baterai secara drastis seperti terlihat di nilai C-rates sampel. Hasil pengujian CV menunjukkan nilai kapasitas yang paling tinggi adalah 179,38 Mah/g yaitu pada sampel L220Sn7,5. Nilai sampel paling rendah adalah 130,02 Mah/g pada sampel L200Sn7,5. Tegangan kerja yang paling baik adalah 1,5585 V pada sampel L240Sn5. Tegangan kerja pada sampel ini mendekati tegangan kerja nominal LTO yaitu 1,55V. Variasi Sn pada komposit LTO nanorod/Sn-grafit yang paling baik adalah 5 % (L240Sn5-G10).

ABSTRACT
Lithium titanate (Li4Ti5O12) / LTO is a compound used as an anode for lithium ion batteries. To improve the performance of lithium ion batteries, composite materials are carried out on LTO, namely LTO nanorod / Sn-graphite. This study discusses the effect of hydrothermal temperature variations on Li4Ti5O12 nanorods and variations in the weight percent of Sn on Li4Ti5O12 nanorod / Sn-graphite as an lithium battery anode. Hydrothermal temperature variations in the synthesis of LTO nanorods are 2000 C, 2200 C, and 2400 C. The variation of the composition of weight percent Sn is 5%, 7.5%, and 10%. While graphite weight percent is constant at 10%. Material characterization is done by using XRD and SEM. The performance analysis of the battery is done by testing the EIS, CV, and CD. The XRD test results showed that there are compounds of LTO nanorod, rutile TiO2, Li2TiO3, Sn and graphite. SEM test results show that no agglomerates are formed and the higher the hydrothermal temperature, the more clear the shape of the LTO nanorod. The EIS test results show that the addition of weight percent Sn decreases the conductivity value. The conductivity value is inversely proportional to the resistivity value (Rct). The highest conductivity value in the L240Sn5 sample with an Rct value of 58.04 Ω. The CD test results show that the Sn material on the composite increases the value of the battery capacity. But the addition of weight percent Sn will reduce the value of battery capacity drastically as seen in the sample C-rates. The CV test results show the highest capacity value is 179.38 Mah / g, ie in the L220Sn7.5 sample. The lowest sample value is 130.02 Mah / g in the L200Sn7.5 sample. The best working voltage is 1.5585 V in the L240Sn5 sample. The working voltage in this sample approaches the nominal working voltage of LTO which is 1.55V. The best variation of Sn in LTO nanorod / Sn-graphite composites is 5% (L240Sn5-G10)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mu`Amar Fadil Azhar
"Baterai ion lithium merupakan baterai yang dapat diisi ulang yang umum digunakan apabila dibandingkan dengan baterai lain karena memiliki densitas energi yang tinggi dan umur pakai yang relatif panjang. Baterai lithium ion disusun oleh empat bagian utama yaitu elektroda negatif atau anoda, elektoda positif atau katoda, elektrolit, dan separator. Selain mengutamakan performa elektrokimia dan kinerja yang tinggi, keberlanjutan dan keramahan lingkungan juga perlu diperhatikan dalam proses pembuatan elektroda baterai. Salah satu upaya untuk meningkatkan keramahan lingkungan tersebut adalah dengan menggunakan binder yang ramah lingkungan. Penggunaan water based binder dapat digunakan sebagai alternatif dengan kelebihannya yaitu biaya yang lebih murah dan ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa baterai. Pada penelitian ini digunakan Li4Ti5O12 dengan campuran Sn Mikro dalam struktur anoda dengan variasi penggunaan pengikat berbasis air untuk mengetahui pengaruh terhadap morfologi, ukuran partikel, struktur, dan performa elektrokimia pada baterai anoda LTO dengan menggunakan zat tambahan Sn Mikro. Pengamatan SEM menunjukan morfologi yang lebih halus ditandai dengan ukuran partikel yang seragam walau masih terdapat agglomerasi di beberapa titik. Hal ini akan berpengaruh kepada performa elektrokimia baterai yang mana menghasilkan baterai dengan konduktivitas yang baik dan juga kapasitas charge-discharge yang tinggi. Sampel dengan penggunaa binder Sodium Alginate menjadi parameter optimum dengan kapasitas charge-discharge sebesar 154,7 mAh/g.

Lithium ion batteries are rechargeable batteries that are commonly used when compared to other batteries due to their high energy density and relatively long service life. Lithium ion batteries are composed of four main parts, namely the negative electrode or anode, positive electrode or cathode, electrolyte, and separator. In addition to prioritizing electrochemical performance and high performance, sustainability and environmental friendliness also need to be considered in the process of making battery electrodes. One of the efforts to improve environmental friendliness is to use environmentally friendly binders. The use of water-based binders can be used as an alternative with the advantages of being cheaper and environmentally friendly without compromising battery performance. In this study, Li4Ti5O12 with a mixture of Sn Micro in the anode structure with variations in the use of a water-based binder was used to determine the effect on the morphology, particle size, structure, and electrochemical performance of the LTO anode battery using Sn Micro additives. SEM observations showed a smoother morphology characterized by uniform particle size, although there was still agglomeration at some points. This will affect the electrochemical performance of the battery, which results in a battery with good conductivity and also a high charge-discharge capacity. Samples using Sodium Alginate binder became the optimum parameter, with a charge-discharge capacity of 154.7 mAh/g."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>