Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Sandell, Rolf
London: Academic Press, 1977
401.9 SAN l
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Sinaga, Lydia Agustina
"Penelitian terdahulu menemukan bahwa penggunaan fitur linguistik (emosionalitas, kompleksitas, dan informalitas) berdampak positif terhadap keberhasilan komunikator media sosial dalam membujuk dan menarik audiens. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan gaya bahasa yang digunakan oleh influencer pasar modal di media sosial. Menggunakan 5.170 postingan instagram yang diambil dari lima sampel studi influencer individu dan 4.149 postingan instagram perusahaan sekuritas (institusi), kami menggunakan metode penambangan teks untuk mengidentifikasi fitur linguistik yang digunakan oleh influencer dan membandingkan karakteristik fitur linguistik yang digunakan oleh influencer individu dan influencer institusi. Hasilnya menunjukkan bahwa influencer individu lebih banyak mengadopsi pola linguistik yang bersifat persuasif dibandingkan institusi yaitu menggunakan lebih banyak emosionalitas, lebih sedikit kompleksitas dan lebih informal. Studi ini memberikan kontribusi pada literatur yang berkaitan dengan strategi pengaruh media sosial, khususnya dalam menggambarkan fitur linguistik yang digunakan oleh influencer media sosial (influencer individu dan institusi).
Previous research found the use of post-linguistic features (emotionality, complexity, and informality) affect social media communicators success in persuading and attracting audiences. Therefore, this study aims to explore the differences in linguistic styles used in persuasive communication adopted by capital market social media influencers. Using 5.710 instagram posts from a sample of five influencers and 4.149 instagram posts from a sample of five securities companies, we applied a text mining method to identify linguistic features used by the influencers and compare the characteristics of linguistic features used by individual influencers and institutional influencers. The results suggest that individual influencers adopt more persuasive linguistic model than institution influencers. This study contributes to the literature pertaining to social media influence strategy, particularly in describing the linguistic features used by social media influencers (individual and institutional influencers). "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rasyid Prawiracakti
"Pengakomodasian gaya bahasa yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep pada media sosial-nya merupakan salah satu strategi pemasaran yang ditargetkan untuk Generasi MZ. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Linguistic Style Matching terhadap tingkat kepercayaan (Brand Trust) pengguna Instagram terhadap Kaesang Pangarep, selaku Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia yang menggunakan teknik convergent pada pengakomodasian gaya bahasanya (gaya bahasa yang mengikuti audiens). Pada penelitian ini, kedua variabel tersebut diuji melalui variabel mediasi Perceived Relationship Investment yang terdiri dari (1) Quality of Interaction, (2) Benevolence, dan (3) Perceived Interaction Effort. Kuesioner disebar melalui fitur direct message Instagram kepada 250 pengikut Kaesang Pangarep (@kaesangp) dengan rincian 125 responden Generasi Milenial dan 125 responden Gen Z. Pre-test dilakukan sebelum penelitian utama untuk menguji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS 20.0. Lalu, analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SMARTPLS-3. Hasil dari penelitian menunjukkan tiga dari empat hipotesis yang ada di dalam penelitian ini memiliki hubungan positif dan signifikan. Hipotesis yang ditolak adalah pengaruh antara Extent of Accommodation dengan Brand Trust. Studi ini memberikan rekomendasi dalam lingkup pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan (Brand Trust) menggunakan strategi pemasaran pengakomodasian gaya bahasa Generasi MZ pada interaksi sosial media yang juga diselaraskan dengan kualitas interaksi, intensi kebaikan, dan usaha interaksi yang baik.
Accommodating language styles carried out by Kaesang Pangarep on his social media is one of the marketing strategies targeted at the MZ Generation. This research aims to analyze the influence of Linguistic Style Matching on the level of trust (Brand Trust) of Instagram users towards Kaesang Pangarep, as General Chair of the Indonesian Solidarity Party, who uses convergent techniques to accommodate his language style (a language style that follows the audience). In this research, these two variables were tested through the mediating variable Perceived Relationship Investment which consists of (1) Quality of Interaction, (2) Benevolence, and (3) Perceived Interaction Effort. The questionnaire was distributed via the Instagram direct message feature to 250 followers of Kaesang Pangarep (@kaesangp) with details of 125 Millennial Generation respondents and 125 Gen Z respondents. The pre-test was carried out before the main research to test validity and reliability using SPSS 20.0. Then, data analysis using SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) with data processing using SMARTPLS-3 software. The results of the research show that three of the four hypotheses in this study have a positive and significant relationship. The hypothesis that is rejected is the influence between Extent of Accommodation and Brand Trust. This study provides recommendations within the scope of marketing to increase trust (Brand Trust) using a marketing strategy that accommodates the language style of the MZ Generation in social media interactions which is also aligned with the quality of interactions, good intentions and good interaction efforts."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library