Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Adilla
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini adalah sebuah studi kasus tentang akuntansi pada Yayasan Z. Tujuannya untuk meneliti pencatatan (jurnal) akuntansi serta format laporan keuangan pada Yayasan Z. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian berupa wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ini yaitu pencatatan (jurnal) akuntansi telah sesuai dengan Pedoman Akuntansi Lembaga Zakat (Forum Zakat), kecuali pada investasi tidak ada jurnal penyesuaian nilai wajar pada akhir periode. Selain itu kurang lengkapnya pencatatan (jurnal) akuntansi pada akun penyaluran di Pedoman Sistem Informasi Akuntansi milik Yayasan Z. Laporan Keuangan telah sesuai dengan PSAK terkait khususnya PSAK 109 dan PSAK 2, dan PSAK 101 kecuali penyajian dana untuk amil. Dana untuk amil di laporan perubahan dana zakat dan dana infak/sedekah disajikan sebagai pengurang dari penerimaan sedangkan berdasarkan PSAK harus disajikan sebagai penyaluran dana.
ABSTRACT
This research is a case study of accounting at the Foundation Z. The aim is to examine the record (journal) accounting and financial reporting format on Foundations Z. This study uses a research methodology interviews, observation, and study of literature. Recording the results of this study (journal) accounting in accordance with Accounting Guideline Institute Zakat (Zakat Forum), no investment except in the journal fair value adjustment at the end of the period. Additionally incomplete records (journal) on account distribution in accounting guidelines of the Foundation of Accounting Information System Z. Financial Statements in accordance with SFAS 109 and SFAS related specifically SFAS 2, and SFAS 101 except for the presentation of funds to amyl. Funds to report changes in the amil zakat funds and fund donation / charity presented as a deduction from the proceeds, while under SFAS should be presented as the distribution of funds.
2013
S46101
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S7681
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Ifa Apriliana
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menganalisis penerapan Prinsip Inti Zakat Pengelolaan Zakat Lembaga Amil Zakat (LAZ) XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan LAZ XYZ terhadap prinsip Zakat Core Principles dengan menggambarkan penerapan manajemen zakat LAZ XYZ disesuaikan dengan Prinsip Inti Zakat, prinsip-prinsip ini diharapkan dapat menjadi pedoman pengelolaan zakat untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan zakat LAZ XYZ. Hasil penelitian pada LAZ XYZ menunjukkan sebagian besar pengelolaan zakat LAZ XYZ sudah sesuai dengan prinsip Zakat Prinsip Inti.
ABSTRACT
This study uses a case study method to analyze the application of the Zakat Core Principles of Zakat Management at the Amil Zakat Institution (LAZ) XYZ. This study aims to determine the level of compliance of LAZ XYZ to the Zakat Core Principles by describing the application of LAZ XYZ zakat management adjusted to the Zakat Core Principles, these principles are expected to be guidelines for zakat management to increase the effectiveness of LAZ XYZ zakat management. The results of the research on LAZ XYZ show that most of the zakat management of LAZ XYZ is in accordance with the Zakat Core Principles.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meita Rizki Rahmalia, Author
Abstrak :
Berbeda dengan organisasi profit dan sektor publik, organisasi non profit seperti Lembaga Amil Zakat sangat bergantung pada fundraising untuk mendukung program dan mensukseskan misinya. Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kepercayaan donatur merupakan bagian yang sangat dapat menetukan keberhasilan fundraising. Lebih jauh lagi, terdapat satu hal yang juga sangat krusial dalam fundraising, yaitu keterampilan staf dalam membangun serta menjaga hubungan dengan donatur, karena membangun hubungan adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam proses fundraising. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semi struktur dan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf Rumah Zakat memiliki beberapa prinsip dasar dalam membangun hubungan antara lain membangun hubungan emosional dengan donatur, melayani dengan sabar dan menjaga amanah donatur. Dalam membangun hubungan dengan donatur, staf Rumah Zakat memiliki empat strategi yaitu memahami latar belakang donatur, memperhatikan lokasi pertemuan dengan donatur, mengetahui kecenderungan donatur dalam berzakat dan komunikasi dengan donatur. Lebih lanjut, strategi staf dalam menjaga hubungan dengan donatur dilakukan dengan memberikan apresiasi, menjalankan tugas sesuai tingkatan Ziswaf, menjaga komunikasi dengan donatur dan membuat laporan atau catatan harian. ......Lembaga Amil Zakat as nonprofit organisation is different with profit organisation and other public