Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
"Lembaga pendidikan merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan perubahan terhadap seseorang melalui pembelajaran. Terdapat kegagalan ditemukan dari laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri suatu perguruan tinggi, di mana setelah memasuki beberapa semester banyak mahasiswa mengundurkan diri dengan berbagai alasan, salah satu alasannya dikarenakan ketidakmampuan dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam penelitian ini dilaksanakan inventarisasi gaya belajar dosen dan mahasiswa baru yang kuliah di STIKOM Bali menggunakan metode pembelajaran Learning Style Inventory dengan harapan akan didapatkan model karakteristik gaya belajar dominan baik untuk dosen maupun mahasiswa sehingga akan memudahkan dosen dalam menentukan cara memberikan perkuliahan yang terbaik. Hasil akhir penelitian ini diharapkan dapat mengurangi kegagalan mahasiswa dalam melaksanakan proses perkuliahan dan di dalam rancangan pengembangannya akan disajikan berbasis web agar memudahkan dalam pengisian kuesioner karena tidak ada keterbatasan waktu dan lokasi, selain itu pengolahan datanya dilakukan secara otomatis sehingga AAK akan mendapatkan hasil alokasi kelas mahasiswa perprogram studi dalam waktu yang singkat."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Indah Prawitasari
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas rancang bangun dan analisis performa adaptive learning untuk homeschooling tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan metode VAK Learning Style. Skripsi ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan menganalisa performa sistem homeschooling adaptive e-learning berbasiskan PHP dan MySQL. Pengujian performa sistem terdiri dari pengukuran kecepatan dan survei. Hasil pengukuran dengan 50 users pada JMeter menunjukkan kecepatan yang baik yaitu rata-rata akses log in 138.3ms, kuis VAK 158.36ms, pre-test 114ms, materi video 143.72ms. Hasil survei
menggunakan kuesioner menunjukkan bahwa sistem masuk ke dalam grade 3 (skala 1-4), yaitu ?baik?, dengan nilai rata-rata kuesioner teacher dan kuesioner student sebesar 3.34.
ABSTRACTThis thesis discusses development and performance analysis of adaptive learning for homeschooling elementary school (SD) using VAK learning style method. This thesis aims to design, implement, and analyze system performance of homeschooling adaptive e-learning based on PHP and MySQL . Performance testing is consisted of speed measurement and survey. Measurement results with 50 users on JMeter showed good speed with average access of log in 138.3ms,VAK quiz 158.36ms, pre-test 114ms, video material 143.72ms. Survey results using questionnaire showed that system goes into grade 3 (scale 1-4), which is 'good', with average value of teacher and student questionnaire at 3.34."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1700
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Reza Andrea
"Ketidakmampuan siswa dalam menyerap berbagai pengetahuan yang disampaikan oleh guru bukan dikarenakan ketidakmampuan pemahamannya dan bukan pula dikarenakan guru tidak mampu mengajar, melainkan dikarenakan ketidakcocokan gaya belajar antara siswa dan guru, sehingga siswa merasa tidak nyaman belajar pada guru tertentu. Hal tersebut juga terjadi di SMKN 2 Penajam Paser Utara, sehingga perlu dilakukan penelitian ini, untuk menganalisis cluster (kelompok) tipe belajar siswa dengan menerapkan metode data mining yaitu K-Means dan Fuzzy C-means. Tujuan adalah mengetahui keefektivan clustering tipe belajar ini terhadap perkembangan daya serap dan peningkatan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan untuk melakukan clustering tipe belajar dengan proses data mining
dimulai dari tahap data cleaning, data selection, data transformation, penambangan data, pattern evolution, dan pengembangan pengetahuan."
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
607 JPPI 7:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Leonny Pramitasari
"Setiap pembelajar memiliki karakteristik berbeda-beda antara lain berupa gaya belajar, prior knowledge, dan kecerdasan. Permasalahan ini sulit sekali diakomodasi pembelajaran tradisional. Berawal dari e-commerce, personalisasi meluas ke berbagai bidang TI termasuk pembelajaran online. Teknologi untuk personalisasi salah satunya adalah semantic web yang dapat membuat sistem menjadi adaptif. Tahap awal dalam pengembangan sistem berbasis semantic web adalah pemodelan dengan ontologi yang memiliki kemampuan reasoning terhadap banyak data. Salah satu ontologi yang harus dikembangkan adalah student model ontology yang dikembangkan pada penelitian ini dengan mempertimbangkan aspek gaya belajar dan performa sebagai representasi prior knowledge dan kecerdasan siswa.
Each learner has different characteristics including learning styles, prior knowledge, and intelligence. This problem is very difficult to accommodate by traditional learning. Starting from e-commerce field, personalization extends to various fields of IT including online learning. One of technologies for personalization is semantic web which makes systems adaptive. The first stage is modeling with ontology that has ability of reasoning large of data. One of the ontologies that must be developed is student model ontology, which is developed by considering learning styles and performance aspect that represents students prior knowledge and intelligence."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library