Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marpaung, Bactiar E.
Abstrak :
ABSTRAK
Salah satu titik berat pembangunan pendidikan dalam Pelita V adalah peningkatan mutu pendidikan di segala jenis jenjang pendidikan dan kesempatan memperoleh pendidikan. Karena keterampilan itu sangat menentukan tingkat kualitas lulusan di sekolah kejuruan, maka peran media pendidikan dalam hal ini Program Paket Multi Media (Cetak, Video, Film Bingkai Suara dan Audio) sangat membantu siswa dalam kegiatan belajar dan memudahkan siswa menyerap materi yang disajikan.
Oleh karena itu perlu diketahui sejauh mana pemanfaatan Program Paket Multi Media ini dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu perlu diadakan penelitian untuk membandingkan hasil belajar siswa STM Negeri 5 Bandung yang memanfaatkan dengan siswa STM Negeri 4 Bandung yang tidak memanfaatkan program ini dan juga untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa STM Negeri 5 Bandung yang memanfaatkan Program Paket Multi Media ini.

Guna mendukung tujuan tersebut di atas maka digunakan salah satu teori belajar yaitu aliran tingkah laku, dimana seseorang telah dianggap belajar sesuatu bila ia mampu menunjukkan suatu perubahan dalam tingkah laku (dari tidak bisa menjadi bisa), dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif.

Dari hasil studi diperoleh gambaran bahwa ternyata tidak ada perbedaan yang signifikan antara yang memanfaatkan dan yang tidak memanfaatkan Program Paket Multi Media, kecuali program media cetak. Maka dapat disimpulkan bahwa efektifitas pemanfaatan program Paket Multi Media terhadap meningkatnya daya serap belajar siswa kurang berhasil / tidak signifikan.

Disarankan agar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lebih diperhatikan secara selektif berdasarkan tingkat kemampuan akademis, maupun latar belakang sosial budaya, ekonomi dan keluarga, sehingga hasil penelitian mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku tertentu, dalam hal ini hasil belajar siswa, dan juga melakukan penelitian eksperimen seperti ini terhadap STM lainnya yang memanfaatkan Program Paket Multi Media agar diketahui apakah program ini efektif atau dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukirman
Abstrak :
Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor yang berasal dari dalam diri mahasiswa (faktor internal) maupun faktor yang berasal dari luar diri mahasiswa (faktor eksternal). Inteligensi sebagai faktor internal kognitif, dan kemandirian serta kebiasaan belajar sebagai faktor internal yang non kognitif (kepribadian), berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa, Pada penelitian ini prestasi belajar mahasiswa program D2 PGSD yang tidak terlalu tinggi disebabkan oleh berbagai faktor. Inteligensi, kemandirian dan kebiasaan belajar merupakan faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa D2 PGSD IKIP Semarang. Penelitian ini mengkaji hubungan antara inteligensi, kemandirian dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 4 kelas (161 mahasiswa) secara random dari semua mahasiswa D2 PGSD semester IV tahun ajaran 1994/1995 yang berjumlah 10 kelas (400 mahasiswa). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes inteligensi yaitu dengan tes Standard Progresive Matrics (SPM) dari Raven, angket kemandirian, dan angket kebiasaan belajar serta prestasi belajar diperoleh dari rata-rata IPK selama tiga semester. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari empat hipotesis yang diajukan semuanya diterima. Keempat hipotesis tersebut adalah . (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara inteligensi dengan prestasi belajar (r = .5335) dengan p = .01; (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan prestasi belajar (r =.3402) dengan p.01; (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar (r = .3498) dengan p = .01; (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara inteligensi, kemandirian dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar. Selanjutnya dari hasil temuan itu diajukan saran hendaknya perlu ditingkatkan usaha untuk mendorong mahasiswa agar dapat berprestasi secara optimal melalui peningkatan kemandirian dan kebiasaan belajar ke tingkat yang lebih baik lagi. Pemberian motivasi ini dapat dilakukan oleh dosen mata kuliah, dosen wali, ketua UPP, pimpinan fakultas maupun ketua program D2 PGSD. Dalam penelitian lanjutan yang berkaitan dengan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar hendaknya tidak hanya melibatkan faktor-faktor internal saja, tetapi juga mencakup faktor-faktor eksternal maupun internal yang mungkin berpengaruh terhadap prestasi belajar seperti status sosial ekonomi orang tua, situasi proses perkuliahan, jumlah SKS atau beban kredit yang diambil, masa depan yang berkaitan dengan lapangan pekerjaan. Dan perlu menggunakan alat-alat ukur yang lebih standar, artinya alatalat ukur yang digunakan sebagai pengumpul data sebaiknya diujicobakan terlebih dahulu di lapangan, dan validitas serta reliabilitas dianalisis dengan beberapa teknik yang memungkinkan.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library