Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rut Puspaningtyas Suntarto
Abstrak :
Fenomena kegagalan piping erosion sering terjadi pada struktur bendungan tanah. Partikel tanah dari bendungan yang terus tergerus ini lama-kelamaan menyebabkan terbentuknya rongga seperti pipa. Penelitian ini akan mengamati interaksi antara partikel pipe wall yang terbentuk dengan aliran air yang terjadi. Studi permodelan ini menggunakan metode numerik Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) dengan platform DualSPHysics dan aliran diasumsikan dalam kondisi laminar dengan Re 100 dan 200. Partikel yang diamati pertama kali adalah 1 partikel dalam bentuk lingkaran sempurna untuk mengamati terlebih dahulu volum kontrol yang paling tepat dalam penelitian ini. Pada studi ini didapati semakin besar parameter geometri dari volum kontrol yang digunakan, hasil semakin mendekati hasil literatur. Akurasi permodelan ditingkatkan dengan memperpanjang waktu simulasi untuk memastikan bahwa partikel sudah memenuhi volum control sehingga aliran sudah stabil. Model lain yang diamati juga adalah dua partikel dengan posisi dan jarak yang berbeda untuk mengamati pengaruhnya terhadap variabel koefisien drag, koefisien lift, dan Strouhal Number yang dialami masing – masing partikel. Pada studi ini didapati bahwa semakin jauh jarak antar partikel bersebelahan, semakin kecil juga gaya sehingga mempengaruhi juga koefisien drag, koefisien lift. Semakin jauh partikel vortex yang terbentuk menjadi semakin mendekati frekuensi single cylinder dan hal ini mempengaruhi Strouhal Number yang dialami oleh partikel. ......Failure that frequently happened in earth dam structures is internal piping erosion happens when soil particles of the earth dam eroded continuously and it creates a hollow space in a form of a pipe. This study will observe the interaction between the solid particles with water flow. This modeling study will use Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) as a numerical approach with DualSPHysics platform and the flow assumed as a laminar flow with Re of 100 and 200. The first model observed in this study is one circular-shaped solid particle against water flow. It’s found that by increasing the size of volume control, the output will have higher accuracy. Accuracy of this model is also improved by elongating the maximum time simulation. The next model simulated is two solid particles against water flow with different distances to observe how it affects the drag coefficient, lift coefficient, and strouhal number of each particle. In this study, it’s found that by increasing the distance between the two particles will decrease the force, drag coefficient and lift coefficient of each particle. Also, the increase of distance between the two particles makes vortices form in a single dominant frequency and it affects the strouhal number.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rivaldo Gere Gurky
Abstrak :
Bagian sayap depan mobil adalah salah satu elemen aerodinamis yang memberikan dampak signifikan karena pengaruhnya terhadap aliran udara di seluruh bagian badan mobil karena sayap depan mobil merupakan bagian pertama yang bersentuhan dengan udara. Sayap depan mobil juga memengaruhi aliran udara pada saluran rem, radiator dan diffuser, dan main engine intake. Lokasinya sebagai elemen aerodinamis yang terkena fluida terlebih dahulu menjadi sangat penting karena produksi downforce oleh sayap depan juga akan memberikan dampakdampak lain kepada komponen lain sampai di belakang. Dengan dasar ini, penulis ingin melihat perkembangan aspek aerodinamis yang dipengaruhi oleh sayap depan pada tahun 2018 dan 2019. Penelitian ini dibantu oleh perangkat luna berupa auto desk inventor untuk mendesain sayap depan dan CFD untuk menyimulasikan sisi aerodinamis pada sayap depan yang telah didesain. Berdasarkan hasil analisis yang telah dibuat oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa desain sayap depan tahun 2019 berhasil memberikan down force yang lebih besar dibandingkan dengan sayap depan tahun 2018 sebesar 35%, down coefficient sebesar 10%, penurunan drag coefficient sebesar 4%, dengan adanya kenaikan pada nilai drag force sebesar 16% pada bagian sayap depan. Hal ini dikarenakan bentuk sayap depan 2018 memiliki cascade yang mengarahkan fluida untuk menjauh dari ban dengan tujuan mengurangi drag force. ......The front wing of the car is the only aerodynamic element that has a significant impact because of its effect on air flow throughout the body of the car and because the front wing of the car is the first part that comes into contact with air. The front wing of the car also affects the air flow in the brake lines, radiator and diffuser, and the main engine intake. Its location as an aerodynamic element that is exposed to the fluid first becomes very important because the production of downforce by the front wing will also have other impacts on other components downstream. With this basis, the author wants to see the development of aerodynamic aspects that are influenced by the front wing in 2018 and 2019. This research is assisted by a software tool in the form of an auto desk inventor to design the front wing and CFD to simulate the aerodynamic side of the designed front wing. Based on the results of the analysis made by the author, it can be concluded that the front wing design in 2019 succeeded in providing a down force greater than the 2018 front wing by 35%, down coefficient by 10%, decrease in drag coefficient by 4%, with an increase at a drag force value of 16% on the front wing. This is because the shape of the front wing 2018 has a cascade that directs the fluid to move away from the tire in order to reduce drag force.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library