Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mulyawati
"Skripsi ini mengenai pelaksanaan layanan anak di Perpustakaan Umurn Kotamadya Jakarta Timur (PUJT), dengan data utama berasal dari pendapat anak-anak pemakai layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat anak-anak terhadap kegiatan layanan anak di PUJT, yang terdiri dari layanan peminjaman buku, bimbingan menibaca, layanan rujukan, mendongeng dan pertunjukan boneka serta layanan mainan, juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan tersebut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap anak-anak pemakai layanan, Kepala Perpustakaan dan staf di bagian layanan anak, sedangkan observasi dilakukan terhadap kegiatan layanan anak di PUJT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan layanan anak d PUTT sudah dilaksanakan dengan cukup baik, misalnya dalam hal jumlah jenis layanan yang diadakan untuk anak-anak, koleksi anak, ruangan dan perabot. Layanan peminjaman buku dan layanan mendongeng dan pertunjukan boneka sudah dilaksanakan dengan baik, sedangkan dalam hal layanan bimbingan membaca sebagian besar responden ternyata tidak pernah bertanya kepada pustakawan, di sisi lain pustakawan juga bersikap pasif dan tidak pernah membantu responden tanpa ditanya atau dimintai tolong terlebih dahulu. Layanan rujukan dan mainan dari segi koleksi dan ruangan sudah cukup baik, tetapi ternyata masih kurang dimanfaatkan oleh anak-anak.
Hambatan-hambatan yang dihadapi perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan anak adalah: minat baca anak yang masih kurang, kurangnya dana untuk promosi, lokasi perpustakaan yang kurang strategis, kurangnya pengetahuan staf di bagian layanan anak mengenai layanan perpustakaan untuk anak, kurangnya bacaan anak tentang Indonesia, karangan pengarang Indonesia maupun majalah anak di pasaran serta kurangnya pemanfaatan layanan rujukan oleh anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S15402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firda Jusela
"Tahun 2020 Rumah Sakit Pertamina Jaya menambah layanan Center of Excellence (CoE) ibu dan anak, namun berubah menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19. Pada tahun 2022, Rumah Sakit Pertamina Jaya kembali menjadi Rumah Sakit Umum dan meneruskan pengembangan CoE layanan ibu dan anak. Masalah yang muncul adalah belum adanya Perencanaan Strategis untuk mengembangkan layanan anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan strategis pengembangan layanan anak. Penelitian menggunakan metode operational research dengan menggunakan data primer berupa wawancara mendalam dan Consensus Decision Making Group (CDMG. Data sekunder menggunakan data rekam medis, laporan kinerja, literatur, hasil penelitian dan dokumen lainnya. Kerangka konsep menggunakan pendekatan strategic management model. Input stageadalah analisa lingkungan intermal didapatkan hasil Sumber Daya Manusia, Standar Operasional Prosedur, Sistem Informasi merupakan kekuatan. Fasilitas umum, keuangan dan pemasaran merupakan kelemahan. Kebijakan pemerintah, demografi, epidemiologi, teknologi dan pesaing merupakan peluang. Sosial ekonomi dan pelanggan merupakan ancaman. Matching stage posisi Rumah Sakit berada di kuadran II yaitu grow and build  dimana alternatif strategi market penetration, market development and product development. Priotira Strategi yang akan diterapkan adalah pengembangan produk layanan tumbuh kembang anak. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan posisi rumah sakit adalah grow and build dengan prioritas utama adalah pengembangan produk layanan tumbuh kembang anak.