sector organisations. Lembaga Amil Zakat is depending on the fundraising to support their program and succeed their mission. Previous studies stated that donor trustis a very influential part in fundraising. Furthermore, there is one thing that is also very crucial in fundraising, that is stafs strategy in building and maintaining relationships with donors because developing building relationships is the first phase that must be done in the fundraising process. This research used qulitative method with semi structure interview technique and descriptive interpretive. Research result shown that in building relationship Rumah Zakat has several basic princip: building emotional bonding with the donors, deliver service with patience and keep what they had promised to the donors. Furthermore, in building relationship Rumah Zakat have four strategy, such as understanding donor background, put attention on location when meeting, acknowledge donor preference method zakah payment and communcite with donor. Besides that, in maintaining relationship they also have four strategy: giving apreciation to the donor, fulfill the task according to the Ziswaf level, maintaining communication and create a report or daily notes.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdillah Dzulfikar Jaladri
Abstrak :
Indonesia memiliki populasi umat Islam yang besar dan memiliki potensi zakat penghasilan yang tinggi, akan tetapi zakat penghasilan yang terkumpul masih jauh potensi yang ada. Masih banyak masyarakat muslim yang mampu dan mencapai nisab zakat penghasilan tidak membayar zakat penghasilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhi kredibilitas institusi zakat (credibility of zakat institution), pemahaman mengenai pengetahuan zakat (understanding of zakat knowledge), dan peran pemimpin agama (role of religious leaders) terhadap perilaku dalam membayar zakat penghasilan (behaviour in paying professional zakat) dengan dimoderasi oleh informasi dan peran pemimpin agama (role of religious leaders. sampel penelitian adalah warga Negara Republik Indonesia yang bergama Islam dan mencapai nisab untu membayar zakat sebanyak 200 responden yang diolah menggunakan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman tentang pengetahuan zakat (understanding of zakat knowledge) memiliki pengaruh terhadap perilaku membayar zakat penghasilan (behaviour in paying professional zakat) dan peran pemimpin agama (role of religious leaders) sebagai moderator memperkuat hubungan pemahaman tentang pengetahuan zakat (understanding of zakat knowledge) memiliki pengaruh terhadap perilaku membayar zakat penghasilan (behaviour in paying professional zakat). ...... Indonesia has a large Muslim population and has high potential in professional zakah collection, but the collected professional zakah is still far away from it’s full potential. There are still many Muslim that are able and reaching the nisab of Professional zakah not paying professional zakah. This study aims to look at the influence of the credibility of zakat institutions, the understanding of zakat knowledge, and the role of religious leaders on the behavior in paying professional zakat moderated by information and the role of religious leaders. The research sample are 200 citizens of Indonesia who are Moslems and reach the nisab to pay professional zakat. Data from this study processed using AMOS software. The results showed an understanding of zakah knowledge had an influence on the behavior of paying professional zakat and the role of religious leaders as moderator strengthened the relationship of understanding of zakah knowledge has an influence on the behavior of paying professional zakah.
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Millah Hanifah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kinerja kelembagaan pada 7 Lembaga Amil Zakat LAZ di Indonesia. Pada penelitian ini, Efisiensi diproksi sebagai parameter pengukuran kinerja kelembagaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu indikator kelembagaan pada Indeks Zakat Nasional IZN untuk mengukur kinerja kelembagaan dan Data Envelopment Analysis DEA untuk mengukur efisiensi dari tahun 2015-2016. Analisis sumber inefisiensi menggunakan model CCR dan orientasi input. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata indeks indikator kelembagaan IZN dari 7 LAZ yaitu sebesar 0,78 yang masuk kepada kategori kinerja baik. Berdasarkan hasil perhitungan dari metode DEA dengan model CCR dan orientasi input, 7 LAZ menunjukkan performa yang baik, dengan rata-rata nilai efisiensi sebesar 0,83 selama jangka waktu dua tahun. Berdasarkan grafik penyebaran kinerja pada metode indeks kelembagaan IZN dan efisiensi DEA , posisi 7 LAZ seluruhnya masuk pada kuadran kanan atas. Hal ini dikarenakan penilaian berdasarkan metode indeks kelembagaan IZN dan DEA, menunjukkan bahwa 7 LAZ tidak ada yang mendapatkan nilai di bawah 0,50.
