Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Antonius Aditya Wisnu Indaryono
Abstrak :
[ABSTRAK Belum adanya standar yang mengatur jarak minimal antara lasan yang satu dengan lasan yang lain terhadap laju korosi yang dihasilkan menyebabkan perlunya suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh jarak antar lasan terhadap laju korosi pada hasil lasan. Penelitian ini, berfokus untuk melihat pengaruh jarak lasan GTAW dengan besaran 27mm, 36mm dan 45mm pada material karbon ASTM A106 Grade B, terhadap laju korosinya dengan menggunakan metode uji polarisasi. Pengamatan dengan mikroskop optik digunakan untuk mengetahui ukuran butir dan keberadaan fasa serta jenis korosi yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran butir yang semakin besar akan meningkatkan laju korosi, hal ini diakibatkan oleh pengaruh panas dari pengelasan kedua yang menyebabkan pertumbuhan butir ferrite halus pada butir pearlite di daerah HAZ halus hasil pengelasan pertama sehingga meningkatkan laju korosi akibat korosi mikrogalvanik. Ditemukan bahwa jarak lasan GTAW yang optimum untuk material karbon ASTM A106 Grade B adalah 45mm dengan laju korosi sebesar 0,041052 mm/tahun.
ABSTRACT , The absence of standards governing the minimum distance between one weld to another one will determine the corrosion rate. Therefore we need a study to determine the influence of the distance between the each weld towards the corrosion rate results. This study, focused to see the effect of the GTAW weld distance which are 27mm, 36mm and 45mm on the ASTM A106 Grade B carbon material, against the corrosion rate by using polarization test method. Observation with an optical microscope is used to determine the grain size and the presence of the phase as well as the type of corrosion formation. The results showed that the coareser the grain, will increase the corrosion rate, this is caused by the influence of the heat of the second welding that cause ferrite grain to grow inside the fine pearlite grain at the first weld HAZ area which thereby increasing the rate of corrosion due to microgalvanic corrosion. It was found that the optimum distance for GTAW welding towards ASTM A106 Grade B carbon material is 45mm with the corrosion rate of 0.041052 mm / year.]
2015
S58391
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Saut Batara Sakti Hasoloan
Abstrak :
Pada beberapa sumur gas di Indonesia tercatat memiliki tingkat korosifitas yang tinggi dikarenakan adanya kandungan H2S sebagai ikutan gas hidrokarbon yang terproduksi dari struktur formasi sumur. Kondisi korosi yang terjadi akibat adanya H2S ini dikenal sebagai korosi pada sour system yang terjadi pada kondisi H2S tertentu, sebagai akibat dari hydrogen embrittlement (HIC) atau sulphide stress cracking (SSC). Terkait dengan penggunaan material baja pada kondisi sour service, salah satu faktor yang bisa meningkatkan kerentanan material baja terhadap serangan SSC adalah proses pengelasan. Pada penelitian ini akan menentukan jarak terdekat antara 2 jarak pengelasan pada baja karbon jenis ASME SA 106 Grade B sehingga pada jarak tersebut masing - masing lasan dan area sekita HAZ dan logam induk tidak mengalami penurunan ataupun kehilangan sifat - sifat mekanis dan ketahanan korosi SSC pada kondisi sour service, dengan memperhatikan parameter - parameter yang digunakan dalam proses pengelasan dan faktor - faktor yang berpengaruh dalam korosi SSC.
Some gas wells in Indonesia has recorded with a high level of corrosion where is possibility of experiencing the process of cracking due to the presence of H2S content as an associated gas that can be produced by hydrocarbon gas from the well structure formation. The corrosion condition that occurs due to the presence of H2S as an acid gas that known as corrosion in sour systems which is occur in certain H2S condition, caused by hydrogen embrittlement (HIC) or sulphide stress cracking (SSC). In regards to use of steel materials in sour service conditions, one of the factors that can be increased vulnerability to attacks SSC steel material is a welding process. In this research will determine the shortest distance between two distances welding on carbon steel types ASME SA 106 Grade B so that at the distance of each area of welds and heat affected zones (HAZ) and base metal that not decrease or loss of mechanical properties and corrosion resistance of SSC on condition sour service, and to consider the parameters that used in the process of welding of carbon steel material ASME SA 106 Grade B and the factors that influence the corrosion SSC.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42977
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Dewa Gede Ryan Andhika
Abstrak :
ABSTRAK
Proses Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) merupakan teknik pengelasan pelat logam yang memiliki ketebalan pelat yang relatif tipis. mFSSW memiliki keunggulan dalam proses pengelasan dibandingkan dengan pengelasan konvensional, seperti Arc Welding. Keunggulannya adalah dari segi kualitas pengelasan yang lebih baik dan distorsi yang relatif rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bentuk pahat dan kedalaman pahat terhadap sifat mekanik dan geometri hasil lasan pada teknik pengelasan Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) menggunakan pelat tipis aluminium A1100. Pada penelitian ini parameter yang divariasikan adalah geometri pahat dan kedalaman pahat. Parameter geometri pahat divariasikan dalam penelitian ini menjadi 7 jenis geometri pahat. Parameter kedalaman puncture divariasikan dalam penelitian ini menjadi 3 macam kedalaman (200 mikron, 400 mikron, dan 600 mikron). Uji makro dilakukan untuk mengetahui geometri las, yaitu profil kontur, diameter, dan kedalaman sambungan. Hasil uji makro dilakukan untuk memprediksi hasil dan kekuatan patah. Untuk mengetahui sifat mekanik dilakukan dua pengujian yaitu uji tarik dan uji tarik silang. Hasil uji tarik akan dianalisa untuk menentukan jenis patahan dan kekuatannya. Dari hasil percobaan dan analisis diketahui bahwa geometri pahat dan kedalaman tusukan akan menghasilkan karakteristik tersendiri untuk geometri las dan kekuatan las. Geometri las yang akan terlihat pada profil adalah shoulder, pin, TMAZ, dan kedalaman aktual yang dihasilkan. Kekuatan las atau sifat mekanik yang akan diketahui adalah tegangan
ABSTRACT
The Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) process is a metal plate welding technique that has a relatively thin plate thickness. mFSSW has advantages in the welding process compared to conventional welding, such as Arc Welding. The advantages are in terms of better welding quality and relatively low distortion. The purpose of this study was to determine the effect of chisel shape and chisel depth on the mechanical properties and geometry of the welds in the Micro Friction Stir Spot Welding (mFSSW) welding technique using A1100 aluminum thin plates. In this study, the parameters that were varied were tool geometry and tool depth. The tool geometry parameters were varied in this study into 7 types of tool geometry. The parameters of the puncture depth were varied in this study into 3 different depths (200 microns, 400 microns, and 600 microns). The macro test was carried out to determine the weld geometry, namely the contour profile, diameter, and joint depth. Macro test results were performed to predict yield and fracture strength. To determine the mechanical properties, two tests were carried out, namely tensile test and cross-tensile test. Tensile test results will be analyzed to determine the type of fracture and its strength. From the experimental results and analysis, it is known that the tool geometry and the depth of the puncture will produce its own characteristics for the weld geometry and weld strength. The weld geometry that will be seen in the profile is the shoulder, pin, TMAZ, and the actual resulting depth. Weld strength or mechanical properties that will be known is the stress
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library