In 2020, Pertamina Jaya Hospital added Center of Excellence (CoE) services for mothers and children, but changed it to become a Covid-19 Referral Hospital. In 2022, Pertamina Jaya Hospital will again become a General Hospital and continue the development of the CoE for maternal and child services. The problem that arises is that there is no Strategic Planning to develop children's services. This research aims to create strategic planning for the development of children's services. The research uses operational research methods using primary data in the form of in-depth interviews and Consensus Decision Making Group (CDMG. Secondary data uses medical record data, performance reports, literature, research results and other documents. The conceptual framework uses a strategic management model approach. The input stage is analysis Internal environment results: Human Resources, Standard Operating Procedures, Information Systems are strengths, finance and marketing are weaknesses The hospital is in quadrant II, namely grow and build where the alternative strategy is market penetration, market development and product development. The strategy to be implemented is product development for child development services. Based on the research results, it was found that the hospital's position is grow and build with the main priority being development child growth and development service products."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diny Albayyinah
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai penyelenggaraan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Depok dari aspek koleksi, jenis layanan, dan program layanan anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala perpustakaan, pustakawan, dan pemustaka yang terdiri dari anak dan orang tua. Hasil dari penelitian ini adalah koleksi yang didominasi oleh buku fiksi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kemudian penataan koleksi belum mempermudah pencarian yang dilakukan oleh pemustaka. Jenis layanan yang ditawarkan adalah hanya berupa layanan sirkulasi. Pemustaka yang fokus dilayani hanya terbatas pada anak usia sampai dua belas tahun, padahal orang tua juga perlu mendapat perhatian. Program yang diselenggarakan adalah lomba mendongeng dan kunjungan sekolah. Meskipun Perpustakaan Umum Kota Depok telah menyediakan koleksi, layanan, program, dan ruangan layanan anak yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga telah membangun atmosfer yang bersahabat untuk anak. Namun layanan anak belum memiliki pustakawan khusus anak.

ABSTRAK
This research focuses on the implementation of children rsquo s library services in Perpustakaan Umum Kota Depok from aspect of collection, service type, and child service program. The purpose of this study is to describe the implementation of children services in the Perpustakaan Umum Kota Depok. This research uses qualitative approach with case study method. Informants of this research is the head of libraries, librarians, and user consisting of children and parents. The results of this study is that the collection dominated by fiction books has been in accordance with user needs. Then the arrangement of the collection has not been easier for searches done by user. The type of service offered is just a circulation service. Focused serving users are limited to children up to twelve years old, whereas parents also need attention. The program is a storytelling competition and school visit. Although the Perpustakaan Umum Kota Depok has provided a collection of children 39 s services, programs, and services, it has been constructed in such a way that it has built a friendly atmosphere for children. However, the child service does not yet have a child specific librarian."
2017
S67063
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah
"Perpustakaan Nasional RI merupakan suatu organisasi yang memiliki sistem kerja yang dilakukan untuk memenuhi kepuasan pelayanan kepada pemustaka khususnya anak-anak. Pemustaka anak yang berkunjung seringkali ingin memperoleh rasa senang dalam menghabiskan waktunya di perpustakaan dengan keinginan sendiri. Budaya organisasi membantu penerapan layanan anak di Perpustakaan Nasional RI dengan berfokus pada indikator inisiatif perseorangan, toleransi terhadap risiko, pengendalian, dukungan manajemen, dan pola komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengindikasi penerapan indikator budaya organisasi terhadap layanan anak di Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan layanan anak di Perpustakaan Nasional RI tidak terlepas dari peran pustakawan dalam mengimplementasi indikator budaya organisasi. Indikator budaya organisasi mengarahkan pustakawan dalam membangun strategi dalam berinteraksi dengan pemustaka anak agar membuat anak dapat merasa senang dan ingin kembali lagi dengan kemauan sendiri.

The National Library of the Republic of Indonesia is an organization that has a work system that is carried out to fulfill service satisfaction to users, especially children. Librarians who visit often want to feel happy in spending time in the library at their own will. Organizational culture helps the implementation of children's services at the National Library of Indonesia by focusing on indicators of individual initiative, risk tolerance, control, management support, and communication patterns. This study aims to indicate the application of organizational culture indicators to children's services at the National Library of Indonesia. This study uses a qualitative approach with data collection techniques through interviews, observations, and documentations. The implementation of children's services at the National Library of Indonesia is inseparable from the role of librarians in implementing organizational culture indicators. Organizational culture indicators direct librarians in developing strategies for interacting with children's librarians so that children can feel happy and want to come back at their own will."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library