ABSTRACT
This study aims to measure and analyze the institutional performance of 7 Lembaga Amil Zakat LAZ in Indonesia. In this study, Efficiency is proxyed as a parameter of institutional performance measurement. The method used in this research is the institutional indicator on National Zakat Index NZI to measure institutional performance and Data Envelopment Analysis DEA to measure efficiency from 2015 2016. Inefficiency source analysis uses CCR model and input orientation. The result of this research is obtained the average value of index indicator of institutional NZI from 7 LAZ that is equal to 0,78 that enter to good performance category. Based on the results of the DEA method with CCR model and input orientation, 7 LAZ shows good performance, with an average efficiency value of 0.83 over a two year period. Based on the performance distribution graphs on the institutional index NZI and efficiency DEA method, the position of 7 LAZ enters entirely in the upper right quadrant. This is because an assessment based on the institutional index of NZI and DEA method, indicates that 7 LAZ does not get a score below 0.50.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Permatasari
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan lembaga amil zakat secara langsung terhadap loyalitas muzaki; serta peran interaksi kualitas pelayanan lembaga amil zakat dan kepuasan muzaki sebagai moderating variable dalam mempengaruhi loyalitas muzaki, melalui penyebaran kuesioner terhadap 150 muzaki di Jabodetabek pada bulan November 2013. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) dengan program LISREL 8,5. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif variabel kualitas pelayanan secara langsung terhadap variabel loyalitas muzaki namun tidak signifikan; serta kualitas pelayanan memiliki peran yang tidak terlalu besar dengan mendukung kepuasan muzaki dalam mempengaruhi loyalitas muzaki. Sehingga peran interaksi kualitas pelayanan dan kepuasan muzaki sebagai moderating variable dalam mempengaruhi loyalitas muzaki cukup kecil.
ABSTRACT
The research aims to know the influence of the service quality management institution of zakah directly against muzaki loyalty; as well as the role of the interaction of the service quality management institution of zakah and satisfaction muzaki as moderating variable in influencing loyalty muzaki, through the dissemination of a questionnaire of 150 muzaki in Jabodetabek area in November 2013. This research used the Structural Equation Model analysis (SEM) with program LISREL 8.5. The results showed there was a positive influence of variable quality of service directly to the variable muzaki loyalty but not significant; as well as the quality of service has a role which is not great with support in influencing loyalty muzaki satisfaction muzaki. So the role of the interaction of the service quality and customer satisfaction as a moderating variable muzaki in influencing loyalty muzaki is small enough.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Ikhsan Asbani
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam upaya peningkatan ketahanan keluarga mustahiknya melalui program pengentasan kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pelaksanaan Program Bantuan Wirausaha Rumah Zakat Cabang Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Rumah Zakat sebagai salah satu kekuatan civil society dipercaya oleh sebagian masyarakat di Indonesia untuk menyalurkan zakatnya karena telah menerapkan prinsip-prinsip organisasi modern dan profesional. Peran Rumah Zakat dalam mengentaskan mustahik dari kemiskinan dilakukan dengan memberikan bantuan modal dana dan sarana usaha serta dengan melakukan pendampingan. Peran Rumah Zakat dalam peningkatan ketahanan keluarga dilakukan dengan melakukan optimalisasi nilai faktor komponen input yang terdiri dari karakteristik dan sumber daya keluarga; peningkatan nilai komponen proses dengan mendorong penanganan masalah keluarga secara optimal; serta peningkatan nilai komponen output (ketahanan keluarga) melalui peningkatan faktor pembentuk ketahanan fisik, ketahanan sosial dan ketahanan psikologis.
ABSTRAK
This thesis discusses the role of the Zakat Institution (LAZ) in increasing the zakat receivers? (mustahik) family resilience through poverty alleviation programs. This study is a qualitative study focusing on the implementation of the Entrepreneurship Fund Program hold by the Branch of Rumah Zakat in Yogyakarta. The study concludes that Rumah Zakat as one of the civil society element trusted by communities in Indonesia to distribute their zakat as Rumah Zakat implements the principles of professional and modern organization management. Rumah Zakat?s role in alleviating the mustahik?s poverty done by providing capital funding and business facilities as well as assistances. Rumah Zakat?s role in improving the mustahik?s family resilience is done by optimizing the value of the inputs factor of the family resilience component consisting of characteristics and family resources; improving the value of the processes factor by encouraging the handling of family problems; as well as improving the value of the outputs (family resilience) by increasing the physical resilience, social resilience and psychological resilience forming factors.
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library